Ketahui 9 Manfaat Daun Krokot Sebagai Obat Herbal Penyakit

Sumbersehat.com – Manfaat daun krokot sudah terbukti dalam dunia kesehatan. Bahkan WHO menunjuk tanaman krokot sebagai emergency treatment yang layak digunakan saat keadaan darurat. Apalagi saat wabah infeksi virus corona atau covid 19 semakin meluas, tentunya hal ini menimbulkan rasa panik dan takut.

Maka tentunya kesehatan tubuh perlu dijaga, dengan cara berolahraga, meminum vitamin, dan menggunakan obat-obatan herbal. Selain menjaga kesehatan tubuh, tentunya pola makan pun harus teratur yaitu mengonsumsi makanan sehat terutama sayur-sayuran.

manfaat daun krokot
manfaat daun krokot

Mengenal Karakteristik Daun Krokot

Daun krokot sangat mudah kita temukan, karena tumbuhan ini sering ditemukan di sekitar perkarangan rumah. Krokot atau portulaca merupakan jenis tanaman yang masuk keluarga portulacaceae. Tanaman ini memiliki 40 hingga 100 spesies yang berbeda-beda dan punya banyak manfaat, mulai dari hiasan hingga dikonsumsi sebagai obat.

Salah satu jenis krokot yang bisa dimakan adalah jenis portulaca oleracea. Tanaman ini dikenal juga sebagai gulma dan tumbuh dengan subur di sekitar kita. Krokot mudah dikenali; bentuk daunnya bulat telur dengan bagian ujung dan pangkal tumpul, serta permukaan relatif halus. Sedangkan batangnya berwarna merah dan keunguan, dengan bunga berwarna kekuningan.

Manfaat daun krokot adalah untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Hal ini karena kandungan dalam daunnya, yakni tanin,fosfat, saponin, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin B, vitamin C, sodium dan masih banyak lagi. Khasiat daun krokot tidak hanya bisa melindungi tubuh, tapi juga menguatkan imun tubuh dari serangan penyakit.

Inilah Khasiat Daun Krokot bagi Kesehatan

Berikut ini manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan bila mengonsumsi daun krokot secara rutin namun dengan porsi yang tepat dan aman:

1. Manfaat Daun Krokot Sebagai obat diare

Nikmati khasiat daun krokot sebagai obat efektif nan ampuh dalam penyembuhan penyakit diare. Daun yang satu ini sangat bermanfaat untuk meredakan diare dan mencegahnya mengganggu kesehatan pencernaan anda kembali. Pengobatan tradisional cina banyak menggunakan daun krokot sebagai pengobatan diare, wasir dan disentri.

2. Khasiat Daun Krokot untuk Mencegah Risiko Kanker

Kandungan tinggi vitamin A dan juga C dalam daun krokot berperan penting sebagai antioksidan dan membantu mencegah jenis kanker tertentu, khususnya kanker mulut dan kanker paru-paru.

3. Manfaat Daun Krokot untuk Kesehatan Mata

Manfaat daun krokot lainnya adalah membantu menjaga kesehatan mata. Ini karena krokot mengandung Vitamin A dan beta-karoten, yang berkontribusi pada kesehatan mata dan penglihatan.

Konsumsi daun krokot juga dapat membantu mencegah degenerasi macula dan katarak dengan menghilangkan radikal bebas yang menyerang sel-sel mata, serta dapat menyebabkan penyakit umum lainya.

4. Khasiat Daun Krokot untuk Meningkatkan Sirkulasi Darah

Daun krokot dapat meningkatkan sirkulasi darah karena mengandung zat besi dan tembaga yang mampu merangsang meningkatnya sel darah merah. Hal ini akan meningkatkan kadar oksigen yang ada dalam tubuh Anda sehingga mempercepat sirkulasi darah dan mempercepat penyembuhan sel dan organ, serta meningkatkan pertumbuhan rambut.

5. Manfaat Daun Krokot untuk Kesehatan Jantung

Krokot mengandung omega 3 yang dapat menjaga kesehatan sistem kardiovaskular anda. Omega 3 berperan membantu mengurangi jumlah kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh dan mengontrol kesimbangan kolestrol sehat dalam aliran darah.

Selanjutnya, kandungan kalium tinggi dalam daun krokot dikenal efektif mengurangi tekanan darah. Senyawa ini berperan sebagai vasodilator; mengurangi ketegangan pada kinerja jantung serta melemaskan pembuluh darah.

6. Khasiat Membantu menurunkan berat badan

Manfaat daun krokot selanjutnya adalah membantu proses menurunkan berat badan. Ini  karena daun krokot termasuk makanan rendah kalori, namun kaya akan nutrisi dan serat. Setelah mengonsumsi daun krokot, anda akan merasa kenyang lebih lama.

Khasiat ini sangat bermanfaat bagi anda yang sedang melakukan diet. Meski begitu, ingat untuk mengonsumsinya secara rutin agar mendapat hasil yang maksimal. Selain itu harus diimbangi dengan olahraga yang teratur.

7. Manfaat Daun Krokot untuk Mencegah Penyakit Saluran Kencing

Infeksi saluran kencing atau isk disebabkan oleh kuman yang menyerang saluran kencing. Kondisi penyakit ini biasanya disebabkan oleh minum-minuman yang mengandung bahan pengawet dan minuman beralkohol, serta kurangnya asupan cairan terutama air putih.

Kandungan nutrisi dan senyawa pada daun krokot bisa membantu mencegah gejala penyakit saluran kencing.

8. Khasiat Daun Krokot untuk Mengatasi cacingan

Manfaat daun krokot selanjutnya adalah mengatasi cacingan. Penyakit cacingan sering terjadi pada anak-anak, tetapi tidak menutup kemungkinan bisa terjadi pada orang dewasa juga.

Obat yang pas untuk penyakit cacingan adalah daun krokot. Daun ini dapat membunuh bakteri yang ada dalam pencernaan serta membuang cacing yang mengganggu pencernaan anda.

9. Manfaat Daun Krokot untuk Meringankan Gejala Asma

Pada penderita asma, anda bisa mengandalkan manfaat daun krokot ketika asma anda kambuh, atau paling tidak bisa meredakan nyeri karena asma. Kandungan omega 3 dalam daun krokot dapat menyehatkan sistem kardiovaskuler pernapasan anda, sehingga memberi manfaat yang menyehatkan bagi paru-paru.

10. Khasiat Daun Krokot untuk Menyehatkan kulit

Daun krokot juga dapat menjaga kesehatan kulit melalui kandungan vitamin A yang tinggi, sehingga bermanfaat untuk mencegah keriput serta mengurangi bekas luka.

Selain itu, daun ini juga bisa digunakan menyembuhkan peradangan, salah satunya adalah yang disebabkan oleh sengatan lebah. Cara menggunakan, cukup mengoleskannya pada area yang tersengat.

Cara  Mengolah Daun Krokot

Jika anda hanya memakan krokot dengan cara sembarangan, maka nutrisinya akan hilang. Oleh karena itu cara efektif adalah dengan membersihkannya terlebih dahulu lalu dikeringkan. Mengonsumsi daun krokot kering terbukti lebih efektif, asalkan cara pengeringannya benar.

Cara mengeringkannya yaitu:

  • Bersihkan sisa akar dan kotoran yang menempel
  • Cuci menggunakan air mengalir
  • Potong-potong daun, kemudian tiriskan hingga air tidak menetes lagi
  • Baru kemudian anda dapat mengukus atau merebus daun krokot untuk setelah itu dikeringkan. Sebagai variasi, anda bisa menggunakan daun krokot kering sebagai isian roti.

Resep Olahan Daun Krokot

Tambahkan daun krokot ke dalam menu harian anda dan rasakan manfaat daun krokot. Tak perlu repot mencarinya, karena tanaman ini dapat anda jumpai tumbuh subur di sekitar pekarangan rumah, terutama di pedesaan. Nah, berikut ini beberapa rekomendasi resep daun krokot yang enak dan bergizi tinggi:

  • Urap krokot
  • Sayur bening krokot dan gambas
  • Sayur plencing krokot
  • Sayur bobor daun krokot
  • Tumis daun krokot, bermanfaat sebagai pelancar ASI

Anda juga bisa menambahkan bahan lain ke dalam resep daun krokot, seperti jamur, daging ayam, lobak, hingga santan dan juga kembang kol.

Efek Samping Krokot

Kandungan senyawa dalam tanaman krokot memang banyak khasiatnya, tetapi ingat untuk tidak mengosumsinya terlalu banyak. Hal ini karena daun krokot memiliki konsentrasi tinggi asam oksalat, sehingga konsumsi krokot berlebihan memunculkan kemungkinan komplikasi karena pembentukan batu ginjal.

Di atas adalah beberapa manfaat daun krokot. Tentunya masih banyak lagi manfaat yang bisa anda nikmati. Ingatlah untuk mengonsumsi daun ini secara benar agar manfaatnya lebih terasa. Imbangi juga dengan makan makanan bergizi dan sehat.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat daun suji

10 Manfaat Daun Suji dari Mengatasi Batuk sampai Leukemia

sumbersehat.com - Manfaat daun suji secara umum dipakai masyarakat sebagai pewarna hijau makanan. Warna hijau yang dihasilkan daun suji lebih pekat daripada daun pandan wangi. Hanya saja, daun suji tidak memiliki aroma wangi yan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *