9 Manfaat Daun Kersen untuk Obat Herbal Penyakit

Sumbersehat.com – Manfaat daun kersen ternyata sangat banyak. Tidak semua orang mengetahui akan adanya manfaat pada daun kersen. Di lingkungan masyarakat, pohon ini sangat terkenal akan buahnya yang banyak dan mudah tumbuh serta berbuah manis.

Cara mengambil buah dan daunnya juga sangat mudah karena tinggi pohon kersen itu dapat dikatakan normal. Ternyata, khasiat daun kersen sangat banyak bagi kesehatan. Beberapa penyakit bisa disembuhkan dan dicegah dengan daun kersen. Untuk informasi selengkapnya tentang manfaat daun kersen, Anda bisa simak penjelasan di bawah ini!

manfaat daun kersen
manfaat daun kersen

Inilah Khasiat Daun Kersen yang Baik untuk Kesehatan

Berikut ini manfaat daun kersen yang perlu Anda ketahui untuk mencegah dan mengobati penyakit, diantaranya adalah:

Mengontrol Gula Darah dalam Tubuh

Khasiat daun kersen yang pertama adalah mampu mengontrol kadar gula dalam darah. Banyak orang yang bertanya mengenai efek samping daun kersen. Jawaban mengenai permasalahan tersebut adalah tidak ada.

Daun kersen adalah salah satu tumbuhan alam yang hampir tidak mempunyai efek samping yang negatif. Daun kersen ini bahkan bisa digunakan untuk mengontrol gula darah dalam tubuh. Ini dibuktikan dengan adanya kandungan zat yang bernama saponin dan flavonoid.

Kedua zat ini berfungsi sebagai antioksidan. Dengan begitu, kedua kandungan zat ini berfungsi sebagai insulin alami yang dibutuhkan dalam tubuh. Pernyataan ini sudah dikatakan benar dengan melalui beberapa penelitian yang ada.

Mencegah Radang

Manfaat daun kersen yang kedua adalah mencegah radang (peradangan). Kandungan yang terdapat pada kersen juga dapat dijadikan sebagai obat alternatif yang efektif untuk melawan bakteri yang menimbulkan peradangan.

Di dalam Healthline, buah kersen dapat dijadikan dua metode untuk mengatasi peradangan. Peradangan yang pertama adalah radang pada tenggorokan. Selain itu, kersen juga dapat dijadikan obat radang kulit.

Ekstrak yang ada pada daun kersen juga bisa digunakan untuk nyeri yang dirasakan pada tubuh. Untuk ini, Anda bisa membeli dan mengkonsumsi teh daun kersen untuk membuktikannya. Minumlah secara teratur dan rutin agar khasiatnya bisa maksimal.

Mengatasi Penyakit Diabetes

Selanjutnya, daun kersen bisa digunakan untuk mengatasi penyakit diabetes. Seperti yang diketahui jika saponin dan flavonoid bisa membantu mengatasi penyakit tersebut. Kedua kandungan ini membuat khasiat daun kersen bisa membantu sistem sekresi hormon insulin yang ada dalam tubuh.

Itulah mengapa bisa mengontrol tinggi rendahnya kolesterol. Kolesterol adalah salah satu hal yang bisa memicu penyakit diabetes. Dengan kolesterol yang terus terjaga, Anda bisa lebih merasa segar dan tidak lemas saat melakukan aktivitas. Ini dikarenakan kondisi tubuh Anda sedang baik-baik saja dari serangan penyakit.

Mencegah Penyakit Kanker

Siapa yang tidak pernah mendengar dan mengetahui penyakit kanker? Semua orang yang ada di dunia pasti mengetahui penyakit ini sangat mematikan. Oleh karena itu, Anda harus selalu menjaga diri sendiri agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Salah satunya yaitu Anda harus mengetahui manfaat daun kersen untuk kanker.

Di dalam daun kersen terdapat senyawa yang bisa mencegah penyakit mematikan ini. Adapun beberapa senyawa dari kandungan ini antara lain senyawa flavonoid, saponin, dan tanin. Ketiga senyawa ini merupakan senyawa antioksidan. Inilah yang berfungsi sebagai penangkal radikal bebas penyebab penyakit kanker.

Memaksimalkan Daya Tahan Tubuh

Daya tahan tubuh pada setiap orang memang berbeda-beda. Namun, Anda bisa menyiasatinya dengan tetap menjaga pola makan, minum, dan olahraga. Untuk ini, Anda bisa rutin mengkonsumsi teh daun kersen agar mendapatkan manfaat daun kersen. Anda bisa membelinya langsung di beberapa supermarket terdekat bahkan online shop.

Di dalam daun kersen mengandung vitamin dan antioksidan yang berfungsi menjaga daya tahan tubuh. Kandungan senyawa tersebut mampu untuk memusnahkan bakteri dan kuman yang ada di dalam tubuh. Anda jangan khawatir akan efek samping daun kersen. Semua kandungan hampir mempunyai nilai baik untuk kesehatan manusia.

Menyeimbangkan Tekanan Darah

Berikutnya, manfaat daun kersen adalah menyeimbangkan tekanan darah. Tahukah Anda jika tekanan darah yang tidak normal bisa menyebabkan penyakit yang berbahaya? Penyakit yang bisa timbul karena tekanan darah antara lain jantung dan stroke.

Ketika seseorang sudah mengidap penyakit stroke dan jantung pasti akan sulit untuk mengendalikannya. Untuk itu pencegahan adalah salah satu kunci utamanya. Minumlah daun kersen yang berbentuk seperti teh atau ramuan. Khasiat daun kersen ini memang sangat ampuh untuk menurunkan tekanan darah tinggi .

Mengatasi Nyeri pada Kepala (Sakit Kepala)

Selain minum air putih, Anda sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi teh daun kersen. Ini sangat ampuh untuk merilekskan pikiran Anda. Kandungan di dalam daun ini adalah saponin, tannin, polifenol, dan juga flavonoid. Inilah zat dan senyawa yang bekerja sebagai antimikroba dan antioksidatif. Mereka bekerja untuk meringankan rasa nyeri sakit kepala.

Untuk membuat ramuan daun kersen di rumah, Anda bisa menyiapkan 10 lembar daun kersen. Setelah itu, rebus dengan ukuran air 200 ml dengan waktu sekitar 15 menit. Selanjutnya, saringlah air rebusan daun tersebut. Minum secara rutin untuk mendapatkan manfaat daun kersen yang maksimal.

Meredakan Batuk

Meredakan batuk juga termasuk khasiat daun kersen. Anda bisa menggunakannya untuk meredakan batuk karena kandungan antivirusnya. Menurut penelitian yang sudah dilakukan, daun ini mengandung antivirus didalamnya. Ini bisa digunakan untuk meredakan batuk.

Sudah dijelaskan diatas bahwa daun kersen juga mengandung antioksidan yang berarti bagus untuk menyeimbangkan tenggorokan dari peradangan. Dari situlah dapat disimpulkan bahwa jika keadaan tenggorokan dan mulut baik-baik saja maka pasti tidak ada permasalahan penyakit yang akan muncul seperti batuk dan lainnya.

Mengatasi Insomnia

Daun kersen juga bisa mengatasi insomnia. Akhir-akhir ini banyak sekali orang yang tidak bisa tidur hingga larut malam dengan tenang. Ini dikarenakan insomnia yang menyerang Anda. Banyak sekali orang yang tidak memperhatikan penyakit ini. Namun, jika tidak dicegah sejak dini maka insomnia bisa membawa dampak buruk bagi Anda.

Untuk mendapatkan manfaat daun kresen untuk mengatasi insomnia adalah dengan membuat teh daun kersen. Setelah mengonsumsinya, Anda akan merasa rileks dan bisa tidur nyenyak. Karena pada dasarnya jika dapat dicermati, insomnia dapat terjadi karena kurangnya ketenangan dan meningkatnya stress pada tubuh manusia.

Rajinlah minum teh dari daun ini agar pikiran dan hati Anda selalu rileks dan tenang. Dan usahakan juga Anda untuk menjadwalkan tidur secara teratur dalam setiap harinya. Itulah penjelasan lengkap mengenai manfaat daun kersen. Ada banyak sekali manfaat yang bisa diatasi dan dicegah dengan adanya daun kersen.

Setelah membaca artikel diatas, diharapkan Anda bisa mengetahui penyakit apa saja yang bisa dicegah dan diobati menggunakan daun herbal ini. Untuk konsumsinya, Anda bisa meminumnya dengan mencampurkan teh daun kersen dengan air hangat.

Jika Anda menginginkan rasa manis, maka jangan masukkan gula yang terlalu banyak. Ini meminimalisir peningkatan gula darah dalam tubuh dan sangat tidak baik jika anda mempunyai riwayat penyakit diabetes. Konsumsilah ramuan atau teh daun kersen ini secara rutin agar mendapatkan manfaat daun kersen.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat tapak liman

11 Manfaat Tapak Liman dari Mengatasi Diare sampai Kanker

sumbersehat.com - Manfaat tapak liman telah digunakan sejak lama sebagai obat herbal beragam penyakit yang sangat efektif dalam penyembuhannya. Kandungan beberapa senyawa bioaktif, bahan kimia alami dan minyak essential

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *