8 Manfaat Daun Kemuning sebagai Obat dan Perawatan Kecantikan

sumbersehat.com – Manfaat daun kemuning dikenal banyak dan beragam. Tak hanya bagi kesehatan, tetapi juga kecantikan terutama perawatan kulit dan juga wajah. Daun kemuning terbukti sejak lama telah mendominasi obat tradisional yang ada di Indonesia. Salah satunya karena khasiatnya yang ampuh dalam mengobati beberapa penyakit kelamin.

Kini daun kemuning kerap ditemukan sebagai campuran untuk obat sakit perut, obat sakit gigi, bahkan berbagai produk perawatan tubuh untuk wanita. Nah, apa saja khasiat daun kemuning yang bisa Anda nikmati? Simak beberapa ulasan singkatnya berikut ini.

manfaat daun kemuning
manfaat daun kemuning

Mengenal Daun Kemuning

Sebelum membahas manfaat daun kemuning, ada baiknya Anda mengenal sedikit tentang tanaman ini. Kemuning adalah tanaman perdu yang memiliki nama latin Murraya paniculata, memiliki beragam nama berbeda di tiap daerah Indonesia. Mulai dari Kemuning untuk daerah Jawa, palopo dalam bahasa Bugis, maupun kamoni dalam bahasa Ambon.

Tanaman kemuning biasa tumbuh dengan liar di hutan maupun ditanam sebagai tanaman hias di pagar rumah, bahkan dibudidayakan juga. Tumbuhan ini dapat tumbuh hingga 12 meter, berbentuk semak dengan cabang banyak. Batang dari kemuning mengandung kambium dan bertekstur keras. Daun kemuning dijumpai di ujung tangkai, berbentuk agak membulat dengan pangkal yang runcing.

Sedangkan bagian bunganya terkenal karena aromanya yang semerbak, berwarna putih dengan buah yang berwarna merah serta berbentuk bulat. Dari seluruh organ tumbuhan kemuning, bagian yang paling terkenal akan khasiatnya adalah daun kemuning. Daun kemuning juga telah digunakan masyarakat Indonesia khususnya yang tinggal berdekatan dengan hutan untuk mengobati sakit gigi, diare, sampai beberapa ritual khusus.

Kandungan Daun Kemuning

Segala manfaat daun kemuning tak terlepas dari kandungan yang ada di dalamnya. Mengingat tanaman ini memiliki berbagai khasiat yang tersebar di seluruh organ tumbuhan. Beberapa kandungan daun kemuning antara lain :

Minyak atsiri

Secara kimiawi daun kemuning mengandung minyak atsiri yang berfungsi sebagai zat esensial dalam memberikan bau harum pada tumbuhan. Minyak ini tidak memiliki warna khusus, tetapi tetap memberikan sensasi kesegaran yang menjadi ciri khas aroma dari tumbuhan kemuning.

Flavonoid

Selanjutnya, flavonoid sebagai senyawa kimia yang paling lazim ditemukan pada dedaunan atau tumbuhan hijau. Senyawa ini memberikan pigmen ungu, merah, hingga biru pada tumbuh-tumbuhan yang dikandungnya. Hal ini tampak dari hasil pembuahan tanaman kemuning.

Saponin

Salah satu zat lain yang terkandung di dalam tumbuhan kemuning khususnya daun adalah saponin. Saponin memberikan rasa pahit akibat dari kandungannya yang mirip dengan sabun dan menghemolisis darah. Saponin sendiri tidak menyebabkan keracunan.

Tanin

Khasiat daun kemuning tak lain juga berasal dari kandungan zat tanin yang paling banyak ditemukan di permukaan daun. Tanin memberikan efek perlindungan terhadap daun atau permukaan tumbuhan lain seperti batang dan kulit kayu dalam mencegah adanya bakteri atau virus yang menyerang tumbuhan.

Inilah Khasiat Daun Kemuning untuk Kesehatan dan Kecantikan

Daun kemuning sendiri memiliki beragam manfaat akibat kandungan-kandungan yang tertera di atas. Khasiat daun kemuning salah satunya sebagai obat tradisional untuk tubuh. Tetapi daun ini ternyata juga memiliki manfaat untuk wajah. Berikut adalah beberapa manfaat dan cara penggunaannya.

1. Manfaat Daun Kemuning untuk Mengobati Infeksi Saluran Kencing

Infeksi saluran kencing kerap menyerang ginjal sampai uretra. Penyakit ini bisa diatasi dengan meminum air rebusan dari daun kemuning. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu merebus 5-7 lembar daun kemuning dan mengkonsumsinya secara teratur setiap pagi dan malam.

2. Khasiat Daun Kemuning untuk Mengobati Sakit Gigi

Secara turun-temurun, manfaat daun kemuning adalah sebagai obat sakit gigi. Kandungan yang terdapat pada daun dan batang kemuning bermanfaat meredakan nyeri yang dialami gusi bahkan ngilu pada saat minum es atau air hangat.

Cara penggunaannya adalah dengan membakar kulit batang kemuning. Nantinya kulit batang akan mengeluarkan minyak yang dapat dioleskan langsung ke bagian gigi yang sakit. Cara kedua adalah mencampurkan minyak tadi dengan daun kemuning yang telah ditumbuk secara kasar, lalu oleskan ke bagian gigi.

3. Manfaat Daun Kemuning untuk Menurunkan Kolesterol

Berbagai cara dapat diupayakan untuk menurunkan kolesterol, mulai dari pola makan hingga berbagai suplemen. Salah satu manfaat daun kemuning adalah membantu menurunkan kolesterol adalah kemuning.

Bagian daun kemuning memiliki manfaat untuk mengurangi kolesterol di dalam tubuh. Cara penggunaannya, cukup merebus air dengan 7 lembar daun kemuning. Apabila terasa hambar atau sedikit pahit, maka anda bisa mencampurkannya dengan sedikit gula batu.

4. Khasiat Daun Kemuning untuk Menurunkan Berat Badan

Bagi Anda yang sedang berjuang menurunkan berat badan, Anda bisa mengkonsumsi daun ini. Kandungan senyawa di dalamnya membantu menghambat pertumbuhan enzim lipase pada pankreas, dengan cara memecah lemak sehingga tidak dapat diserap oleh tubuh.

Cara mengolahnya tak sulit, siapkan daun kemuning kering sebanyak 20 gram, lalu rebus dalam 4 gelas air hingga mendidih selama kurang lebih 5 menit. Tiriskan air rebusan tersebut dan dinginkan. Ramuan herbal sehat pun siap dinikmati. Minumlah 3 kali sehari sebelum makan.

5. Manfaat Daun Kemuning untuk Mengatasi Luka Terbuka

Tak hanya dimanfaatkan untuk mengatasi penyakit dalam saja, daun kemuning juga bermanfaat sebagai obat luar, salah satunya adalah mengobati luka terbuka karena jatuh atau tergores.

Caranya cukup mudah, anda cukup menumbuk beberapa daun kemuning kemudian letakkan di atas luka yang telah disterilkan terlebih dahulu. Tak lupa, daun yang digunakan juga harus dicuci di bawah air mengalir sebelum ditumbuk.

6. Khasiat Daun Kemuning untuk Mengobati Keputihan pada Wanita

Manfaat daun kemuning yang lain adalah sebagai obat keluhan pada kelamin wanita yang seringkali membuat kaum hawa menjadi kurang pede, yakni keputihan. Keputihan disebabkan oleh adanya jamur karena bagian intim yang lembab.

Salah satu cara untuk mengobati keputihan yaitu menggunakan daun kemuning. Anda dapat merebus sebanyak 7-10 lembar daun kemuning. Kemudian minumlah daun kemuning secara berkala setiap hari cukup sekali.

7. Khasiat Daun Kemuning untuk Merawat Kulit Wajah

Manfaat daun kemuning untuk wajah bukanlah hal yang baru. Hal ini terbukti dari banyaknya produk pembersih wajah maupun kosmetik yang menggunakan daun ini khususnya ekstrak daun kemuning sebagai salah satu bahan baku.

Daun kemuning dapat digunakan sebagai pembersih wajah secara alami yang mampu mengurangi tanda-tanda penuaan hingga flek hitam. Cara penggunaannya, buatlah campuran daun kemuning pada pembersih wajah, Anda juga bisa meminum air rebusan daun kemuning secara rutin.

8. Manfaat Daun Kemuning Sebagai Lulur alami

Khasiat daun kemuning lainnya adalah sebagai lulur yang dapat diaplikasikan ke seluruh tubuh, ataupun menjadi campuran masker. Daun kemuning dapat membuat kulit tubuh anda semakin putih dan mengurangi bekas luka atau bekas gigitan serangga di kulit.

Cara penggunaannya sederhana, ambil beberapa helai daun kemuning kemudian tumbuk dan jadikan sebagai lulur mandi. Anda juga dapat dengan mudah menemukan masker, scrub, sampai sabun mandi berbahan ekstrak kemuning. Selain itu, bunga kemuning juga bisa digunakan sebagai campuran ketika berendam karena aromanya yang dapat merelaksasi anda.

Nah, di atas adalah beberapa manfaat daun kemuning yang dapat anda coba di rumah. Terlepas dari berbagai obat hingga produk kimia lainnya, daun kemuning terbukti secara turun-temurun dimanfaatkan sebagai obat tradisional yang multifungsi.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat daun pegagan

15 Manfaat Daun Pegagan untuk Obat Herbal Penyakit

sumbersehat.com - Manfaat daun pegagan saat ini sudah semakin banyak diketahui dan sedang menjadi primadona. Centella Asiatica merupakan nama lain dari tumbuhan yang memiliki bentuk daun menyerupai ginjal dengan pinggiran daun bergelombang. Pengobatan di masyarakat Cina dan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *