14 Manfaat Daun Kelor Sebagai Bahan Herbal Menjaga Kesehatan

sumbersehat.com – Manfaat daun kelor bagi kesehatan dan kecantikan ternyata ada banyak. Daun kelor sering digunakan secara turun temurun sebagai ramuan tradisional masyarakat Indonesia. Bukan hanya untuk kesehatan, ternyata daun kelor juga memiliki manfaat untuk kecantikan. Dan untuk ini, wanita wajib mengetahuinya.

Ciri-ciri daun kelor adalah memiliki daun berbentuk oval kecil dan bertangkai dengan ujung ranting dihiasi bunga berwarna kuning. Daun kelor sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia yang sering digunakan untuk masakan. Selain lezat digunakan untuk masakan, daun kelor juga memiliki manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Berikut penjelasannya.

manfaat daun kelor
daun kelor

Menjaga Kesehatan dengan Delapan Khasiat Daun Kelor

Ada beberapa manfaat daun kelor yang wajib anda coba untuk meningkatkan kesehatan yaitu:

1. Khasiat Daun Kelor Untuk Mengontrol Gula Darah

Manfaat daun kelor yang pertama adalah bisa menurunkan gula darah. Salah satu penyebab penyakit diabetes adalah kadar gula di dalam tubuh yang tinggi. Di dalam daun kelor terdapat senyawa isothiocyanate yang berfungsi menurunkan gula darah. 

2. Manfaat Daun Kelor untuk Menurunkan Stres

Manfaat selanjutnya adalah menurunkan stres. Menurut penelitian dalam Jоurnаlоf Рhаrmаcоlоgyаnd Рhаrmаcоdynаmics daun kelor untuk stres, dikatakan bahwa daun ini merupakan adaptogen alami. Artinya tanaman ini memiliki kemampuan dalam melindungi tubuh dari efek toksik yang bisa memicu timbulnya stres. 

3. Khasiat Daun Kelor untuk Melindungi Hati

Sedangkan manfaat daun kelor yang ketiga adalah untuk menjaga kesehatan hati. Daun ini mengandung polifenol yang bisa melindungi hati dari oksidasi, kerusakan, dan toksisitas. Ekstrak daun kelor mampu mengembalikan enzim hati ke tingkat normal, meningkatkan kadar protein dalam hati, dan bisa mengurangi stres oksidatif. 

4. Manfaat Daun Kelor Bisa Menghambat Peradangan

Kandungan daun kelor yang berupa asam amino esensial, fitonutrien karotenoid, dan antioksidan bisa hambat radang. Karena ketiga senyawa tersebut bisa bekerja sebagai anti peradangan  seperti obat di pasaran. Kemampuan ini sama dengan obat kimiawi atau yang diresepkan dokter tapi tidak memiliki efek samping. 

5. Khasiat Daun Kelor untuk Melancarkan Pencernaan

Membantu melancarkan pencernaan juga termasuk manfaat daun kelor untuk kesehatan. Karena didalamnya terdapat antibiotik dan antibakteri yang bisa membantu menghambat pertumbuhan virus. Memiliki kandungan vitamin B yang tinggi sehingga membantu memelihara kesehatan pencernaan serta beberapa gangguan lambung. Seperti gastritis, sembelit, dan kolitis ulserativa. 

6. Manfaat Daun Kelor Baik Untuk Kesehatan Jantung

Salah satu kesehatan yang harus dijaga adalah kesehatan jantung. Dan Daun kelor bisa digunakan untuk menjaga kesehatan jantung. Ada banyak nutrisi dan vitamin yang bermanfaat untuk mencegah kerusakan jantung.  Daun ajaib ini mampu membantu melancarkan peredaran dalam darah dan menghambat terjadinya penebalan dalam pembuluh darah.

7. Khasiat Daun Kelor untuk Kesehatan Tulang

Menjaga kesehatan tulang juga merupakan manfaat daun kelor. Karena kandungan kalsiumnya  lebih tinggi dari kandungan kalsium dalam susu. Kandungan kalsium dan fosfor dalam daun kelor bukan hanya untuk kepadatan tulang, tapi juga berfungsi menjaga kekuatannya. Selain itu terdapat senyawa anti inflamasi yang bisa meredakan rasa nyeri akibat radang sendi. 

8. Manfaat Daun Kelor untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Untuk menghindari dari berbagai penyakit, perlu menjaga kesehatan imun. Daun kelor meningkatkan kekebalan tubuh karena ada senyawa antioksidan. Yang berfungsi sebagai penangkal radikal bebas yang bisa mencegah stres oksidatif yang memicu berbagai penyakit serius. Seperti jantung dan diabetes.

Adapun kuersetin di dalam daun kelor dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan  menurunkan tekanan darah tinggi. Kandungan beta karoten di dalam kelor bisa   membuat beberapa organ bekerja secara maksimal. Yang bisa menambah beberapa manfaat daun kelor bagi kekebalan tubuh. 

Setelah membahas tentang khasiat daun kelor untuk kesehatan, selanjutnya ada manfaat daun kelor untuk kecantikan. 

6 Manfaat Daun Kelor untuk Kecantikan

Berikut ini khasiat daun kelor untuk kecantikan, diantaranya adalah:

1. Khasiat Daun Kelor untuk Menghapus Flek Wajah

Pakailah ramuan sederhana dengan menumbuk beberapa daun kelor sampai halus. Gunakan sebagai bedak atau bisa dicampur bedak yang biasa dipakai sehari-hari. Ada beberapa negara di eropa memakai daun kelor sebagai bahan baku kosmetik untuk kulit. Selain itu Manfaat daun kelor lainnya ternyata bisa digunakan sebagai pelembab wajah alami. Selain  bisa mengangkat sel kulit mati juga membersihkan kulit. Kolagen dan protein di dalam kelor bermanfaat bagi kesehatan jaringan kulit di tubuh. 

2. Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan Kulit Wajah

Selain untuk menghilangkan flek wajah, daun kelor  digunakan untuk menghaluskan kulit wajah. Cara menghaluskan kulit wajah dengan kelor yaitu ambil beberapa daun kelor muda. Tumbuk sampai halus kemudian beri sedikit air sehingga membentuk pasta. Oleskan ke seluruh kulit di wajah kecuali mata dan mulut seperti masker

Manfaat daun kelor bisa digunakan sebagai perawatan kulit secara alami karena kandungan atsirinya. Dapatkan ekstrak daun kelor yang bisa dibeli secara bebas di pasaran. 

3. Khasiat Daun Kelor untuk Menjaga Berat Badan

Bagi wanita yang sulit menurunkan berat badan, bisa memasukkan daun kelor dalam menu diet. Kandungan polyphenol dalam daun kelor bekerja sebagai antioksidan. Antioksidan memiliki manfaat mendetoksifikasi racun dalam tubuh dan memperkuat kekebalan tubuh. 

4. Manfaat Daun Kelor untuk Menyehatkan Mata

Bagi yang memiliki gangguan penglihatan bisa melakukan terapi dengan daun kelor. Karena kandungan vitamin A yang tinggi baik untuk kesehatan mata. Manfaat daun kelor bisa menyembuhkan mata yang bisa dimakan secara langsung. Tapi setelah dibersihkan. 

Menurut pakar herbal dari Yayasan Pengembangan Tanaman Obat Karyasari, Tati Winarto. Menjelaskan bahwa kandungan vitamin A dan kalsium dalam kelor berfungsi melindungi kesehatan mata. Mulai dari risiko mata plus, minus, katarak, dan silinder. Untuk penderita diabetes bisa konsumsi daun kelor yang baik untuk menjernihkan gangguan matanya. 

5. Khasiat Daun Kelor untuk Mencegah Penuaan

Kebanyakan wanita takut terjadi kerutan dan garis halus yang datang lebih awal di kulit wajah. Atau lebih sering disebut terjadi penuaan. Hal ini sering dialami oleh wanita yang bekerja di luar ruangan dan terus terpapar sinar matahari. Salah satu manfaat daun kelor adalah bisa mencegah penuaan.

Kandungan antioksidan dalam daun kelor bisa membantu memperlambat kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Sinar matahari juga bisa memperparah penurunan produksi kolagen elastis. Maka tepat sekali memanfaatkan daun kelor untuk mencegah penuaan. 

6. Manfaat Daun Kelor untuk Menyamarkan Mata Panda

Munculnya mata panda atau kantung hitam di bawah mata sering membuat wanita bingung. Karena mereka beranggapan adanya kantung hitam bisa mengurangi kecantikan. Bagi wanita yang kurang suka memakai makeup, bisa menggunakan daun kelor. Karena khasiat daun kelor selanjutnya adalah menyamarkan mata panda.

Adanya kandungan vitamin A yang tinggi yang dipadukan dengan vitamin K, dan juga kafein. Perpaduan ketiganya ditempelkan langsung di bawah mata. Dan dapatkan kerutan dan lingkaran hitam  tersamarkan oleh daun kelor. 

Kandungan Nutrisi Daun Serai

Masih banyak manfaat daun kelor bagi kesehatan dan kecantikan yang harus diketahui yang tidak.bisa disebutkan semuanya. Meskipun memiliki daun kecil tapi kandungan mineral dan vitamin begitu banyak. Di dalam secangkir daun kelor terdapat kandungan beberapa vitamin dan mineral lainnya. 

  • Betakaroten (vitamin A) sebanyak 9%
  • Vitamin C sebanyak 12%
  • Vitamin B6 sebanyak 19%
  • Zat besi sebanyak 11%
  • Vitamin B2 sebanyak 11%
  • Magnesium sebanyak 8%

Selain memiliki sejuta manfaat, perhatikan juga efek samping dari daun kelor. Hindari konsumsi berlebihan  Meskipun sedikit penelitian menyebutkan efek samping daun kelor dalam waktu jangka panjang. 

Hindari minum ekstrak daun kelor bagi ibu hamil dan menyusui. Karena manfaat daun kelor masih diteliti jika dikonsumsi oleh mereka. Jika ingin mengonsumsi, pastikan suplemen daun kelor tersebut telah tercatat di BPOM. 

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

olahraga sehat pagi hari

7 Daftar Olahraga Sehat Pagi Hari Untuk Usia 50 Tahun ke Atas

7 Daftar Olahraga Sehat Pagi Hari Untuk Usia 50 Tahun ke Atas – Menimbang apa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *