12 Manfaat Daun Katuk, dari Mengobati Flu sampai Mencegah Osteoporosis

sumbersehat.com – Manfaat daun katuk ini bisa mengatasi berbagai penyakit di semua kalangan. Termasuk bagi kalangan ibu hamil atau menyusui, pasti tak asing dengan tumbuhan ini. Daun katuk dengan nama latin Sauropus androgynus ini memang sudah diakui efektif memperlancar dan memproduksi ASI. Selain itu, ternyata daun katuk ini pun punya manfaat lain, lho.

Beragam kandungan nutrisi dalam daun katuk ini, banyak sekali. Di dalam daun ini terkandung vitamin (A, B, dan C), protein, lemak, kalsium, zat besi, dan fosfor. Tak kalah dengan sayuran lainnya, daun katuk juga merupakan sumber makanan yang berserat. Karena didalamnya mengandung mangan, energi, hidrat arang, abu karoten, air, pirolidinon, dan metil piroglutamat. Lalu, apa saja manfaat daun katuk ini? Yuk, intip ulasan selengkapnya di bawah!

manfaat daun katuk
manfaat daun katuk

Inilah Rentetan Khasiat Daun Katuk dalam Dunia Kesehatan dan Kecantikan

Tanaman perdu serbaguna ini mampu memberikan manfaat dan khasiat bagi kesehatan tubuh, diantaranya:

1. Manfaat Daun Katuk Dapat Mengobati Gejala Flu

khasiat daun katuk yang pertama adalah dapat mengobati gejala flu. Kandungan efedrin yang terdapat di dalam daun katuk, efektif untuk mengobati influenza. Hal demikian sudah dilansir dari laman Organic Motion. Tak hanya itu, daun ini pun kaya akan vitamin C sehingga mampu mengatur kadar kolesterol serta meningkatkan daya tahan tubuh.

2. Khasiat Daun Katuk untuk Meredakan Demam

Selain mengobati flu, daun katuk ini pun bisa dirasakan manfaat lainnya. Manfaat daun katuk ini dapat meredakan gejala demam baik pada anak kecil maupun orang dewasa. Hal ini karena kandungan antioksidan yang terkandung di dalam daun katuk dan dapat meredakan demam yang dirasa. Demam ini kerap terjadi ketika suhu tubuh mencapai lebih dari 38 derajat. Untuk mengobatinya, hanya dengan konsumsi ramuan herba yang terbuat dari rebusan akar daun katuk dan lakukan secara rutin selama 2 hari.

3. Manfaat Daun Katuk untuk Memperlancar Produksi ASI

Warna hijau pada daun katuk ini pun ternyata mengandung senyawa galactogogue yang sangat berperan dalam memperlancar produksi ASI. Manfaat daun katuk untuk ibu menyusui ini memang sudah terbukti dan tak asing untuk dikonsumsi agar produksi ASI tetap lancar.

Karena memang sudah dibuktikan oleh penelitian bahwa daun katuk dapat meningkatkan ekspresi gen prolaktin dan oksitosin. Kandungan tersebut mendukung aktif dalam hormon yang mempengaruhi produksi ASI. Biasanya, daun katuk ini diolah menjadi makanan berupa sup daun katuk.

4. Khasiat Daun Katuk untuk Meningkatkan Tumbuh Kembang Bayi

Tak hanya untuk orang dewasa, ternyata manfaat daun katuk untuk bayi pun dipercaya bisa meningkatkan tumbuh kembang si kecil. Kandungan protein sebanyak 7% dan serat kasar sebanyak 19% dapat mendorong pertumbuhan dan perkembangan pada bayi.

Daun katuk ini berperan dalam menjaga kekebalan sang ibu dan bayi serta menstimulasi pertumbuhan sel-sel pada bayi. Tak disangka, daun katuk ini pun bisa dijadikan menu MPASI bagi Anda yang mempunyai bayi berumur 6 bulan. Biasanya, menu MPASI ini dibuat menjadi sup atau bubur, sehingga mudah dikonsumsi dan dicerna oleh sang bayi.

5. Manfaat Daun Katuk untuk Menjaga Kesehatan Indra Penglihatan

Selain tanaman wortel, ternyata daun katuk pun bisa menjaga kesehatan mata. Manfaat daun katuk ini bisa dirasakan khasiatnya karena didalamnya mengandung vitamin A sebanyak sebanyak 10370 IU. Vitamin A dalam daun katuk ini mengandung antioksidan yang dapat memperlambat infeksi atau virus yang menyerang pada mata.

Selain itu, kandungan betakarotennya pun tinggi, sehingga baik untuk mencegah gangguan kesehatan pada mata. Dengan demikian, kesehatan indera penglihatan bisa terjaga.

6. Khasiat Daun Katuk untuk Mengatasi Gejala Anemia

Anda seringkali merasa pusing, sulit berkonsentrasi dan mudah lelah? Mungkin Anda mengalami gejala anemia. Anemia terjadi karena jumlah sel darah merah yang lebih rendah dari jumlah normal. Salah satu cara alternatif dan mudah dengan mengonsumsi daun katuk ini.

Khasiat daun katuk untuk anemia sudah dipercaya, karena setiap 100 gr daun katuk mengandung 2,7 mg zat besi. Dan juga kandungan kalsiumnya sebanyak 204 mg yang dapat membantu meredakan gejala kurang darah.

7. Manfaat Daun Katuk untuk Mencegah Gejala Osteoporosis

Usia Anda masih muda, tetapi sering kali pegal-pegal? Hati-hati, itu bisa jadi gejala osteoporosis. Kebiasaan duduk terlalu lama dan tubuh jarang bergerak bisa menyebabkan osteoporosis ini terjadi.

Khasiat daun katuk ini bisa Anda rasakan, karena didalamnya terkandung zat kalsium yang membantu menjaga tulang tetap kuat. Kandungan kalsium ini dapat menguatkan tulang belakang dan tulang kaki pada ibu hamil. Sehingga dapat menopang pertumbuhan berat rahim dari bulan ke bulan sampai melahirkan.

8. Khasiat Daun Katuk untuk Mengatasi Adanya Sembelit

Kesulitan tubuh dalam mencerna makanan sehingga menumpuk di area usus besar, bisa mengundang rasa perut yang tidak nyaman dan sembelit. Akibatnya, kinerja organ lain pun akan terganggu karena tidak bisa menyerap nutrisi dengan sempurna.

Anda perlu mencari tumbuhan yang kaya serat, dan jawaban yang tepat adalah daun katuk ini. Manfaat daun katuk akan terasa khasiatnya jika Anda mengonsumsi air rebusan daun katuk secara rutin. Sehingga, rasa sembelit akan berkurang dan pencernaan akan tetap normal dan lancar.

9. Manfaat Daun Katuk untuk Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Seringkali aktivitas harian yang padat, kelelahan, kurang tidur dan daya hidup kurang sehat bisa menyebabkan imunitas seseorang menurun. Umumnya, gejala yang dirasakan seperti sariawan, flu, bahkan demam.

Penurunan metabolisme dapat membawa penyakit lain, dan Anda harus mencegahnya dengan sumber vitamin C. Kandungan Vitamin C yang tinggi pada daun katuk ini dapat meningkatkan metabolisme tubuh, serta aman pula dikonsumsi. Dengan demikian, sistem kekebalan tubuh akan tetap terjaga dan stabil.

10. Khasiat Daun Katuk Dapat Mengobati Luka

Manfaat daun katuk lainnya ternyata dapat mengobati luka pada kulit. Hal ini sudah dilansir oleh Journal of Natural Remedies. Bahwa, ekstrak daun katuk ini dapat meningkatkan kontraksi pada luka, menutup luka dan membuat penutup luka lebih kuat.

Sebuah percobaan pun sudah dilakukan dengan memberikan lima persen ekstrak daun katuk tersebut pada luka seekor tikus. Hasilnya, kulit dapat meregenerasi dengan cepat karena adanya kandungan dalam daun katuk tersebut.

11. Manfaat Daun Katuk untuk Hilangkan Flek Hitam di Wajah

Kandungan klorofil dalam daun katuk, mengandung antioksidan yang tinggi. Itu artinya, kandungan tersebut dapat mencegah adanya radikal bebas dan penuaan dini. Manfaat daun katuk untuk kecantikan, tak lepas untuk menghindari adanya penuaan dini.

Bagi Anda yang punya masalah kulit jerawat dan flek hitam, pasti sangat mengganggu kecantikan wajah Anda. Hanya dengan mengubah daun katuk menjadi masker, Anda bisa merasakan khasiatnya jika menggunakannya secara rutin.

12. Khasiat Daun Katuk untuk Mengatasi Masalah Rambut

Kandungan vitamin A pada daun katuk, tak hanya untuk kesehatan mata juga bisa untuk memelihara kesehatan rambut, lho. Selain itu, senyawa aktif seperti hormon steroid dan eikosanoid bisa meningkat dengan adanya daun katuk ini.

Karena akan memicu pembentukan hormon kewanitaan, sehingga membuat rambut dan kulit lebih mulus. Maka, dengan mengonsumsi daun katuk ini, akan memelihara kesehatan dan kecantikan rambut serta kulit Anda.

Demikian, manfaat dari tanaman perdu ini. Daun katuk yang biasanya hanya dibuat untuk makanan, ternyata bisa pula dijadikan bahan perawatan kulit. Manfaat daun katuk ini sangat beragam dan berguna di semua kalangan, baik dari anak bayi sampai dewasa.

Namun, perlu Anda ketahui jika daun katuk juga tidak baik jika dikonsumsi secara berlebihan. Apalagi bila dikonsumsi dengan mentah-mentah, maka akan menyebabkan sesak napas, hilang nafsu makan dan sukar tertidur. Oleh karena itu, Anda pun perlu konsultasi ke dokter dan mencari referensi aman dalam mengonsumsi daun katuk ini.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat buah anggur

11 Manfaat Buah Anggur untuk Kesehatan dan Sebagai Obat Herbal

sumbersehat.com – Manfaat buah anggur wajib diketahui. Karena anggur memiliki banyak kandungan nutrisi yang dibutuhkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *