10 Manfaat Daun Karet Kebo Sebagai Obat Herbal Penyakit

Sumbersehat.com – Manfaat daun karet kebo bisa digunakan sebagai obat tradisional yang aman untuk dikonsumsi. Walaupun berasal dari India, tanaman herbal ini juga banyak tumbuh di Indonesia. Daun karet kebo tumbuh di pekarangan yang luas sehingga banyak yang menjadikannya sebagai tanaman karet hias.

Pohon ini dinamakan daun kebo karena memiliki bentuk daun yang lebar menyerupai kebo. Daunnya berwarna merah hati muda dan akan berubah warna menjadi hijau tua ketika dewasa. Karena manfaat daun karet kebo yang sangat banyak menjadikan tanaman herbal ini mendunia sampai ke Eropa dan China.

manfaat daun karet kebo
manfaat daun karet kebo

Inilah Manfaat Daun Karet Kebo Untuk Kesehatan

Berikut adalah manfaat yang didapatkan dari daun karet kebo beserta cara mengolah daun karet kebo untuk beberapa jenis penyakit, yaitu :

1. Khasiat Daun Karet Kebo untuk Mengobati Penyakit Stroke

Manfaat daun karet kebo dikenal sebagai obat untuk menyembuhkan penyakit stroke. Jika diolah menjadi obat, daun karet kebo mempunyai rasa yang pedas dan bersifat netral. Di dalam daun karet kebo mengandung saponin, flavonoid, dan polifenol yang baik untuk tubuh.

Cara mengolah daun karet kebo untuk obat stroke dapat dijadikan sebagai minuman. Langkah-langkah pengolahannya sebagai berikut :

  • Ambil beberapa daun karet kebo dan cuci hingga bersih.
  • Kemudian cincang daun karet kebo dan jemur hingga daun menjadi kering.
  • Jika daun sudah kering, cuci kembali dan rebus daun di dalam panci.
  • Tambahkan 3 gelas air putih dan tunggu hingga mendidih.
  • Diamkan air rebusan yang sedang mendidih sampai kurang lebih tinggal 1 ½ dari porsi panci.
  • Jika sudah mendidih saring air rebusan dari sisa-sisa daun.
  • Air rebusan daun karet kebo bisa langsung diminum dalam keadaan hangat.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, konsumsi air rebusan secara rutin untuk pengobatan penyakit stroke.

2. Manfaat Daun Karet Kebo untuk Mengobati Penyakit Maag

Manfaat daun karet kebo selanjutnya adalah dapat dijadikan obat penyakit maag. Di dalam akar karet kebo terdapat kandungan senyawa alami yang dapat menurunkan asam lambung.

Cara mengolah daun karet kebo untuk mengobati penyakit maag, yaitu :

  • Ambil akar pohon karet kebo sebanyak 35 gram dan cuci hingga bersih.
  • Rebus dalam panci bersama 2 gelas air putih.
  • Tunggu hingga mendidih dan diamkan hingga sisa air dalam panci sekitar 1 gelas.
  • Kemudian sajikan air rebusan akar dalam keadaan masih hangat.

Untuk proses penyembuhan, konsumsi air rebusan akar pohon daun karet kebo ini sebanyak 2 kali dalam sehari.

3. Khasiat Daun Karet Kebo untuk Mengobati Bisul

Mengobati bisul juga termasuk khasiat daun karet kebo. Kandungan dalam daun ini dapat membantu proses penyembuhan bisul menjadi lebih cepat. Untuk mengobati penyakit bisul dapat memanfaatkan akar pada tanaman herbal ini.

Cara mengolah daun karet kebo untuk mengobati bisul, yaitu :

  • Siapkan akar karet daun kebo secukupnya dan cuci hingga bersih.
  • Kemudian akar yang sudah bersih digiling sampai menjadi halus.
  • Beri sedikit air dan aduk hingga teksturnya menjadi seperti bubur.
  • Akar pohon daun karet kebo sudah bisa langsung digunakan.

Untuk proses pengobatan, bubuhkan ramuan tersebut pada bisul sesering mungkin hingga bisul perlahan-lahan mulai mengecil.

4. Manfaat Daun Karet Kebo untuk Melancarkan Menstruasi

Manfaat daun karet kebo selanjutnya adalah dapat membantu melancarkan menstruasi. Bagi anda yang sering merasakan nyeri ketika menstruasi dan darah tidak lancar bisa mengonsumsi air rebusan daun karet kebo. Darah kotor yang menghambat keluarnya menstruasi dapat diatasi dengan mengonsumsi air rebusannya.

5. Khasiat Daun Karet Kebo sebagai Sifat Anti-inflamasi

Anti-inflamasi merupakan khasiat daun karet kebo selanjutnya. Kandungan alami dalam daun karet kebo dapat membantu masalah pembengkakan pada bagian tubuh tertentu. Zat anti-inflamasi inilah yang mempercepat proses penyembuhan radang pada kulit.

Cara pengolahan daun karet kebo untuk mengobati radang, yaitu :

  • Ambil beberapa helai daun karet kebo secukupnya.
  • Cuci daun karet kebo hingga bersih dan jemur hingga sangat kering.
  • Jika sudah kering, tumbuk daun karet kebo sampai halus menjadi bubuk.
  • Bubuk daun karet kebo bisa langsung digunakan sebagai obat.

Cara menggunakannya sangat mudah, anda cukup oleskan bubuk daun karet kebo pada bagian yang sakit. Lakukan secara rutin sampai bagian yang bengkak mulai berangsur mengecil.

6. Manfaat Daun Karet Kebo untuk Memaksimalkan Fungsi Lambung

Manfaat daun karet kebo berikutnya adalah untuk memaksimalkan kinerja organ lambung. Kandungan di dalam daun karet kelor dapat menjaga lambung tetap sehat dan berfungsi dengan baik ketika menyerap sari makanan yang dikonsumsi. Ramuan alaminya dapat melancarkan sistem pencernaan sehingga dapat bekerja secara optimal.

7. Khasiat Daun Karet Kebo untuk Mengatasi Gatal pada Kulit

Jika kulit terasa gatal maka dapat menyebabkan radang dan menjadi merah. Cara mengurangi rasa gatal pada kulit dapat memanfaatkan daun karet kebo. Rasa gatal yang ditimbulkan oleh berbagai masalah kulit dapat mereda dengan mengoleskan ramuan daun karet kebo.

Cara mengolah daun karet kebo untuk mengurangi rasa gatal sama seperti mengolahnya untuk obat radang. Cara penggunaannya hanya perlu mengoleskan bubuk daun karet kebo ke bagian yang gatal dan memerah. Gunakan secara rutin sampai warna merah memudar dan rasa gatal menghilang.

8. Manfaat Daun Karet Kebo untuk Mengurangi Nyeri pada Bagian Tubuh

Selanjutnya, khasiat daun karet kebo adalah dapat menjadi obat pereda nyeri pada bagian tubuh tertentu. Di dalam daun karet kebo terdapat zat analgetik yang merupakan sifat dari obat nyeri. Rasa nyeri yang dapat dihilangkan dengan mengonsumsi obat ini beragam, mulai dari nyeri karena luka sampai nyeri karena peradangan.

  • Jika nyeri yang dirasakan terletak pada kulit, anda dapat mengoleskan atau membalur daun karet kebo yang sudah ditumbuk halus. Diamkan sampai rasa nyeri mulai menghilang.
  • Jika rasa nyeri yang timbul pada gigi, cara mengolah daun karet kebo dengan membuat air rebusan. Air rebusan tersebut dijadikan obat untuk kumur sehingga dapat mengurangi nyeri pada gigi.

9. Khasiat Daun Karet Kebo untuk Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Manfaat daun karet kebo selanjutnya adalah sebagai obat untuk mengurangi tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi dapat dirasakan dengan gejala seperti pusing, sakit kepala, bahkan pingsan. Gejala hipertensi dapat diobati dengan menggunakan daun karet kebo.

Kandungan pada daun karet kebo dapat menstabilkan tekanan pada darah. Jika mulai merasakan gejala hipertensi seperti pusing, anda dapat meminum air rebusan daun karet kebo.

10. Manfaat Daun Karet Kebo untuk Melancarkan Sistem Peredaran Darah

Khasiat daun karet kebo yang terakhir adalah sebagai obat untuk melancarkan peredaran darah. Kandungan pada daun karet kebo terdapat zat-zat aktif yang dapat mencegah penyumbatan darah. Bagi anda yang menderita kolesterol tinggi sangat dianjurkan untuk mengonsumsi obat ini.

Khasiatnya dapat mencegah penumpukan plak pada pembuluh darah sehingga alirannya menjadi lancar. Dengan mengonsumsi ramuan alami daun karet kebo dapat mengurangi resiko penyakit jantung.

Demikian informasi mengenai manfaat daun karet kebo yang bisa anda ketahui beserta cara mengolah daun karet kebo untuk berbagai penyakit. Semoga informasi di atas dapat membantu anda untuk tetap sehat.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat daun pegagan

15 Manfaat Daun Pegagan untuk Obat Herbal Penyakit

sumbersehat.com - Manfaat daun pegagan saat ini sudah semakin banyak diketahui dan sedang menjadi primadona. Centella Asiatica merupakan nama lain dari tumbuhan yang memiliki bentuk daun menyerupai ginjal dengan pinggiran daun bergelombang. Pengobatan di masyarakat Cina dan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *