13 Manfaat Daun Dadap Sebagai Obat Sakit Kepala hingga Disentri

sumbersehat.com – Manfaat daun dadap ternyata cukup banyak, baik untuk kesehatan ataupun ibu hamil dan menyusui. Tanaman yang memiliki nama latin Erythrina Variegeta sejak ribuan tahun lalu sudah dimanfaatkan sebagai obat tradisional, terutama di Asia Barat. Tanaman herbal ini memiliki banyak nama lain, yaitu dadap ayam, dadap, dadap blendung, dadap laut, deris, theutheuk, dan lain-lain.

Tidak hanya Indonesia, daun dadap biasanya juga dimanfaatkan di negara lain sebagai pengobatan herbal, seperti di Vietnam, Filipina, dan Siddha. Karena memang sejak dahulu khasiat daun dadap ini tidak diragukan lagi. Jadi, sebelum mengonsumsi obat yang mengandung bahan kimia, alangkah baiknya jika mencoba mencoba menggunakan daun dadap terlebih dahulu.

manfaat daun dadap
manfaat daun dadap

Inilah Khasiat Daun Dadap di Segala Bidang yang Perlu Anda Ketahui

Bagi Anda yang penasaran mengenai berbagai manfaat daun dadap, maka silahkan simak uraian di bawah ini untuk mengetahuinya:

1. Khasiat Daun Dadap untuk Mengobati Sakit Kepala

Sakit kepala atau pusing terkadang dianggap sebagai hal yang sepele bagi sebagian orang. Namun, apabila tidak segera ditangani sakit kepala bisa mengganggu aktivitas sehari-hari dan bahkan bisa menimbulkan dampak negatif lainnya. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika mengobatinya dengan menggunakan daun dadap.

Agar manfaat daun dadap untuk sakit kepala ini bisa didapatkan, Anda bisa meremas-remas daun dadap terlebih dahulu. Kemudian letakkan pada bagian dahi Anda sebagai alternatif pengobatan herbal untuk meredakan pusing.

2. Manfaat Daun Dadap untuk Mengobati Insomnia

Bagi Anda yang mengalami insomnia atau gangguan susah tidur, disarankan untuk mengonsumsi daun dadap untuk mengatasinya. Caranya cukup mudah yaitu tinggal memilih daun dadap yang masih segar kemudian menambahkannya sebagai lalapan untuk menu makanan sehari-hari.

3. Khasiat Daun Dadap untuk Mengobati Perut Mulas

Perut mulas sangat umum terjadi pada setiap orang, tidak jarang karena mulas segala aktivitas menjadi terganggu. Hal ini biasanya disebabkan oleh mengonsumsi makanan yang salah atau terlalu pedas. Namun, Anda tenang saja karena salah satu manfaat daun dadap untuk lambung ini ialah bisa membantu mengobati perut mulas.

Khasiat daun dadap ini bisa Anda petik dengan cara menumbuknya bersama dengan daun sosor bebek. Setelah itu, letakkan pada bagian permukaan perut. Selain itu, ada juga cara lain yang bisa diterapkan, yaitu dengan melayukan daun dadap di atas api kecil. Lalu, langsung tempelkan saja pada bagian perut.

4. Manfaat Daun Dadap untuk Meredakan Gejala Rematik

Ketika Anda mengalami gejala rematik atau asam urat, lebih baik Anda segera mengobatinya dengan menggunakan daun dadap. Khasiat daun dadap ini dapat Anda ambil dengan cara memanaskan daun di atas api kecil terlebih dahulu. Kemudian gunakan sebagai tapal pada bagian sendi yang mengalami nyeri.

5. Khasiat Daun Dadap untuk Melancarkan Menstruasi

Manfaat daun dadap yang satu ini tentu sangat diperlukan oleh para perempuan. Pasalnya, banyak wanita yang mengalami masalah menstruasi seperti haid tidak lancar atau tidak teratur. Hal ini berarti terdapat penumpukan darah kotor dalam rahim wanita sehingga dapat berpengaruh terhadap tingkat kesuburannya.

Supaya menstruasi Anda dapat lancar, maka bisa memanfaatkan daun dadap sebagai pengobatan herbal. Caranya yaitu dengan mengonsumsi daun dadap dan juga bunganya sebagai sayuran secara rutin.

Selain itu, khasiat daun dadap juga dapat Anda dapatkan dengan mengonsumsi air rebusan daun dadap. Cara mengolahnya yaitu ambillah 5 lembar daun dadap kemudian merebusnya dengan 2 gelas air. Jika Anda ingin agar rasanya manis, maka bisa menambahkan 2 sendok madu ke dalamnya. Jika sudah matang, Anda dapat meminumnya ketika pagi dan malam hari.

6. Manfaat Daun Dadap untuk Mengobati Cacingan

Cacingan tidak hanya dialami oleh anak-anak saja, orang dewasa pun juga bisa mengalaminya. Nah, salah satu khasiat daun dadap ialah dapat membantu mengatasi masalah cacingan. Untuk mengobati penyakit cacingan ini Anda dapat mengonsumsi ramuan herbal dari daun dadap yang sudah dihaluskan. Kemudian campurkan juga dengan madu murni secukupnya.

7. Khasiat Daun Dadap untuk Mengobati Disentri

Disentri merupakan terjadinya sebuah infeksi pada usus seseorang sehingga dapat menyebabkan orang tersebut mengalami diare disertai dengan darah dan lendir. Apabila ingin mencegahnya maka selalu jagalah kesehatan, pola makan yang sehat, serta rajin untuk mencuci tangan sampai bersih menggunakan sabun.

Sementara bila sudah terlanjur terjadi, maka dapat menggunakan daun dadap untuk mengobatinya. Konsumsilah ramuan herbal yang dibuat dari daun dadap yang sudah dihaluskan dan dicampurkan dengan minyak jarak (kastroli).

8. Manfaat Daun Dadap untuk Membantu Menurunkan Demam

Apabila Anda atau sang buah hati sedang demam, maka lebih baik mengobatinya menggunakan tanaman herbal, salah satunya yaitu daun dadap. Zat anti-piretik yang terkandung di dalam daun dadap efektif untuk menurunkan suhu panas akibat demam.

9. Khasiat Daun Dadap untuk Melancarkan ASI Bagi Ibu Menyusui

Tidak jarang seorang ibu mendapati permasalahan pada jumlah produksi ASI sehingga bayi tidak mendapatkan nutrisi yang cukup. Jika ibu mengalami permasalahan tersebut, maka dapat mengonsumsi daun dadap yang masih muda dan segar sebagai lalapan atau sayuran. Karena salah satu manfaat daun dadap ini ialah mampu melancarkan dan meningkatkan produksi ASI.

ASI (air susu ibu) merupakan sumber nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh untuk menunjang tumbuh kembangnya. ASI eksklusif harus diberikan kepada bayi hingga umur 6 bulan, dilanjutkan hingga berumur 2 tahun agar memperoleh imunitas yang kuat.

10. Manfaat Daun Dadap untuk Menurunkan Resiko Keguguran

Keguguran tentu saja menjadi momok yang menakutkan bagi ibu hamil dan sang suami. Sebagai bentuk pencegahan agar tidak terjadi keguguran, alangkah baiknya jika menggunakan tanaman herbal seperti daun dadap. Khasiat daun dadap ini diperoleh dengan cara menumbuk halus beberapa helai daun dadap. Kemudian memborehkan dengan tebal tumbukan tersebut pada perut ibu hamil.

11. Khasiat Daun Dadap untuk Menyehatkan Wajah dan Rambut

Beberapa kandungan yang dimiliki daun dadap mampu membantu membersihkan darah agar wajah terhindar dari jerawat. Selain itu, juga dapat manfaat daun dadap juga membantu mengatasi permasalahan pada rambut seperti ketombe atau gatal di kepala.
Khasiat daun dadap untuk wajah ini bisa didapatkan dengan menjadikannya sebagai air rebusan daun dadap.

Caranya yaitu dengan menumbuk halus daun dadap kemudian tambahkan segelas air panas. Aduk-aduk dan konsumsilah sekali dalam sehari. Sementara untuk rambut, Anda bisa membuatnya dengan cara menggiling 5 lembar daun dadap kemudian tambahkan sedikit air hangat. Untuk menggunakannya, balurkan pada kulit rambut dan tunggu beberapa menit lalu bilaslah sampai bersih.

Manfaat Daun Dadap untuk Lingkungan

Adapun manfaat daun dadap untuk lingkungan adalah:

1. Sebagai Pakan hewan ternak

Manfaat daun dadap untuk ternak ini sangat dibutuhkan bagi orang-orang yang sedang memelihara hewan ternak seperti sapi, kambing, dan lain-lain. Apabila stok rumput sudah mulai menipis atau sedikit, maka daun dadap dapat dijadikan alternatifnya.

2. Sebagai pupuk tanaman

Selain khasiat daun dadap untuk ternak, ternyata tanaman herbal ini juga dijadikan sebagai pupuk tanaman. Daun dadap yang digunakan ialah yang sudah dikeringkan terlebih dahulu. Dengan memakai daun ini, maka tanaman juga akan menjadi subur.

Itulah khasiat dan manfaat daun dadap, cara untuk mengonsumsinya yaitu dengan merebus daunnya. Ambil daun dadap secukupnya, lalu rebus dengan 3 gelas air dan sisakan sampai 2 gelas air. Setelah itu, minum selagi hangat secara rutin. Jika setelah konsumsi obat herbal ini tapi belum merasakan reaksi atau perbuhan lebih baik, maka segera ke dokter.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat buah anggur

11 Manfaat Buah Anggur untuk Kesehatan dan Sebagai Obat Herbal

sumbersehat.com – Manfaat buah anggur wajib diketahui. Karena anggur memiliki banyak kandungan nutrisi yang dibutuhkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *