13 Manfaat Daun Cincau, dari Penurun Demam sampai Anti Kanker

sumbersehat.com – Manfaat daun cincau ternyata tidak hanya sebagai bahan dasar minuman segar kesukaan Anda seperti dawet, es cendol, dan es cincau. Daun cincau ternyata juga memiliki berbagai khasiat sebagai obat tradisional untuk mengobati bermacam-macam penyakit.

Tanaman yang termasuk tanaman liar ini akan sangat mudah ditemui di sekitar Anda. Memiliki tiga jenis yaitu cincau bulu, jelly, dan hitam, khasiat daun cincau nyatanya luar biasa bagi kesehatan tubuh manusia. Baca lebih lanjut untuk mengetahui beberapa manfaat daun herbal ini.

manfaat daun cincau
manfaat daun cincau

Inilah Khasiat Daun Cincau untuk Kesehatan

Berikut adalah manfaat daun cincau untuk kesehatan tubuh, diantaranya:

1. Khasiat daun cincau untuk melancarkan pencernaan

Manfaat daun cincau yang pertama adalah membantu melancarkan pencernaan. Tingginya serat yang terkandung di dalam daun cincau sangat bagus untuk sistem pencernaan. Konsumsi daun cincau secara rutin akan menyehatkan saluran pencernaan serta mencegah gangguan pada pencernaan.

2. Manfaat daun cincau efektif sebagai obat sakit tenggorokan

Tanaman cincau mengandung beberapa senyawa aktif yang terbukti ampuh mengobati sakit tenggorokan, terutama yang disebabkan oleh panas dalam. Untuk menikmati khasiat daun cincau yang satu ini, Anda bisa mengkonsumsi segelas minuman berbahan dasar cincau untuk meredakan nyeri yang disebabkan oleh sakit pada tenggorokan.

3. Khasiat daun cincau sebagai obat alami penurun demam

Antioksidan tinggi yang terkandung di dalam daun cincau berperan penting meredakan demam. Anda bisa mengkonsumsi air rebusan daun cincau sebanyak 2 kali dalam sehari. Agar lebih segar, variasikan air rebusan tersebut dengan menambahkan buah-buahan segar sebagai topping.

4. Manfaat daun cincau sebagai obat penyakit lambung

Manfaat daun cincau yang tak kalah dahsyat adalah mengobati penyakit lambung. Antioksidan yang berasal dari kandungan vitamin C di dalamnya terbukti bekerja menguatkan otot dinding lambung, membunuh bakteri jahat, kemudian meredakan radang.

5. Khasiat daun cincau untuk mengobati diare

Saat diare, Anda akan mudah menjadi lemas, merasakan nyeri di ulu hati, serta kesulitan beraktivitas. Daun cincau mengandung vitamin B, vitamin C, juga alkaloid yang bisa Anda manfaatkan untuk mengobati diare. Caranya sederhana, minumlah air rebusan daun cincau secara rutin minimal 3 kali dalam sehari untuk membunuh kuman dan bakteri penyebab diare.

6. Manfaat daun cincau untuk membantu menurunkan berat badan

Terutama bagi Anda yang sedang menjalankan program diet, daun cincau direkomendasikan untuk dimasukkan ke dalam menu harian karena kandungan kalorinya relatif rendah. Selain itu, daun cincau cukup dikonsumsi sebagai sumber energi. Hal ini karena kandungan gula sederhana di dalamnya tidak akan mengganggu program diet Anda.

7. Khasiat daun cincau untuk mencegah diabetes

Kandungan gula sederhana dalam cincau membantu mengendalikan kadar gula darah. Meski Anda mengkonsumsi cincau secara rutin, tidak akan terjadi lonjakan senyawa yang bisa mengacaukan kadar gula darah dalam aliran darah.

8. Manfaat daun cincau untuk mencegah Osteoporosis

Tingginya kandungan kalsium dan mineral yang ditemukan dalam daun cincau dapat membantu proses regenerasi sel-sel pada tulang yang mengalami kekurangan kalsium. Konsumsi daun herbal ini secara berkala bisa membantu mencegah risiko osteoporosis pada usia lanjut. Selain itu, stamina tubuh pun akan terjaga dengan baik.

9. Khasiat daun cincau sebagai obat anti kanker

Konsumsi daun cincau segar secara rutin diyakini dapat menghambat pertumbuhan sel kanker yang mematikan. Bila ingin mencobanya, Anda bisa mengkonsumsi air rebusan daun cincau atau mencampurnya sebagai bahan dasar makanan.

10. Manfaat daun cincau sebagai obat sakit tipes

Pola makan tidak teratur, aktivitas fisik berlebihan, serta program diet yang tidak tepat kerap memicu berbagai macam penyakit, seperti tipes. Kandungan Mineral fosfor serta senyawa tokoferol yang ditemukan dalam daun cincau efektif menjaga imunitas tubuh bagi penderita tipes. Cara mengkonsumsinya sangat mudah, yakni meminum air rebusan daun cincau tiga kali dalam sehari.

11. Khasiat daun cincau yang efektif mengatasi hipertensi

Tetandrin merupakan senyawa aktif dalam tanaman cincau yang berguna mengobati hipertensi; bekerja dengan cara melebarkan pembuluh darah sehingga melancarkan aliran darah dalam tubuh. Sirkulasi darah yang lancar ini kemudian mengembalikan tekanan darah. Cukup konsumsi daun cincau sebanyak 3 kali dalam seminggu.

12. Manfaat daun cincau untuk mengobati keracunan makanan

Makanan enak dan bergizi seperti seafood terbukti sangat baik untuk dikonsumsi, namun beberapa jenis cumi-cumi dan udang dapat menyebabkan keracunan. Bila ini terjadi, Anda bisa mengkonsumsi olahan daun cincau yang kaya antioksidan untuk mengatasi keracunan.

13. Khasiat daun cincau yang baik untuk kesehatan mata

Siapa sangka bahwa mengkonsumsi olahan cincau secara rutin sangat baik bagi kesehatan mata, terutama mengatasi masalah penglihatan. Manfaat daun cincau yang satu ini berasal dari senyawa-senyawa aktif di dalamnya yang efektif melawan degenerasi makula sehingga membuat Anda tetap sehat hingga usia lanjut.

Cara Mengolah Daun Cincau

Demi merasakan khasiat daun cincau secara maksimal, Anda perlu mengetahui beberapa cara mengolah daun cincau berikut ini:

Minuman cincau hijau

Tekstur yang lembut berpadu dengan gula jawa yang manis, serta rasa santan yang gurih, membuat minuman cincau hijau menjadi favorit banyak orang. Anda dapat membuat sendiri minuman cincau dengan cara:

  • Siapkan 1 liter air dan kurang lebih 40 lembar daun cincau hijau segar.
  • Campurkan keduanya ke dalam wadah, kemudian peras daun cincau dengan cara ditambahkan air sedikit demi sedikit hingga hancur.
  • Saring air sari cincau lalu pindahkan ke wadah bersih lainnya.
  • Pastikan tekstur sari cincau kental dan padat. Simpan dan dinginkan di dalam kulkas hingga menjadi seperti agar-agar.

Air rebusan cincau

Cara termudah mengolah daun cincau sebagai obat adalah merebusnya kemudian meminum air rebusannya Caranya sederhana siapkan daun cincau sesuai kebutuhan cuci hingga bersih menggunakan air mengalir masukkan ke dalam air dan rebuslah hingga mendidih. setelah itu Anda bisa menyaringnya kemudian meminum langsung selagi hangat.

Es cappucino cincau

Ada cara lebih asyik untuk menikmati manfaat daun cincau yakni membuat es cappucino cincau segar. Bahan-bahan yang diperlukan adalah:

  • Cincau yang telah dicuci dan dipotong dadu
  • Santan kental
  • Gula pasir
  • Gula merah
  • Susu kental manis
  • Cappucino instan

Cara membuat:

  • Rebus santan kental dengan gula pasir dan gula merah menggunakan api kecil hingga mendidih.
  • Pindahkan rebusan santan ke dalam wadah bersih.
  • Campurkan cappucino instan, diamkan hingga dingin, lalu blender.

Saran penyajiannya adalah masukkan potongan cincau ke dalam gelas, tambahkan cappucino yang telah diblender sebelumnya, kemudian masukkan susu kental manis. Anda bisa menambahkan es batu sesuai selera.

Cincau Hijau dan Cincau Hitam

Anda pasti telah mengenal dua jenis cincau yang digunakan sebagai bahan dasar minuman yakni cincau hitam dan cincau hijau. Lantas di antara keduanya, manfaat daun cincau yang mana yang lebih baik?

Cincau hijau diolah dari campuran air dan daun cincau, dibuat dengan cara diperas. Air perasannya ini kemudian didinginkan hingga menjadi jelly atau agar-agar. Sedangkan cincau yang berwarna hitam berasal dari campuran gula dan tepung, diolah sedemikian rupa sehingga teksturnya menyerupai Jelly atau agar-agar padat.

Bila dilihat dari sisi nutrisinya, cincau hijau punya lebih banyak manfaat bagi kesehatan. Beberapa ahli gizi bahkan menyarankan untuk menghindari konsumsi cincau hitam karena kandungan karbohidrat di dalamnya dapat memicu asam lambung serta diabetes.

Demikian beberapa manfaat daun cincau yang bisa Anda dapatkan dengan konsumsi rutin setiap hari. Selain itu, Anda dapat mengolah sendiri tanaman cincau menjadi bermacam-macam minuman segar serta obat herbal untuk menjaga stamina, juga mengobati berbagai macam penyakit.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat rumput mutiara

10 Manfaat Rumput Mutiara untuk Kesehatan dan Cara Pengolahannya yang Mudah

sumbersehat.com - Manfaat rumput mutiara tak hanya sebagai obat tradisional yang dipercaya mampu mengobati kanker. Khasiat lain yang tak kalah jitu adalah kandungan kimia rumput mutiara yang juga mampu mengobati penyakit ringan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *