13 Manfaat Daun Ceri bagi Kesehatan dan Kecantikan, Harus Tahu!

sumbersehat.com – Manfaat daun ceri atau yang lebih dikenal sebagai seri maupun talok atau kersen, rupanya cukup banyak. Tak hanya rasa buahnya yang unik dan manis, daun pohon yang punya nama latin Muntingia calabura L ini telah teruji ampuh digunakan sebagai obat herbal.

Khasiat daun ceri yang beragam sudah pasti berasal dari kandungan yang ada di dalamnya. Antara lain karbohidrat, air, kalsium, serat, protein, lemak, zat besi, fosfor, niacin, riboflavin, dan karoten. Nah, bila tertarik memasukkan daun ini dalam daftar obat herbal Anda, simak manfaat dan cara mengolahnya berikut ini.

manfaat daun ceri
manfaat daun ceri

Kandungan Daun Ceri/Kersen

Tumbuhan herbal ini punya kandungan vitamin C lebih tinggi dari buah jeruk dan mangga. Dalam setiap 100 gr buahnya, dilansir dari beberapa sumber, terkandung:

  • 80,5 mg vitamin C
  • 77,8 gr air
  • 3,6 gr serat
  • 0,324 gr protein
  • 1,56 gr lemak
  • 0,019 mg karoten
  • 1,18 mg zat besi
  • 124,6 mg kalsium
  • 84 mg fosfor
  • 0,554 mg niacin
  • 0,037 mg riboflavin.
  • 0,065 mg tiamin

Inilah Khasiat Daun Ceri bagi Kesehatan

Adapun manfaat daun ceri untuk kesehatan dan kecantikan yang harus Anda tahu adalah:

1. Khasiat daun Ceri untuk membantu menjaga imunitas tubuh

Tingginya kandungan anti inflamasi dan antioksidan dalam daun kersen membantu memelihara imunitas tubuh Anda sehingga terhindar dari berbagai penyakit, terutama yang disebabkan oleh kelelahan. Caranya mudah, cukup minum air rebusan daun ceri rutin setiap hari.

2. Manfaat daun ceri sebagai obat alami sakit kepala

Kandungan senyawa kimia di dalam daun seri yakni tanin, triterpenoid, polifenol, flavonoid dan saponin bekerja sebagai antimikroba serta antioksidatif yang diyakini mampu meringankan peradangan dalam tubuh termasuk sakit kepala.

3. Khasiat daun ceri untuk untuk asam urat

Cara mengonsumsi daun ceri untuk asam urat adalah minum air seduhan daun ceri muda tiga kali dalam sehari secara rutin. Selain daunnya, bagian buahnya pun dapat Anda konsumsi sebagai obat alami pencegah asam urat.

4. Manfaat daun ceri sebagai pereda batuk dan flu

Seperti kita ketahui bahwa penyakit batuk dan flu umumnya penyebabnya adalah bakteri. Sifat antibakteri yang dimiliki oleh daun kersen diyakini efektif menyembuhkan batuk dan flu. Cara mengonsumsinya cukup mudah, yakni dengan cara meminum rebusan daun ceri.

5. Khasiat daun ceri sebagai obat herbal untuk insomnia

Meski rasanya getir dan sedikit pahit, daun seri diketahui dapat memberikan efek relaksasi pada tubuh ketika dikonsumsi. Cara terbaik mengonsumsi daun ini untuk mengatasi insomnia adalah dengan cara mengolahnya menjadi teh daun ceri.

6. Manfaat daun ceri untuk mencegah penyakit stroke

Manfaat daun ceri yang tak kalah mengesankan adalah kandungan zat aktif di dalamnya dapat merangsang peroksisom proliferator atau PPAR di dalam tubuh yang kemudian bekerja melancarkan metabolisme glukosa. Hal ini efektif menangkal dan mencegah tubuh dari serangan penyakit stroke.

7. Khasiat daun ceri untuk mengontrol hipertensi

Disarankan bagi penderita hipertensi untuk meminum air rebusan daun kersen untuk mengontrol serta menurunkan tekanan darah.

8. Manfaat daun ceri sebagai Anti peradangan

Anda dapat merasakan khasiat daun ceri sebagai obat anti peradangan atau anti inflamasi, mulai dari peradangan pada kulit hingga radang tenggorokan. Hal ini dikarenakan daun ini mampu secara aktif melawan bakteri sehingga cocok dijadikan sebagai salah satu sumber obat alternatif yang dapat mengatasi peradangan serta mengurangi nyeri.

9. Khasiat daun ceri sebagai anti kanker

Tanaman herbal yang juga mengandung senyawa flavonoid, saponin, dan tanin ini mampu bekerja menangkal efek negatif radikal bebas yang diketahui merupakan salah satu faktor pemicu tumbuhnya sel kanker dan juga tumor.

10. Manfaat daun ceri untuk membantu mengontrol kadar kolesterol

Sebuah penelitian membuktikan bahwa daun ceri mampu menurunkan sintesis kolesterol serta menurunkan konsentrasi timbunan lemak di dalam pembuluh darah. Manfaat daun ceri yang satu ini diyakini berasal dari kandungan flavonoid dan saponin di dalamnya.

Senyawa flavonoid serta saponin memang telah teruji mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Bila kadar kolesterol jahat telah menurun, tentunya Anda dapat terhindar dari berbagai macam risiko penyakit kardiovaskular.

Manfaat Daun Ceri bagi Kecantikan

Siapa sangka tanaman berbuah manis ini juga punya manfaat untuk kecantikan. Apa saja? Simak ulasan singkatnya berikut ini.

1. Membuat awet muda

Daun kersen kaya akan vitamin C yang dapat membantu meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh. Meningkatnya kolagen dalam tubuh dapat mencerahkan kulit wajah dan meremajakan kulit. Selain itu, vitamin C juga bekerja menangkal efek negatif radikal bebas yang diketahui merupakan salah satu pemicu rusaknya sel-sel kulit. Anda bisa mengonsumsi air rebusan daun ceri maupun memakan buahnya secara langsung.

2. Mengatasi jerawat

Kandungan vitamin C tinggi serta sifat antibakteri membuat daun herbal ini dapat digunakan sebagai obat anti peradangan dan juga antibiotik. Anda bisa mengonsumsi teh daun kersen atau membuatnya sebagai masker wajah alami untuk mengatasi masalah kulit berjerawat, terutama mengurangi peradangan serta luka akibat jerawat.

3. Membakar lemak dan baik untuk diet

Manfaat daun ceri juga bisa Anda nikmati meski sedang menjalani program diet. Kandungan zat besi juga kalsium dari dalam daun herbal ini bekerja efektif membantu proses pembakaran lemak dalam tubuh sehingga mengurangi penumpukan lemak jahat. Disamping itu, kalsium punya peranan penting untuk memastikan bahwa tubuh Anda mampu bekerja menurunkan berat badan secara efisien.

Bagaimana Cara Mengolah Daun Ceri?

Anda tidak akan kesulitan untuk mendapatkan daun ceri atau kersen ini di lingkungan sekitar rumah anda. Tetapi bila tidak dapat menemukannya, Anda bisa membelinya melalui toko herbal online maupun offline. Daun herbal ini kebanyakan dijual dalam bentuk kering ataupun masih segar. Demi merasakan manfaat daun ceri, berikut ini beberapa cara mengolahnya yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

1. Sebagai obat luar

Daun kersen bisa Anda manfaatkan sebagai obat luar untuk mengobati peradangan pada kulit. Cara menggunakannya cukup sederhana, Anda dapat menumbuk, meremas, atau menghaluskannya menggunakan blender. Setelah itu, aplikasikan segera ke bagian kulit yang sedang mengalami peradangan. Untuk hasil maksimal, Anda dapat melakukan hal ini secara rutin 3 kali dalam sehari.

2. Direbus

Cara termudah menikmati manfaat daun ceri adalah dengan cara direbus. Siapkan segenggam daun ceri dan 2 gelas air. Masukkan daun ceri dan air ke dalam wadah, rebus dan tunggu hingga mendidih dan air tersisa hanya setengahnya. Minumlah air rebusan ini secara rutin 2 sampai 3 gelas setiap hari.

3. Diseduh

Siapkan daun seri yang telah dikeringkan, Anda bisa mengeringkannya sendiri ataupun membeli langsung dari toko-toko herbal di pasaran. Seperti air rebusannya, teh daun seri ini sebaiknya juga dikonsumsi 2 hingga 3 gelas secara rutin per hari.

4. Jus daun ceri

Cara mengolah daun ceri sebagai minuman jus diyakini memberikan manfaat yang lebih banyak dibandingkan dengan cara direbus atau diseduh. Hal ini dikarenakan konsentrasi ekstrak daun ceri lebih tinggi bila dibuat sebagai minuman jus.

Setiap manfaat daun ceri di atas tidak hanya mudah dibuat, tetapi juga ramah di kantong. Anda pun tidak perlu khawatir dengan efek sampingnya. Selain itu Anda juga bisa mendapatkan hasil maksimal untuk kesehatan serta kecantikan. Jika anda dalam kondisi tertentu atau belum yakin dalam mengonsumsi obat herbal ini, lebih baik konsultasi kepada dokter dulu.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat daun salam untuk wanita

6 Manfaat Daun Salam Untuk Wanita, Nomor 5 Sangat Menggoda

sumbersehat – Berita tentang manfaat daun salam untuk wanita sempat tenar beberapa waktu lalu. Sejak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *