Simak, 10 Manfaat Daun Binahong yang Penting Bagi Kesehatan

Sumbersehat.com – Manfaat daun binahong memang tak perlu diragukan lagi. Berbagai macam penyakit mulai dari ringan, sedang, sampai berat dapat dengan mudah diatasi oleh tanaman herbal ini. Tentunya hal ini sangat bermanfaat bagi Anda, apalagi di tengah situasi pandemi yang tak tentu.

Pada saat pandemi Corona masih terus berjalan, sedangkan kehidupan kembali normal membuat imun tubuh menjadi pertahanan utama dalam menghalau Covid-19. Sehingga mengonsumsi berbagai macam makanan termasuk vitamin adalah penting demi meningkatkan pertahanan tubuh. Salah satunya mengonsumsi daun Binahong.

Mengenal Tanaman Binahong

Sebelum membahas tentang khasiat daun binahong, kita kenali dulu tentang tanaman Binahong. Binahong hadir sebagai salah satu tanaman tradisional yang secara alamiah mengandung beragam khasiat. Mulai dari kandungan vitamin A, vitamin B, vitamin C, sampai berbagai asam organik seperti L-Arabinosa dan Karoten.

Manfaat daun binahong pastinya dapat dinikmati bila dikonsumsi pada saat yang tepat dengan dosis sesuai. Binahong atau Piahong dengan nama latin Anredera cordifolia adalah tanaman obat-obatan yang banyak dijumpai di daerah tropis. Walau mampu bertahan di dataran tinggi, tetapi Piahong sendiri tumbuh subur di daerah tropis.

Tumbuhan ini bersifat menjalar pada ranting ataupun tembok apabila tumbuh secara liar. Memiliki ciri-ciri fisiologis, berbatang lunak dan berair, bunga majemuk, dan daunnya yang berbatang tunggal berbentuk hati, menjulur satu sama lain. Walaupun telah lama ada di Indonesia, tanaman binahong sendiri bukanlah tanaman endemik asli Indonesia.

Menurut beberapa sumber sejarah, tanaman ini merupakan tumbuhan yang berasal dari Australia, Afrika, dan beberapa negara lain di pulau pasifik. Pertumbuhan dan budidaya yang cepat, membuat tanaman ini dengan mudah menyebar ke seluruh dunia.

Akan tetapi, setelah ditelusuri lebih lanjut tanaman binahong berasal dari daerah Tiongkok sebagai episentrum pertumbuhan dan budidaya. Nama asli tanaman ini adalah Dheng San Chi, sebelum akhirnya dikenal dengan nama Binahong.

Beberapa bangsawan Tiongkok, Taiwan, sampai Korea acap kali mengonsumsi Binahong sebagai minuman kesehatan untuk membantu mempertahankan imun tubuh. Konon katanya, manfaat daun binahong di kalangan bangsawan Asia untuk mempertahankan kecantikan atau memperpanjang usia.

Terlepas dari segala isu, tanaman binahong sendiri adalah minuman wajib rakyat Vietnam pada saat masa perang dahulu. Manfaat daun binahong yang dipercaya sebagai sumber berbagai vitamin sehingga sangat dianjurkan bagi masyarakat sipil di era invansi Vietnam.

manfaat daun binahong
manfaat daun binahong

Inilah Khasiat Daun Binahong untuk Kesehatan

Berikut ini adalah dampak bagi kesehatan ketika mengonsumsi tanaman herbal binahong secara rutin.

1. Manfaat Daun Binahong Sebagai Anti Inflamasi

Sebagai obat tradisional anti inflamasi, binahong mengandung senyawa kimia flavonoid yang berfungsi sebagai anti-mikroba maupun anti-bakteri. Walaupun efek yang ditimbulkan tidak sebesar obat kimia seperti asam mefenamat, tetapi binahong dapat secara efektif melumpuhkan bakteri hingga mikroba.

Dalam sebuah kajian, menyebutkan bahwa ekstrak dari tanaman binahong yang diminum secara rutin mampu mengurangi berbagai ancaman virus yang hendak masuk ke dalam tubuh.

 

2. Khasiat daun binahong untuk jerawat

 

Seringkali jerawat membuat sebagian besar kaum hawa merasa minder. Walaupun kecil, tetapi dampak yang dihasilkan sangatlah besar. Apabila beragam obat kimia dirasa kurang cocok digunakan pada wajah sensitif, maka gunakan manfaat daun binahong dapat menjadi jawaban yang patut anda coba.

Seperti yang dijelaskan di atas, anti-mikroba sampai bakteri yang terdapat dalam binahong mampu secara efektif mengurangi peradangan pada kulit yang menyebabkan jerawat. Selain itu, antioksidan yang terkandung pada daun binahong kering dapat merusak struktur tubuh bakteri.

3. Manfaat Daun Binahong untuk Mengobati penyakit ginjal

Beragam penyakit dapat ditimbulkan apabila ginjal Anda mengalami gangguan sekecil apapun. Sebenarnya terdapat banyak upaya yang dapat anda lakukan untuk mengatasi beragam penyakit ginjal. Namun, manfaat daun binahong juga perlu diperhitungkan.

Pasalnya, kadar kreatinin yang seringkali berlebihan mampu memunculkan penyakit batu ginjal. Hal ini dapat berakibat sangat fatal apabila tak kunjung diatasi secara tepat. Oleh karena itu, pencegahan yang paling awal dengan meminum tanaman binahong yang telah direbus setiap pagi dan malam.

Apabila Anda secara konsisten melakukan hal ini, maka ginjal akan berangsur-angsur pulih.

4. Manfaat daun binahong untuk luka operasi & luka bakar

Salah satu luka luar yang cukup fatal adalah luka operasi dan luka bakar. Penanganan yang salah justru semakin memperburuk kerusakan jaringan kulit, sehingga mampu memperluas infeksi yang dihasilkan.

Maka dari itu, sebagai pertolongan utama, Anda dapat memanfaatkan daun binahong untuk mencegah pelebaran infeksi akibat bakteri di udara maupun kerusakan jaringan kulit. Daun binahong juga bermanfaat untuk mengurangi rasa nyeri akibat luka bakar.

5. Khasiat Daun Binahong untuk Menurunkan Asam Urat

Berkat kandungan senyawa kimia flavonoid dan antioksidan pada tanaman herbal berkhasiat ini, manfaat daun binahong lainnya yakni efektif membantu menurunkan asam urat yang seringkali diderita orang dewasa sampai lansia.

6. Manfaat Daun Binahong Sebagai sumber vitamin

Vitamin C yang terkandung pada daun binahong memiliki beragam manfaat pada tubuh manusia. Salah satunya yaitu mencegah sariawan dan memperbaiki jaringan ikat di tubuh manusia.

Tak hanya itu, daun binahong juga mampu mencegah penyakit beri-beri, kelainan gusi, sampai cacat mata yang kerap kali menyerang segala usia. Berbagai kandungan ini dapat bermanfaat secara efisien pada pasien yang tepat.

7. Khasiat Daun Binahong untuk Melancarkan peredaran darah

Manfaat daun binahong yang tak kalah menakjubkan adalah melancarkan kandungan hemoglobin dalam peredaran darah sehingga denyut jantung dapat berirama secara baik dan mempertahankan kesehatan jantung.

Untuk Anda yang seringkali mengalami tekanan darah tinggi atau tekanan darah cenderung tidak stabil, maka Anda perlu mencoba daun binahong yang juga bermanfaat untuk menjaga kestabilan tekanan darah.

8. Manfaat Daun Binahon untuk Wasir

Salah satu gangguan kesehatan yang cukup mengganggu adalah wasir. Kesulitan dalam buang air besar dapat menjadi hal yang mengerikan bagi beberapa orang. Beragam obat telah dicoba, tetapi tak menunjukkan perkembangan baik yang signifikan. Maka Anda dapat mencoba daun binahong sebagai obat tradisional dalam melancarkan buang air besar maupun buang air kecil.

9. Khasiat Daun Binahong untuk Sakit perut

Pernahkah Anda mengalami sakit perut hebat akibat menstruasi? Kaum hawa yang merasakan nyeri haid tentunya menjadi gangguan tersendiri yang wajib dialami setiap bulannya. Anda dapat mencoba daun binahong untuk  membantu mengatasi nyeri haid yang dialami.

10. Manfaat Daun Binahong untuk Diabetes

Bagi pasien pengidap diabetes, mulai dari diabetes mellitus sampai diabetes insipidus, Anda bisa mencoba teknik pengobatan alternatif dengan cara mengonsumsi 10 lembar daun binahong yang telah direbus. Anda dapat menyaring terlebih dahulu atau meminum bersama ampasnya.

Pengolahan tanaman binahong biasanya dilakukan dengan merebus atau menumbuk sampai halus tanaman binahong sampai mengeluarkan ekstrak. Nantinya ekstrak ini harus dikeringkan, kemudian baru dapat digunakan. Caranya, campurkan ke dalam makanan, ataupun diseduh dengan air hangat.

Di atas adalah beberapa manfaat daun binahong. Tentunya masih ada beragam manfaat lainnya. Ingat, kunci utama untuk menjaga kesehatan adalah mengonsumsi makanan sehat dan bergizi, serta tak lupa menambahkan asupan vitamin untuk meningkatkan imun tubuh.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat tapak liman

11 Manfaat Tapak Liman dari Mengatasi Diare sampai Kanker

sumbersehat.com - Manfaat tapak liman telah digunakan sejak lama sebagai obat herbal beragam penyakit yang sangat efektif dalam penyembuhannya. Kandungan beberapa senyawa bioaktif, bahan kimia alami dan minyak essential

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *