4 Manfaat Daun Binahong untuk Luka Cepat Sembuh, Simak Apa Aja!

sumbersehat – Manfaat daun binahong untuk luka sudah terbukti. Tanaman ini sudah lama dipercaya sebagai bahan ramuan obat tradisional. Daun binahong mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit, dari ringan hingga berat. Salah satu yang paling terkenal adalah mengobati luka agar cepat kering.

Tanaman ini tumbuh menjalar hingga mencapai panjang 5 meter, dengan batang yang lunak berbentuk silindris. Daunnya berjenis tunggal memiliki bentuk menyerupai hati dan berbunga majemuk. Daun binahong atau piahong ini sudah lama tersebar di wilayah Indonesia. Tanaman binahong dapat tumbuh di dataran rendah maupun tinggi. Memiliki nama ilmiah Anredera cordifolia, seluruh bagian tanaman ini dapat dimanfaatkan.

manfaat daun binahong untuk luka

Kandungan Daun Binahong

Manfaat daun binahong dapat dirasakan dari kandungan kimia yang terdapat pada seluruh tanaman. Manfaat daun binahong untuk luka sudah dikenal masyarakat sejak zaman dahulu. Hal tersebut karena kandungan dalam daun yang terkenal sebagai zat anti inflamasi. Seperti total fenol, sifat antioksidan, protein, zat besi, kalsium, kalium dan vitamin A hingga C.

Kandungannya tersebut yang akan mendorong supaya luka seperti sayatan dapat lebih cepat kering. Selain itu, kandungan atsiri dan asam askorbat juga baik untuk mengatasi luka bakar. Tanaman ini memang terkenal secara empiris digunakan sebagai obat anti bakteri. Kandungan zat flavonoid, minyak atsiri, saponin, terpenoid dan alkaloid terbukti berperan sebagai antibakteri dalam penyembuhan luka.

Zat-zat tersebut bekerja untuk menghambat pertumbuhan bakteri, dengan merusak permeabilitas dinding sel bakteri. Flavonoid sendiri berperan sebagai antibiotik dalam mengganggu fungsi mikroorganisme berupa bakteri dan virus. Sedangkan kandungan alkaloid mempunyai aktivitas hipoglikemik, dan untuk senyawa terpenoid mampu membantu tubuh memulihkan sel-sel yang rusak.

Manfaat Daun Binahong untuk Luka

Berbagai macam penyakit dapat disembuhkan dengan cara mengkonsumsi daun binahong. Namun, salah satu yang paling terkenal dari khasiat daun binahong adalah menyembuhkan luka. Berbagai macam luka mampu cepat kering jika diberikan ramuan daun binahong. Berikut ini beberapa jenis luka yang dapat dibantu proses penyembuhannya dengan menggunakan daun binahong, seperti:

Mengobati Luka Bakar

Luka bakar memang butuh penanganan yang cepat. Berdasarkan penelitian, terbukti jika salep yang mengandung ekstrak daun binahong sejumlah 5%, akan mampu mengobati luka bakar lebih cepat. Hal ini karena dibantu adanya kandungan kolagen dalam protein yang terdapat pada daun binahong. Proses penyembuhan luka bakar, akan lebih cepat jika pembentukan kolagennya juga cepat.

Penyembuhan Luka Sayatan

Daun binahong juga memiliki sifat antiseptik. Kandungan ini akan mampu membantu mempercepat proses penyembuhan luka. Manfaat daun binahong untuk luka terbuka di kulit seperti sayatan. Luka akan cepat kering jika ditempelkan dengan hasil tumbukan daun binahong yang masih segar. Selain itu, sifat anti inflamasinya juga akan membantu meringankan memar memerah atau bengkak sekalipun.

Mengobati Luka Memar

Manfaat daun binahong untuk luka juga dapat dirasakan pada luka memar. Luka akibat pukulan, rematik, pegal linu bahkan nyeri urat, dapat diredakan dengan ramuan dari daun binahong. Luka memar ini akan mereda dengan menempelkan tumbukan daun dan batang dari tanaman binahong.

Penyembuhan Luka Pasca Operasi

Manfaat daun binahong untuk luka operasi juga sudah dibuktikan beberapa orang. Daun binahong yang dikonsumsi pasien dalam masa recovery pasca operasi akan mampu mempercepat pemulihan. Saat masa penyembuhan, rutin mengkonsumsi air dari rebusan daun binahong dapat membantu penyembuhan luka dari dalam. Hal tersebut karena kandungan daun binahong yang kaya akan mineral dan protein.

Selain itu, manfaat daun binahong untuk luka juga dapat dirasakan pada luka bagian luar bekas operasi. Sebagai obat luar, tumbukan halus dari daun dan batang tanaman binahong dapat dioleskan pada bekas luka operasi atau sunat. Cara tersebut akan membantu mempercepat proses pengeringan luka. Namun, alangkah baiknya jika dicoba sedikit demi sedikit terlebih dahulu, untuk melihat reaksi yang timbul.

Cara Mengkonsumsi Daun Binahong

Cara untuk mendapatkan khasiat dari daun binahong cukup mudah dan praktis. Beberapa luka terbuka seperti sayatan atau memar, dapat langsung merasakan khasiat daun hanya dengan menempelkan hasil tumbukan daun segar. Hasil tumbukannya yang banyak mengandung lendir seperti lem, akan mempercepat proses penutupan luka. Selain itu juga mampu meredakan rasa perih.

Cara lain untuk mendapatkan manfaat daun binahong untuk luka adalah dengan merebusnya. Daun yang segar kemudian dicuci bersih dan direbus dengan air hingga mendidih. Setelahnya, air saringan dari hasil rebusan tersebut dapat dikonsumsi rutin. Ramuan ini cocok untuk memulihkan stamina serta mempercepat proses penyembuhan luka bagi pasien pasca operasi.

Kini, dengan teknologi yang sudah canggih, manfaat daun binahong untuk luka juga sudah dibuat ke dalam campuran salep. Pada salep untuk luka bakar, daun binahong mampu mempercepat penyembuhan luka. Ada juga yang dibuat dalam bentuk kapsul yang berisi ekstrak daun binahong. Cara ini akan lebih mudah untuk dikonsumsi dalam mengobati berbagai penyakit dari dalam.

Efek Samping Daun Binahong

Meski manfaat daun binahong untuk luka sudah terbukti ampuh, namun tetap akan memiliki efek samping jika dikonsumsi berlebihan. Ramuan herbal semacam daun binahong memang alami dan khasiatnya banyak. Meski demikian, ternyata tidak semua orang cocok dengan pengobatan alami ini. Terutama pada cara mengonsumsi air rebusan atau ekstrak daun binahong. Efek samping yang dapat terjadi diantaranya:

  • Dapat memicu terjadinya stroke dan hipertensi,
  • Denyut jantung menjadi tidak teratur,
  • Pusing dan sakit kepala, serta
  • Insomnia.

Oleh karena itu, beberapa orang yang mempunyai riwayat penyakit tertentu seperti hipertensi, sebaiknya lebih berhati-hati jika mengonsumsi ramuan herbal. Ibu hamil dan menyusui juga disarankan tidak mengonsumsi ramuan dari daun binahong dengan cara ditelan. Selain itu, mengonsumsi ramuan ini tidak dapat bersamaan dengan zat stimulan seperti teh dan kopi. Serta tidak juga dikonsumsi bersamaan dengan obat.

Kandungan efedrin pada daun binahong dapat menimbulkan bahaya jika dikonsumsi bersamaan dengan zat yang ada dalam teh atau kopi. Efek samping daun binahong yang dapat timbul seperti pusing, mual, bahkan hingga jantung berdebar. Oleh karena itul, lebih baik jika berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi air rebusan daun binahong. Dapat juga mencobanya lebih dulu dengan porsi sedikit.

Manfaat daun binahong untuk luka dapat dirasakan dengan jumlah yang sesuai takaran. Mencobanya dalam porsi akan kecil lebih baik untuk melihat reaksi medis yang terjadi. Jika memang cocok dan efektif untuk mengobati keluhan, terutama pada luka di tubuh, maka dapat dikonsumsi lebih lanjut.

Cara penanamannya yang mudah, sehingga banyak yang menjadikan binahong sebagai tanaman obat keluarga. Untuk berbagai luka luar, manfaat daun binahong untuk luka dapat diperoleh dengan olesan dari tumbukan halus daun dan batangnya. Tentunya, manfaatkan seluruh bagian tanaman binahong tetap dengan aturan dan takaran yang sesuai. Jika terjadi efek samping, maka lebih baik segera hentikan.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat buah leci madu

8 Manfaat Buah Leci Madu Untuk Kesehatan Dari Atasi Sembelit Hingga Cegah Kanker

Buah leci madu dikenal sebagai buah yang memiliki cita rasa paling manis dibandingkan buah leci

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *