5 Manfaat Daun Binahong Untuk Kecantikan Ini Wajib Anda Ketahui!

sumbersehat – Banyak masyarakat yang belum tahu dengan manfaat daun binahong untuk kecantikan. Tanaman ini sering disebut sebagai daun binahong yang dari dulu telah dikenal manfaatnya sebagai penyembuh luka. Akan tetapi, ternyata daun ini memiliki manfaat yang cukup banyak untuk kesehatan serta kecantikan. Mungkin beberapa dari mereka belum terlalu mengetahui manfaatnya untuk kecantikan dan mereka mengira bahwa hanya bisa digunakan sebagai penyembuh luka.

Manfaat Daun Binahong Untuk Kecantikan bisa didapatkan oleh semua orang khususnya para kaum hawa. Kaum hawa bisa memanjakan kulit wajahnya dengan melakukan perawatan memakai daun binahong sebagai herbal alami. Untuk mengetahui beberapa manfaat daun binahong, ada baiknya jika terlebih dahulu mengenal hal-hal yang berkaitan dengan daun tersebut.

manfaat daun binahong untuk kecantikan

Mengenal Daun Binahong

Daun binahong yang sejatinya merupakan tanaman berasal dari Tiongkok dengan nama Dhen San Chi ini adalah obat tradisional yang telah dipercaya memiliki cukup banyak manfaat. Manfaat Daun Binahong Untuk Kecantikan dan juga untuk kesehatan. Jika dilihat secara tradisional tanaman herbal ini banyak digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit, seperti hipertensi, tipes, asam lambung, nyeri sendi, pegal linu, diabetes hingga kolesterol tinggi.

Bahkan beberapa penelitian telah mengungkapkan manfaat daun binahong bisa mempercepat penyembuhan luka, baik itu luka bakar atau luka bekas operasi. Ada juga studi lain menerangkan khasiat ekstrak daun binahong untuk meningkatkan fungsi ginjal tikus dimana sedang mengalami gagal ginjal.

Dalam Journal_of_Applied_Pharmaceutical_Science yakni studi dari kampus ITB pada tahun 2018 lalu juga menyebutkan adanya peran binahong pada pengobatan TBC. Hasil penelitian tersebut menyatakan bahwa kedua senyawa aktif dalam ekstrak binahong yang meliputi ursolic acid dan oleanolic acid bisa meningkatkan efek obat TBC generik. Efek tersebut bisa melawan perkembangan bakteri penyebab TBC yang khususnya resisten terhadap antibiotic.

Cara Kerja Daun Binahong

Meskipun Manfaat Daun Binahong Untuk Kecantikan dan untuk kesehatan telah banyak dikenal oleh masyarakat. Belum terdapat penelitian yang mumpuni mengenai bagaimana cara kerja tanaman herbal ini dalam prosesnya. Akan tetapi, beberapa penelitian telah menyebutkan bahwa daun ini mengandung senyawa alkaloid, flavonoid, saponin, polifenol, serta antrakuinon yang memang efektif sebagai antibakteri.

Tidak hanya itu, daun binahong juga memiliki kandungan senyawa lainnya yang berperan sebagai antiinflamasi, antiluka dan antioksidan yang sangat berperan. Sebelum menggunakannya sebagai herbal jangka panjang lebih baik konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau ahli herbal.

Manfaat Daun Binahong Untuk Kecantikan

Seperti yang telah disebutkan diatas bahwa kandungan senyawa yang dimiliki daun binahong cukuplah banyak. Sehingga tidak heran apabila Manfaat Daun Binahong Untuk Kecantikan bisa anda dapatkan dengan mudah. Nah, beberapa manfaat tersebut diantaranya:

Dapat Mengatasi Jerawat

Jerawat memang telah dikenal sebagai masalah kulit yang banyak dialami oleh semua orang. Masalah kulit yang satu ini dapat disebabkan oleh aktivitas sehari-hari dan faktor hormone. Kelenjar kulit pada wajah yang beraktivitas terlalu intens bisa menjadikan produksi sebum pada wajah meningkat.

Hingga tumpukan sebum tersebutlah yang nantinya akan menjadi jerawat disebabkan sel kulit mati dan penyumbatan pada pori-pori. Untuk mengatasi masalah tersebut, anda bisa memanfaatkan daun binahong sebagai masker. Caranyapun cukup mudah yaitu cuci bersih 5 lembar daun binahong, tumbuk hingga halus. Anda bisa mencuci wajah terlebih dahulu kemudian aplikasikan sebagai masker wajah.

Memutihkan Kulit Wajah

Manfaat daun binahong juga ampuh untuk memutihkan wajah secara alami dengan cara kerja dari dalam. ini disebabkan daun binahong aman dikonsumsi dengan cara dimasak. Caranya juga cukup mudah, anda hanya perlu menyediakan beberapa lembar daun binahong dan merebusnya dengan 2 gelas air bersih. Konsumsi air hasil rebusan tersebut dengan menambahkan madu.

Membersihkan Kulit Wajah

Selain bisa mengatasi jerawat dan dapat memutihkan kulit wajah Manfaat Daun Binahong Untuk Kecantikan wajah lainnya yakni dapat membersihkan kulit wajah. Penggunaan tumbukan daun binahong sebagai masker pada kulit wajah bisa mengangkat sel-sel kulit mati serta mengangkat kerutan pada wajah.

cara mengolah daun binahong yaitu dengan menyediakan daun binahong sekitar 10 lembar, cuci bersih dan haluskan hingga benar-benar aplikatif sebagai masker. Setelah itu campurkan madu secukupnya dan oleskan pada kulit wajah secara perlahan. Diamkan sekitar 20 menit dan bilas dengan air bersih. Anda bisa melakukan perawatan ini 1 kali dalam seminggu.

Mengencangkan Kulit Wajah

Aktivitas yang anda lakukan setiap harinya dapat membuat kulit terpapar sinar matahari atau radikal bebas serta berbagai kotoran lainnya. Manfaat Daun Binahong Untuk Kecantikan kulit wajah bisa anda dapatkan dengan mengkonsumsinya untuk merawat kulit dari dalam. Bahkan daun binahong juga dapat dijadikan sebagai pencuci wajah paling ampuh.

Caranya yaitu dengan menyediakan daun binahong secukupnya sesuai selera. Cuci bersih terlebih dahulu daun tersebut, rebus dengan air bersih hingga mendidih. Kemudian gunakan air hasil rebusan tersebut untuk mencuci wajah dan bilas memakai air bersih. Lakukan hal ini setiap hari untuk mendapatkan hasil maksimal.

Menghaluskan Kulit Wajah

Beberapa orang banyak yang memilih ramuan alami sebab sedikitnya atau bahkan tidak adanya efek samping yang ditimbulkan. Manfaat daun binahong yang bisa anda dapatkan yaitu menghaluskan kulit wajah dengan cara yang sama, yakni menggunakan hasil air rebusan untuk mencuci wajah. Lakukan hal ini sebanyak 2 kali dalam sehari pagi dan sore hari.
Sebenarnya untuk mendapatkan Manfaat Daun Binahong Untuk Kecantikan kulit pemakaiannya sama dengan sebelumnya. Cara tersebut yaitu selain dikonsumsi air rebusannya juga bisa diaplikasikan secara langsung pada kulit wajah.

Dosis Pemakaian Serta Efek Samping Yang Ditimbulkan

Memang Manfaat Daun Binahong Untuk Kecantikan dan kesehatan bisa anda dapatkan dengan mudah. Namun, dalam penggunaannya perlu diperhatikan seberapa besar dosis atau takaran yang memang dianjurkan. Meskipun dalam hal ini belum ada penelitian klinis yang menyebutkan petunjuk penggunaan dari herbal ini. Sebab dosis tanaman herbal pada tiap pasien pastilah berbeda. Dimana dosis tersebut disesuaikan dengan usia, kondisi kesehatan dan beberapa kondisi lainnya.

Daun binahong bisa dikonsumsi dalam bentuk kapsul, herbal utuh dan segar, atau dalam serbuk teh. Namun, untuk luka luar tanaman herbal ini bisa langsung diaplikasikan pada luka atau bagian yang membutuhkan perawatan.
Manfaat Daun Binahong Untuk Kecantikan dan kesehatan memang telah banyak dikenal.

Terlepas dari itu, dalam mengkonsumsi dan memakainya perhatikan takaran atau dosis yang sesuai. Pasalnya meskipun ini tanaman herbal tapi juga terdapat efek samping yang mungkin muncul. Beberapa efek samping tersebut seperti mual dan muntah, sakit perut, jantung berdebar-debar, pusing, kliyengan, dan reaksi alergi.

Tidak semua orang mengalami efek samping tersebut. Jadi, apabila anda ingin memanfaatkannya perlu dikonsultasikan terlebih dahulu dengan ahlinya. Sebelum mengaplikasikan obat herbal apapun pada kulit wajah atau mengkonsumsinya, ada baiknya jika anda terlebih dahulu berkonsultasi dengan ahlinya.

Nah, itulah pembahasan tentang manfaat daun binahong untuk kecantikan. Daun binahong memang salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk kesehatan kulit kita. Jadi, jika ada yang aman kenapa tidak. Semoga ulasan ini banyak manfaatnya dan selamat untuk mencoba!

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

cara memutihkan kulit

11 Cara Memutihkan Kulit Secara Alami dan Cepat

Hampir semua wanita Asia ingin memiliki kulit putih yang cantik bersih. Bahkan, tak jarang mereka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *