11 Manfaat Daun Bidara Sebagai Obat Herbal Alami Penyakit

Sumbersehat.com – Manfaat Daun Bidara untuk kesehatan ,ternyata sangat banyak. Tak disangka, pohon kecil yang tumbuh subur di daerah kering ini juga banyak khasiat dalam penggunaan sehari-hari, lho. Mulai dari buah, daun, batang dan biji semua berguna sesuai fungsinya. Buah bidara bisa dikeringkan dan dijadikan manisan atau bahkan bisa dirujak. Daun bidara muda pun bisa dijadikan sayuran di dalam menu sehat keluarga Anda.

Buah bidara dengan nama latin Ziziphus mauritiana ini mengandung berbagai senyawa. Kandungan di dalamnya seperti alkaloid, karoten, vitamin A, C, flavonoid, glikosida, saponin, dan minyak astiri. Sehingga sudah diakui dalam penelitian, buah ini bermanfaat dalam berbagai kehidupan. Ingin tahu lebih lengkap tentang khasiat daun bidara serta cara menggunakannya? Simak ulasan selengkapnya di bawah!

manfaat daun bidara
manfaat daun bidara

Inilah Khasiat Daun Bidara Yang Berguna Bagi Kesehatan Serta Cara Penggunaannya

Berikut manfaat daun bidara untuk kesehatan yang penting Anda ketahui, diantaranya:

1. Khasiat Daun Bidara untuk Mengatasi Masalah Pencernaan

Untuk Anda yang mempunyai masalah gangguan pencernaan, terutama maag. Daun bidara jadi solusi tepat untuk dijadikan obat herbal menyembuhkan penyakit maag. Hal ini karena daun bidara dapat meringankan dampak negatif dari asam lambung serta mencegah terjadinya infeksi dalam saluran pencernaan.

Cara menggunakan untuk obat, hanya dengan meminum air rebusan daun bidara tersebut secara rutin. Dengan mengetahui manfaat daun bidara dan cara menggunakannya, Anda akan mendapatkan hasil yang memuaskan jika Anda konsisten melakukannya.

2. Manfaat Daun Bidara untuk Mengurangi Risiko Kolesterol

Manfaat bidara selanjutnya ternyata bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Untuk menurunkan kadar kolesterol ini bisa didapat dengan mengonsumsi serat dari daun bidara, yaitu dengan air rebusan bidara tersebut. Konsumsi secara berkala dan rasakan khasiatnya untuk tubuh Anda sendiri. Daun bidara ini bisa mengikat kolesterol dan membuangnya kembali dalam proses eksresi (pengeluaran sisa-sisa zat dari dalam tubuh) melalui urine/feses.

3. Khasiat Daun Bidara untuk Meredakan Luka

Siapa sangka, ternyata tidak hanya obat merah untuk luka saja yang bisa mempercepat penyembuhan luka. Hanya dengan menggunakan daun bidara, dapat menyembuhkan berbagai luka seperti luka sayatan, lecet, goresan, dan luka bakar.

Manfaat daun bidara untuk mempercepat penyembuhan luka bakar karena kandungan glikosida didalamnya. Selain itu, juga memiliki kemampuan untuk mempercepat regenerasi kulit. Untuk menyembuhkan luka, hanya dengan meremas daun tersebut secara halus dan tempelkan pada luka. Obati secara rutin, dan biasanya akan sembuh dengan cepat.

4. Manfaat Daun Bidara untuk Mengatasi Masalah Kecantikan Pada Kulit

Anda ingin menjaga kesehatan dan kecantikan kulit Anda? Daun bidara ini bisa Anda manfaatkan khasiatnya. Ternyata, daun bidara ini bisa mengatasi masalah kulit wajah, salah satunya jerawat. Kandungan antibakteri yang terkandung dalam daun bidara efektif menyembuhkan dan menghilangkan bekas jerawat.

Untuk mendapatkan khasiat daun bidara untuk kecantikan yaitu hanya dengan menyiapkan 5 lembar daun bidara dan ditumbuk halus. Lalu, daun tersebut diolesi pada area wajah yang berjerawat, serta lakukan secara berkala dan rasakan manfaatnya.

Selain itu, masalah yang kerap kali terjadi adalah masalah kulit kering. Untuk mengatasinya, Anda bisa merasakan manfaat daun bidara dengan menggunakan masker yang terbuat dari daun tersebut. Anda bisa mencampurkannya dengan madu dan olesi secara rutin, lalu bilas dengan air hangat. Masalah kulit kering Anda pun akan cepat kembali normal dan menjadi halus kembali.

5. Khasiat Daun Bidara untuk Memelihara Kesehatan Jantung

Manfaat daun bidara yang lebih terpenting, bisa menjaga organ vital manusia, yaitu Jantung. Dalam dunia kesehatan, daun bidara ini dikenal dapat menjaga kesehatan jantung. Penyakit jantung ini biasanya disebabkan karena pola makan dan gaya hidup yang tidak baik. Anda bisa mengonsumsi air rebusan daun bidara untuk menjaga kesehatan jantung dan dianggap juga bisa memperbaiki pola makan Anda menjadi lebih baik.

6. Manfaat Daun Bidara untuk Mengatasi Masalah Kewanitaan

Masalah di sekitar area kewanitaan, salah satunya mengalami keputihan. Keputihan ini bisa menyebabkan rasa tidak nyaman atau merasa gatal di area vital. Mengonsumsi daun bidara adalah jawaban yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut. Daun bidara mengandung anti jamur dan anti bakteri sehingga dapat mengurangi efek tidak nyaman dari gejala keputihan. Untuk penggunaannya, Anda hanya perlu memakai air rendaman daun bidara dan memakainya untuk membersihkan area vital sehabis mandi.

7. Khasiat Daun Bidara untuk Mampu Menangkal Sihir

Walaupun pohon bidara ini berukuran kecil, ternyata Anda bisa rasakan manfaat daun bidara untuk sihir ini, lho. Khasiatnya ini ternyata sudah dipakai sejak zaman Nabi Muhammad untuk metode pengobatan batin, seperti ruqyah. Untuk mengobati sihir tersebut sudah dipercaya dan dilakukan oleh Nabi Sulaiman. Mengobati sihir tersebut dengan mengambil 7 helai daun bidara, dan ditumbuk halus, lalu dicampurkan dengan air. Sertakan ayat Al-Qur’an seperti ayat kursi, al-falaq, atau ayat lain yang bisa mengusir setan.

8. Manfaat Daun Bidara untuk Merawat Rambut Rontok

Khasiat daun bidara untuk rambut, bisa mengalahkan kualitas hair tonic biasa. Mengguyurkan air rebusan daun bidara dapat merawat rambut Anda.  Rambut pun menjadi lebih kuat dan dapat mengurangi kerusakan karena rontok. Anda ingin memelihara kecantikan rambut Anda? Maka Anda wajib gunakan cara perawatan tanpa harus membeli hair tonic mahal ini.

9. Khasiat Daun Bidara untuk Mampu Menurunkan Berat Badan

Mengonsumsi daun bidara dalam segala bentuk olahan makanan, ternyata efektif untuk menurunkan berat badan. Senyawa dalam daun bidara ini dapat memberikan efek rasa kenyang sehingga Anda lebih mudah mengatur pola makan. Selain itu, daun bidara pun dapat membantu pembakaran lemak dalam tubuh. Ini karena kadar kalori yang terkandung dalam daun bidara tergolong rendah.

10. Manfaat Daun Bidara untuk Meringankan Rasa Depresi

Khasiat daun bidara lainnya, mampu memberikan efek tenang kepada seseorang yang mengalami depresi. Ini dikarenakan senyawa saponin yang terkandung di dalam daun bidara tersebut. Anda bisa mengonsumsi daun bidara ini dengan cara dibuat menjadi teh hangat untuk memberikan efek tenang dan nyaman.Terutama untuk orang tua dan dewasa yang seringkali memiliki banyak masalah atau stres, daun bidara ini cukup efektif untuk dirasakan manfaatnya.

11. Khasiat Daun Bidara yang Dapat Mengobati Flu

Daun bidara ini ternyata mengandung antibakteri, sehingga dapat mengobati adanya virus dan bakteri. Misalnya untuk masalah pernapasan seperti flu. Flu yang disebabkan karena adanya virus dapat disembuhkan dengan menggunakan daun bidara tersebut. Selain flu biasa, ternyata mampu mengatasi menyembuhkan flu burung. Bagi Anda yang flu, Anda bisa mencoba manfaat daun bidara ini dengan mengolahnya sebagai ramuan daun bidara.

Begitu banyak manfaat daun bidara ini, dan banyak sekali cara pengolahan yang mudah. Daun yang mudah dicari ini, di Jawa seringkali digunakansebagai obat untuk alat pencernaan. Bahkan bahan dari daun bidara ini sudah banyak dipakai untuk industri obat farmasi.

Namun, disamping itu penggunaan daun bidara harus diperhatikan karena akan menimbulkan efek samping dan berakibat fatal jika disertakan dengan obat pasien penderita depresi. Untuk itu, tetaplah konsultasikan kepada dokter atau dengan ahli herbal agar mendapat hasil yang maksimal dan aman.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat benalu jeruk

8 Manfaat Daun Kemuning sebagai Obat dan Perawatan Kecantikan

sumbersehat.com - Manfaat daun kemuning dikenal banyak dan beragam. Tak hanya bagi kesehatan, tetapi juga kecantikan terutama perawatan kulit dan juga wajah. Daun kemuning terbukti sejak lama telah mendominasi obat tradisional yang ada di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *