Menilik 5 Manfaat Daun Beluntas bagi Kesehatan dan Kecantikan

Sumbersehat.com – Manfaat daun Beluntas tidak dapat disepelekan begitu saja. Tumbuhan ini merupakan salah satu tumbuhan yang banyak digunakan sebagai bahan herbal. Seperti kita tahu, penggunaan tanaman sebagai alternatif pengobatan atau sekedar ramuan herbal yang rutin dikonsumsi saat ini telah menjadi hal yang lumrah. Mulai dari tumbuhan yang dimanfaatkan akarnya, batangnya, daunnya, hingga bunganya, tumbuhan herbal berkhasiat bagi kesehatan tubuh.

Begitu pula dengan daun Beluntas, daun Pluchea indica ini termasuk dalam kelompok tanaman semak. Tingginya pun beragam, bisa mencapai 3 meter dengan cabang yang banyak. Tanaman ini biasanya dapat ditemui dengan mudah, karena dapat tumbuh dengan sendirinya (tanpa budidaya atau perlakuan khusus) di pekarangan rumah-rumah. Untuk mengetahui detail kandungan dan khasiat daun beluntas, simak ulasan ini!

manfaat daun beluntas
manfaat daun beluntas

Kandungan Daun Beluntas

Daun ini mungkin belum banyak yang mengenalnya sebagai ramuan atau campuran minuman herbal. Sebagian masyarakat justru mengenalnya sebagai lalapan dan tambahan bumbu aromatik. Namun dibalik itu semua, daun Beluntas menyimpan banyak sekali khasiat yang baik bagi tubuh dan kesehatan.

Manfaat daun Beluntas sangat beragam dan dipercaya dapat meningkatkan kesehatan tubuh dan baik untuk kecantikan kulit. Hal ini karena kandungan daun Beluntas yang kaya akan senyawa-senyawa aktif.
Senyawa aktif dalam daun Beluntas adalah sebagai berikut :

  • Kalsium
  • Magnesium
  • Natrium
  • Alkaloid
  • Magnesium
  • Fosfor
  • Anti inflamasi
  • Anti bakteri

Selain itu, dalam daun Beluntas terdapat minyak atsiri yang kadarnya kurang lebih 5%. Minyak atsiri ini jika dikonsumsi dalam kadar 20% dapat membantu penghambatan dalam perkembangan bakteri Escherichia coli dalam tubuh.

Dikarenakan banyaknya kandungan senyawa aktif yang terdapat di dalam daun Beluntas, maka manfaat daun Beluntas pun sangat beragam baik itu untuk mencegah penyakit, mempertahankan daya tahan tubuh, maupun untuk meningkatkan kesehatan dan kecantikan. Sama seperti bahan herbal lainnya, manfaat maksimal daun ini dapat dirasakan apabila dikonsumsi dengan pola yang teratur dan rutin.

Khasiat Daun Beluntas untuk Kesehatan dan Kecantikan

Selain itu, cara mengolah daun Beluntas pun tidak boleh sembarangan. Sebelum membahas tentang pengolahannya, marilah kita intip ada manfaat apa saja yang dihasilkan dari daun Beluntas. Berikut adalah khasiat daun Beluntas bagi kesehatan tubuh dan kecantikan :

1. Manfaat Daun Beluntas untuk Mengatasi Pegal Linu

Pegal linu adalah salah satu hal yang sangat menyiksa tubuh. Pegal linu membuat badan tidak nyaman dan bahkan akan mengganggu pekerjaan dan kualitas tidur di malam hari. Diantara banyaknya obat-obat warung atau obat kimia untuk meredakan nyeri pegal linu, manfaat daun Beluntas juga bisa digunakan untuk mengobati pegal linu.

Dengan mengkonsumsi air rebusan daun Beluntas, pegal linu dapat secara berangsur-angsur hilang. Selain itu, badan juga akan menjadi lebih rileks dan pikiran menjadi lebih tenang. Karena dalam ramuan daun Beluntas hangat juga terdapat aromanya yang menenangkan.

2. Khasiat Daun Beluntas untuk Mengobati Rematik

Rematik adalah jenis penyakit yang disebabkan karena adanya peradangan atau pembengkakan pada otot dan sendi dalam tubuh. Rematik dapat disembuhkan dengan bantuan daun Beluntas. Cukup dengan meminum seduhan ekstrak daun Beluntas atau meramu daun Beluntas dengan merebusnya sendiri, rematik dapat secara perlahan hilang. Meminum daun Beluntas tidak boleh berlebihan, namun seperlunya dan rutin.

Hasil penelitian dari Pharmaceutical Sciences Asia telah menunjukkan bahwa manfaat daun Beluntas dapat digunakan untuk mengobati penyakit rematik pada orang dewasa. Hal ini dikarenakan adanya efek anti inflamasi yang terdapat dalam ekstrak daun Beluntas. Efek anti inflamasi ini sangat berpengaruh dan berperan penting dalam mengatasi peradangan yang kerap kali ditemukan sebagai penyebab gejala rematik.

3. Manfaat Daun Beluntas untuk Mengatasi Keputihan

Keputihan atau dalam bahasa ilmiahnya dikenal dengan sebutan Vaginal discharge adalah suatu keadaan dimana keluarnya lendir yang mengganggu kenyamanan di sekitar organ kewanitaan. Lendir ini mengandung bakteri yang biasanya menimbulkan rasa gatal dan ruam-ruam merah disekitar area kewanitaan.

Keputihan tentunya sangat mengganggu aktivitas. Beberapa wanita memilih obat kimia karena dianggap lebih praktis untuk mengobati keputihan. Namun obat kimia memiliki efek samping yang sangat riskan jika dikonsumsi secara terus menerus dalam jangka waktu yang panjang. Oleh sebab itu, obat tradisional melalui ramuan herbal dapat menjadi alternatif pilihan.

Hasil riset dari Pharmaceutical Sciences Asia selain menunjukkan bahwa daun Beluntas dapat bermanfaat bagi penyembuhan reumatik, ternyata juga manfaat daun Beluntas dapat dirasakan untuk mengobati keputihan. Hal ini dikarenakan adanya efek antibakteri dalam ekstrak daun Beluntas yang secara efektif dapat membantu meredakan rasa gatal dari keputihan.

4. Khasiat Daun Beluntas untuk Mencegah Penuaan Dini

Bukan saja berkhasiat bagi penyakit-penyakit yang biasa dirasakan di tubuh, namun manfaat daun Beluntas juga dapat dirasakan untuk membantu kita merawat kecantikan. Daun Beluntas dapat membantu kita untuk mencegah penuaan dini. Tentunya hal ini dikarenakan terdapatnya kandungan senyawa aktif dalam daun Beluntas yang tidak dapat disepelekan.

Cara mengolah daun Beluntas sebagai ramuan untuk mencegah mencegah penuaan dini, kita hanya perlu melakukan hal-hal yang sederhana. Kita dapat mencuci wajah dengan air rebusan daun Beluntas setiap pagi. Hal ini sangat ampuh untuk mencegah penuaan dini dengan mengangkat sel-sel kulit mati dalam wajah dan meremajakan kulit.

5. Manfaat Daun Beluntas untuk Mengatasi Bau Badan dan Bau Mulut

Manfaat daun Beluntas lainnya adalah dapat dimanfaatkan untuk mengatasi bau badan. Untuk membuat bau badan hilang, kita cukup mandi dengan menggunakan ramuan herbal dari rebusan daun Beluntas. Disamping itu, daun Beluntas juga dapat membantu kita untuk mengatasi bau mulut.

Bau mulut dapat diatasi dengan berkumur menggunakan air rebusan daun Beluntas. Daun Beluntas mengandung senyawa aktif anti bakteri, sehingga dapat membantu membunuh bakteri-bakteri penyebab bau badan dan bau mulut.

Tips Untuk Mengolah dan Mengkonsumsi Daun Beluntas

Hal berikutnya yang harus diperhatikan dalam memanfaatkan khasiat daun Beluntas adalah mengenai cara mengolahnya sebelum siap dikonsumsi. Sebenarnya, daun Beluntas sendiri banyak digunakan sebagai tambahan bumbu di beberapa masakan Asia. Hal ini dikarenakan rasanya yang sedikit manis dan sedikit asam menjadikan daun Beluntas semakin populer untuk masakan, contohnya di Thailand.

Untuk mengambil manfaat daun Beluntas sebagai pengobatan herbal, biasanya diolah dengan cara direbus. Caranya cukup mudah, yakni kita hanya perlu mengambil sekitar 3-4 lembar daun Beluntas, lalu dibersihkan dengan air mengalir. Setelah itu direbus dengan air sebanyak 1-2 gelas belimbing. Tunggu sampai mendidih lalu siap disajikan.

Meskipun manfaat daun Beluntas sangat banyak dan berkhasiat bagi tubuh, namun tidak disarankan untuk mengkonsumsinya secara berlebihan dan dalam jangka waktu panjang. Hal ini dikarenakan karakteristik daun Beluntas sendiri yang berasal dari tanaman semak yang dapat tumbuh liar di pekarangan rumah. Dikhawatirkan konsumsi daun Beluntas secara berlebihan justru dapat mengganggu kesehatan karena terdapat kandungan sodium dan klorida dalam kadar tinggi.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat benalu jeruk

8 Manfaat Daun Kemuning sebagai Obat dan Perawatan Kecantikan

sumbersehat.com - Manfaat daun kemuning dikenal banyak dan beragam. Tak hanya bagi kesehatan, tetapi juga kecantikan terutama perawatan kulit dan juga wajah. Daun kemuning terbukti sejak lama telah mendominasi obat tradisional yang ada di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *