15 Manfaat Daun Balakacida untuk Kesehatan dan Pengobatan Berbagai Penyakit

sumbersehat.com – Ada banyak manfaat daun balakacida untuk kesehatan dan obat berbagai penyakit. Chromolaena Odorata merupakan nama lain dari daun balakacida. Karena pertumbuhannya yang cepat dan sering dianggap merugikan para petani, tanaman balakacida sering dipandang sebelah mata.

Orang-orang sering membuang tanaman balakacida ini tanpa berpikir panjang. Maka dari itu, dalam artikel kali ini kita akan mengupas beberapa manfaat daun balakacida. Terutama dalam hal kesehatan yang jarang diketahui banyak orang dan bisa digunakan untuk keseharian.

manfaat daun balakacida
manfaat daun balakacida

Inilah Khasiat Daun Balakacida untuk Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui

Berikut ini ulasan manfaat daun balakacida untuk kesehatan yang akan kami jabarkan satu-persatu, yaitu:

1. Khasiat Daun Balakacida untuk Mengobati Kista

Benjolan yang umumnya menyerang bagian organ reproduksi disebut dengan kista. Nah, manfaat daun balakacida yang pertama adalah untuk mengobati kista. Daun ini dipercaya dapat membantu dalam penyembuhan penyakit kista secara efektif. Jika Anda ingin meminum ramuan herbal untuk mengobati kista, maka penggunaan daun balakacida bisa menjadi salah satu pilihan. Gejala kista yang biasanya muncul pertama adalah keluarnya nanah atau darah dari benjolan dan berbau tidak sedap.

Yang kedua, di sekitar area kista akan berwarna kemerahan kulitnya. Yang ketiga, infeksi yang memicu rasa nyeri di area kista. Kaku dan kesemutan pada area kista, mual, demam dan pusing. Apabila Anda mengalami tanda-tanda seperti di atas, Anda bisa langsung memeriksakan diri ke dokter. Jika benar itu kista, maka daun balakacida bisa menjadi obat herbal untuk menyembuhkan kista tersebut.

2. Manfaat Daun Balakacida Kanker Serviks dapat Dicegah

Selain untuk mengobati kista, khasiat daun balakacida adalah untuk pencegahan kanker serviks. Kanker yang satu ini sangat mematikan bagi para wanita karena keganasannya. Cara mengkonsumsi daun balakacida untuk pencegahan terhadap kanker serviks adalah:

  • Siapkan 5-10 lembar daun balakacida, cuci hingga bersih
  • Rebus dengan menggunakan 300ml/1,5 gelas air
  • Sisakan hingga tersisa 1 gelas saja
  • Saring dan masukkan ke dalam gelas
  • Untuk rasa manis, Anda dapat menambahkan madu secukupnya

3. Khasiat Daun Balakacida Membantu Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita

Salah satu hal yang paling penting bagi seorang wanita adalah menjaga kesehatan reproduksinya. Tak perlu dengan biaya yang mahal, karena manfaat daun balakacida lainnya adalah untuk membantu menjaga kesehatan reproduksi. Dengan rutin meminum ramuan daun balakacida, maka kesehatan reproduksi Anda akan terjaga dengan baik.

4. Manfaat Daun Balakacida Membantu Mengontrol Kadar Gula dan Mencegah Penyakit Diabetes

Banyaknya orang yang terkena diabetes di Indonesia membuat kita harus hati-hati dalam mengonsumsi makanan. Nah khasiat daun balakacida kali ini berkaitan dengan diabetes. Kegunaannya dalam membantu mengontrol kadar gula dalam darah, menjadikan daun balakacida aman dikonsumsi penderita diabetes.

5. Khasiat Daun Balakacida dapat Digunakan sebagai Obat Vertigo

Penyakit yang satu ini tidak dapat diabaikan dan disepelekan begitu saja, yaitu vertigo. Selain aman bagi penderita diabetes, manfaat daun balakacida juga bisa dirasakan oleh penderita vertigo. Ketika vertigo Anda kambuh, Anda bisa segera meminum air rebusan daun balakacida untuk membantu meredakan vertigo Anda.

6. Manfaat Daun Balakacida yang Digunakan sebagai Obat Maag

Maag merupakan suatu penyakit yang menyerang lambung dan menyerang berbagai usia. Tidak hanya mencegah akan tetapi khasiat daun balakacida juga dapat mengobati penyakit maag. Selain meminum obat dari dokter, Anda dapat meminum rebusan daun balakacida untuk mengobati maag secara alami.

7. Khasiat Daun Balakacida Membantu Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung merupakan salah satu organ paling vital bagi manusia dan wajib dijaga kesehatannya. Ketika kesehatan jantung terganggu, maka yang akan menjadi sesuatu yang membahayakan. Untuk itu manfaat daun balakacida selain untuk obat maag, juga bisa membantu menjaga kesehatan jantung.

Tidak hanya membantu menjaga kesehatan jantung, lebih dari itu daun balakacida juga membantu menghindari dari penyakit jantung. Untuk Anda yang mengalami masalah jantung, Anda juga bisa menjadikan daun balakacida sebagai obat.

8. Manfaat Daun Balakacida untuk Menurunkan Kadar Kolesterol

Mengonsumsi seafood secara berlebihan menjadi salah satu penyebab kolesterol naik. Dengan meminum daun balakacida akan membantu menurunkan kadar kolesterol. Nah ketika Anda mengonsumsi seafood, alangkah baiknya setelah itu diimbangi dengan meminum rebusan daun balakacida. Agar kolesterol Anda tetap terkontrol dengan baik bahkan bisa membantu menurunkan kolesterol yang tinggi.

9. Khasiat Daun Balakcida Sebagai Obat Asam Urat

Manfaat daun balakacida untuk asam urat sudah tidak asing lagi di telinga. Karena banyak masyarakat yang terkena asam urat dan memilih daun balakacida sebagai salah satu herbal alami. Bagi Anda yang menderita asam urat dan belum mencoba daun balakacida sebagai obat, Anda bisa mencobanya.

10. Manfaat Daun Balakacida Membantu Menurunkan Tekanan Darah

Di atas sudah kita bahas manfaatnya untuk menurunkan kolesterol. Nah ternyata Khasiat daun balakacida juga bisa untuk membantu menurunkan tekanan darah. Informasi ini tentu sangat berguna bagi Anda yang sedang berupaya menurunkan tekanan darah. Anda bisa mencoba menggunakan daun balakacida sebagai obat penurun tekanan darah alami.

11. Khasiat Daun Balakacida Membantu Menjaga Kesehatan Lambung

Tidak hanya membantu menjaga kesehatan jantung, manfaat daun balakacida juga bisa membantu menjaga kesehatan lambung. Kandungan nutrisi di dalamnya sangat baik untuk mencegah berbagai penyakit. Terutama penyakit yang berkaitan dengan lambung ataupun gangguan pada lambung.

12. Manfaat Daun Balakacida sebagai Obat Sakit Kepala

Vertigo dan sakit kepala adalah dua hal yang berbeda. Tidak hanya mengobati vertigo, khasiat daun balakacida juga bisa dirasakan ketika Anda mengalami sakit kepala seperti migrain. Jadi selain membeli obat di warung, sakit kepala bisa diobati dengan herbal alami yaitu daun balakacida.

13. Khasiat Daun Balakacida dalam Mencegah Kanker Payudara

Sel-sel di dalam payudara tumbuh tidak normal dan tidak terkendali merupakan ciri dari kanker payudara. Tidak hanya sembarangan sel, biasanya membentuk tumor seperti benjolan. Kanker yang satu ini sering menyerang para wanita, yaitu kanker payudara. Oleh karena itu, mengonsumsi rebusan daun balakacida dapat membantu mencegah kanker payudara.

14. Manfaat Daun Balakacida Membantu Melancarkan Peredaran Darah

Apakah Anda pernah mengalami kram atau kesemutan? Kram dan kesemutan sering terjadi dikarenakan peredaran darah yang kurang lancar. Khasiat daun balakacida kali ini erat berkaitan dengan pelancaran peredaran darah. Ketika peredaran darah lancar, maka Anda akan jarang terkena kram maupun kesemutan yang cukup mengganggu.

15. Khasiat Daun Balakacida untuk Menurunkan Berat Badan

Memiliki tubuh yang langsing, sehat dan ideal adalah dambaan setiap orang. Tidak hanya olahraga, apa yang kita konsumsi juga sangat berpengaruh terhadap naik dan turunnya berat badan. Untuk mendapatkan berat badan yang ideal diperlukan makanan yang sehat dan bergizi. Mengonsumsi daun balakacida dengan direbus atau dikukus akan membantu Anda dalam menurunkan berat badan. Anda bisa menjadikannya seperti jamu maupun sebagai lalapan dalam keseharian.

Itulah manfaat daun balakacida yang sangat baik bagi kesehatan. Bahkan daun balakacida bisa juga dijadikan sebagai obat penyakit tertentu. Secara garis besar, membuat air rebusan daun balakacida adalah sama saja. Yaitu dengan cara seperti yang sudah dijelaskan di bagian cara membuat air rebusan daun balakacida untuk mengobati kanker serviks.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat rumput mutiara

10 Manfaat Rumput Mutiara untuk Kesehatan dan Cara Pengolahannya yang Mudah

sumbersehat.com - Manfaat rumput mutiara tak hanya sebagai obat tradisional yang dipercaya mampu mengobati kanker. Khasiat lain yang tak kalah jitu adalah kandungan kimia rumput mutiara yang juga mampu mengobati penyakit ringan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *