10 Manfaat Daun Alpukat untuk Mengobati Berbagai Penyakit

sumbersehat.com – Manfaat daun alpukat mungkin jarang sekali diketahui oleh masyarakat, padahal khasiatnya tidak kalah penting bagi kesehatan dari buah alpukat. Sebagai orang Indonesia kalian pasti sudah mengenal baik buah alpukat, selain rasanya yang enak kandungan didalamnya pun sangat dibutuhkan tubuh.

Mengonsumsi buah alpukat sangatlah baik, tetapi Anda jangan mengabaikan daun alpukat. Sebab, tidak hanya harganya yang lebih murah tetapi khasiat daun alpukat pun juga luar biasa.

manfaat daun alpukat
manfaat daun alpukat

Inilah Khasiat Daun Alpukat untuk Obati Berbagai Penyakit

Untuk mengetahui apa saja manfaat daun alpukat bagi kesehatan, simak penjelasan di bawah ini:

1. Khasiat Daun Alpukat utnuk Membantu Mengobati Sakit Maag

Maag yang kambuh seringkali menjadi penghambat untuk melakukan segala aktivitas keseharian. Apabila Anda ingin meredakan sakit maag, cobalah untuk menggunakan daun alpukat sebagai ramuan herbal. Khasiat daun alpukat dapat membantu mengatasi maag yang kambuh dan meredakan gastritis. Selain itu, manfaat daun alpukat ini juga dapat membantu mengatasi perut kembung.

Dalam penelitian Bamidele Owoyele mengatakan bahwa ekstrak daun alpukat memiliki sifat anti ulserogenik. Oleh karena itu, daun alpukat mampu meredakan sakit maag. Oleh karena itu, apabila maag mulai menyerang segeralah untuk mengonsumsi daun alpukat sebagai obat tradisional.

2. Manfaat Daun Alpukat Mengatasi Sakit Kepala

Sakit kepala seringkali datang tiba-tiba sehingga membuat segala aktivitas menjadi terganggu. Untuk mengobati sakit kepala tersebut alangkah baiknya jika Anda memanfaatkan daun alpukat dengan cara mengonsumsinya. Manfaat daun alpukat ini tidak lepas dari kandungan antioksidan cukup tinggi di dalamnya.

Khasiat daun alpukat mampu membantu melancarkan aliran oksigen daerah kepala. Dengan begitu sakit kepala yang disebabkan karena kelelahan, sinusitis, migrain, dan lain sebagainya perlahan akan mulai mereda.

3. Khasiat Daun Alpukat untuk Mengurangi Sakit Gigi

Sakit gigi biasanya disebabkan oleh gigi berlubang, peradangan pada gusi, atau karena hal lainnya. Apabila sedang mengalami sakit gigi, tentu rasanya sangat menyakitkan bukan? untuk mengobatinya, Anda dapat menggunakan daun alpukat.

Manfaat daun alpukat untuk mengobati sakit gigi dapat Anda dapatkan dengan mengonsumsi teh daun alpukat. Karena teh daun alpukat mampu mengobati gusi yang mengalami peradangan sehingga bisa meredakan sakit gigi.

4. Manfaat Daun Alpukat untuk Mengobati sakit perut

Sakit perut biasanya disebabkan karena mengonsumsi makanan yang salah atau tidak sehat. Untuk membantu mengobatinya, Anda dapat menggunakan daun alpukat sebagai obat herbal tradisional.

Untuk dapat memetik manfaat daun alpukat yang satu ini Anda dapat menyiapkan beberapa bahannya terlebih dahulu. Bahan-bahan tersebut antara lain yaitu daun alpukat, akar temu kelinci, daun pegagan, dan kunyit.

Bersihkan semua bahan kemudian masukkan ke dalam panci, beri air secukupnya dan rebuslah sampai mendidih. Jika sudah Anda dapat menunggunya beberapa saat hingga hangat lalu langsung minum air rebusan daun alpukat tersebut.

Khasiat Daun Alpukat untuk Mencegah Hipertensi

Manfaat daun alpukat berikutnya yang perlu Anda ketahui ialah dapat mencegah hipertensi. Bagi Anda yang ingin melakukan pencegahan agar tidak mengalami tekanan darah tinggi (hipertensi), maka mulai sekarang rutinlah mengonsumsi daun alpukat. Khasiat daun alpukat mampu membantu menjaga fungsi saraf dan mencegah terjadinya hipertensi.

Cara mendapatkan manfaat daun alpukat untuk menurunkan darah tinggi ini juga sangatlah mudah. Cukup cuci daun sampai benar-benar bersih lalu seduh dengan segelas air panas. Tunggu hingga beberapa saat sampai dingin atau hangat, kemudian minumlah.

Manfaat Daun Alpukat untuk Mengurangi Stress

Tidak hanya manfaat daun alpukat untuk menurunkan darah tinggi yang perlu Anda ketahui, tetapi untuk mengurangi stress pun juga penting.. Antioksidan yang ada pada daun alpukat mampu membantu mengurangi tingkat stress.

Dengan mengonsumsi teh daun alpukat alami, maka dapat mengurangi produksi hormon kortisol sehingga stress pun juga akan berkurang. Cara membuatnya tidaklah sulit yaitu dengan merebus daun alpukat sebanyak 5 lembar dengan 2 gelas air, tunggu sampai mendidih. Jika sudah, diamkan beberapa saat lalu ramuan herbal dari daun alpukat sudah bisa dinikmati.

Khasiat Daun Alpukat untuk Mengobati Sakit Pinggang dan Punggung

Bagi Anda yang seringkali mengalami sakit pinggang atau sakit punggung, maka lebih baik Anda mengonsumsi daun alpukat sebagai ramuan herbal. Karena khasiat daun alpukat dipercaya dapat membantu mengobati sakit pinggang dan punggung.

Cara membuat ramuan herbal untuk sakit pinggang yaitu dengan merebus 5 helai daun alpukat dengan 2 gelas air. Tunggu sampai air meresap hingga tinggal segelas saja. Jika sudah, angkat dan embunkan air rebusan tersebut selama satu malam. Minumlah ketika keesokan harinya, lakukan cara ini rutin selama seminggu.

Sementara untuk mengobati sakit punggung yaitu dengan merebus 5 helai daun alpukat bersama dengan 500 cc air hangat. Jika sudah, diembunkan semalam sama seperti untuk sakit pinggang. Kemudian Anda dapat meminumnya di pagi harinya, lakukan hal ini selama satu minggu. Dengan begitu manfaat daun alpukat ini akan Anda dapatkan secara efektif.

Manfaat Daun Alpukat untuk Mengobati Asma

Tidak hanya buah alpukat yang sangat bermanfaat untuk mengobati asma, tetapi daunnya pun juga bisa. Hal ini dikarenakan adanya kandungan pinene yang dapat mempengaruhi jalan udara yang terdapat pada paru-paru. Sehingga bermanfaat untuk menyembuhkan serangan asma.

Supaya khasiat daun alpukat ini bisa Anda dapatkan, maka buatlah sebagai air rebusan. Caranya yaitu dengan mencuci beberapa lembar daun alpukat dan menambahkannya dengan 2 gelas air putih. Lalu, masukkan juga satu sendok garam kemudian rebus hingga air didalamnya tinggal segelas.

Khasiat Daun Alpukat untuk Mengatasi Diare dan Sembelit

Kandungan saponin yang dimiliki daun alpukat memiliki khasiat untuk membantu mengurangi infeksi bakteri yang memicu terjadinya diare. Apabila Anda ingin menggunakannya untuk diare, maka dapat langsung mengonsumsi daunnya, jangan lupa untuk mencucinya terlebih dahulu.

Tidak hanya diare, Daun alpukat juga berguna untuk membantu mengatasi masalah sembelit. Cara memperoleh manfaat daun alpukat untuk sembelit yaitu dengan mencampurkan daun alpukat dengan madu secukupnya.

Manfaat Daun Alpukat untuk Membantu Mengobati Batu Ginjal

khasiat daun alpukat ini sangat dibutuhkan oleh para penderita batu ginjal. Daun alpukat memiliki peran diuretik, dimana berpengaruh besar terhadap membantu meningkatkan jumlah urine yang dikeluarkan. Untuk peningkatan jumlah urine, dosis optimum penggunaan ekstrak daun alpukat ini ialah 100 mg/kg bb.

Cara membuat ramuan tradisional untuk batu ginjal ini yaitu dengan menyiapkan 7 lembar daun alpukat. Kemudian seduhlah dengan setengah gelas air panas, tunggu beberapa saat hingga dingin. Lalu, minumlah air rebusan daun alpukat ini saat pagi dan sore hari. Lakukan cara ini secara rutin hingga batu ginjal keluar.

Sementara untuk kencing batu yaitu dengan menyiapkan beberapa bahan terlebih dahulu. Bahan tersebut yaitu:

  • 4 helai daun alpukat
  • 3 buah rimpang teki
  • 1/2 biji pinang
  • 5 tangkai daun randu
  • 3 jari gula aren
  • 5 tangkai daun randu
  • air putih sebanyak 3 gelas

Cara membuatnya:

  • Cucilah semua bahan hingga bersih kecuali air dan gula aren. Kemudian rebus sampai meresap hingga airnya tersisa 2,25 gelas.
  • Angkat dan biarkan beberapa menit sampai dingin.

minumlah ramuan tradisional tersebut pada pagi, siang dan sore dengan takaran 3//4 gelas setiap hari.
Dengan mengetahui beberapa manfaat daun alpukat di atas, diharapkan Anda memilih tanaman herbal ini untuk mengobati segala penyakit. Apabila menggunakan bahan alami bisa mengapa harus mengonsumsi obat dari bahan kimia? selain murah, juga tidak perlu khawatir efek sampingnya.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat daun salam untuk wanita

6 Manfaat Daun Salam Untuk Wanita, Nomor 5 Sangat Menggoda

sumbersehat – Berita tentang manfaat daun salam untuk wanita sempat tenar beberapa waktu lalu. Sejak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *