12 Manfaat Daun Afrika Bagi Kesehatan dan Sebagai Obat Herbal

sumbersehat.com – Manfaat daun afrika bagi kesehatan sangat beragam yang bisa anda ambil. Bagi beberapa orang mungkin asing dengan tanaman yang satu ini. Seperti namanya, tanaman ini merupakan obat herbal yang berasal dari benua Afrika. Sejak dahulu, tanaman ini sudah dipercaya memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan.

Tidak hanya untuk kesehatan, manfaat daun afrika untuk kecantikan juga bisa anda dapatkan. Ingin tahu manfaat apa saja yang didapatkan dari daun afrika yang lainnya? Simak pembahasan berikut untuk mendapatkan jawabannya.

manfaat daun afrika
manfaat daun afrika

Tentang Daun Afrika

Daun afrika mempunyai nama lain yaitu Vernonia amygdalina. Tanaman ini sudah sangat terkenal di negara asalnya yaitu Afrika. Khasiat daun afrika bagi kesehatan digunakan sebagai obat herbal. Jika dilihat, daun afrika mempunyai bentuk yang lonjong, berwarna hijau tua, dan permukaannya kasar.

Tanaman ini memiliki rasa yang pahit tetapi kandungan nutrisi di dalamnya sangat berguna bagi tubuh. Daun afrika dapat dijadikan sebagai sumber protein, serat tidak larut air, dan lemak sehat. Mineral yang terkandung di dalamnya sangat penting ditambah dengan vitamin yang dapat melengkapi kebutuhan sehari-hari.

Selain itu, terdapat nutrisi lain yang seperti asam fenolat, antioksidan, asam lemak, asam esensial, dan zat antiinflamasi. Dengan berbagai manfaat daun afrika bagi kesehatan yang sangat beragam, tentu tidak heran jika tanaman ini sering dijadikan obat herbal tradisional.

Inilah Khasiat Daun Afrika Bagi Kesehatan

Berikut ini adalah beberapa manfaat daun Afrika untuk kesehatan yang bisa anda dapatkan dari daun afrika, diantaranya :

1. Khasiat daun Afrika sebagai obat penurun kolesterol

Manfaat daun afrika bagi kesehatan yang pertama adalah dapat menurunkan kolesterol. Kolesterol jahat yang meningkat dapat menjadi faktor utama dari penyakit jantung, stroke, dan Alzheimer. Informasi dari Journal of Vascular Health and Risk Management menyebutkan jika kandungan dalam daun afrika dapat menurunkan kadar kolesterol jahat. Bahkan penurunan mencapai 50%.

Selain itu, berdasarkan penelitian tersebut membuktikan bahkan daun afrika dapat juga meningkatkan kadar kolesterol baik. Cara mengkonsumsi daun afrika untuk kolesterol adalah hanya dengan menggunakan air rebusan daun afrika.

2. Manfaat daun Afrika untuk melancarkan sistem pencernaan

Khasiat daun afrika bagi kesehatan selanjutnya adalah dapat melancarkan sistem pencernaan. Jika anda mengalami susah buang air besar dan diare dapat memanfaatkan tanaman ini sebagai obat herbal alternatif. Hal ini terjadi karena dalam daun afrika terdapat kandungan zat baik yang tinggi untuk pencernaan.

Walaupun dapat digunakan sebagai obat herbal, tetap saja dalam penggunaannya harus diperhatikan. Tidak boleh melebihi dosis yang diberikan. Oleh sebab itu, sebelum mengonsumsi daun afrika konsultasikan dulu kepada dokter.

3. Khasiat daun Afrika untuk mengatasi penyakit diabetes

Manfaat daun afrika bagi kesehatan yang satu dapat untuk mengatasi penyakit diabetes. Daun afrika bisa mengurangi kadar gula darah dengan merangsang penggunaan glukosa dalam tubuh. Kandungan etanol dalam daun afrika dapat menurunkan glukosa darah mencapai 50%.

Selain itu, daun afrika juga dapat mencegah produksi glukosa dengan melalui proses glukoneogenesis. Ekstrak daun afrika juga memiliki kandungan zat aktif seperti saponin, tanin, flavonoid, alkaloid, dan polifenol. Zat tersebut yang berfungsi untuk menurunkan glukosa darah setelah makan.

4. Manfaat daun afrika untuk menjaga kesehatan jantung

Selanjutnya, khasiat daun afrika bagi kesehatan yang selanjutnya adalah dapat menjaga kesehatan jantung. Daun afrika mempunyai kandungan zat yang bersifat antiseptik dan antioksidan, yaitu asam lemak omega 3 dan omega 6. Dimana kandungan tersebut merupakan zat aktif yang berada dalam daun afrika.

Kedua zat tersebut tidak diproduksi sendiri oleh tubuh sehingga sangat penting untuk mengonsumsi tanaman yang mengandung asam lemak. Zat ini yang dapat menjaga fungsi pembuluh darah arteri. Oleh sebab itu, daun afrika dapat meminimalisir berbagai penyakit kardiovaskuler.

5. Khasiat daun Afrika untuk mencegah penyakit kanker

Mencegah kanker adalah termasuk manfaat daun afrika bagi kesehatan. Kandungan antioksidan pada daun afrika mampu untuk melawan sel kanker yang berbahaya. Kandungan vitamin A yang terkandung didalamnya dapat melindungi tubuh dari radikal bebas yang menyebabkan kanker.

6. Manfaat daun Afrika untuk mengatasi penyakit malaria

Tidak banyak yang tahu jika daun afrika juga dapat mengobati penyakit malaria. Hal ini terjadi karena terdapat kandungan plasmodium yang dapat mengobati penyakit ini. Khasiat daun afrika dan cara penggunaannya untuk mengobati malaria dapat diolah menjadi jus. Karena, sari daun afrika segar terbukti efektif untuk meredakan malaria.

7. Khasiat daun Afrika untuk mengobati flu

Penyakit flu memang sering menyerang tidak kenal waktu. Walaupun penyakit ini tergolong ringan tetapi jika menderita flu akan sangat mengganggu aktifitas sehari-hari. Kandungan flavonoid dalam daun afrika bersifat anti flu dan dapat membasmi virus yang menyebabkan flu.

8. Manfaat daun Afrika Untuk mengobati penyakit asam lambung

Selanjutnya, khasiat daun afrika untuk asam lambung dapat juga anda coba. Jika asam lambung kambuh, maka akan menimbulkan rasa nyeri pada perut hingga dada sehingga bisa mengganggu aktifitas. Untuk mengobatinya, anda dapat meminum air rebusan atau seduhan daun afrika. Air rebusan tersebut yang akan menghambat dan membunuh bakteri yang dapat merusak lambung.

Inilah Khasiat Daun Afrika Untuk Kecantikan

Setelah mengetahui manfaat bagi kesehatan, berikut ini manfaat daun afrika untuk kecantikan, diantaranya :

1. Manfaat daun Afrika untuk mengatasi jerawat

Khasiat daun afrika untuk kecantikan yang pertama adalah dapat mengatasi jerawat. Jerawat merupakan masalah kulit yang paling umum dialami setiap orang. Jerawat bisa muncul dimana saja, tidak hanya di wajah. Daun afrika dipercaya dapat mengatasi masalah jerawat.

Daun afrika akan membantu mengurangi produksi minyak yang berlebih dan mengecilkan pori-pori. Selain itu, daun afrika juga dapat menghilangkan bekas jerawat sekaligus. Untuk mendapatkan manfaat daun afrika dan cara penggunaannya untuk jerawat hanya dengan menempelkannya pada area jerawat selama 10 menit.

Anda juga dapat membuat air rebusan daun afrika untuk mengobati jerawat. Caranya sangat mudah, cuci 8 lembar daun afrika hingga bersih dan rebus dengan air putih hingga mendidih. Kemudian, minum air rebusan setiap hari hingga kondisi jerawat membaik.

2. Khasiat daun Afrika untuk melembabkan kulit

Beberapa kandungan dalam daun afrika dapat untuk melembabkan kulit. Vitamin yang terkandung didalamnya mampu untuk membuat kulit terasa lebih halus. Caranya, tempelkan beberapa helai daun pada wajah dan diamkan beberapa saat. Kemudian cuci hingga bersih dan gunakan secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Manfaat daun afrika untuk mencerahkan kulit wajah

Tidak banyak yang tahu jika manfaat daun afrika untuk kecantikan dapat mencerahkan wajah. Kandungan vitamin E yang tinggi dapat digunakan sebagai obat alternatif untuk mencerahkan kulit. Cara penggunaannya bisa diolah menjadi masker atau membuat air rebusan daun afrika.

4. Khasiat daun afrika untuk menyuburkan rambut

Berikutnya manfaat daun afrika urambut. Kandungan protein dalam daun afrika menjadikannya dapat merangsang pntuk kecantikan yang terakhir adalah dapat digunakan sebagai obat subur ertumbuhan rambut. Gunakan daun afrika sebagai masker rambut secara rutin untuk menumbuhkan rambut dan membuat rambut lebih subur.

Demikian informasi yang dapat disampaikan dari manfaat daun afrika bagi kesehatan dan kecantikan. Semoga informasi tersebut dapat menambah wawasan anda di dunia kesehatan.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat daun salam untuk wanita

6 Manfaat Daun Salam Untuk Wanita, Nomor 5 Sangat Menggoda

sumbersehat – Berita tentang manfaat daun salam untuk wanita sempat tenar beberapa waktu lalu. Sejak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *