4 Manfaat Cream Temulawak Siang dan Malam yang Luar Biasa Tapi Jarang Orang Tahu

Skincare terdiri dari berbagai jenis, kita sebut saja mulai dari facial wash, toner, serum, essence hingga cream. Mungkin ada beberapa dari kamu yang ingin menggunakan skincare tapi dengan bahan yang alami, maka kamu cocok untuk menggunakan cream temulawak. Ada banyak lho manfaat cream temulawak siang ataupun malam yang baik untuk kulit. Mau tahu apa saja manfaatnya? Berikut uraian lengkapnya:

1. Apa Itu Cream Temulawak?

Cream temulawak bisa diartikan sebagai cream perawatan wajah tradisional karena bahan yang digunakan adalah bahan alam yaitu temulawak. Melihat bahan yang digunakan tersebut, cream temulawak ini sering disebut – sebut sebagai cream khas Indonesia. Adapun kandungan yang biasanya terdapat dalam cream temulawak adalah :

  • Minyak atsiri
  • Borneol
  • Turmerol
  • Sineal
  • Phelandren
  • Xanthorrizol

2. Jenis Cream Temulawak

Jika kamu ingin menggunakan cream temulawak, maka kamu harus tahu jenis-jenisnya dulu agar kamu bisa memilih jenis mana yang cocok untuk kulit kamu. Cream temulawak terbagi menjadi 3 jenis yaitu cream temulawak siang, malam, dan normal. Tentunya manfaat cream temulawak siang, malam, dan normal berbeda. Berikut adalah perbedaan dari setiap jenisnya.

  • Cream temulawak siang adalah cream temulawak yang memang dirancang khusus untuk pemakaian di siang hari. Jadi, cream ini tidak cocok dipakai ketika akan tidur. Pada beberapa merk dilengkapi kandungan spf juga.
  • Cream temulawak malam merupakan cream temulawak yang diaplikasikan ketika akan tidur, namun cream ini juga biasanya tidak apa – apa digunakan pada siang hari hanya saja efeknya akan berbeda antara penggunaan malam dan siang hari.
  • Cream temulawak normal atau biasa adalah jenis cream temulawak yang bisa digunakan kapan saja. Tapi, hasil yang diberikan akan sedikit lebih lama dibandingkan dengan jenis yang sebelumnya karena biasanya harga jenis ini lebih murah.

3. Manfaat Cream Temulawak Siang dan Malam

Sekarang kita akan fokus membicarakan manfaat dari jenis cream tersebut. Sebenarnya setelah melihat kandungan didalam temulawak kamu bisa menebak apa saja manfaat yang akan didapat dalam penggunaanya. Berikut manfaat lebih jelasnya.

  • Menghilangkan jerawat

Minyak atsiri yang ada dalam temulawak bisa membantu mengatasi jerawat. Ketika digunakan secara rutin maka jerawat itu akan hilang sedikit demi sedikit dan pastinya tidak meninggalkan flek hitam

  • Membuat kulit lebih putih

Produk cream temulawak juga mengandung beberapa vitamin yang bisa mencerahkan kulit putih. Apalagi jika cream temulawak siang mengandung spf, itu akan membantumu dalam efek samping dari cahaya matahari dan bisa menghilangkan flek hitam.

  • Mencegah penuaan

Cream temulawak dipercaya bisa membuat kulit lebih kencang dan mencegah kerutan – kerutan pada kulit.

  • Memperbaiki tekstur muka

Manfaat terakhir yaitu bisa memperbaiki kondisi permukaan muka. Yang tadinya gradakan akibat jerawat atau beruntusan bisa menjadi mulus dan tekstur jadi halus.

4. Penggunaan Cream Temulawak Siang dan Malam

Manfaat cream temulawak siang dan malam tidak akan bisa kamu rasakan jika kamu menggunakannya secara salah. Jika kamu tidak tahu bagaimana cara menggunakan produk tersebut, maka bisa perhatikan cara penggunaannya dibagian belakang kemasan atau gunakan cara dibawah ini.

  • Gunakan produk yang aman, cream temulawak memang bisa dipastikan aman. Itulah yang membuat produk ini banyak dicari, tapi hal itu juga menjadikan peluang bagi orang – orang yang tidak bertanggung jawab untuk membuat dan memasarkan produk palsu. Jadi, sebelum menggunakannya, pastikan kamu membeli produk yang terdaftar di BPOM.
  • Gunakan sesuai waktu, lalu cara penggunaan cream temulawak selanjutnya adalah menggunakannya pada waktu yang tepat. Misal kamu menggunakan cream temulawak siang maka gunakanlah setelah bangun tidur. Sedangkan cream temulawak malam digunakan sebelum tidur. Untuk jenis yang biasa bisa digunakan di kedua waktu tersebut.
  • Muka harus dalam kondisi bersih sebelum pengaplikasiaan cream. Agar cream temulawak bermanfaat secara maksimal maka dia harus meresap dengan baik pada kulit. Jika mukamu masih dalam keadaan kotor maka nantinya bukan hanya cream saja yang meresap pada kulit tapi kototran yang ada di mukamu juga. Jadi, pastikan cuci muka dulu dengan facial wash
  • Gunakan sesuai urutan, maksudnya adalah kamu harus menggunakan cream temulawak sesuai urutan skincare yang kamu pakai. Pemakaian skincare dilakukan dari komposisi teringan. Urutannya yaitu double cleansing, toner, essence, serum, cream lalu sunscreen. Jadi, gunakanlah cream temulawak setelah kamu memakai serum.
  • Gunakan secukupnya, jadi kamu tidak bisa menggunakan lebih sedikit atau lebih banyak dari saran penggunaan. Manfaat cream temulawak siang akan bisa dirasakan jika kamu memakainya setiap hari sehari sekali, kemudian pada malamnya gunakan juga cream temulawak malam sekali.

Jika cream siangmu mengandung spf maka gunakan sebanyak 3 jari dalam sekali pakai sedangkan jika tidak ada spf maka 1 jari saja. Begitupun dengan cream malamnya.

  • Lihat apakah produknya cocok untuk kamur, penggunaak skin care teragntung kecocokan. Jadi, seberapa bagusnya cream temulawak itu jika tidak cocok pada kulitmu maka hasilnya akan jelek. Tapi, biasanya cream temulawak cocok bagi semua kulit karena bahannya alami kecuali dalam produk tersebut ditambahkan bahan kimia lainnya.

Cara megetahui kamu cocok menggunakan produk tersebut atau tidak adalah dengan menunggunya selama 1 bulan. Jika dalam sebulan setelah pemakaian kondisi kulit mukamu membaik maka produk tersebut cocok untukmu. Sebaliknya, jika kondisi mukamu memburuk maka segera hentikan pemakaian.

5. Cara Memaksimalkan Kerja Cream Temulawak

Untuk memaksimalkan manfaat cream temulawak siang dan malam, kamu juga harus memperhatikan hal lain penunjang kinerja cream tersebut. Hal tersebut sangat penting agar cream bisa bekerja lebih cepat dan lebih mudah. Berikut cara memaksimalkan penggunaan cream temulawak.

  • Perhatikan makanan yang kamu konsumsi, segala asupan yang masuk dalam tubuh sangat mempengaruhi kinerja dari cream temulawak. Usahakan hindari makanan siap saji seperti mie instan, burger dan lainnya. Dan hindari makan di saat waktu tidur yaitu diatas jam 9 malam.
  • Jangan begadang, ketika kamu begadang maka metabolism dalam tubuh juga akan sedikit terganggu karena waktu istirahat bagi oragn tubuhmu menjadi lebih lambat. Hal tersebut juga menyebabkan kinerja cream temulawak terhambat. Jadi, pastikan tidur pada waktunya.
  • Jangan stress, sama halnya dengan begadang, ketika kamu stress maka akan memengaruhi metabolisme dalam tubuhmu terutama memengaruhi kinerja hormone dalam tubuh. Jika hormone tersebut bekerja lebih dari biasanya maka akan muncul jerawat. Jadi, jangan stress ya.
  • Perhatikan produk lainnya, produk lain yang kamu gunakan juga mempengaruhi kinerja dari cream temulawak. Bisa saja ketika kamu mengkombinasikan produk A dan temulawak ini malah tidak dan membuat kulitmu menjadi purging bahkan menjadi lebih rusak.

Itulah hal penting terkait pemakaian cream temulawak mulai dari pengertiannya, kandungannya, jenisnya, perbedaan penggunaan dan manfaat cream temulawak siang dengan malam. Setelah membaca informasi di atas, maka pastikan kamu bisa menggunakan produk tersebut dengan baik dan benar agar hasilnya bisa maksimal.

About Hallokim.com

Jasa Penulis Artikel Murah Bandung | Jl. Caringin, Gg. Lumbung 2 No.9, RT.003/RW.003, Babakan Ciparay, Kec. Babakan Ciparay, Kota Bandung, Jawa Barat 40223 | cs@hallokim.com

Check Also

cara memutihkan kulit

11 Cara Memutihkan Kulit Secara Alami dan Cepat

Hampir semua wanita Asia ingin memiliki kulit putih yang cantik bersih. Bahkan, tak jarang mereka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *