Rasakan 8 Manfaat Chia Seed untuk Diet Sukses dan Kesehatan Keseluruhan Anda!

sumbersehat.com – Manfaat chia seed beberapa tahun lalu tidak terlalu banyak dibahas. Namun siapa sangka, seiring berjalannya waktu, kesadaran manusia akan pola hidup sehat kian meningkat. Termasuk juga pola makan yang sehat dengan memanfaatkan berbagai bahan pangan yang sebelumnya tidak banyak dikenal, salah satunya adalah chia seed. Jenis biji – bijian berukuran mini ini banyak dicari sebagai menu baru dalam keseharian manusia.

Perannya dalam menurunkan berat badan sepertinya menjadi manfaat chia seed yang paling populer. Namun demikian, masih banyak manfaat lain yang dapat Anda peroleh jika mengkonsumsi chia seed secara rutin. Di bawah ini beberapa ulasan mengenai manfaat dan cara mengkonsumsi chia seed yang perlu Anda perhatikan sebelum memutuskan untuk memilihnya sebagai menu makanan sehat harian.

manfaat chia seed
manfaat chia seed

Inilah Khasiat Chia Seed untuk Kesehatan

Kandungan yang beragam dalam chia seed ternyata mengandung berbagai manfaat untuk kesehatan Anda. Berikut uraian selengkapnya tentang manfaat chia seed.

1. Khasiat Chia Seed untuk Membantu Menurunkan Berat Badan

Bagi Anda, pria ataupun wanita, yang merasa tidak memiliki bobot tubuh ideal tentu sedikit banyak berusaha mencari solusi untuk mengatasinya. Satu dari sekian banyak manfaat chia seed yang dapat Anda rasakan adalah perannya dalam menurunkan berat badan. Kandungan serat tinggi yang baik untuk melancarkan proses pencernaan menjadikan biji chia ini cocok untuk dikonsumsi paling tidak satu kali sehari.

Tak perlu bingung tentang cara mengkonsumsi chia seed, karena ada banyak saran penyajian yang dapat Anda praktekkan. Silakan taburkan biji chia secukupnya pada minuman sehat yang Anda konsumsi, seperti smoothie dan lain sebagainya. Anda juga dapat mencampurkan biji chia dengan air putih, bisa juga menambahkan madu asli atau bahan lain yang dapat menambah kekayaan rasa. Hindari mengkonsumsi biji chia dalam keadaan kering, ya!

2. Khasiat Chia Seed Sebagai Pengganti Tepung Terigu

Dewasa ini, banyak orang yang menggaungkan gaya hidup sehat dengan salah satunya adalah memilih bahan pangan organik untuk dikonsumsi sehari – hari. Termasuk juga manfaat chia seed yang dianggap memiliki manfaat agung, sehingga sering disebut sebagai super food. Salah satu pemanfaatan chia seed adalah dengan menjadikannya substitusi tepung terigu yang banyak diolah menjadi berbagai jenis makanan.

Tepung terigu atau gandum umumnya digunakan sebagai bahan utama pembuatan produk dalam industri bakery. Suatu penelitian membuktikan bahwa potensi biji chia yang diolah menjadi tepung ternyata mampu menjadi pengganti tepung terigu. Tentu ada nilai tambah disini, mengingat beragam kandungan dalam biji chia yang memberikan banyak khasiat chia seed untuk kesehatan.

3. Manfaat Chia Seed sebagai Bahan Pencahar Alami

Manfaat chia seed sebagai pencahar alami merupakan satu hal yang sangat menarik bagi sebagian orang. Mengingat dewasa ini banyak peminat obat pencahar yang justru mengkonsumi bahan bersifat kimiawi. Sudah tentu harus siap dengan beragam efek sampingnya, bukan? Nah, kini saatnya Anda beralih ke bahan alami yang niscaya aman dan minim resiko efek samping chia seed jika dibandingkan dengan bahan kimia.

4. Khasiat Chia Seed sebagai Sumber Pangan Kaya Serat

Poin manfaat chia seed yang satu ini berkorelasi dengan pembahasan sebelumnya. Kandungan serat tak larut yang terkandung dalam chia seed sangat berpengaruh pada kelancaran proses pencernaan dalam tubuh. Hal tersebut menjadikan Anda yang mengkonsumsi biji chia terhindar dari keluhan sembelit. Buang air besar menjadi lancar dan produktivitas semakin meningkat!

Bagaimana sih cara mengolah biji chia sebagai sumber pangan kaya serat ini? Khasiat chia seed yang mengandung banyak serat sebanding dengan bentuknya yang menyerupai jelly ketika terkena air. Bagi Anda yang belum familiar dengan karakteristik biji chia mungkin akan terkagum dengan fakta ini. Ternyata, biji chia yang basah mampu mengasilkan volume sekitar 12 kali lebih banyak daripada jumlah aslinya dalam keadaan kering.

Kemampuan chia seed untuk mengembang berkali – kali lipat itulah yang menjadikannya lebih mudah untuk diolah menjadi berbagai hidangan. Umumnya memang biji chia ini bukan dijadikan sebagai bahan utama, ya. Namun lebih sering dijadikan sebagai toping pelengkap dengan sejuta manfaat. Menarik sekali ya, manfaat chia seed ini? Yuk, mulai hidup sehat ditemani biji chia!

5. Manfaat Chia Seed sebagai Penyuplai Energi dalam Tubuh

Pola makan yang baik saja belum cukup untuk menunjang produktivitas dalam menjalani hari. Maka dari itu, akhir – akhir ini banyak peminat baru dari berbagai jenis olahraga. Olahraga yang merupakan kegiatan fisik tentu membutuhkan energi sebagai penunjang gerak tubuh. Salah satu manfaat chia seed yang dapat Anda nikmati adalah kebiasaannya dalam mensuplai energi tubuh karena kandungan nutrien yang beragam di dalamnya.

6. Khasiat Chia Seed untuk Menurunkan Kadar Gula Darah

Bagi Anda yang kerap mengalami berbagai keluhan akibat tingginya kandungan gula darah, manfaat chia seed ini dapat Anda jadikan solusi. Kemampuan biji chia dalam memperbaiki kepekaan atau sensitivitas insulin tubuh menjadikannya senjata ampuh untuk menurunkan gula darah. Mungkin sebagian dari Anda juga menanyakan harga chia seed. Tak perlu gusar, karena rata – rata harga yang ditawarkan hanya sekitar 130 ribuan per kg, terjangkau bukan?

7. Manfaat Chia Seed untuk Mengatasi Gangguan Tidur

Gangguan tidur yang ditandai kesusahan terlelap walaupun sudah terasa mengantuk tak jarang dikeluhkan oleh orang dari berbagai usia. Terlebih lagi, dewasa ini, gaya hidup manusia yang ditemani gadget mengharuskan sebagian besar dari kita menatap layar ajaib sepanjang waktu. Kabiasaan inilah yang tak disadari dapat memicu gangguan tidur seseorang. Adakah manfaat chia seed dalam mengatasi gangguan tidur? Jawabannya adalah ada.

Sebenarnya pengaruh ini mungkin tak dapat secara langsung dirasakan, mengingat chia seed adalah bahan pangan alami. Terdapat satu kandungan dalam biji chia yang memicu tubuh untuk mengaktifkan hormon tertentu. Hormon – hormon yang dimaksud adalah melatonin dan serotonin. Aktifnya kedua hormon tersebut mampu membangkitkan efek relaksasi sehingga seseorang niscaya akan lebih mudah untuk tertidur.

8. Khasiat Chia Seed untuk Mencegah Peningkatan Kadar Kolesterol

Kandungan asam lemak omega-3 dalam chia seed mendominasi perannya dalam mengatasi kadar kolesterol yang tinggi. Tak sedikit orang yang mengeluh tentang gejala yang ditimbulkan akibat tingginya kolesterol dalam tubuh. Maka dari itu, cobalah untuk mengkonsumsi biji chia secara rutin untuk mengatasi keluhan – keluhan tersebut. Namun demikian, Anda perlu juga mengontrol jenis asupan apa saja yang sekiranya berpengaruh pada kesehatan Anda.

Tahukah Anda bagaimana look dari pohon chia seed? Well, di Indonesia sepertinya masih jarang orang yang berminat untuk membudidayakan tanaman unik ini. Pohon chia terlihat memiliki daun menyerupai daun kemangi, dengan bunga berwarna ungu muda yang berumpun memanjang ke atas. Biji chia sendiri berukuran mikro yang hanya sekitar 1 mm dengan warna random hitam dan putih.

Lalu, bagaimana cara penyimpanan chia seed? Berdasarkan ulasan di atas, telah diketahui bahwa biji chia bersifat hidrofilik atau menyukai air. Karena kemampuannya yang dapat menyerap air hingga 12 kali lipat daripada volume aslinya, maka chia seed hendaknya dijauhkan dari air. Penyimpanan yang tepat adalah dengan menempatkannya pada wadah tertutup yang kering dan tidak lembab.

Demikianlah ulasan tentang manfaat chia seed yang banyak bagi tubuh beserta cara mengonsumsi dan menyimpannya. Semoga bermanfaat, ya!

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat benalu jeruk

Mengulik 5 Manfaat Benalu Jeruk untuk Berbagai Macam Penyakit

sumbersehat.com - Selain sebagai tumbuhan parasit ternyata manfaat benalu jeruk terbilang cukup banyak. Bahkan, benalu jeruk dapat mengatasi penyakit kanker ganas yang ditakuti banyak orang. Benalu jeruk merupakan tumbuhan parasit yang hidup menempel di pohon jeruk.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *