5 Manfaat Bunga Kitolod yang Ampuh Obati Beberapa Penyakit!

By

Sumbersehat.comSeperti yang kita ketahui selama ini bahwa manfaat bunga kitolod untuk mata. Namun, sebenarnya lebih dari itu. Ada banyak khasiat bunga kitolod sebagai pengobatan alami. Bunga kitolod memang dianggap ampuh untuk mengobati beragam penyakit mata seperti rabun jauh, silinder, hingga katarak.

Akan tetapi, jika dirunut lebih jauh, terdapat manfaat bunga kitolod lainnya yang juga penting untuk diketahui. Tanaman yang punya julukan lain ‘kembang jangar’ ini cukup mudah ditemukan. Langsung saja kita simak penjelasan tentang khasiat bunga kitolod yang ampuh mengobati beberapa penyakit

Inilah Manfaat Bunga Kitolod yang Penting Diketahui

Berikut bahasan mengenai 5 khasiat bunga kitolod yang mungkin belum anda ketahui, diantaranya:

Baca juga : Penyakit Meniere: Penyebab, Gejala, dan Perawatannya, Wajib Tahu!

Mampu meredakan nyeri akibat sakit gigi

Nyeri yang ditimbulkan akibat sakit gigi memang terasa sangat mengganggu. Gejala sakit gigi biasanya terjadi sebagai tanda awal timbulnya penyakit mulut lain, sehingga tidak seharusnya diabaikan. Atasi nyeri pada gigi dengan mengonsumsi bunga kitolod.

Cara mengambil manfaat bunga kitolod untuk sakit gigi adalah menumbuk daun kitolod sebanyak 2 lembar hingga teksturnya halus. Apabila sudah halus, ambil daun kitolod dan tempelkan pada bagian gigi yang sakit. Cara ini dipercaya dapat mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkannya.

Mengatasi radang tenggorokan

Radang tenggorokan bisa terjadi ketika anda mengalami panas dalam. Gejala penyakitnya sering kali menimbulkan perasaan tidak nyaman, sebab mulut terasa panas dan kering. Mengobati tenggorokan radang juga termasuk khasiat bunga kitolod.

Caranya menggunakan bunga kitolod untuk radang tenggorokan adalah dengan siapkan 2 hingga 4 lembar daun kitolod, kemudian cuci sampai bersih. Setelah itu, rebus dengan air hingga mendidih. Saring air rebusan daun kitolod, lalu minum 2 kali sehari.

Mempercepat penyembuhan luka

Tidak perlu obat, anda bisa mendapatkan manfaat daun kitolod yang satu ini untuk menyembuhkan luka ringan. Tumbuk daun kitolod lalu balurkan pada area kulit yang terluka. Zat yang terkandung di dalam daun kitolod dapat membantu mempercepat penyembuhan luka.

Akan tetapi, cara ini tidak disarankan jika luka yang anda alami serius, ya. Penggunaan daun kitolod pada luka sobek atau luka torehan yang dalam dapat berisiko. Hal ini karena daun kitolod dapat tertinggal pada luka dan dapat menyebabkan infeksi.

Mampu memerangi kanker

Manfaat bunga kitolod yang selanjutnya adalah dapat memerangi serangan kanker. Caranya mudah, yaitu minum air rebusan daun kitolod. Pertama-tama, ambil 3 lembar daun kitolod yang masih menempel pada batangnya, kemudian rebus dengan air bersih sebanyak 5 gelas.

Tunggu hingga air tersebut menguap dan hanya tersisa sekitar 1 gelar air saja. Selanjutnya, anda bisa meminum air sisa rebusan ini sebanyak 1 kali dalam sehari. Agar khasiat bunga kitolod maksimal. Anda harus mengonsumsinya secara rutin, tapi jangan berlebihan.

Meringankan gejala asma

Gangguan asma dapat terjadi kapan saja ketika kualitas udara yang anda hirup tidak bersih. Jika anda mengalaminya, salah satu alternatif yang dapat dilakukan untuk meringankan gejalanya ialah dengan daun kitolod. Rebus bunga atau daun kitolod dengan air. Air rebusan ini dipercaya mampu mengatasi gejala asma.

Beragam manfaat bunga kitolod yang sudah disebutkan di atas dapat anda peroleh sesuai dengan kebutuhan. Memang, sebagian besar cara mengonsumsi bunga kitolod adalah merebusnya dengan air. Apabila anda kurang menyukai rasa air seduhannya yang kurang nikmat, anda bisa meminumnya perlahan-lahan.

Baca juga : Kenali 5 Jenis Penyakit Kulit Pada Anak yang Sering Terjadi

Efek Samping dan Cara Aman Penggunaan Bunga Kitolod

Hindari menggunakan bunga kitolod untuk mata terus-menerus karena bisa membahayakan kesehatan mata. Untuk mendapatkan manfaat bunga kitolod untuk mata, anda perlu memperhatikan pemilihan bunganya juga.

Efek samping bunga kitolod jika digunakan secara tidak tepat adalah bisa mengakibatkan iritasi pada mata, mata bernanah sampai menyebabkan kebutaan. Jadi, gunakan secara tepat, jangan berlebihan. Alangkah baiknya, anda juga konsultasi kepada dokter.

Cara aman penggunaan obat alami untuk mata ini adalah pilih bunga yang masih segar. Lalu, rendam di air panas atau air dingin selama 5 – 15 menit. Setelah perendaman selesai, barulah teteskan ujung tangkai bunga yang direndam tapi ke mata. Tutup dan buka mata berulang-ulang, sehingga khasiat bunga kitolod bisa meresap.

Itulah tadi 5 manfaat bunga kitolod, efek samping dan cara aman penggunaannya. Tidak ada salahnya kok untuk mencoba tanaman herbal yang satu ini apabila anda inginmengurangi pemakaian obat-obatan.

Tinggalkan komentar