7 Manfaat Bumbu Dapur Bagi Kesehatan Paling Ajaib dan Jarang Diketahui

Sebagai seorang ibu, bergulat dengan bumbu dapur tentu hal yang biasa. Tapi apakah Anda tahu, bahwa bumbu dapur juga banyak manfaatnya. Bisa untuk menambah rasa sedap, dan membeda-bedakan cirri khas makanan. Ada yang paling penting, ternyata Anda juga bisa menemukan manfaat bumbu dapur bagi kesehatan pengkonsumsinya.

Ini dia beberapa manfaat dari bumbu dapur yang bisa Anda rasakan untuk kesehatan banyak orang, terutama untuk Anda dan keluarga. Manfaatnya ini sangat luar biasa sekali, bahkan mungkin Anda juga masih belum mengetahuinya dengan baik. Nah berikut saya jelaskan beberapa manfaat dari bumbu dapur yang wajib banget anda pahami.

A. Manfaat Bumbu Dapur Bagi Kesehatan Keluarga

Sebagai ibu, memperhatikan kualitas masakan adalah hal yang utama. Karena makanan juga mempengaruhi otak serta kecerdasan, bahkan untuk kesehatan tubuh. Jika Anda penasaran, di sini ada 7 manfaat bumbu dapur untuk keluarga yang sehat:

Mengontrol Asam Lambung

Anda tahu kayu manis? Ternyata bumbu dapur satu ini dapat bermanfaat untuk menetralisir asam lambung yang sedang naik. Meskipun tidak sedang naik, tetapi jika Anda mencampurkan bumbu ini pada masakan, akan bekerja dengan manfaat tersebut.

Menurunkan tekanan darah tinggi

Berikutnya, Anda juga bisa menurunkan tekanan darah tinggi dengan bumbu dapur. Ada beberapa bumbu dapur yang mudah untuk menurunkan tekanan darah tinggi, namun sangat mudah mencarinya. Misalnya saja, Anda bisa gunakan bawang putih.

Bawang putih, bumbu dapur yang sering dipakai dalam masakan-masakan pada umumnya. Ternyata di balik rasa yang kurang enak itu (jika dimakan mentah) bisa membuat masakan enak, tetapi juga bisa menjaga kesehatan bagi penderita hipertensi.

Obat diare, batuk, sakit gigi

Kalau sedang sakit gigi, batuk, dan diare. Penyakit ini termasuk kategori ringan, namun sering Anda jumpai di rumah. Meski ringan, jika tidak segera ditangani, pun akan menjadi fatal. Sebenarnya, Anda tanpa harus berobat ke medis, saat keadaan genting misal sakit gigi yang begitu terasa dan ingin segera cepat sembuh pakai bumbu dapur saja.

Jika sakit gigi, bisa menggunakan jahe atau garam yang diberi dengan air hangat. Selain sakit gigi, batuk tentu sering mengganggu aktivitas Anda dan keluarga. Bisa memakai obat herbal dapur, manfaat bumbu dapur untuk kesehatan memang tidak diragukan lagi.

Jika batuk, bisa menggunakan jahe dan kunyit yang dihaluskan dan diberi dengan air hangat. Tentu akan meredahkan batuk Anda dan keluarga secara cepat.

Untuk keluhan penyakit ringan terkahir, seperti diare, Anda hanya cukup menggunakan ramuan oralit racikan sendiri. Pakai air garam yang sudah dicampur gula sedikit. Tetap dalam kondisi hangat-hangat, sehingga perut semakin merasa nyaman.

Menurunkan kolesterol

Bawang putih, ketumbar, kayu manis, ternyata bumbu dapur tersebut sangat ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol jahat. Selain mudah menemukan, tentu bumbu ini sering Anda gunakan untuk bahan campuran masakan sehari-hari. Jadi tidak perlu bingung dengan keluarga yang menderita kolesterol tinggi, Anda hanya membiasakan mencampurkan bahan dapur tersebut.

Antimikroba

Antimikroba, berarti ia bisa menghalau beberapa penyakit akibat virus, bakteri dan mikroba lainnya. Satu fakta, ternyata bumbu dapur yang Anda gunakan sebagai campuran bahan masakan bisa menjadi Antimikroba.

Salah satunya jahe, bisa mematikan jamur-jamur yang dapat mematikan. Karena di dalam kandungan jahe, terdapat senyawa zingerone, terapeutik, shogaol, paradol, dan antioksidan. Sehingga sangat bermanfaat untuk mencegah penyakit yang berbahaya akibat jamur dan lain-lain.

Menambah sistem imun

Anda juga bisa mencari manfaat bumbu dapur untuk kesehatan sebagai penambah imun. Seperti sekarang ini, banyak yang terkena virus corona, dengan bumbu dapur, sebenarnya di Indonesia bisa dicegah dengan menjaga sistem imun yang kuat.

Bumbu dapur atau rempah-rempah yang dapat membuat Anda kuat sistem imunnya adalah Jahe, kunyit, bawang putih, kayu manis, cengkeh, dan bawang merah.

Menurunkan kadar gula darah

Kadar gula darah, terkadang tinggi dan terkadang rendah. Untuk mengetahui hal itu, tentu membutuhkan pemeriksaan medis, atau diperiksa dengan alat. Meskipun diri sendiri yang biasa menjadi penderita kadar gula darah tinggi, terkadang prediksi yang dirasakan tubuh masih kurang tepat.

Untuk mengatasi hal itu, antisipasi kadar gula darah yang terlalu tinggi, bisa menggunakan beberapa manfaat bumbu dapur yang bisa menurunkan kadar gula darah yang sedang tinggi.

Lalu bumbu dapur apa yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi hal ini?

Ada kunyit, di mana kunyit ini dapat menurunkan kadar gula darah yang sedang tinggi. Karena ada zat aktif yang fungsinya untuk mengendalikan karad gula darah, bahkan bisa untuk mengurangi resiko penyakit jantung.

B. Macam Bumbu Dapur yang Paling Penting Untuk Kesehatan

Yuk ketahui beberapa bumbu dapur yang bisa Anda gunakan untuk menjaga kesehatan. Di atas sudah deijelaskan, beberapa penyakit yang bisa disembuhkan atau dicegah dengan bumbu dapur, nah jika boleh menceklis, artikel ini juga akan membahas bumbu apa saja yang harus Anda siapkan di dapur Anda. Bumbu-bumbu ini bisa menjadi senjata ampuh saat ada salah satu keluarga Anda mengeluhkan sakit:

  • Bawang putih
  • Bawang merah
  • Kunyit
  • Lengkuas
  • Jahe
  • Kayu manis
  • Cabai
  • Bawang Bombay
  • Jeruk nipis
  • Daun jeruk
  • Serai
  • Daun salam
  • Lada
  • Kemiri
  • Ketumbar
  • Cengkeh
  • Bumbu lawang
  • Pala
  • Dan lain sebagainya

Dari sekian banyak bumbu dapur yang tersajikan untuk kesehatan, tentu bumbu dapur sangat direkomendasikan. Hal ini karena bumbu dapur mudah untuk ditemukan, dan manfaatnya juga banyak. Manfaat bumbu dapur untuk kesehatan,

C. Menjaga Stamina Dengan Menggunakan Bumbu Dapur

Manfaat bumbu dapur tidak hanya untuk kesehatan tubuh saja, tetapi bisa juga Anda gunakan untuk menjaga stamina agar tetap kuat. Rempah-rempah yang begitu banyaknya di Indonesia, tentu hal ini akan memudahkan Anda dalam meracik ramuan untuk menjaga stamina.

Bisa menggunakan jahe dan kunyit, yang dihaluskan, baik itu ditumbuk atau diiris kecil lalu diberi air hangat dan diperas. Sesuai selera, bisa ditambahkan gula secukupnya. Disajikan ketika malam hari atau pagi hari, bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat dan kuat.

Pengaruhnya akan terasa ketika di pagi hari, tubuh menjadi lebih fit dan tentunya lebih bersemangat. Apalagi ketika untuk aktivitas, daya tahan imun juga lebih terjaga. Tidak mudah sakit seperti flu dan lainnya. Dengan ini tentu menunjukkan betapa berharganya orang yang berdagang jamu keliling. Jika tidak ingin repot membuat, bisa membeli jamu saja. Tetapi jika ingin menghemat, bisa membuats sendiri di rumah.

Dengan melihat beberapa catatan di atas, Anda tentu tahu bumbu apa saja yang biasa dan harus Anda punyai di dapur. Selain untuk bahan campuran masakan, tentu bumbu dapur tersebut bisa Anda siapkan bagi penderita beberapa keluhan penyakit. Itu dia beberapa manfaat bumbu dapur untuk kesehatan, semoga bisa bermanfaat bagi Anda sekeluarga.

About Hallokim.com

Jasa Penulis Artikel Murah Bandung | Jl. Caringin, Gg. Lumbung 2 No.9, RT.003/RW.003, Babakan Ciparay, Kec. Babakan Ciparay, Kota Bandung, Jawa Barat 40223 | cs@hallokim.com

Check Also

manfaat buah anggur

11 Manfaat Buah Anggur untuk Kesehatan dan Sebagai Obat Herbal

sumbersehat.com – Manfaat buah anggur wajib diketahui. Karena anggur memiliki banyak kandungan nutrisi yang dibutuhkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *