14 Manfaat Buavita untuk Kesehatan dan Kecantikan, Simak Yuk!

sumbersehat.com – Manfaat buavita jambu dalam dunia kesehatan, sudah pasti tak asing sebagai salah satu pengobatan penyakit demam berdarah. Kandungan di dalam buavita jambu ini berperan untuk meningkatkan trombosit dan menjaga kekebalan tubuh dari demam berdarah. Salah satu khasiat buavita jambu ini memang sudah diakui sejak lama khasiatnya.

Selain untuk menyembuhkan penyakit demam berdarah, manfaat buavita jambu banyak sekali khasiatnya. Kandungan didalamnya seperti vitamin A, vitamin C, zat-zat antioksidan dan kalium serta nutrisi lain. Khasiat buavita juga berfungsi untuk membangun jaringan kolagen yang sangat baik untuk kesehatan kulit. Ingin tahu selengkapnya, apa saja manfaat jambu ini? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

manfaat buavita
buavita

Apa Sajakah Manfaat Buavita untuk Kesehatan dan Kecantikan?

Inilah beberapa manfaat buavita yang perlu anda ketahui, diantaranya adalah:

1. Membantu Mengobati Diare

Manfaat buavita jambu untuk diare memang sudah populer di kalangan masyarakat. Namun, dalam segi pengobatannya bagian jambu biji yang dipakai adalah daunnya. Esktrak daun jambu biji ini yang dapat digunakan untuk mengobati diare.

Kandungan dalam daun jambu biji ini memang terbukti mampu mengurangi intensitas dan durasi diare serta dapat melawan bakteri penyebab diare. Anda bisa mencoba mengonsumsinya dengan meminum air rebusan daun jambu biji dengan secara rutin, dan rasakan hasilnya.

2. Dapat Menurunkan Berat Badan

Manfaat buavita selanjutnya adalah dapat membantu menurunkan berat badan. Bagi siapapun yang ingin mendapatkan berat badan ideal dapat mengonsumsi jambu biji ini. Mengonsumsi jambu biji ini memang lebih cepat mengenyangkan bagi tubuh.

Kandungan jambu yang terdapat kalori yang rendah dan berserat tinggi memang cocok dijadikan cemilan sehat untuk Anda. Inilah mengapa, jambu biji bisa menjadi salah satu menu untuk diet Anda. Konsumsilah buah ini, dan rasakan manfaat buavita jambu untuk diet.

3. Mampu Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat buavita yang satu ini, memang benar-benar mampu menjaga tekanan darah menjadi normal. Dipercaya didalamnya terkandung antioksidan, maka mampu menurunkan risiko tekanan darah dan memperlebar pembuluh darah. Jika Anda menderita hipertensi, mengonsumsi buavita jambu ini akan sangat terasa khasiatnya.

Penyakit hipertensi jika dibiarkan maka akan menjadi fatal, akan mengakibatkan stroke dan pembuluh darah pecah. Konsumsi buah ini, karena tidak hanya dagingnya yang empuk, tapi rasanya pun manis bahkan bisa dimakan dengan kulitnya.

4. Meredakan Nyeri Haid

Merasakan nyeri haid ketika tamu bulanan tiba, kerap kali menganggu aktivitas sehari-hari. Rasa sakit sekitar perut menjadi hal yang paling tidak nyaman dirasakan. Ekstrak pada daun buah jambu ini dapat meringankan nyeri pada saat menstruasi.

Sebuah studi telah membuktikan dengan pemberian ekstrak daun jambu biji sebanyak 6 mg per hari, mampu meredakan rasa sakit tersebut. Konsumsi jus jambu biji secara rutin disaat periode menstruasi dan rasakan manfaat buavita ini.

5. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Seperti ulasan sebelumnya mengenai kandungan jambu biji, buah yang kaya vitamin C ini juga berperan dalam meningkatkan sistem imunitas tubuh. Tak hanya sebagai sumber serat, tetapi juga menjadi sumber vitamin C. Kandungan ini bisa menjadi penambah nutrisi dalam tubuh Anda.

Tak hanya dari kandungan vitamin C saja, tetapi buah ini terdapat antimikroba. Kandungan tersebut dapat melindungi diri dari adanya infeksi bakteri dan virus. Manfaat buavita jambu ini memang benar-benar bisa Anda rasakan khasiatnya.

6. Mengobati Kanker

Manfaat buavita jambu ini wajib Anda ketahui. Fakta yang cukup mencengangkan, jika buah ini dapat berfungsi sebagai obat antikanker, lho. Manfaat buah ini dapat ditemukan khasiat antikanker terletak pada bagian daunnya. Bahkan, dapat menghentikan pertumbuhan sel kanker, terutama pada penderita kanker usus besar.Namun, penelitian masih diteliti lebih lanjut.

7. Membantu Menanggulangi Demam Berdarah

Manfaat buavita jambu ini pasti tak jarang didengar, karena khasiatnya untuk menanggulangi penyakit DBDs. Kandungan tanin, flavonoid, dan vitamin C yang mampu meningkatkan trombosit dalam tubuh. Tak hanya itu, buah ini mampu menghambat penyebaran virus demam berdarah. Meminum jus jambu biji disarankan bagi Anda yang terkena gejala demam berdarah.

8. Menurunkan Kadar Gula dalam Darah

Manfaat buavita jambu lainnya, yaitu dapat menurunkan kadar gula dalam darah. Manfaat ini bisa dirasakan dari bagian yang terletak pada daunnya. Penelitian ini dibuktikan berdasarkan percobaan seekor tikus dan diberi pengobatan diabetes. Hasilnya, memang efektif dalam menjaga kadar gula darah. Daun jambu biji ini biasanya dijadikan teh dan diminum secara rutin.

9. Meningkatkan Kesehatan Organ Jantung

Kemampuan buavita jambu juga ternyata dapat melindungi kesehatan organ vital manusia. Buah ini dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan melindungi dari adanya radikal bebas dan menurunkan kadar kolesterol. Kondisi yang tidak prima dan ada masalah dengan organ tubuh, terutama jantung bisa mengonsumsi buah jambu ini.

Cara untuk membuat jambu biji menjadi obat adalah dengan mengonsumsi air rebusan dari bahan berupa seledri, jambu biji dan jahe. Bagi Anda yang mengalami masalah pada jantung, Anda harus mencoba cara tersebut. Dan Anda rasakan sendiri khasiatnya dengan mengonsumsi secara rutin.

10. Meringankan Gejala Osteoarthritis

Gejala osteoarthritis merupakan gejala nyeri yang dirasakan di beberapa bagian umum, yang seringkali terjadi pada usia yang semakin tua. Nyeri pada bagian jari tangan, lutut, pinggul, dan tulang punggung, adalah sendi-sendi yang biasanya paling sering terkena. Pengobatan untuk peradangan ini harus diobati, agar aktivitas dapat normal seperti sedia kala. Jika dibiarkan, akan bertambah parah dan muncul gejala serius. Mengonsumsi buah jambu ini ternyata dapat meringankan gejala osteoarthritis tersebut.

11. Dapat Mengobati Flu

Penyakit flu, memang sudah menjadi penyakit tak asing bagi masyarakat dan perlu ditangani. Tak hanya sebagai penambah nutrisi dan meningkatkan trombosit, fungsi vitamin C pada buah ini dapat mengobati flu. Mengonsumsi obat yang alami lebih efektif dibandingkan mengonsumsi obat-obatan kimia. Salah satu alternatifnya, dengan mengonsumsi buah jambu ini.
Menjaga Kesehatan Kolagen

Anda ingin terlihat lebih menawan dan awet muda? Jambu biji ini bisa menjadi jalan mulus bagi Anda. Kandungan vitamin serta antioksidan di dalam buah ini dipercaya mampu melindungi kulit dan mencegah adanya penuaan dini. Kandungan senyawa antiradang dan antimikroba bisa Anda manfaatkan untuk mengobati jerawat dengan menggunakan bagian daunnya.

Manfaat buah lainnya ini juga dapat melindungi kulit dari sinar UV, membantu mencerahkan kulit wajah, dan menghilangkan flek hitam. Saran terbaik bagi Anda yang ingin merawat kulit, konsumsi jus jambu secara rutin dan rasakan hasilnya. Anda pun bisa mencoba membuat masker wajah dengan buah ini.

Demikian uraian lengkap mengenai manfaat buavita jambu tersebut. Buah manis ini yang ternyata dapat menangkal berbagai penyakit dari flu bahkan sampai kanker sekalipun. Tak hanya segi kesehatan, buah ini mampu atasi berbagai masalah pada kulit.

Namun perlu diperhatikan kembali dalam mengonsumsi dan menjadikan buah ini sebagai obat alternatif. Memang, tak ada salahnya menggunakan bahan alami dalam pengobatan. Tetapi, Anda pun perlu berkonsultasi dengan dokter. Serta menjaga pula pola makan serta gaya hidup Anda menjadi semakin lebih sehat.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat daun pegagan

15 Manfaat Daun Pegagan untuk Obat Herbal Penyakit

sumbersehat.com - Manfaat daun pegagan saat ini sudah semakin banyak diketahui dan sedang menjadi primadona. Centella Asiatica merupakan nama lain dari tumbuhan yang memiliki bentuk daun menyerupai ginjal dengan pinggiran daun bergelombang. Pengobatan di masyarakat Cina dan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *