Simak 12 Manfaat Buah Semangka untuk Ibu Hamil Agar Bumil dan Bayi Sehat!

By

sumbersehat.com – Manfaat buah semangka untuk ibu hamil merupakan hal penting yang perlu diketahui oleh setiap orang. Hal tersebut adalah karena buah semangka yang memiliki banyak khasiat dan juga nutrisi penting yang terkandung di dalamnya. Saking lengkapnya nutrisi yang dimilikinya, maka buah semangka ini sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

Manfaat buah semangka untuk ibu hamil dapat dilihat dari banyak nutrisi yang dikandungnya. Di antaranya adalah kalium, vitamin C, likopen, polifenol, beta karoten, dan karotenoid. Keseluruh kandungan nutrisinya dipercaya mampu meningkatkan daya tahan tubuh Anda selama proses kehamilan dan membuat janin tumbuh dan berkembang secara optimal. Sehingga nantinya bayi yang lahir akan berada di dalam keadaan yang sehat.

manfaat buah semangka untuk ibu hamil
semangka dan ibu hamil

Inilah Manfaat Buah Semangka untuk Ibu Hamil yang Wajib Diketahui

Di bawah ini merupakan beberapa khasiat buah semangka untuk ibu hamil yang paling direkomendasikan:

1. Mengurangi Gejala Morning Sickness

Morning sickness adalah salah satu gejala yang dialami oleh seseorang selama awal-awal kehamilan. Meskipun terbilang hal yang wajar, tetapi keadaan tersebut tetap saja menjadi hal yang mengganggu. Oleh karena itu, cobalah untuk memaksimalkan manfaat buah semangka untuk ibu hamil sehingga Anda dapat mengatasinya dengan mudah. Konsumsilah buah tersebut setiap pagi agar gejalanya dapat teratasi.

2. Meningkatkan Sistem Imun di Dalam Tubuh

Sistem imun merupakan hal yang wajib sekali untuk dijaga, sehingga Anda yang berada dalam maha kehamilan tidak mudah cepat tumbang. Sistem imun ini bisa saja melemah jika terjadi perubahan hormon yang tiba-tiba. Hal ini sangat tidak boleh terjadi karena ibu hamil akan berpotensi rentan diserang oleh bibit-bibit penyakit ke dalam tubuhnya.

Hal yang bisa dilakukannya adalah dengan memaksimalkan khasiat buah semangka untuk ibu hamil. Anda bisa memakan buah semangka pada pagi hari sehingga vitamin C dan zat antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh Anda dapat terpenuhi. Dengan begitu, maka bibit-bibit penyakit pun tidak akan berani menyerang tubuh Anda.

3. Melancarkan Proses Pencernaan

Selain menjaga sistem imun di dalam tubuh, Anda juga wajib memperhatikan proses pencernaan. Hal ini bisa Anda lakukan dengan mengonsumsi buah semangka. Manfaat buah semangka untuk ibu hamil adalah dapat membantu melancarkan sistem pencernaan di dalam tubuh. Hal ini karena buah semangka yang sangat kaya akan air dan juga serat yang terkandung di dalamnya.

4. Mencegah Anda Mengalami Dehidrasi

Dengan mengonsumsinya secara rutin, maka khasiat buah semangka untuk ibu hamil dapat Anda rasakan dan maksimalkan dengan baik. Meskipun memiliki banyak sekali kandungan air yang ada di dalamnya, mengonsumsi buah semangka dalam jumlah yang berlebihan tidak dianjurkan. Maka dari itu, cobalah untuk mengonsumsi buah semangka sebijak mungkin sehingga Anda akan tetap dalam keadaan sehat.

5. Melancarkan Aliran Urine

Selanjutnya, manfaat buah semangka untuk ibu hamil yang lainnya adalah mampu melancarkan aliran urine. Jika jumlah air yang dikonsumsi semakin banyak, maka aliran urine pun akan semakin lancar pada tubuh seseorang. Kandungan air yang berada di dalam semangka ini dapat memenuhi kebutuhan cairan harian tubuh Anda selama masa kehamilan. Dari hal tersebut, dapat dipastikan bahwa buah semangka yang dikonsumsi maka aliran urine Anda pun akan semakin lancar.

6. Mencegah Sembelit

Adanya perubahan hormon di dalam tubuh juga tidak hanya menyebabkan sistem imun melemah, tetapi juga menyebabkan masalah pencernaan. Salah satu masalah pencernaan tersebut adalah sembelit dan konstipasi. Untuk itu, manfaat buah semangka untuk ibu hamil adalah sebagai pencegah penyakit sembelit tersebut. Hal ini disebabkan oleh buah semangka yang memiliki banyak serat di dalamnya.

7. Mengurangi Gejala Bengkak

Gejala bengkak juga bisa dialami oleh ibu hamil saat masa kehamilannya. Hal ini sejalan dengan adanya gejala morning sickness, mual, dan juga muntah yang bisa dialami ketika masa kehamilan. Saat Anda mengalami gejala bengkak, maka cobalah untuk memaksimalkan manfaat buah semangka untuk ibu hamil yang satu ini. Buah semangka ini memiliki kandungan air sehingga mampu melancarkan pembuluh darah.

8. Mencegah Kram Otot

Selain bengkak, kram otot juga bisa saja terjadi pada Anda yang berada di masa kehamilan. Kram otot ini bisa saja terjadi pada usia kehamilan yang menginjak 6 bulan, sehingga perut Anda akan mulai terasa berat. Dampak dari hal tersebut adalah adanya kram otot yang berpotensi terjadi di area punggung.

Oleh karena itu, untuk mengatasinya, Anda perlu mengonsumsi buah-buahan yang dapat memperlancar sistem peredaran darah. Dalam hal ini, Anda dapat memaksimalkan manfaat buah semangka untuk ibu hamil. Karena buah semangka ini memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi kesehatan.

9. Mengoptimalkan Perkembangan Rangka Janin

Buah semangka ini memiliki kandungan kalium dan juga magnesium yang sangat tinggi. Hal tersebut diklaim mampu mengembangkan proses pertumbuhan dan juga perkembangan rangka janin dalam kandungan secara optimal. Karena pertumbuhan janin tersebut sangat berkaitan erat dengan ketersediaan nutrisi mineral pada tubuh ibu. Oleh karena itu, khasiat buah semangka untuk ibu hamil adalah sebagai pemasok nutrisi tersebut.

10. Memastikan Keadaan Jantung Terpelihara dengan Baik

Manfaat buah semangka untuk ibu hamil yang lainnya adalah untuk memelihara jantung. Baik jantung ibu maupun jantung janinnya. Hal ini mengingat jantung adalah organ tubuh yang memiliki fungsi yang sangat vital. Buah semangka yang memiliki banyak kandungan likopen ini sangat dibutuhkan oleh ibu hamil.

Alasannya tentu saja hal tersebut dapat membuat jantung menjadi lebih sehat. Oleh karena itu, sangat disarankan bagi ibu hamil untuk mengonsumsi buah semangka di masa kehamilannya. Jika keduanya sehat, maka hal tersebut adalah suatu hal yang sangat diharapkan.

11. Meredakan Asam Lambung

Selanjutnya, manfaat buah semangka untuk ibu hamil yang lainnya adalah untuk pereda asam lambung yang tengah dialami oleh ibu hamil. dengan mengonsumsi buah semangka, maka Anda asam lambung yang sedang menyerang dapat dengan segera untuk diatasi. Tidak hanya itu, buah semangka juga dipercaya mampu menenangkan rasa sakit yang terjadi pada perut.

12. Merawat Kesehatan Kulit Ibu Hamil

Tidak banyak yang tahu bahwa manfaat buah semangka untuk ibu hamil adalah untuk menyehatkan kulitnya. Biasanya pada awal masa kehamilan yang terjadi antara bulan kedua-keempat ini wajah ibu hamil akan terlihat pucat. Untuk mengatasi hal tesebut, Anda sebagai ibu hamil dapat mengonsumsi buah semangka agar kulit wajah kembali halus dan juga cerah seperti semula.

Itulah beberapa khasiat dan manfaat buah semangka untuk ibu hamil yang wajib diketahui. Dapat disimpulkan bahwa dengan mengonsumsinya, Anda akan memiliki banyak manfaat dan tubuh menjadi tetap sehat. Akan tetapi, ingatlah untuk mengonsumsinya dalam batas kewajaran dan jangan terlalu berlebihan. Sebab, hal ini dikhawatirkan akan menimbulkan hal yang tidak diinginkan baik kepada ibu ataupun janinnya.

Tinggalkan komentar