13 Manfaat Buah Sawo Untuk Kesehatan Tubuh dari Mata sampai Ginjal

sumbersehat.com – Manfaat buah sawo bagi tubuh sangat banyak. Buah berwarna coklat dan manis ini cukup banyak digemari karena rasa dan juga manfaatnya yang luar biasa. Sawo ini termasuk buah musiman, sehingga cukup sulit ditemukan jika sedang tidak musimnya. Namun, bila sudah musim panen, sawo bisa dengan mudah ditemukan di pasar tradisional maupun supermarket, bahkan di toko online.

Banyaknya manfaat buah sawo untuk kesehatan terkait dengan kandungan nutrisi dan zat di dalamnya. Di dalam buah sawo terkandung protein nabati, lemak sehat, karbohidrat, kalsium, fosfor serta kaya akan serat. Selain itu juga terkandung beragam vitamin, seperti vitamin A, C, B1, dan E. Banyak sekali bukan? Nah, bagi Anda yang penasaran dengan khasiat sawo, simak penjelasan di bawah ini!

manfaat buah sawo
manfaat buah sawo

Inilah Ragam Manfaat Buah Sawo untuk Kesehatan

Dari kandungan buah sawo yang luar biasa, mari simak ulasan berikut ini untuk daftar manfaat sawo bagi kesehatan:

1. Manfaat Sawo Untuk Mencegah Anemia

Khasiat buah sawo yang pertama, yaitu dapat mencegah terjadinya anemia. Menurut pakar kesehatan, ternyata buah sawo mengandung zat besi yang cukup tinggi. Zat besi berfungsi membantu tubuh dalam memproduksi sel darah merah dengan baik. Hal tersebut akan mencegah terjadinya anemia.

Perempuan lebih berisiko mengalami masalah anemia ketika haid. Sebaiknya saat menjelang atau setelah masa haid memperbanyak konsumsi buah sawo. Agar kebutuhan darah merah pada tubuh Anda tetap tercukupi.Nah, manfaat buah sawo untuk haid akan membantu Anda mencegah terjadinya anemia.

2. Khasiat Buah Sawo Untuk Mengatasi Wasir dan Masalah Pencernaan

Manfaat buah sawo untuk pencernaan sudah dipercaya sejak lama. Hal tersebut karena buah sawo mengandung serat yang tinggi dan tanin yang mampu mengatasi peradangan dan infeksi akibat wasir. Bagi Anda yang memiliki masalah wasir, ada baiknya mengonsumsi buah ini secara rutin. Selain itu, buah sawo juga dapat mencegah masalah sembelit dan kanker usus besar. Ternyata sangat besar manfaat buah ini untuk kesehatan pencernaan, bukan?

3. Manfaat Sawo Untuk Kesehatan Mata

Buah sawo mengandung vitamin A yang tinggi. Kandungan vitamin A tersebut bermanfaat bagi kesehatan tubuh, terutama kesehatan mata. Bagi Anda yang memiliki masalah kesehatan mata, konsumsilah buah ini secara rutin. Manfaat buah sawo untuk kesehatan mata akan membantu Anda menjaga mata agar berbagai penyakit mata.

4. Khasiat Sawo Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Khasiat buah sawo selanjutnya, yaitu untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Daya tahan tubuh yang lemah dapat menyebabkan mudahnya tubuh terserang penyakit. Untuk menjaga agar tidak mudah sakit, Anda membutuhkan asupan sukrosa dan fruktosa. Buah sawo memiliki kandungan sumber sukrosa dan fruktosa alami yang mampu memberi energi bagi tubuh. Buah sawo juga memberi efek dalam membantu tubuh menjadi tetap sehat dan tidak mudah sakit. Itulah manfaat buah sawo untuk daya tahan tubuh.

5. Manfaat Sawo Untuk Kesehatan Ginjal

Selanjutnya, manfaat sawo adalah bisa membuat ginjal menjadi lebih bersih. Hal tersebut karena buah sawo mengandung senyawa kimia yang bekerja membuang racun dengan cara meningkatkan volume air seni. Proses ini dapat membuat tubuh menjadi bersih dan sehat.
Manfaat buah sawo untuk ginjal dapat dirasakan dampaknya dalam jangka panjang. Ginjal Anda akan terjaga kesehatannya serta terhindar dari penyakit yang tidak diinginkan.

6. Khasiat Buah Sawo Untuk Mengatasi Nyeri Otot

Manfaat sawo selanjutnya, yaitu dapat mengatasi nyeri otot. Nyeri otot bisa terjadi akibat Anda bekerja secara ekstra. Dampaknya rasa nyeri terjadi pada otot kaki, tangan, punggung dan pinggang. Buah sawo mengandung bahan alami yang mampu mengurangi infeksi akibat bakteri dan virus. Bahan penting inilah yang mencegah otot tubuh menjadi mudah sakit dan membuat tubuh lebih sehat. Jadi, itulah manfaat sawo untuk nyeri otot.

7. Manfaat Sawo Untuk Mengatasi Stres

Tidak hanya untuk kesehatan fisik tapi buah sawo juga bagi psikis.Buah sawo dipercaya mampu meredakan stres, serangan insomnia dan serangan panik. Hal tersebut karena buah sawo memiliki kandungan obat penenang alami yang membuat tubuh dan sistem saraf menjadi rileks.
Nah, bagi Anda yang memiliki masalah mudah merasa cemas, stres ataupun sulit tidur, sebaiknya coba mengonsumsi buah sawo. Karena Manfaat buah sawo untuk kesehatan psikis dan membantu Anda menjadi lebih rileks.

8. Khasiat Buah Sawo Untuk Mengatasi Sariawan

Manfaat sawo juga bisa mengobati sariawan serta radang mulut. Buah ini kaya akan vitamin A dan C, sehingga mampu menjaga tubuh dari serangan radikal bebas. Hingga akhirnya, Anda tidak hanya terlindungi dari sariawan, namun juga lebih kebal terhadap serangan penyakit.

9. Manfaat Sawo Untuk Mengobati Batuk dan Pilek

Manfaat buah sawo untuk daya tahan tubuh,dapat mencegah Anda terserang oleh virus influenza. Buah sawo juga mampu mengatasi batuk dan pilek yang Anda derita. Hal demikian karena buah ini mengandung zat anti-inflamasi yang membantu meredakan sesak dan produksi lendir.
Beberapa ahli gizi menganjurkan untuk memasukkan buah sawo ke dalam menu sehari-hari. Karena khasiat buah sawo secara alami mampu mengobati virus flu dan demam. Buah ini juga disarankan agar dikonsumsi oleh anak sebagai pencegahan dari demam dan flu.

10. Khasiat Buah Sawo Untuk Mencegah Tubuh Kekurangan Zat Besi

Kekurangan zat besi dapat mengakibatkan tubuh kelelahan kronis dan sakit kepala. Hal ini karena kurangnya sel darah merah pada tubuh. Beberapa ahli gizi menyarankan buah sawo untuk meningkatkan zat besi dalam tubuh.Manfaat buah sawo untuk memenuhi zat besi harian harus Anda coba. Adapun buah sawo mampu meningkatkan sel darah merah dan menghasilkan kadar hemoglobin yang diperlukan tubuh secara aktif. Begitu penting manfaat sawo bagi kesehatan tubuh, maka konsumsilah buah ini secara rutin.

11. Manfaat Sawo Untuk Tulang dan Gigi

Selanjutnya, buah sawo berkhasiat untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Manfaat buah sawo untuk tulang dan gigi sama halnya seperti susu. Susu selalu diyakini untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Namun, ternyata kandungan yang dibutuhkan tulang dan gigi tidak hanya ada di dalam susu. Khasiat buah sawo untuk tulang dan gigi bisa menjadi alternatif bagi Anda yang alergi terhadap susu. Sebab buah sawo mengandung kalsium, fosfor dan zat besi yang dapat membuat tulang dan gigi menjadi lebih sehat dan kuat.

12. Khasiat Buah Sawo Untuk Menjaga Kesehatan Rongga Mulut

Masalah rongga mulut seperti gusi berdarah, jangan pernah diabaikan. Meski terlihat sepele, namun bisa berakibat menjadi masalah kesehatan yang serius. Kurangnya perawatan pada mulut juga bisa menimbulkan masalah mulut kronis. Oleh sebab itu, Anda perlu melakukan tindakan pencegahan. Anda harus tahu bahwa manfaat buah sawo untuk kesehatan mulut dapat dipercaya.

Memasukkan buah sawo ke dalam menu harian, bisa menjadi solusi pencegahan terjadinya masalah mulut. Selain itu, juga dapat mempertahankan berbagai masalah oral termasuk kerusakan gigi dan gigi berlubang. Manfaat sawo ini juga bisa Anda berikan pada anak, agar kesehatan giginya terjaga.

13. Manfaat Sawo Untuk Menambah Energi

Manfaat buah sawo dalam menambah energi, yaitu sangat cocok untuk Anda yang banyak aktivitas. Buah ini diyakini dapat meningkatkan energi Anda sepanjang hari. Kualitas hidup Anda juga dipengaruhi oleh tingkat energi Anda. Anda membutuhkan energi yang cukup untuk melakukan segala aktifitas sehari-hari.

Demikianlah beberapa manfaat buah sawo untuk kesehatan secara alami. Ada banyak jenis buah-buahan yang ternyata memiliki peran penting bagi tubuh manusia, salah satunya buah sawo. Anda hanya perlu mengonsumsi buah manis tersebut secara rutin. Masukkan buah sawo sebagai menu harian Anda.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat rumput mutiara

10 Manfaat Rumput Mutiara untuk Kesehatan dan Cara Pengolahannya yang Mudah

sumbersehat.com - Manfaat rumput mutiara tak hanya sebagai obat tradisional yang dipercaya mampu mengobati kanker. Khasiat lain yang tak kalah jitu adalah kandungan kimia rumput mutiara yang juga mampu mengobati penyakit ringan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *