Ketahui 8 Manfaat Buah Plum bagi Kesehatan, Terutama untuk Wanita

sumbersehat.com – Manfaat buah plum untuk wanita memang seringkali kita dengar di tengah masyarakat Indonesia. Sepertinya buah berwarna merah gelap ini memang memiliki sejuta manfaat terlebih untuk kaum hawa. Buah plum dikenal sebagai cara diet buah plum yang booming di akhir 2019. Buah yang berasal dari Amerika ini mulai dibudidayakan di Indonesia pada akhir 2016 dan sampai sekarang masih terus mengalami perkembangan.

Sayangnya kebanyakan masyarakat Indonesia hanya mengetahui khasiat buah plum sebagai obat untuk diet sampai berbagai manfaat yang berhubungan dengan kaum hawa. Padahal buah plum sendiri memiliki berbagai macam manfaat yang baik untuk anak-anak sampai orang dewasa, terlepas dari gender pria atau wanita.

manfaat buah plum
buah plum

Inilah Manfaat Buah Plum bagi Kesehatan

Anda harus simak khasiat buah plum untuk kesehatan agar bisa memanfaatkannya dalam masalah yang tepat. Manfatnya adalah:

1. Menurunkan berat badan

Seperti yang telah dikenal oleh masyarakat luas, buah plum dimanfaatkan sebagai salah satu makanan untuk membantu menurunkan berat badan. Bahkan di jaman sekarang, terdapat banyak perusahaan yang betul-betul mengembangkan kandungan di dalam buah plum untuk menumpas lemak-lemak jahat yang tertumpuk di dalam tubuh sampai obesitas.

Manfaat buah plum ini disebutkan dalam sebuah penelitian yang meneliti kandungan di dalam buah plum. Hasilnya, di dalam buah plum terdapat kandungan flavonoid, asam klorogenik, katekin, dan fenolik yang berfungsi untuk mengatasi komplikasi akibat tumpukan lemah jahat di dalam tubuh. Anda bisa mengonsumsi buah ini dalam berbagai wujud, salah satunya adalah buah plum kering yang bisa dengan mudah Anda jumpai di supermarket maupun online store.

2. Mengatasi anemia

Manfaat buah plum selanjutnya yaitu mengatasi anemia di dalam tubuh. Buah plum memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi yakni sebanyak 15%, dan tembaga yang dapat membantu memperbaiki sel-sel darah merah, maupun berperan dalam pembentukan sel darah merah.

Buah plum juga membantu memperlancar peredaran darah dan melakukan pemurnian darah sehingga sirkulasi hemoglobin di dalam tubuh berjalan secara sehat. Antioksidan yang terkandung di dalam buah plum juga memiliki fungsi dalam pembentukan kolagen yang menjaga kesehatan pembuluh darah.

3. Menjaga kesehatan kulit

Buah plum seringkali digunakan sebagai campuran dalam berbagai macam skincare maupun kosmetik. Salah satunya adalah masker bubuk (alami) maupun sheet mask yang lazim ditemukan di berbagai toko kecantikan maupun supermarket.
Buah plum terbukti memiliki kemampuan untuk menjaga elastisitas kulit Anda, terlebih kulit wajah.

Selain itu, buah plum yang digunakan pada masker bermanfaat sebagai pemberi nutrisi maupun pelembab alami pada kulit wajah Anda. Manfaat buah plum lainnya yaitu mengatasi penuaan diri maupun flek hitam, terutama pada wanita paruh baya.

4. Meningkatkan imun

Tahukah Anda, untuk meningkatkan kekebalan tubuh kita memerlukan berbagai vitamin serta mineral untuk menjaga kesehatan seluruh organ tubuh maupun metabolisme? Berbagai macam buah maupun sayuran seringkali diindikasikan sebagai salah satu penghasil vitamin tertinggi yang mampu meningkatkan imun tubuh secara pesat.

Akan tetapi, sebuah penelitian asal Inggris yang melakukan penelitian terhadap manfaat buah plum menyatakan bahwa sebanyak 60% dari total vitamin dalam buah plum adalah vitamin C. Kandungan ini kemudian masih diimbangi dengan antioksidan di dalam buah plum, keduanya sangat efektif menangkal berbagai macam virus dan radikal bebas. Selain itu, unsur imunostimulan pada buah plum juga mendorong terbentuknya zat oksida yang dapat mencegah berbagai jenis penyakit sampai tumor.

5. Menjaga kesehatan mata

Kandungan vitamin A dalam buah plum berperan penting dalam menjaga kesehatan mata. Manfaat buah plum yang satu ini memang belum dikenal secara luas, tetapi Anda perlu tahu bahwa kandungan beta karoten yang dihasilkan oleh buah plum sangat baik untuk menjaga elastisitas saraf pada mata. Terlebih, vitamin A dalam buah plum juga tergolong tinggi, yakni sebanyak 6% dari total kandungan di dalamnya.

Apabila Anda memiliki gangguan pada penglihatan bahkan sampai harus mengenakan kacamata, maka sangat dianjurkan untuk mengonsumsi buah plum demi menjaga kesehatan mata. Terlebih bagi anak-anak, di mana elastisitas pada mata harusnya masih terjaga dengan baik.

6. Menjaga kesehatan jantung

Menjaga keesehatan jantung termasuk manfaat buah plum yang wajib Anda ketahui. Apabila Anda mengonsumsi buah plum secara rutin sehari 1 kali, maka kandungan buah plum dapat membantu jantung Anda untuk bekerja lebih baik memompa darah ke seluruh tubuh.

Selain itu, buah plum punya peran penting dalam mengatasi berbagai penyakit jantung seperti stroke, angin duduk, maupun serangan jantung. Potassium dalam buah plum juga diyakini membantu jantung dalam menjaga detak jantung agar selalu stabil, serta mengontrol tekanan darah di dalam tubuh.

7. Mengobati diabetes

Manfaat buah plum bagi kesehatan yang tak kalah penting adalah mengobati diabetes. Asam manis yang ditimbulkan oleh buah plum memberikan efek anti hiperglikemia. Hiperglikemia adalah sebuah komplikasi atau sindrom yang diakibatkan apabila kandungan kadar gula dalam tubuh meroket secara tinggi dan dapat mengakibatkan kematian. Selain itu, konsumsi buah plum secara teratur juga akan memberikan perlindungan bagi tubuh, yakni mengontrol kandungan insulin di dalam tubuh anda.

8. Menjaga kesehatan tulang

Siapa sangka, buah plum juga berkhasiat bagi lansia atau paruh baya yang sering mengalami berbagai gangguan pada tulang seperti rematik sampai osteoporosis atau pengeroposan jaringan tulang. Bahkan buah plum juga dapat memperbaiki fungsi dan kinerja tulang pada masa penuaan yang mengakibatkan terbatasnya bidang pergerakan.

Sedangkan pada anak-anak atau remaja, manfaat buah plum dapat memperkuat jaringan pada tulang sehingga pertumbuhan, kepadatan, sampai pembentukan tulang dapat berlangsung secara optimal.

Cara Makan Buah Plum

Setelah mengetahui berbagai manfaat buah plum, anda juga perlu mengetahui bagaimana cara yang tepat dalam mengonsumsi buah plum, diantaranya adalah :

1. Jus

Cara pertama adalah memasukkan 5-6 buah plum yang telah dicuci bersih. Anda dapat menambahkan beberapa es batu atau madu untuk mengurangi rasa asam. Kemudian jus buah plum dan madu atau es batu sampai halus.

2. Konsumsi langsung

Berikutnya adalah mengonsumsi buah plum secara langsung. Bagi anda yang kuat untuk makan berbagai macam makanan asam maka sangat dianjurkan untuk mengonsumsi buah plum dengan cara demikian. Caranya sangat mudah, cuci bersih buah plum menggunakan air mengalir, lalu Anda dapat menyantapnya setiap saat sebagai cemilan sehat.

3. Dikeringkan

Cara makan buah plum yang terakhir adalah mengeringkannya terlebih dahulu. Anda cukup memasukkan beberapa buah plum kemudian dikeringkan di bawah sinar matahari selama 3-5 jam atau memasukkannya ke dalam oven. Metode pengeringan biasanya Anda temui di berbagai perusahaan maupun produk kecantikan sebagai salah satu cara diet yang dikenal sebagai cara diet buah plum yang merebak pada kaum hawa di berbagai umur.

Nah, di atas adalah beberapa manfaat buah plum sampai berbagai cara menyantap maupun mengonsumsi buah plum yang dapat Anda lakukan di mana saja. Pembelian buah plum pun tak harus datang langsung ke supermarket, melainkan juga bisa melalui online store yang menyediakan berbagai jenis buah plum dari kilo-an sampai yang kering.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat buah anggur

11 Manfaat Buah Anggur untuk Kesehatan dan Sebagai Obat Herbal

sumbersehat.com – Manfaat buah anggur wajib diketahui. Karena anggur memiliki banyak kandungan nutrisi yang dibutuhkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *