7 Manfaat Buah Pisang untuk Kesehatan yang Ajaib, Harus Tahu dan Manfaatkan!

sumbersehat.com – Manfaat buah pisang dapat dirasakan oleh setiap orang yang mengkonsumsinya secara umum. Anda tentu tahu bahwa makanan yang banyak diberikan kepada bayi setelah ASI adalah pisang, bukan? Hal tersebut dapat dijadikan patokan betapa luar biasanya manfaat pisang. Pisang termasuk ke dalam bahan pangan yang aman, bahkan bagi bayi. Selain rasanya yang digemari, kekayaan kandungan pisang juga menjadi primadona di bidang kesehatan.

Yap, bukan hanya sebagai ‘pengganjal perut’, pisang ternyata memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan tubuh. Sebagian orang mungkin pernah mendengarnya, tetapi apakah benar – benar berusaha memahami? Baiklah, di sini kita akan recall beberapa khasiat buah pisang dari berbagai sisi. Semoga setelah ini Anda lebih membuka mata tentang pentingnya keberadaan pisang dalam kehidupan ini. Simak uraian di bawah, ya!

manfaat buah pisang
buah pisang

Apa Saja Sih Manfaat Buah Pisang?

Hanya mengkonsumsi tanpa mengetahui manfaat buah pisang sebenarnya tidak masalah. Namun, akan lebih menyenangkan jika anda memahami kelebihan dari buah yang didominasi warna kuning berikut:

1. Sumber Energi yang Nikmat

Karbohidrat yang kita peroleh selama ini mostly berasal dari bahan makanan pokok, seperti; beras, jagung, gandum dan sejenisnya. Nah, bagi Anda yang tak memiliki masalah kesehatan tentu ada kalanya bosan dengan makanan yang ‘itu – itu saja’. Tidak ada salahnya mengeksplorasi jenis makanan sumber karbohidrat lain yang baru, kan? Salah satu diantaranya yang dapat Anda coba adalah manfaat buah pisang sebagai sumber energi.

Banyak yang menganggap pisang hanya sebagai pencuci mulut, yang berarti posisinya sebagai buah pelengkap saja. Tahukah Anda bahwa pisang mampu memberikan rasa kenyang lebih lama? Hal inilah yang mendasari tentang pemanfaatan pisang sebagai sumber energi yang nikmat. Tekstur yang lembut, aroma sedap dan rasanya yang manis menjadi daya tarik tersendiri bagi sebagian orang.

Anda dapat menggunakan pisang sebagai pengganti nasi sesekali dengan cara mencampurkan pisang dan bahan lainnya. Salah satu saran penyajian untuk hasil terbaik adalah dengan mencampurkan pisang dengan kurma. Manfaat pisang untuk wanita biasanya diperoleh dari olahan smoothie dari kedua bahan tersebut, hingga akhirnya menjadi minuman yang lebih menarik. Mencampurkan secara manual hingga terbentuk bubur juga okay, loh!

2. Membunuh Sel Kanker

Menurut seorang ahli herbal, tingkat kematangan pisang ternyata memiliki manfaat yang berbeda – beda. Pisang dengan kulit yang masih berwarna kuning akan berbeda kandungannya dengan pisang yang sudah terdapat bercak hitam pada kulitnya. Nah, kemampuan membunuh sel kanker ini dimiliki oleh pisang yang sudah benar – benar matang. Anda dapat memilih pisang dengan kulit yang tak lagi berwarna kuning mulus.

Kapan sebaiknya pisang dikonsumsi untuk memperoleh manfaat buah pisang terbaik? Seperti yang telah banyak dibahas di beberapa sumber tentang waktu yang tepat untuk mengkonsumsi buah. Sama halnya dengan yang lain, pisang baik dikonsumsi sebelum makan. Tidak ada patokan berapa banyak buah pisang maksimal yang boleh dikonsumsi oleh seseorang yang ‘normal’. Mohon lebih waspada jika Anda memiliki gangguan khusus, ya.

Benarkah bahwa pisang tidak cocok dikonsumsi untuk penderita gangguan ginjal? Menurut seorang ahli, hal tersebut dibenarkan. Kandungan kalium yang sangat tinggi pada pisang menurutnya tidak baik dikonsumsi oleh penderita penyakit ginjal. Bagi Anda yang kebetulan mengalami gangguan tersebut, tak perlu bersedih. Masih banyak jenis makanan lain yang tidak kalah keren dengan manfaat buah pisang, kok. Semangat!

3. Membantu Menciptakan Good Mood

Serotonin yang terkandung dalam pisang merupakan sumber kebahagiaan yang mendasari poin manfaat buah pisang kali ini. Peran hormon tersebut dalam mempengaruhi perasaan hati menjadikan pisang baik dikonsumsi dalam keadaan apapun. Terutama bagi Anda yang kerap merasa mood swing, cobalah untuk mengkonsumsi pisang. Anda juga dapat berkreasi menciptakan makanan baru berbahan dasar pisang, loh.

Salah satu jenis pisang yang paling mudah diolah dan gampang ditemui di mana saja adalah pisang ambon. Manfaat buah pisang ambon dapat Anda peroleh dengan cara menjadikannya olahan jus atau smoothie. Cukup dengan menghaluskan pisang ambon matang dan susu cair, bila perlu tambahkan madu. Gurih dari susu dan tekstur pisang yang lembut merupakan perpaduan sempurna untuk menikmati waktu luang Anda. Selamat mencoba!

4. Teman Diet Sejati

Banyak orang yang struggling dalam menurunkan berat badan melalui berbagai macam metode. Sebagian terfokus pada olahraga mati – matian, sedangkan sebagian lainnya sibuk mengurangi porsi makan dengan anggapan ‘diet’. Padahal, tak jarang pula yang melakukan beragam usaha tersebut dengan cara yang tidak tepat. Salah satu manfaat buah pisang untuk Anda adalah sebagai menu diet yang ‘ramah’.

Mengkonsumi pisang sebelum makan dapat menjadikan Anda merasa kenyang lebih cepat, sehingga nafsu makan dapat dikendalikan. Manfaat buah pisang untuk diet secara sederhana adalah dengan menjadikannya menu diet pilihan Anda. Jangan lupa untuk menghitung Body Mass Index (BMI) terlebih dahulu, ya, sebelum memutuskan diet. Tahu, kan, bahwa diet bukan berarti hanya menurukan berat badan saja?

Yap, prinsip dasar diet secara ilmu gizi adalah pengaturan sumber makanan dan cara mengkonsumsinya. Tujuannya adalah untuk maintain kesehatan tubuh secara menyeluruh. Jadi, diet ini bisa saja dilakukan dengan goal; menurunkan, meningkatkan atau mempertahankan berat badan. Maka dari itu, manfaat buah pisang untuk pria yang berkaitan dengan hal ini adalah menjadikannya menu selama pembentukan otot.

5. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Para tetua yang notabene tidak mempelajari ilmu gizi secara struktural bahkan sudah memahami banyak manfaat buah pisang. Satu diantaranya yang paling populer dan masih banyak digunakan hingga kini adalah kemampuan pisang dalam melancarkan pencernaan. Anggota keluarga yang mengeluh susah buang air besar biasanya secara spontan disarankan untuk mengkonsumsi buah pisang.

Kebutuhan serat yang banyak disuplai oleh buah dan sayur seringkali terabaikan dalam kehidupan sehari – hari. Belakangan ini banyak orang yang lebih mementingkan rasa, dengan mengabaikan kandungan nutrien dalam makanan. Kandungan serat yang tinggi pada pisang menjadikannya sangat baik dikonsumsi setiap hari. Manfaat buah pisang yang satu ini berperan membantu melancarkan proses pencernaan.

Orang yang secara rutin mengkonsumsi pisang relatif lebih lancar melakukan buang air besar setiap harinya. Bagi Anda yang sudah terlanjur mengalami konstipasi, maka mulai saat ini cobalah untuk mengkonsumsi pisang. Anda dapat memakannya secara langsung atau dengan mengolah pisang menjadi smoothie. Untuk mendapatkan manfaat buah pisang yang optimal, hindari mengolahnya menjadi gorengan, ya! Ssst, mengandung lemak jenuh, hehe.

6. Sumber Vitamin C

Buah yang digadang – gadang kaya akan vitamin C adalah jeruk. Jangan salah, pisang juga mengandung vitamin C yang tak kalah banyak, loh. Manfaat buah pisang yang terkandung vitamin C di dalamnya bahkan dapat Anda nikmati dengan rasa manis. Well, rasa masam mungkin akan Anda temui pada beberapa spesies pisang. Namun, semakin matang pisang biasanya bertambah pula tingkat kemanisannya.

Itulah manfaat buah pisang untuk kesehatan tubuh, konsumsi teratur tapi jangan berlebihan ya. Karena yang berlebihan pastinya tidak baik justru malah memberikan efek sebaliknya.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat rumput mutiara

10 Manfaat Rumput Mutiara untuk Kesehatan dan Cara Pengolahannya yang Mudah

sumbersehat.com - Manfaat rumput mutiara tak hanya sebagai obat tradisional yang dipercaya mampu mengobati kanker. Khasiat lain yang tak kalah jitu adalah kandungan kimia rumput mutiara yang juga mampu mengobati penyakit ringan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *