13 Manfaat Buah Parijoto untuk Kesehatan, Khususnya Kehamilan

sumbersehat.com – Manfaat buah parijoto sangat bagus untuk kesehatan tubuh dan mampu membantu wanita agar bisa hamil. Memang kelahiran anak merupakan takdir Allah SWT. Namun, apabila sudah menikah dan tidak kunjung memiliki keturunan, maka dianjurkan untuk berdoa dan berusaha agar dapat memiliki buah hati.

Mungkin masih belum banyak orang yang mengenal buah ini, karena buah ini juga jarang ditemui dipasaran. Apabila ingin mendapatkan buah ini, maka bisa berkunjung ke Kudus. Sebab di sepanjang perjalanan menuju makam Sunan Muria banyak penjual yang menjual buah parijoto.

Manfaat buah parijoto
Manfaat buah parijoto

Inilah Khasiat Buah Parijoto untuk Kesehatan dan Kecantikan

Warisan Sunan Muria yakni buah parijoto ini sangat kaya akan manfaat. Apa saja manfaat buah parijoto? inilah beberapa manfaatnya baik untuk kesehatan:

1. Khasiat Buah Parijoto untuk Wanita

Ada banyak sekali manfaat buah parijoto untuk wanita, untuk mengetahuinya silahkan simak ulasan di bawah ini:

2. Manfaat Buah Parijoto untuk Menambah Kesuburan

Sudah lama menikah tetapi belum memiliki keturunan? tentu tidak ada salahnya apabila mengonsumsi buah parijoto agar dapat hamil. Perlu diingat bahwa tubuh yang terlihat sehat belum tentu tidak mengalami gangguan kesuburan. Oleh karena itu, sebagai bentuk ikhtiar atau usaha, Anda bisa mengonsumsi parijoto buah parijoto untuk meningkatkan kesuburan.

Kandungan buah parijoto yang bisa membantu menambah kesuburan ialah tanin, flavonoid, dan saponin dimana semua itu tergolong sebagai antioksidan. Sifat antioksidan tersebutlah yang mampu membantu meningkatkan kesuburan Anda. Jadi, jika ingin memiliki anak cobalah mengonsumsinya agar manfaat buah parijoto ini bisa Anda dapatkan.

3. Khasiat Buah Parijoto untuk Memperkecil Resiko Keguguran saat Hamil

Saat masa kehamilan, tubuh ibu hamil akan mudah merasa lelah. Selain itu, masa kehamilan juga sangat rentan karena di dalam kandungan terdapat janin yang masih sangat lemah. Ibu hamil perlu menjaga kesehatannya serta mengonsumsi makanan yang baik dan sehat agar terhindar dari resiko keguguran.

Salah satu makanan sehat yang dapat dikonsumsi ibu hamil adalah buah parijoto. Buah parijoto memiliki sifat antioksidan tinggi untuk menangkal radikal bebas dan zat racun yang berpotensi membahayakan sang ibu dan bayinya. Khasiat buah parijoto ini tentu sangat dibutuhkan ibu hamil untuk memperkecil resiko keguguran.

4. Manfaat Buah Parijoto untuk Menjadikan Bayi Tampan dan Cantik

Sejak dahulu, buah parijoto sudah dipercaya apabila dikonsumsi ibu hamil, maka nantinya anak yang dilahirkan bisa memiliki fisik yang rupawan. Untuk saat ini memang masih belum ada bukti yang jelas mengenai khasiat buah parijoto yang satu ini. Namun, tidak ada salahnya juga apabila ibu hamil ingin mencoba mengonsumsi buah ini.

5. Khasiat Buah Parijoto untuk Menjaga Kesehatan Ibu Hamil dan Calon Bayi

Manfaat buah parijoto berikutnya ialah dapat menjaga kesehatan ibu hamil serta calon bayi. Buah ini berperan sebagai antioksidan yang sangat bermanfaat untuk memelihara kesehatan ibu dan bayi. Khasiat buah parijoto ini juga mampu melindungi dari berbagai penyakit dan menjaga sistem kekebalan tubuh.

6. Manfaat Buah Parijoto untuk Laki-laki dan Perempuan

Selain untuk wanita terutama ibu hamil, manfaat parijoto untuk laki-laki dan perempuan juga banyak lho. Simak ulasan di bawah ini untuk mengetahui manfaatnya:

7. Khasiat Buah Parijoto untuk Mencegah dan Mengatasi Sariawan

Manfaat parijoto untuk laki-laki dan perempuan yang pertama ialah bisa mencegah dan mengatasi sariawan. Sama halnya seperti kandungan pada buah daun jambu biji, kandungan dalam buah parijoto juga mampu membantu mencegah sariawan. Buah parijoto kaya akan kandungan vitamin C yang dapat membantu mencegah dan mengatasi sariawan.

Tentu khasiat parijoto untuk laki-laki dan perempuan ini bisa menjadi efektif apabila Anda mau mengonsumsinya secara rutin. Untuk cara penggunaannya yaitu dapat dijadikan sebagai obat kumur. Berikut cara membuatnya larutan parijoto untuk mengobati sariawan:

  • Pertama, siapkan buah parijoto sebanyak 4-6 gram kemudian cuci buah hingga bersih menggunakan air mengalir.
  • Kedua, lumatlah buah parijoto hingga teksturnya halus lalu larutkan dengan satu gelas air putih.
  • Ketiga, gunakan larutan tersebut untuk berkumur. Lakukanlah cara ini dua kali dalam sehari hingga sariawan sembuh.

8. Manfaat Buah Parijoto untuk Meminimalisir Penyakit Jantung

Selain khasiat buah parijoto untuk mencegah dan mengatasi sariawan, ternyata bisa juga untuk meminimalisir penyakit jantung. Kandungan vitamin C didalamnya juga berkhasiat untuk mencegah atau meminimalisir penyakit jantung.

Mengingat penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang amat berbahaya dan mematikan. Lakukanlah pencegahan sejak awal dengan menggunakan buah parijoto. Jangan sampai menyia-nyiakan manfaat buah parijoto ini supaya tubuh tetap sehat.

9. Khasiat Buah Parijoto untuk Mampu Mengobati Diare

Diare terjadi karena adanya permasalahan pada sistem pencernaan seseorang. Diare juga tidak bisa dianggap remeh karena bisa mengganggu aktivitas bekerja Anda. Nah, salah satu manfaat buah parijoto ialah dapat mengobati diare sehingga cocok untuk Anda konsumsi bilamana sedang mengalami diare.

Untuk mendapatkan khasiat buah parijoto untuk laki-laki dan perempuan ini, maka dapat menjadikannya sebagai ramuan tradisional. Cara membuatnya cukup mudah, yaitu:

  • Pertama, siapkan 15-20 gram daun serta buah parijoto segar.
  • Kedua, rebuslah daun beserta buah parijoto ke dalam 450-500 ml air mendidih selama 20 menit.
  • Ketiga, angkat dan saring daun beserta buah parijoto tersebut.
  • Keempat, minumlah air saringan buah parijoto. Konsumsilah ramuan tradisional ini 2 kali dalam sehari sampai diare sembuh.

10. Manfaat Buah Parijoto untuk Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Lagi-lagi kandungan antioksidan yang terkandung didalamnya membuat buah ini khasiat yang banyak. Salah satunya yaitu manfaat buah parijoto yang baik untuk kesehatan yaitu bisa meningkatkan kinerja sistem kekebalan tubuh.

Apabila imunitas tubuh tidak dijaga dengan baik, maka dampaknya bisa menimbulkan ,masuknya mikroorganisme jahat ke dalam tubuh. Sehingga tubuh dapat dengan mudah terkena infeksi dan terserang berbagai penyakit. Mengingat sistem kekebalan tubuh merupakan garda terdepan dalam melindungi kesehatan.

11. Khasiat Buah Parijoto untuk Mencegah kanker

Manfaat buah parijoto yang pertama ialah bisa membantu mencegah salah satu penyakit kronis yaitu kanker. Penyakit kanker disebabkan oleh adanya kerusakan sel tubuh dimana kerusakan tersebut dipicu oleh radikal bebas. Oleh karena itu, khasiat buah parijoto ini secara tidak langsung berperan dalam mencegah berkembangnya sel kanker.

12. Manfaat Buah Parijoto untuk Mencegah Penyakit Tumor

Buah parijoto memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, sehingga membuatnya memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Salah satu khasiat buah parijoto ini yaitu bisa membantu mencegah penyakit tumor. Kandungan flavonoid yang ada pada buah ini dapat menghambat penyebaran tumor dan menghambat aktivitas enzim yang berpotensi menyebabkan peradangan.

13. Khasiat Buah Parijoto untuk Menangkal Radikal Bebas

Zat antioksidan yang ada di dalam buah parijoto ini mampu menangkal radikal bebas. Beberapa zat antioksidan tersebut yaitu flavonoid, tanin, dan saponin. Apabila mau mengonsumsi buah parijoto ini, maka bisa menangkal serangan radikal bebas yang begitu berbahaya bagi tubuh.

Banyak sekali dampak buruk yang akan terjadi bila tubuh terkena serangan radikal bebas. Diantaranya yaitu menyebabkan penyakit kanker, menurunnya fungsi ginjal, mata katarak, penyempitan pembuluh darah dan penuaan menjadi lebih cepat. Tentu tidak ingin hal tersebut terjadi bukan? Oleh karena itu, mulailah untuk mengonsumsinya untuk memperoleh manfaat buah parijoto.

Itulah tadi beberapa manfaat buah parijoto yang baik untuk kesehatan serta kehamilan. Semoga bisa memberi manfaat bagi Anda, keluarga, serta saudara ya.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat benalu jeruk

Mengulik 5 Manfaat Benalu Jeruk untuk Berbagai Macam Penyakit

sumbersehat.com - Selain sebagai tumbuhan parasit ternyata manfaat benalu jeruk terbilang cukup banyak. Bahkan, benalu jeruk dapat mengatasi penyakit kanker ganas yang ditakuti banyak orang. Benalu jeruk merupakan tumbuhan parasit yang hidup menempel di pohon jeruk.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *