5 Manfaat Buah Leci Untuk Kesehatan yang Jarang Orang Tahu

Manfaat buah leci untuk kesehatan memang tidak bisa diragukan lagi. Pasalnya, selain memiliki rasa manis nan segar serta memiliki tekstur yang sangat lembut di mulut, buah leci kaya akan kandungan nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh manusia. Dan ini sudah banyak dibuktikan oleh para ahli dan masyarakat dunia.

Selain itu, buah leci merupakan tanaman tropis yang sangat mudah tumbuh di kawasan Asia Tenggara, salah satunya Indonesia. Maka tidak heran lagi, jika buah ini sangat mudah untuk di temui di pasar modern atau pasar tradisional.

A. Kandungan yang ada pada buah leci

Manfaat buah leci untuk kesehatan memang sangat luar biasa dan bahkan mampu cegah penyakit kronis, ini karena banyaknya kandungan nutrisi yang ada dalam buah leci. Pada umumnya, satu buah leci yang masih segar terdapat kandungan air sekitar 82% dan juga kandungan karbohidrat sebanyak 16,5%. Nah untuk lebih jelasnya kandungan yang ada pada buah leci, berikut akan diuraikan secara lengkap

1. Vitamin dan mineral buah leci

Buah leci merupakan buah yang memiliki kandungan mineral dan vitamin yang sangat tinggi dan dibutuhkan untuk kesehatan tubuh. Beberapa di antaranya seperti:

  • Fosfor
  • Magnesium
  • Mangan
  • Tembaga
  • Kalium
  • Vitamin B2
  • Vitamin B3
  • Vitamin B6
  • Vitamin C

2. Kandungan serat dan karbohidrat buah leci

Buah leci memiliki kandungan serat dan karbohidrat. Dalam 100 gram buah leci yang masih segar, terkandungan serat sekitar 1,3 gram. Dan kandungan serat ini tergolong sangat rendah. Untuk kandungan karbohidrat sendiri terdapat sekitar 1,5 gram sampai 1,7 gram dalam satu buah leci yang masih segar.

3. Kandungan senyawan tumbuhan dalam buah leci

Buah leci yang kamu nikmati setiap harinya memiliki kandungan seperti molekul antioksidan. Salain itu terdapat juga kandungan polifenol yang tinggi, bahkan untuk kandungan ini pada buah leci jauh lebih tinggi dari buah-buah lainnya.

Dalam buah leci juga memiliki senyawa yang bermanfaat untuk menjga kesehatan tubuh. Diantaranya seperti Epikatenkin. Yang mana jenis senyawa ini memiliki manfaat yang sangat besar dalam menurunkan resiko gangguan pada jantung dan juga meminimalisir resiko terserang diabetes dan kanker pada tubuh seseorang.

B. Ragam manfaat buah leci untuk kesehatan

Setelah kalian mengetahui banyaknya kandungan nutrisi yang dimiliki oleh buah leci, tentu akan bertanya-tanya terkait manfaat yang diberikan pada tubuh kita jika rutin mengkonsumsinya. Dari pada kamu penasaran dan terus bertanya-tanya, langsung saja simak uraian lengkap berikut ini:

1. Mengatasi sembelit

Ayo, siapa ni yang pernah mengalami sembelit? Tentunya semua orang pernah merasakan gangguan pencernaan ini. Biasanya masalah sembelit sering disebabkan oleh faktor makanan yang kita konsumsi, atau bisa saja disebabkan oleh perubahan hormone yang terjadi dalam tubuh kita sendiri.

Terkadang, masalah sembelit yang kita alami memberikan dampak kurang nyaman dalam melakukan suatu aktivitas. Oleh karena itu, kamu harus segera mengambil tindakan untuk mengatasi masalah ini. Salah satu cara yang bisa digunakan adalah dengan mengkonsumsi buah leci.

Manfaat buah leci untuk kesehatan dalam mengatasi sembelit sudah banyak terbukti. Menariknya lagi, pengobatan ini sudah sejak dari dulu digunakan oleh masyarakat China sebagai obat tradisional untuk mengatasi masalah pencernaan ini. Kenapa bisa demikian?

Ya, karena dalam buah leci terdapat kandungan yang memiliki sifat astringent. Yang mana sifat ini memiliki manfaat besar dalam membersihkan racun dan bakteri penyebab masalah pada sistem pencernaan.

Selain itu, buah leci memiliki kandungan serat yang mana berfungsi untuk memperlancar pencernaan dalam perut dan juga berfungsi dalam melembekkan tinja yang membatu. Khasiat ini sama halnya dengan manfaat buah leci untuk anak dan manfaat buah leci bagi kesehatan yang patut dicoba juga.

2. Mengurangi resiko penyakit jantung

Jantung merupakan salah satu organ vital manusia yang memiliki fungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Dan organ ini tidak berhenti bekerja sedetik pun dalam kurun waktu 24 jam secara terus-menerus.

Apabila jantung ini memiliki masalah, maka secara otomatis juga kinerjanya dalam tubuh akan bermasalah. Tentu ini akan membawa dampak yang sangat besar terhadap Kesehatan kamu. Oleh karena demikian, penting untuk selalu menjaga kesehatan jantung. Salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi buah leci.

Dalam buah leci terdapat kandungan yang bernama flavonoid dan juga polifenol. Di mana kedua kandungan tersebut sangat berperan dalam membantu menyeimbangkan tekanan darah dalam tubuh dan juga detak jantung seseorang. Dengan demikian, memberikan dampak mempersempit resiko seseorang dalam terkjangkit penyakit jantung dan juga stroke.

Bukan itu saja, dalam buah leci juga terdapat kandungan oligonol. Yang mana kandungan ini merupakan suplemen makanan yang memiliki peran dalam meningkatkan jumlah produksi oksida nitrat serta berperan penting dalam memperlancar aliran darah dalam tubuh.  Oleh karena manfaat buah leci untuk kesehatan inilah kamu tidak boleh menyepelakan jenis buah ini.

3. Meningkatkan daya tahan tubuh

Daya tahan tubuh yang lemah membuat seseorang sangat mudah terserang berbagai jenis penyakit. Dari pernyakit yang biasa saja hingga penyakit kronis yang mengharuskan penanganan operasi. Untuk itu, sebelum masalah kesehatan datang menghampirimu, ada lebih baiknya untuk melakukan pencegahan dengan cara mejaga keseimbangan daya tahan tubuh.

Banyak orang yang telah membuktikan, ketika daya tahan tubuh kuat, mereka terbebas dari berbagai jenis penyakit. Cara yang paling aman untuk dilakukan adalah dengan mengkonsumsi buah leci. Yang mana manfaat buah leci untuk kesehatan ini sudah banyak orang buktikan.

Pasalnya, dalam buah leci terdapat kandungan nutrisi seperti vitamin C yang mampu membantu seseorang dalam meningkatkan sistem imun. Bukan hanya itu saja, kandungan vitamin C ini juga memiliki peran penting sebagai molekul antioksidan, yang mana bermanfaat untuk menangkal tubuh dari serangan berbagai jenis radikal bebas. Khasiatnya ini bisa didapatkan juga pada manfaat buah leci untuk anak dan manfaat buah leci bagi Kesehatan.

4. Bermanfaat sebagai antitumor

Banyaknya kandungan yang ada pada buah leci, membuat para ahli berlomba-lomba dalam meneliti manfaat buah leci. Salah satu manfaat yang didapatkan dari banyaknya penelitian yang dilakukan adalah, buah leci diklaim mampu mencegah perkembangan dan melawan peradangan pada tumor.

Manfaat buah leci untuk kesehatan ini didapatkan pada ekstrak daun, kulit, biji, dan juga pada daging buahnya. Antitumor yang didapatkan karena, dalam buah leci terkandung kandungan antioksidan fenolik.

5. Menurunkan resiko osteoporosis

Osteoporosis merupakan masalah kesehatan yang mengakibatkan pengroposan pada tulang seseorang. Biasanya masalah ini paling sering dialami oleh mereka yang memiliki usia lanjut. Walau demikian, usia-usia yang masih muda terkadang bisa saja terkena gangguan kesehatan ini.

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan agar tulang tetap sehat dan terhindar dari masalah osteoporosis adalah dengan mengkonsumsi buah leci. Manfaat buah leci untuk Kesehatan ini kamu dapatkan karena, dalam buah leci yang dikonsumsi terdapat kandungan magnesium dan juga fosfor. Di mana kandungn ini berperan dalam memperkuat tulang.

Itulah 5 manfaat buah leci untuk Kesehatan yang bisa kamu dapatkan di rumah. Saat mengkonsumsi, kamu bisa dengan cara langsung mengkonsumi buah leci yang sudah matang. Atau, bisa juga kamu konsumsi dengan mengolahnya menjadikan jus terlebih dahulu. Selamat menikmati!

About Hallokim.com

Jasa Penulis Artikel Murah Bandung | Jl. Caringin, Gg. Lumbung 2 No.9, RT.003/RW.003, Babakan Ciparay, Kec. Babakan Ciparay, Kota Bandung, Jawa Barat 40223 | cs@hallokim.com

Check Also

Manfaat Buah Leci Untuk Ibu Hamil

5 Manfaat Buah Leci Untuk Ibu Hamil Dalam Menjaga Kesehatan Janin

Buah leci merupakan salah satu dari beberapa jenis buah yang paling digemari banyak orang. Pasalnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *