5 Manfaat Buah Leci Untuk Anak Paling Bagus dan Bermanfaat

By

Tidak bisa dibantah lagi jika buah leci memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan selain rasanya yang manis dan lembut di mulut. Salah satunya untuk menjaga kesehatan anak. Tahukah kamu, akan manfaat buah leci untuk anak?

Mungkin masih banyak orang yang asing akan manfaat mengkonsumsi buah leci pada anak-anak. Namun percayalah jika buah leci memiliki khasiat yang besar untuk tumbuh kembang si anak. Bukan hanya wacana saja, melainkan ini sudah banyak dibuktikan oleh para orang tua yang memberikan buah leci pada anaknya.

A. Manfaat mengkonsumsi buah leci untuk anak

Kali ini akan dibahas secara lengkap terkait manfaat buah leci untuk anak yang wajib para orang tua ketahui. Penasaran? Berikut urainnya:

1. Meningkatkan imunitas anak

Seorang anak lebih rentan terkena penyakit dari pada orang dewasa. Ini karena sistem imun dalam tubuhnya yang lebih lemah dibandingkan dengan orang dewasa. Maka dari itu, sebagai orang tua memiliki kewajiban besar dalam menjaga sistem imun si anak.

Tidak perlu susah-susah atau sampai mengeluarkan biaya yang besar, cukup dengan cara mudah dan sederhana, imun si anak bisa terjaga sepanjang hari. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan asupan buah leci pada anak.

Manfaat buah leci untuk anak ini bisa didapatkan karena, dalam buah leci terdapat kandungan yang bernama vitamin C. Yang mana kandungan ini memiliki peran dalam menjaga sistem imun si anak. Buah leci yang diberikan pada anak boleh buah leci merah, karena kandungannya sama. Dengan demikian, akan memberikan manfaat buah leci bagi kesehatan dan manfaat buah leci merah pada si anak.

2. Menyeimbangkan berat badan anak

Biasanya pola makan seorang anak akan jarang bisa terkontrol, termasuk mereka akan lebih senang mengkonsumsi makanan instan yang memiliki lemak dan kalori yang tinggi. Hal ini karena, cita rasa yang ditawarkan pada lidah si anak yang membuatnya ketagihan.

Tak jarang pula, dari kebiasan yang dilakukan oleh anak di atas menyebabkan berat badannya tidak terkontrol sama sekali. Bahkan membuatnya memiliki tubuh yang semakin melebar ke samping ketika usia anak-anak.

Untuk mengatasi masalah tersebut, sebagai orang tua bisa menggunakan manfaat buah leci untuk anak ini. Pasalnya, jumlah kalori yang terdapat dalam buah leci tergolong sangat rendah. jika ini rutin dan teratur dikonsumsi oleh si anak, maka bisa membantu menyeimbangkan berat badannya.

3. Meningkatkan sistem metabolisme tubuh si anak

Sistem metabolisme yang baik sangat berdampak besar terhadap tumbuh kembang si anak. Maka dari itu, seorang orang tua sangat penting memasukkan buah leci pada daftar menu makanan harian si anak.

Ini karena, dalam buah leci terkandung kandungan seperti vitamin B kompleks. Yang mana dalam vitamin tersebut juga terdapat kandungan yang meliputi, niasin, folat, thiamin, dan juga riboflavin.

Oleh karena kandungan tersebutlah yang akan membantu memperlancar sistem metabolisme dalam tubuh si kecil. Yang mana akan membantu memperlancar dalam mencerna protein, lemak, serta karbohidrat.

4. Bersifat anti inflamsi

Inflamasi atau peradangan merupakan suatu respon alami tubuh yang diperuntukkan guna melindungi bagian tubuh dari serangan mikroorganisme asing. Mikrooganisme asing yang dimaksud di sini seperti, bakteri, virus, atau jamur.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan agar tubuh terbebas dari gangguan tersebut. Salah satu contohnya dengan mengkonsumsi obat anti inflamsi yang dijual di apotek. Namun sayangnya, obat-obatan tersebut mengandung bahan kimia. Yang mana jika bahan kimia ini menumpuk dalam tubuh, berdampak pada masalah yang lebih serius terhadap kesehatan tubuh seseorang.

Untuk itu penting dengan melakukan pengobatan menggunakan bahan-bahan alami. Cara yang bisa ditempuh dengan menggunakan manfaat buah leci untuk anak dalam pencegahan dan meredakan peradangan yang terjadi.

Hal tersebut karena, dalam buah leci terdapat kandungan senyawa anti inflamsi. Oleh karena senyawa ini, mampu mempercepat peneymbuhan peradangan yang anak alami pada tubuhnya.

5. Memperlancar BAB pada anak

Masalah yang paling sering dialami oleh usia anak-anak adalah sembelit. Ini karena kurang terkontrolnya mereka dalam mengkonsumi makanan. Terkadang masalah sembelit ini akan sangat mengganggu aktivitasnya. Oleh karena demikian, sebagai orang tua harus bisa melakukan pencegahan sedini mungkin.

Tidak perlu susah-suah lagi, cara yang bisa dilakukan adalah dengan memanfaatkan khasiat dari buah leci itu sendiri. Karena, dalam buah leci yang dikonsumsi oleh seorang anak terdapat kandungan serat. Di mana kandungan serat yang terkandung dalam buah leci inilah yang mampu membantu memperlancar proses BAB, dan juga mampu membantu melembekkan tinja dalam perut agar lebih mudah dikeluarkan oleh sistem pecernaan.

Oleh karena manfaat buah leci untuk anak inilah, banyak orang tua yang berlomba-lomba dalam membeli buah leci untuk asupan nutrisi anaknya. Apakah kamu termasuk dari bagian orang tua tersebut?

B. Bahaya buah leci untuk anak

Selain manfaat buah leci untuk anak, juga ada sederet bahaya yang mengintai perkembangan dan kesehatan tubuh si anak. Bahaya ini akan terjadi pada tubuhnya apabila konsumsi buah leci yang dilakukan secara berlebihan. Untuk lebih jelasnya tentang bahaya buah leci, berikut akan dijelaskan:

1. Merusak keseimbangan dalam tubuh

Memakan buah leci secara berlebihan yang dilakukan oleh si kecil, akan menghilangkan manfaat buah leci untuk anak. Pasalnya, jika dikonsumsi secara berlebihan akan menimbulakn sensai panas pada tubuh secara berlebihan dan tidak terkontrol. Yang mana, mampu menghilangkan keseimbangan tubuh pada anak.

Akibat dari keseimbangan tubuh yang tidak terjaga, menyebabkan mengalami masalah kesehatan yang lain. Seperti, sakit tenggorokan, sakit mulut, hidung mengeluarkan darah, dan masalah kesehatan lainnya.

2. Menurunkan tekanan darah di bawah normal

Banyak dari mereka yang telah membuktikkan bahwa konsumsi buah leci mampu menurunkan tekanan darah tinggi, termasuk pada anak-anak. Namun, beda cerita jika konsumsi buah leci yang dilakukan secara berlebihan.

Alih-alih mendapatkan tekanan darah yang normal, malah menyebabkan mereka mengalami penurunan tekanan darah di ambang batas normal. Jika sudah demikian, masalah kesehatan yang akan dialami oleh mereka seperti, mual, pusing, pandangan mata menjadi kabur, napas pendek, dingin hinggi mengigil, dan keletihan ekstrem.

Untuk itu, dipastikan berhati-hati dalam mengkonsumi buah leci ketika diperuntukkan untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

3. Penyebab penyakit autoimun

Tentu saja khasiat buah leci jika dikonsumsi oleh anak-anak mampu menangkal radikal bebas dan menjaga sistem imun pada si anak. Ini dikarenakan adanya kandungan vitamin C yang tinggi pada buah leci.

Namun, di sisi lain buah leci dapat menyebabkan sistem imun seseorang lebih aktif bekerja dalam melindungi diri dari serangan radikal bebas. Dampak yang terjadi jika sudah demikian adalah sistem kekebalan tubuh menjadi hiperaktif dan menyebabkan resiko penyakit autoimun. Beberapa contoh seperti, lupus, multiple sclerosis, dan yang lainnya.

Demikian 5 manfaat buah leci untuk anak dan juga efek sampingnya jika dikonsumsi secara berlebihan. Kendati kaya akan nutrisi, pastikan porsi dalam mengkonsumsinya untuk tidak berlebihan agar tidak menyebabkan masalah kesehatan yang lainnya.

Tinggalkan komentar