6 Manfaat Buah Leci Bagi Kesehatan yang Jarang Orang Tau

Apakah kamu sudah tahu manfaat buah leci bagi kesehatan? Selain cita rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut di mulut, buah leci juga memiliki manfaat kesehatan yang sangat luar biasa lho. Dan ini sudah banyak dibuktikan, termasuk kami sudah tahu akan khasiatnya.

Selain memiliki segudang khasiat, buah leci juga sangat mudah ditemui di Indonesia. Pasalnya tanaman buah ini tergolong sebagai tanaman beriklim tropis yang sangat mudah tumbuh di kawasan Asia Tenggara termasuk di Indonesia.

A. Kandungan buah leci

Di balik manfaat buah leci bagi kesehatan tentu ada faktor kandungan yang sangat luar biasa manfaatnya yang menjadi pendukungnya. Agar kamu tidak penasaran, pada kesempatan kali ini akan di bahas secara rinci.

Di dalam 100 gram buah leci segar yang kamu konsumsi terdapat kandungan nutrisi seperti:

  • Kandungan serat sebanyak 1,3 gram
  • Kandungan protein sebanyak 0,8 gram
  • Kandungan karbohidrat sebanyak 16,5 gram
  • Kandungan lemak sebanyak 0,4 gram
  • Kandungan kalori sebanyak 0,8 gram
  • Kandungan tiamin sebanyak 0,011 mg
  • Kandungan energi sebanyak 66 kkal
  • Kandungan mineral sebanyak 82%

Selain kandungan di atas, dalam buah leci juga terdapat beberapa kandungan lainnya yang tak kalah bermanfaatnya bagi kesehatan manusia. Berikut ulasan lengkapnya:

  • Kandungan vitamin K
  • Kandungan vitamin E
  • Kandungan vitamin C
  • Kandungan kalium
  • Kandungan tembaga
  • Kandungan antiokasidan polifenol

B. Manfaat buah leci bagi kesehatan yang wajib di coba

Tentu kamu sudah dapat memastikan manfaat buah leci untuk menjaga kesehatan tubuh berdasarkan penjabaran beberapa kandungan buah leci di atas. Nah untuk lebih jelasnya agar kamu tidak keliru dalam memaknai, berikut akan diulas secara rinci terkait manfaatnya.

1. Mencegah resiko katarak

Katarak merupakan salah satu masalah kesehatan yang menyerang indra penglihatan seseorang. Biasanya yang sering mengalami gangguan ini adalah mereka yang tergolong usia lanjut. Namun, tidak menutup kemungkinan, usia muda juga bisa terkena masalah ini.

Jika seseorang telah menghidap penyakit katarak, maka mengakibatkan penglihatan mereka kabur atau buram. Sehingga masalah ini sangat mengganggu aktivitas harian mereka.

Agar terhindar dari masalah kesehatan indra seperti katarak, menjaga kesehatan dan pencegahan lebih dini adalah langkah awal yang bisa kamu lakukan. Caranya adalah dengan mengkonsumsi buah leci. Manfaat buah leci bagi kesehatan dalam mencegah katarak dikarenakan, dalam buah leci terdapat kandungan antioksidan dan antineoplastik. Di mana kedua kandungan tersebut berperan penting dalam menghambat perkembangan sel abnormal dalam tubuh penyebab penyakit katarak.

2. Mengurangi resiko penyakit kanker

Kanker merupakan salah satu penyakit ganas yang paling banyak menelan korban jiwa setiap tahunnya. Dan penyakit ini tak pernah memandang siapa orangnya, bahkan orang yang masih memiliki usia muda bisa terserang penyakit kanker hingga meninggal.

Agar masalah ini tidak terjadi pada dirimu, kamu harus melakukan pencegahan lebih awal. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengkonsumsi buah leci. Manfaat buah leci bagi kesehatan ini bisa didapatkan karena buah leci mengandung kandungan flavonoid yang sangat tinggi.

Bukan hanya sekedar wacana saja, manfaat ini juga telah dilakukan uji klinis oleh para peneliti. Yang mana ditemukan kandungan flavonoid saat mengkonsumsi buah leci mampu mencegah penyakit kanker dalam diri.

3. Bermanfaat untuk menurunkan berat badan

Postur tubuh yang ideal merupakan dambaan semua orang, apalagi mereka para gadis yang mendambakan kecantikan maksimal. Berbagai cara bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan, seperti dengan membeli obat penurun berat badan.

Namun, tahukah kamu jika obat penurun berat badan memiliki kandungan zat kimia di dalamnya? Yang mana ketika dikonsumsi secara berlebihan berdampak buruk bagi kesehatan diri sendiri. Lantas bagaimana cara menurunkan berat badan agar tetap aman?

Cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengkonsumsi buah leci. Karena kandungan manfaat buah leci bagi kesehatan dalam menurunkan berat badan sudah terbukti sangat ampuh dan telah dilakukan uji coba oleh banyak penelitian. Ini karena, dalam ekstra buah leci terdapat kandungan polifenol yang mana bermanfaat besar dalam menurunkan berat badan.

Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu bisa mengkonsumsi jenis buah leci yang ada, termasuk buah leci merah. Dengan demikian kamu akan mendapatkan manfaat buah leci merah dan manfaat buah leci untuk kecantikan.

4. Menurunkan resiko anemia

Anemia atau kekurangan darah merupakan suatu keadaan tubuh seseorang kekurangan sel darah merah atau sel darah merah dalm tubuhnya tidak berfungsi secara normal. Sehingga dapat memberikan dampak pada organ tubuh yang tidak bisa berfungsi secara maksimal. Seseorang yang menderita anemia, biasanya akan lebih mudah merasakan lelah.

Untuk menurunkan resiko atau pencegahan anemia ini, kamu bisa dengan memanfaatkan kandungan buah leci. Yang mana kandungan yang paling berperan dalam mengatasi masalah ini adalah kandungan tembaganya. Ketika seseorang mendapatkan asupan kandungan ini dari buah leci, maka secara otomatis produksi sel darah merah dalam tubuhnya maksimal.

Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu bisa dengan cara mengkonsumsi buah leci secara langsung, atau dengan cara menjadikannya jus terlebih dahulu.

5. Menjaga sistem imun dalam tubuh

Lancar tidaknya aktivitas harianmu sangat bergantung pada sistem imun di dalam tubuh. Apabila sistem imun ini rendah, maka secara otomatis dirimu susah dalam beraktivitas. Begitu juga sebaliknya, apabila sistem imun seimbang, maka aktivitasmu dapat berjalan lancar dan kamu juga terbebas dari serangan berbagai penyakit.

Cara untuk menjadikan sistem imun tetap seimbang adalah dengan mengkonsumsi vitamin C yang cukup. Dan kandungan viatmin ini bisa kamu dapatkan pada buah leci. Jadi, jangan pernah untuk melewatkan mengkonsumsi buah leci jika ingin memiliki sistem imun yang sehat.

6. Menjaga kesehatan tulang

Tulang merupakan bagian tubuh yang sangat penting dalam menopang postur tubuh dan seluruh aktivitas yang kamu lakukan. Maka dari itu, sanagt penting untuk selalu menjaga kesehatan tulang.

Tidak perlu susah-susah, dengan cara yang sangat sederhana kamu bisa mendapatkan kualitas tulang yang sehat. Ya, dengan mengkonsumsi buah leci. Pasalnya, dalam buah leci terdapat kandungan kalium yang sangat tinggi yang dipercaya dan telah terbukti dalam menjaga kesehaatn tulang. Oleh karena manfaat buah leci bagi kesehatan inilah, banyak orang yang memburu buah leci di pasar.

C. Efek samping mengkonsusmi buah leci

Walaupun buah leci kaya akan kandungan nutrisi yang sangat luar biasa untuk menjaga kesehatan tubuh, kamu juga harus berhati-hati dalam mengkonsumsinya. Apabila dikonsumsi secara berlebihan dapat mengakibatkan berbagai masalah kesehatan yang sangat serius. Berikut akan di ulas lebih lengkapnya

1. Gangguan pada otak

Mengkonsumi buah leci secara berlebihan dapat menimbulkan masalah pada kesehatan otak. Salah satunya adalah masalah peradangan. Para teliti telah memperkirakan bahwa masalah ini disebabkan akibat adanya kandungan hipoglisin pada buah leci. Maka dari itu, sangat penting untuk menjaga porsi buah leci ketika hendak mengkonsumsinya.

2.  Penyebab diabetes

Dalam buah leci yang kamu konsumsi terdapat kandungan gula yang sangat tinggi. Maka dari itu, sangat penting bagi kamu yang memiliki riwayat diabetes untuk menghindari mengkonsumsi buah leci.

Dan untuk yang masih sehat, harus mengatur porsi dalam mengkonsumsi buah leci agar tidak berlebihan. Apabila kamu menyepelakan persoalan ini, bisa saja kamu akan mengalami masalah diabetes dalam diri sendiri.

Itulah 6 manfaat buah leci bagi kesehatan yang wajib kamu coba di rumah. Kendatipun memiliki manfaat yang luar biasa, kamu tetap harus memperhatikan porsi dalam mengkonsumsinya. Jika tidak, bisa saja kamu mengalami masalah kesehatan dalam diri.

About Hallokim.com

Jasa Penulis Artikel Murah Bandung | Jl. Caringin, Gg. Lumbung 2 No.9, RT.003/RW.003, Babakan Ciparay, Kec. Babakan Ciparay, Kota Bandung, Jawa Barat 40223 | cs@hallokim.com

Check Also

Manfaat Buah Leci Untuk Ibu Hamil

5 Manfaat Buah Leci Untuk Ibu Hamil Dalam Menjaga Kesehatan Janin

Buah leci merupakan salah satu dari beberapa jenis buah yang paling digemari banyak orang. Pasalnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *