7 Manfaat Buah Kersen, Bisa Bantu Obati Flu Sampai Diabetes

Sumbersehat.com – Manfaat buah kersen bisa untuk membantu menyembuhkan beberapa penyakit. Siapa yang tak kenal dengan kersen merupakan buah mungil yang kerap tumbuh di pekarangan rumah. Memiliki daun yang lebat buah kersen termasuk dalam kelompok ceri hanya saja bentuknya lebih mungil dan memiliki rasa yang manis ketika masak.

Buah kersen memang tak memiliki waktu tertentu untuk berbuah, selain itu Kersen juga dikenal sangat mudah tumbuh dimana saja sehingga Anda bisa membudidayakannya di rumah tanpa perlu repot-repot membeli buah kersen. Berikut terdapat beberapa khasiat buah kersen sangat banyak bagi kesehatan Anda diantaranya!

manfaat buah kersen
khasiat buah kersen

Inilah Khasiat Buah Kersen Bagi Kesehatan

Tidak hanya bisa sebagai camilan sehat saja, tapi khasiat buat kersen cukup banyak bagi kesehatan, meliputi:

1. Manfaat Buat Kersen untuk Mengobati Diabetes

Manfaat buah kersen untuk diabetes sangat banyak diantaranya buah ini dipercaya dapat mengontrol kadar gula darah. Buah ini sangat aman dikonsumsi bagi penderita diabetes meskipun memiliki rasa yang manis. Terbukti pada sebuah penelitian jika terdapat penurunan gula darah yang signifikan setelah mengkonsumsi ekstrak buah kersen.

2. Khasiat Buat Kersen Sebagai Obat Darah Tinggi

Tidak hanya sangat bermanfaat untuk penderita gula darah . Manfaat buah kersen juga dirasakan bagi penderita darah tinggi pasalnya kandungan nitric oxide yang ada pada buah kersen bisa memperlancar peredaran darah dan dengan begini otomatis dapat menurunkan darah.

Selain itu manfaat buah kersen akan lebih terasa jika Anda menerapkan gaya hidup sehat dengan tidak merokok, tidak berlebihan mengkonsumsi garam dan rajin berolahraga.

3. Manfaat Buah Kersen untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Kemampuan buah kersen dalam melancarkan peredaran darah tidak hanya akan menurunkan tekanan darah tinggi. Hal ini faktanya juga termasuk sebagai salah satu standar jantung kita dikatakan sehat . Dengan mengkonsumsi buah kersen akan membuat jantung Anda terhindar dari berbagai penyakit yang berhubungan dengan kardiovaskular.

4. Khasiat Buah Kersen yang Kaya Antioksidan

Mengkonsumsi buah kersen memang tak seperti obat herbal lainnya yang memiliki rasa yang tidak mengenakkan. Karena kersen adalah buah dengan rasa yang disukai semua orang mengkonsumsinya pun menjadi tidak memuakkan. Selain berbagai manfaat diatas diketahui manfaat buah kersen lainnya adalah sebagai buah yang kaya antioksidan.

Antioksidan dipercaya sebagai penangkal radikal bebas yang dapat menyehatkan tubuh hal ini terlihat jika Antioksidan pada buah kersen berasal dari flavonoid dan fenonil dan memiliki lebih 24 senyawa di dalam buah kersen.

5. Manfaat Buah Kersen untuk Mengurangi Rasa Sakit Asam Urat

Asam urat adalah penyakit yang disebabkan banyaknya mengkonsumsi makanan yang mengandung purin. Saat menderita asam urat pasien biasanya akan mengeluh sakit baik pada bagian kaki ataupun pembengkakan dan nyeri pada beberapa bagian badan.

Namun bagi Anda yang ingin mengurangi rasa sakit dari asam urat bisa mengkonsumsi buah kersen. Yaitu cukup dengan mengkonsumsi buah kersen secara rutin ataupun rebusan daun kersen Anda sudah bisa kembali mendapatkan kadar asam urat yang normal.

6. Khasiat Buah Kersen Sebagai Peningkat Sistem Kekebalan Tubuh

Dimasa pandemic seperti sekarang memang menjadi hal wajib untuk selalu menjaga kekebalan tubuh. Agar sistem imunitas kita terus terjaga dan terhindar dari berbagai jenis penyakit salah satunya dengan mengkonsumsi buah kersen.

Tidak hanya bagi orang biasa, manfaat buah kersen untuk ibu hamil juga terasa dalam menjaga kekebalan tubuh karena terdapat kandungan antibiotik alami serta antioksidan yang tinggi secara tidak langsung menjaga imunitas bagi ibu dan anak.

7. Manfaat Buah Kersen untuk Membantu Dalam Mengatasi Flu

Sangat banyak manfaat buah kersen. Salah satunya kandungan vitamin C yang ada pada buah ini. Diketahui dalam 100 gram buah kersen terdapat vitamin C 150 gram yang dapat membantu untuk mengatasi flu dan pilek. Selain itu dari sebuah penelitian disebutkan jika mengkonsumsi buah kersen bisa mempersingkat durasi saat terkena flu.

Hal di atas adalah berbagai khasiat buah kersen yang mulai sekarang tidak bisa Anda anggap remeh lagi.  Anda mulai bisa mengkonsumsinya dirumah dan membudidayakan untuk investasi kesehatan dimasa mendatang.

Tidak hanya mendatangkan manfaat buah kersen saat mengkonsumsi , ternyata ada beberapa efek samping yang bisa dirasakan. Untuk itu Anda harus memperhatikannya sebelum memulai mengkonsumsi buah kersen agar tidak menimbulkan masalah yang lebih serius dikemudian hari.

Efek Samping Buah Kersen

Berikut beberapa efek samping buah kersen yang wajib Anda ketahui sebelum memutuskan mengkonsumsinya :

Dapat Menyebabkan Alergi

Ketika tidak mencuci buah kersen secara benar-benar bersih bukannya  manfaat buah kersen yang Anda dapatkan namun justru menyebabkan Alergi bagi kulit Anda. Hal ini dikarenakan bakteri yang bisa saja menempel pada buah dan bisa menyebabkan alergi baik seperti pada kulit. Untuk itu pastikanmencuci buah dengan benar sebelum Anda mengkonsumsi buah kersen dan mendapatkan manfaat lebih bagi kesehatan Anda.

Masalah Pada Ginjal

Sesuatu yang dikonsumsi secara berlebihan maka akan berakibat buruk pada tubuh. Tidak termasuk pada buah kersen, Anda tidak boleh mengkonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan. Efek ini akan Anda rasakan juga karena mengkonsumsi buah kersen dalam jumlah yang sangat banyak bisa bermasalah pada ginjal.

Saat ginjal Anda menunjukkan masalah yang serius ketika mengkonsumsi buah kersen secara terus-terusan cobalah untuk memeriksakan diri ke dokter. Hal ini bertujuan untuk mencegah hal-hal yang lebih buruk dapat terjadi khususnya pada ginjal anda.

Masalah pada Liver

Jangan sesekali mengkonsumsi buah kersen saat Anda mengalami masalah pada liver karena hal ini sama saja akan menghambat penyembuhan pada liver. Dalam mengkonsumsi buah kersen hal yang bisa terjadi adalah liver Anda yang bisa saja bermasalah. Tidak hanya buah untuk Anda yang memiliki masalah liver juga tidak dianjurkan mengkonsumsi daun yang ada pada kersen.

Mengalami Sakit Perut

Tidak hanya bermasalah pada ginjal, dalam mengkonsumsi buah kersen tidak dianjurkan dalam porsi yang berlebihan karena juga dapat menyebabkan perut sakit. Oleh karena itu sebaiknya Anda mengkonsumsi buah ini secara teratur dan tidak berlebihan agar tidak terjadi sakit perut.

Mengakibatkan Mual dan Muntah

Perlu diperhatikan dosis Anda saat mengkonsumsi buah kersen karena konsumsi secara berlebihan akan menyebabkan mual dan muntah. Tentunya jika hal-hal ini sudah terjadi Anda akan mencari obat lain untuk menyembuhkan efek samping buah kersen. Jangan sampai usaha Anda untuk mengobati penyakit malah membuat Anda terserang penyakit baru,

Tentunya segala yang berlebihan tidak baik, dalam mengkonsumsi buah kersen hendaknya dalam jumlah yang wajar. Agar tujuan yang Anda cari tercapai dan penyakit yang ingin Anda sembuhkan bisa teratasi dengan cepat.

Beberapa hal diatas adalah manfaat buah kersen dan juga efek samping buah kersen. Ulasan diatas sebagai informasi kepada Anda sebelum mengkonsumsi buah kersen agar bisa melihat apa saja khasiat yang didapat dari buah mungil. Dan apa saja efek samping yang bisa terjadi ketika Anda mengkonsumsi buah kersen dalam jumlah yang berlebihan.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat daun salam untuk wanita

6 Manfaat Daun Salam Untuk Wanita, Nomor 5 Sangat Menggoda

sumbersehat – Berita tentang manfaat daun salam untuk wanita sempat tenar beberapa waktu lalu. Sejak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *