13 Manfaat Buah Kelengkeng untuk Ibu Hamil, Ibu Sehat Bayi Kuat!

sumbersehat.com – Buah kelengkeng untuk ibu hamil dapat menjadi solusi untuk berbagai permasalahan yang alami dan sering dialami oleh para ibu hamil. Sebagaimana telah diketahui bahwa wanita hamil memang serang mengalami gangguan kesehatan karena hormonnya yang saat itu sedang tidak teratur.

Keadaan hormon yang kurang stabil tersebut sebenarnya adalah langkah persiapan agar nantinya janin menjadi lebih sehat dan lahir sempurna. Selain itu hormon yang naik turun juga sangat membantu keseimbangan kesehatan pada ibu hamil. Karena itulah ibu hamil perlu nutrisi lebih. Nah, berikut ini beberapa khasiat buah kelengkeng untuk ibu hamil yang harus Anda simak!

buah kelengkeng untuk ibu hamil
kelengkeng untuk bumil

Kandungan buah kelengkeng

Kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah kelengkeng memang banyak dan beragam. Karena itulah tepat sekali bila buah kelengkeng untuk ibu hamil dijadikan sebagai salah satu buah yang dikonsumsi secara rutin saat kehamilan. Kandungan zat gizi yang terdapat di dalamnya adalah kalsium, protein, karbohidrat, gula, vitamin C, vitamin B#, vitamin B2, magnesium, zat besi, lemak,dan serat. Semua zat ini sangat dibutuhkan oleh ibu hamil dan juga janinnya.

Inilah Manfaat buah kelengkeng untuk ibu hamil

Banyak manfaat buah kelengkeng untuk bumil. Rasanya yang enak dan manis cukup membantu mengurangi enek yang sering dialami oleh ibu hamil. Berikut sebagian manfaat buah kelengkeng untuk ibu hamil:

1. Anti depresan

Stres dan depresi tidak jarang dialami oleh ibu hamil. Hormon yang tidak stabil serta kondisi kelelahan yang mungkin diderita oleh ibu hamil, memungkinkan ibu hamil lebih mudah terserang depresi.

Namun kandungan anti depresan dalam buah kelengkeng boleh dibuktikan dapat meredakan gejala stress bagi ibu hamil. Dengan terkontrolnya emosi, maka ibu hamil akan lebih bahagia menjalani kehamilan. Efeknya adalah janin akan tumbuh lebih sehat dan bahagia. Proses kehamilan pun akan lebih menyenangkan untuk ibu hamil.

2. Memperkuat tulang dan gigi

Kandungan kalsium yang terdapat dalam buah kelengkeng untuk ibu hamil merupakan sumber yang sangat penting dalam memperkuat tulang ibu hamil. Tulang ibu hamil memang cukup rawan terjadi masalah. Disebakan oleh tubuh ibu hamil yang juga harus memenuhi kebutuhan pertumbuhan janin.

Karenanya dengan dibantu oleh kandung kalsium dalam kelengkeng, setidaknya dapat meringankan potensi keropos tulang ibu hamil. Selain itu kandungan kalsium ini juga sangat bermanfaat bagi pertumbuhan bakal gigi sang janin.

3. Mencegah dan mengurangi sembelit

Salah masalah yang sering juga dihadapi oleh ibu hamil adalah masalah sembelit. Sulit buang air besar. Masalah sembelit tidak bisa dianggap seperti meskipun memang wajar terjadi pada ibu hamil. Berbagai obat banyak digunakan untuk mengatasi sembelit pada ibu hamil. Cobalah konsumsi buah kelengkeng untuk ibu hamil untuk mengurangi derita karena sembelit. Kandungan serat dalam buah kelengkeng mungkin dapat membantu meringankan masalah sembelit ibu hamil.

4. Meningkatkan nafsu makan

Dengan kandungan vitamin B12, ibu hamil cukup terbantu karena kandungan tersebut dapat meningkatkan nafsu makan. Telah umum diketahui bahwa ibu hamil sering sekali mengalami masalah sulit makan. Nah dengan kandungan dan rasa yang enak serta manis pada kelengkeng, ibu hamil bisa makan dengan normal kembali.

Buah kelengkeng untuk ibu hamil dapat menjaga Kondisi makan yang agar tetap normal. Sehingga meningkatkan kesehatan ibu serta janin lebih terjamin. Tuh kan selain enak juga kaya manfaat. Asik ya.

5. Kesehatan mata

Kesehatan mata ibu hamil harus selalu dijaga. ibu hamil sangat membutuhkan riboflavin yaitu vitamin B2 yang memiliki peran sangat besar bagi kesehatan mata. Karena itulah ibu hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan, sayur dan buah yang mengandung vitamin B2.

6. Insomnia

Buah kelengkeng untuk ibu hamil dapat mengatasi insomnia merupakan gangguan tidur yang lazim terjadi pada ibu hamil. Adanya gangguan sulit tidur ini tentunya sangat mengganggu ibu hamil. Stamina dan daya tahn tubuh dapat merosot tajam bila insomnia terus terjadi.

Terdapat zat besi yang tinggi sehingga dapat memproduksi sel darah merah dalam jumlah yang cukup. Dengan adanya zat besi, maka peredaran oksigen dalam tubuh dapat berjalan lebih lancar. ini dapat menyebabkan pikiran menjadi lebih tenang, santai, dan insomnia pun menjauh.

7. Menjaga kesehatan jantung

Kesehatan jantung ibu hamil dan janin dapat lebih terjaga berkat kandungan antioksidan dan kalium dalam kelengkeng. Kandungan buah buah kelengkeng untuk ibu hamil dapat menjaga Tekanan darah dapat lebih stabil.

8. Penyembuhan luka

Manfaat selanjutnya adalah mengandung polifenol yang dapat membantu menangkal serangang radikalbebas. Tubuh yang dapat menghalau serangan radikal bebas akan dapat terhindar dari kerusakan sel-sel tubuh. Selain itu kandungan tersebut juga dapat menyembuhkan luka dengan cepat.

9. Menambah energi

Selanjutnya, khasiat buah kelengkeng untuk ibu hamil adalah menambah energi. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa bumil seringkali merasakan lemas dan rasanya tak bertenaga, maka dapat mencoba buah kelengkeng. Ternyata rasa manis pada daging buahnya cukup tinggi lho. Sehingga kadar gula dapat meningkatkan tenaga dan metabolisme pada ibu hamil.

Namun perlu berhati-hati juga ya dengan kandungan gula ini. Bagi sebagian mom yang menderita diabetes kehamilan, maka sebaiknya dihindari memakan buah yang mengandung gula tinggi seperti kelengkeng. Bagi yang tidak memiliki riwayat penyakit diabet, mkaa boleh makan kelengkeng maksimal 8 butir saja setiap harinya.

Bukan hanya itu namun efek mengenyangkan dapat diperoleh oleh kandungan glukosanya. Kandungan glukosa bisa menimbulkan efek kenyang lebih cepat. ini diperlukan pada ibu hamil dengan usia kehamilan trimester ketiga. Dimana pada usia kehamilan ini, ibu hamil sangat dianjurkan agar pola makan tidak berlebihan. Tujuannya agar tidak terlalu gemuk baik ibu maupun janin. Karena janin yang terlalu gemuk juga dapat menyulitkan saat dikeluarkan dari jalan lahir normal.

10. Mencegah anemia

Adanya zat besi yang cukup tinggi dalam buah kelengkeng sangat menguntungkan ibu hamil. Ibu hamil sangat berpotensi mengalami kekurangan darah. Itulah sebabnya para bidan dan dokter kandungan selalu meresepkan vitamin yang mengandung zat besi terutama pada trimester pertama dan kedua. Tubuh ibu hamil mempersiapkan kesehatan dan kelengkapan organ tubuh bayi janin dengan sangat baik. Sehingga kebutuhan zat besi harus diasup lebih banyak.

11. Menjaga metabolisme tubuh

Metabolisme ibu hamil sering terganggu karena kondisi tubuh yang tidak seperti sebelum hamil. Konsumsi kelengkeng bisa meningkatkan metabolisme tubuh. Bila metabolisme tubuh berjalan baik, maka kebugaran tubuh ibu hamil dapat lebih terjaga.

12. Meringankan kram otot

Kandungan dalam buah kelengkeng dapat mengatasi kram otot karena beban yang berat pada kaki serang dialami. karena itulah kandungan magnesium dalam kelengkeng bisa meringankan gangguan tersebut.

13. Mencegah bayi terlahir cacat

Aneka nutrisi yang terdapat dalam kelengkeng sangat bermanfaat bagi ibu dan janin. Berbagai masalah kesehatan pada ibu hamil pun dapat lebih ringan dengan bantuan kelengkeng.

Nah setelah mengetahui manfaat buah kelengkeng untuk ibu hamil, maka ibu hamil dapat mencobanya. Rasakan sensasi rasa manis dan manfaatnya yang lebih manis lagi. Perlu diperhatikan juga sebaiknya konsumsi buah dan sayur lainnya harus tetap dijaga variasinya. Sehingga berbagai zat dan nutrisi lain bisa diperoleh. Perhatikan juga lho banyaknya kelengkeng yang boleh dimakan setiap harinya. Jangan terlalu berlebihan ya.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat daun pegagan

15 Manfaat Daun Pegagan untuk Obat Herbal Penyakit

sumbersehat.com - Manfaat daun pegagan saat ini sudah semakin banyak diketahui dan sedang menjadi primadona. Centella Asiatica merupakan nama lain dari tumbuhan yang memiliki bentuk daun menyerupai ginjal dengan pinggiran daun bergelombang. Pengobatan di masyarakat Cina dan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *