9 Manfaat Buah Bit Bagi Kesehatan dan Perawatan Kecantikan Alami

sumbersehat.com – Manfaat buah bit sangat banyak sekali baik untuk kesehatan, kecantikan, dan lain-lain. Buah yang biasanya dibuat sebagai jus dan smoothies ini banyak dijumpai di wilayah Amerika Utara dan Inggris. Buah ini juga memiliki warna yang menarik yaitu merah gelap keungu-unguan.

Berbagai kandungan di dalamnya membuat khasiat buah bit menjadi sangat kaya,bahkan dapat membantu Anda mencegah penyakit kanker. Jadi, Anda tidak akan rugi bila mengonsumsi buah bit atau menjadikannya sebagai perawatan kecantikan alami.

manfaat buah bit
manfaat buah bit

Inilah Sederet Manfaat Buah Bit Bagi Kesehatan Tubuh dan Kecantikan

Buah bit dari dulu sudah digunakan sebagai pengobatan alami, untuk mengenal lebih jauh manfaat buah bit, mari simak ulasan berikut:

1. Menjaga kesehatan otak

Seiring dengan bertambahnya usia, fungsi mental dan kognitif tentunya akan mengalami penurunan. Namun Anda tidak perlu risau mengenai permasalahan tersebut. Sebab, salah satu manfaat buah bit ialah dapat membantu meningkatkan fungsi mental dan kognitif. Hal ini dikarenakan adanya kandungan nitrat di dalamnya yang dapat menjaga pembuluh darah supaya tetap lega. Selain itu juga mampu membantu meningkatkan aliran darah ke otak.

2. Memelihara kesehatan saluran pencernaan

Mengkonsumsi buah bit juga sangat baik untuk membantu memelihara kesehatan saluran pencernaan. Hal ini dikarenakan buah bit memiliki kandungan antioksidan dan serat yang mampu melancarkan proses pencernaan. Kandungan serat di dimilikinya membuat manfaat buah bit juga mampu bisa membantu memberi makan bakteri baik di dalam usus. Selain itu juga dapat membantu mencegah permasalahan pada sistem pencernaan, seperti sembelit dan radang usus.

3. Mencegah kanker

Ternyata buah bit juga mampu membantu mencegah terkena penyakit salah satu penyakit paling mematikan di dunia, yaitu kanker. baik kanker payudara, paru-paru, kanker kulit, dan lain sebagainya. Hal ini tidak lepas dari kandungan betasianin dan antioksidan di dalamnya yang efektif menghambat pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh.

Tidak hanya manfaat buah bit untuk kanker, sebuah penelitian menunjukkan bahwa manfaat lainnya yaitu dapat memperlambat perkembangan sel tumor. Oleh karena itu, apabila Anda ingin terserang penyakit kanker, maka konsumsilah buah bit untuk mencegahnya.

4. Sebagai penambah energi dan stamina

Supaya Anda dapat melakukan aktivitas atau pekerjaan sehari-hari dengan maksimal, Anda membutuhkan energi yang cukup. Untuk memenuhi kebutuhan energi, Anda dapat mengonsumsi buah bit karena buah ini mengandung karbohidrat. Dimana merupakan sumber energi bagi tubuh Anda. Jika kebutuhan karbohidrat dalam tubuh mencukupi, maka sistem atau organ didalam tubuh juga akan bekerja dengan lebih efisien.

Manfaat buah bit yang satu ini tentu sangat diperlukan oleh orang yang biasanya melakukan aktivitas yang berat, seperti atlet atau olahragawan.oleh karena itu, sebelum mengerjakan suatu aktivitas, alangkah baiknya jika mengonsumsi jus buah bit terlebih dahulu.

5. Baik untuk penderita diabetes

Bagi Anda yang menderita penyakit diabetes, maka akan lebih baik jika menjadikan buah bit sebagai salah satu tambahan menu makanan sehari-hari. Khasiat buah bit dapat menyembuhkan syaraf yang mengalami kerusakan, dimana biasanya dialami oleh penderita diabetes. Selain itu, buah bit mampu mencegah terjadinya kerusakan sel.

Manfaat buah bit tersebut tentu berkat kandungan antioksidan alpha-lipoic yang dimiliki buah bit. Ada sebuah penelitian yang membuktikan bahwa buah bit dapat membantu memperbaiki kadar gula darah di dalam tubuh. Hal ini banyak dialami oleh orang yang mengalami obesitas daripada yang mempunyai tubuh ideal.

5. Mencegah pikun

Pikun sebenarnya merupakan hal yang lumrah dialami oleh para lansia. Namun, bagaimana jika seseorang mengalami pikun lebih cepat sebelum usianya sudah tua? Tentunya semua orang tidak ingin hal tersebut terjadi.

Untuk mencegah terjadinya pikun, Anda dapat mengonsumsi jus buah bit. Hal ini dikarenakan khasiat buah bit dapat membantu memerangi perkembangan gejala pikun yang dialami oleh seseorang. Selain itu, juga dapat meningkatkan aliran darah ke otak pada orang yang sudah lanjut usia.

6. Menjaga kulit agar tetap halus

Manfaat buah bit ternyata juga dapat Anda jadikan sebagai perawatan alami supaya tetap sehat dan halus. Sebab, buah bit memiliki kandungan yang sangat baik untuk membantu menutrisi kulit dari dalam. kandungan tersebut yaitu zat besi yang tinggi dan karotenoid, dimana dapat menyerap ke dalam pori-pori kulit dan menjaga kelembaban kulit.

Untuk mendapatkan khasiat buah bit yang satu ini Anda perlu mencampurkan buah bit yang sudah diparut dengan 2 sendok susu. Kemudian tambahkan sedikit minyak almond, gunakanlah dengan cara mengoleskan pada bagian tubuh atau wajah secara merata sembari memijatnya. Diamkan selama 15-20 menit lalu bilaslah dengan menggunakan air hingga bersih.

7. Menghilangkan kantung mata

Bagi Anda yang memiliki kantung mata dan merasa jika hal tersebut sangat mengganggu penampilan, tentu dapat menggunakan bit untuk mengatasinya. Karena kandungan antioksidan di dalamnya dapat membantu Anda menghilangkan kantung mata dan dark circle.

Manfaat buah bit untuk kecantikan ini bisa Anda ambil dengan cara membasahi kapas ke dalam jus buah bit. Tambahkan madu dan susu secukupnya dan kompres di bagian mata Anda selama 10 menit. Setelah itu, bersihkan menggunakan air bersih dan mengalir.

8. Membuat warna bibir menjadi lebih cerah

Ada banyak sekali penyebab yang mengakibatkan warna bibir menjadi gelap dan pecah-pecah, entah itu karena suatu kondisi internal ataupun eksternal. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena salah satu manfaat buah bit bisa membantu Anda mengatasinya. Khasiat buah bit dapat membuat warna bibir Anda terlihat cerah dan lebih merah secara alami. Buah bit juga dapat membantu menjaga kondisi bibir Anda upaya tetap lembab sehingga terhindar dari bibir pecah-pecah.

Caranya cukup simpel, yaitu Anda tinggal mengusapkan perasan buah bit pada bibir. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan gula pada parutan buah bit lalu oleskan secara merata pada bibir. Hal ini dilakukan untuk mengangkat sel kulit mati dan noda gelap yang menyebabkan warna bibir menjadi gelap.

9. Mengurangi rambut rontok

Bagi Anda yang mengalami masalah rambut rontok, maka buah bit dapat Anda jadikan salah satu pilihan sebagai perawatan alami. Umumnya yang menjadi penyebab rambut rontok yaitu karena kurangnya tubuh kekurangan asupan mineral yang berguna untuk menutrisi rambut.

Nah, manfaat buah bit ini dapat membantu Anda mengurangi rambut rontok dan permasalahan rambut lainnya, seperti ketombe dan kerusakan rambut. Cara mengambil manfaat buah bit untuk kecantikan ini bisa dijadikan sebagai shampo alami atau masker rambut.

Apabila ingin memakainya sebagai shampoo, Anda bisa memanaskan terlebih dahulu jus buah bit dengan suhu sesuai kebutuhan. Kemudian gunakan untuk keramas seperti memakai shampo biasa. Sementara untuk masker rambut, kombinasikan jus buah bit dengan pasta biji kopi. Pakailah pada rambut Anda sebagai masker rambut, kemudian bersihkan rambut dengan cara keramas menggunakan shampo.

Itulah sederet manfaat buah bit yang perlu Anda ketahui. Dengan uraian di atas, diharapkan Anda dapat lebih bersemangat untuk menggunakan pengobatan atau perawatan herbal, termasuk dengan menggunakan buah bit.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat rumput mutiara

10 Manfaat Rumput Mutiara untuk Kesehatan dan Cara Pengolahannya yang Mudah

sumbersehat.com - Manfaat rumput mutiara tak hanya sebagai obat tradisional yang dipercaya mampu mengobati kanker. Khasiat lain yang tak kalah jitu adalah kandungan kimia rumput mutiara yang juga mampu mengobati penyakit ringan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *