6 Manfaat Buah Bit untuk Ibu hamil, Cara Mengolah dan Efek Sampingnya!

sumbersehat.com – Manfaat buah bit untuk Ibu hamil ?, apakah ada ?, jawabannya tentu saja ada. Buah bit merupakan tanaman mirip umbi-umbian berwarna merah yang berasal dari keluarga Amaranthaceae-Chenopodiaceae. Buah bit biasanya dikonsumsi dengan cara diolah menjadi makanan ataupun dijus sesuai selera. Selain umbinya, ternyata daun dari buah bit bisa dimasak menjadi sayuran yang memiliki gizi tinggi yang sangat berkhasiat bila dikonsumsi Ibu hamil.

Bentuk buah bit menyerupai kentang berwarna merah keunguan, kenapa berwarna merah keunguan ? karena didalam buah bit terdapat kandungan pigmen ungu (betasianin) dan pigmen kuning (betasantin). Buah ini memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi namun memiliki kandungan protein sehingga cocok untuk dikonsumsi oleh Ibu hamil. Nah, berikut ini kita bahas tentang manfaat buah bit untuk ibu hamil yang harus Anda ketahui!

manfaat buah bit untuk ibu hamil
buah bit dan ibu hamil

Inilah Manfaat Buah Bit untuk Ibu Hamil

Berikut adalah beberapa manfaat buah bit yang memiliki banyak khasiat untuk dikonsumsi saat hamil:

1. Mengontrol Metabolisme Tubuh

Manfaat buah bit untuk Ibu hamil yang pertama adalah mengontrol metabolisme tubuh. Buah bit memiliki kandungan potasium yang baik yang sangat berguna untuk menyeimbangkan elektrolit serta mampu mengontrol metabolisme secara substansial. Ibu hamil bisa memasukkan buah bit kedalam campuran salad untuk dijadikan cemilan dikala lapar. Buah berwarna merah ini juga membantu untuk mengontrol tekanan darah Ibu hamil agar seimbang.

Buah yang kaya akan kandungan antioksidan ini juga membantu mengoptimalkan sistem imunitas Ibu hamil agar terhindar dari segala jenis penyakit dan resiko infeksi selama kehamilan. Buah bit sangat baik dikonsumsi untuk mencegah resiko anomali selama kehamilan maupun pasca melahirkan. Selain membantu menjaga metabolisme dan imunitas saat hamil, khasiat buah bit untuk ibu menyusui pasca melahirkan juga tak perlu diragukan lagi.

2. Mencegah Pembengkakan dan Nyeri Sendi

Manfaat buah bit untuk Ibu hamil selanjutnya adalah mencegah pembengkakan dan nyeri sendi. Terjadinya pembengkakan serta nyeri sendiri saat kehamilan merupakan hal yang lumrah dialami Ibu hamil. Tapi, hal itu dapat Anda minimalisir dengan mengonsumsi buah bit, didalam buah bit terdapat kandungan betaine yang melimpah, kandungan ini bertugas sebagai anti-inflamasi yang berperan untuk mencegah pembengkakan dan nyeri sendi.

3. Berperan sebagai Pemurni darah dan mencegah anemia

Selanjutnya, manfaat buah bit untuk ibu hamil adalah sebagai pemurni darah dan mencegah anemia. Sehingga mampu menghindari resiko penyakit dan infeksi pada janin. Kandungan zat besi yang kaya dari buah bit berfungsi untuk meningkatkan hemoglobin dalam darah serta meningkatkan stamina tubuh sehingga mempermudah pengiriman makanan kepada janin. Ketika asupan hemoglobin pada darah memadai, maka otomatis mencegah resiko anemia yang kerap terjadi pada Ibu hamil.

Cara mengolah buah bit untuk meningkatkan hemoglobin secara tepat dan mudah dapat dilakukan dengan membuat mix jus buah bit. Buah bit tak perlu direbus atau dipanasi agar kandungan khasiatnya tetap terjaga sehingga mudah diserap oleh tubuh. Setelah buah bit dibersihkan dan dicuci, buah bit cukup dijus menggunakan blender ataupun mixer dan kemudian bisa langsung dikonsumsi.

4. Membantu mengatur kadar gula

Kandungan gula darah berlebih tentu menjadi masalah bagi kesehatan Ibu hamil dan janin. Untuk itu manfaat buah bit untuk Ibu hamil yang akan dibahas selanjutnya ialah fungsi buah bit untuk mengontrol kadar gula dalam darah.

Buah bit memiliki kandungan betalain dan neo batanin yang berfungsi untuk meningkatkan sensitivitas insulin dan menurunkan kadar glukosa dalam tubuh. Kandungan lain yang terdapat pada umbi-umbian ini adalah kandungan glikemik yang cukup rendah, sehingga membuat konversi gula dalam darah menjadi sangat lambat. Hal itu membuat proses pengontrolan kadar gula darah menjadi lebih mudah.

5. Mendukung perkembangan janin dengan baik

Mendukung perkembangan janin dengan baik merupakan manfaat buah bit untuk ibu hamil berikutnya. Tahukah anda bahwa buah bit memiliki kandungan yang sangat baik untuk perkembangan janin ? didalam buah bit terdapat kandungan vitamin A dan E yang sangat tinggi, yang berfungsi sebagai nutrisi penting bagi Ibu hamil.

Fungsi vitamin A dan E untuk mendukung perkembangan janin antara lain untuk perkembangan mata dan kepala embrio, perkembangan sistem saraf janin, meningkatkan kemampuan kognitif janin dan masih banyak lagi. Namun, Ibu hamil dianjurkan untuk tidak mengonsumsinya terlalu berlebihan ataupun kekurangan. Ada baiknya sebelum mengonsumsi, hendaklah berkonsultasi terlebih dahulu kepada Dokter kandungan, sehingga manfaat buah bit untuk ibu hamil bisa tepat.

6. Bagus untuk pencernaan

Manfaat buah bit untuk Ibu hamil berikutnya adalah mengatasi masalah gangguan pencernaan, yang dapat diminimalisir dengan mengonsumsi makanan kaya serat yang terkandung dalam buah bit. Kandungan serat berperan untuk membantu pergerakan makanan yang telah dicerna didalam usus, sehingga membuat buang air besar lebih nyaman dan terasa lancar, serta dapat mencegah sembelit dan konstipasi pencernaan.

Selama kehamilan, Ibu hamil sering mengalami gangguan pencernaan. Biasanya gangguan pencernaan datang ditandai dengan rasa begah, mual-mual dan selalu ingin bersendawa. Hal ini normal terjadi pada Ibu hamil ketika menginjak usia kandungan trimester ketiga. Faktor yang menyebabkan gangguan pencernaan pada Ibu hamil pada umumnya adalah perubahan hormonal seiring dengan perkembangan janin.

Cara Mengonsumsi Buah Bit Secara Tepat dan Benar Selama Kehamilan

Selain manfaat buah bit untuk Ibu hamil, berikut adalah cara mengonsumsi buah bit secara tepat dan benar.
Kupas dan Iris buah bit, kemudian campur serta padukan dengan sayuran lain seperti brokoli dan wortel. Ini bisa dikonsumsi sebagai salad untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang baik selama hamil. Selain itu, juga bisa dengan cara di rebus.

Rebus buah bit sebentar agar tak mengurangi khasiatnya, kemudian sajikan sebagai cemilan sehat untuk mengisi waktu senggang. Hal ini bisa mengurangi mengonsumsi karbohidrat yang berlebihan ketika lapar.
Agar lebih nikmat, buah bit dapat dijadikan jus dengan mencampurkan buah segar lain yang memiliki khasiat penting bagi Ibu hamil seperti wortel, perasan jeruk lemon serta madu.

Efek samping mengonsumsi buah bit secara berlebihan bagi Ibu hamil

Tak hanya manfaat buah bit untuk Ibu hamil, ternyata mengonsumsi secara berlebihan juga mengakibatkan adanya efek samping buah bit untuk ibu hamil. Segala sesuatu yang dikonsumsi secara berlebihan tentunya akan memberi dampak buruk bagi tubuh, tak terkecuali mengonsumsi buah bit.

Oleh karena itu, Ibu hamil yang ingin mengonsumsi buah bit dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan terlebih dahulu untuk menentukan kadar konsumsi buah bit yang pas selama kehamilan. Berikut beberapa efek samping mengonsumsi buah bit secara berlebihan bagi Ibu hamil:

  • Mengakibatkan terjadinya beeturia, yakni perubahan urin dan feses menjadi memerah.
  • Kandungan betaine berlebihan mengakibatkan masalah diare, mual, muntah, dan gastrointestinal.
  • Kandungan nitrat yang dapat memicu kelelahan pada Ibu hamil.
  • Membuat pita suara mengalami kelumpuhan sementara.
  • Mengonsumsi buah bit secara berlebihan dapat memicu terjadinya batu ginjal.

Jadi, itulah manfaat buah bit untuk Ibu hamil, cara mengonsumsi buah bit yang tepat dan benar serta efek samping apabila mengonsumsi buah bit secara berlebihan. Untuk itu, pastikan anda mengonsumsi buah bit sesuai saran dan anjuran dokter agar tidak terjadi efek samping serta merugikan kesehatan anda kedepannya.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat buah anggur

11 Manfaat Buah Anggur untuk Kesehatan dan Sebagai Obat Herbal

sumbersehat.com – Manfaat buah anggur wajib diketahui. Karena anggur memiliki banyak kandungan nutrisi yang dibutuhkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *