13 Manfaat Buah Apel untuk Kesehatan, Ternyata Sangat Sangat Menakjubkan!

sumbersehat.com – Tahukah Anda bahwa manfaat buah apel untuk kesehatan dan kecantikan itu sangat sangat besar. Banyak orang yang percaya bahwa mengonsumsi buah apel dapat menyehatkan tubuh. Bahkan ada yang mengatakan, “An apple a day keeps the doctor away.” Kalimat tersebut dapat diartikan makan apel setiap hari dapat mencegah berbagai penyakit.

Jika Anda belum tahu tentang manfaat buah apel, maka kali ini kita akan membahas tentang manfaat tersebut lebih jauh. Selain rasanya yang manis dan segar,nutrisi di dalam buah apel sangat berguna bagi kesehatan tubuh. Menjaga kesehatan tubuh selain dengan berolahraga adalah dengan rutin mengonsumsi buah.

manfaat buah apel
manfaat buah apel

Inilah Beberapa Manfaat Buah Apel bagi Kesehatan yang Wajib Anda Ketahui

Ternyata ada banyak sekali khasiat buah apel bagi kesehatan tubuh kita, diantaranya yaitu:

1. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Manfaat buah apel yang pertama adalah membantu meningkatkan imunitas/kekebalan tubuh kita. Daya tahan tubuh kita akan meningkat ketika kita rutin mengonsumsi buah apel. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin C yang cukup tinggi di dalam buah apel.

2. Membantu dalam Pencegahan terhadap Kerusakan Sel

Tidak hanya untuk meningkatkan imunitas tubuh, manfaat buah apel selanjutnya adalah membantu mencegah kerusakan sel. Kandungan antioksidan quercetin dan polifenol di dalamnya sangat penting dalam pencegahan sel. Dengan demikian kerusakan sel akibat radikal bebas dapat ditangani dengan baik.

3. Mengatasi Sembelit

Ketika Anda memakan apel, apakah bersama dengan kulitnya atau kulitnya dikelupas terlebih dahulu? Jika jawaban Anda adalah yang kedua mungkin Anda belum mengetahui kandungan kulit apel. Manfaat buah apel ketika dimakan bersama kulitnya yaitu dapat mengatasi sembelit. Pasalnya di dalam kulit apel terdapat sumber serat yang tidak larut selulosa dan lignin.

Karena sumber serat tersebutlah memakan kulit apel beserta kulitnya sangat dianjurkan. Kalau Anda khawatir akan adanya pestisida yang menempel pada kulit apel, Anda dapat mencuci terlebih dahulu apel dengan air mengalir. Bahkan Anda bisa juga mencucinya menggunakan sabun khusus untuk buah dan sayur.

4. Sebagai Antidiare

Tidak hanya mengatasi sembelit, manfaat buah apel lainnya adalah sebagai antidiare. Ketika diare menyerang perut terasa tidak nyaman, hingga harus bolak-balik ke kamar mandi. Bagi Anda yang sedang mengalami diare, memakan buah apel bisa menjadi solusi agar diare tidak bertambah parah.

Mengapa buah apel dapat dijadikan sebagai antidiare? Hal ini dikarenakan kandungan buah apel di dalam daging buahnya. Yaitu terdapat suatu zat bernama pektin (serat kasar menyerupai gel yang dapat larut di dalam air). Adanya zat tersebut, selaput lendir lambung dapat terlindungi dengan baik. Usus pun akan terhindar dari luka maupun serangan bakteri jahat.

5. Membantu Menurunkan Kolesterol

Kolesterol yang berlebihan dalam tubuh tentu sangat tidak baik. Untuk itu wajib bagi kita menurunkan kadar kolesterol dengan cara yang sehat. Nah menurunkan kolesterol secara alami dapat Anda lakukan dengan mengonsumsi buah apel. Di dalam buah apel terdapat suatu nutrisi yang dapat membantu menyerap lemak dan kolesterol. Setelah itu hasil serapan akan dibuang dari dalam tubuh bersama feses.

6. Menurunkan Risiko Terkena Asma pada Anak

Mengonsumsi buah apel juga dianjurkan bagi ibu hamil, tapi jika Anda mengalami suatu kondisi khusus alangkah baiknya konsultasikan dengan dokter. Karena kondisi kehamilan setiap orang berbeda-beda, apalagi ketika hamil adalah kondisi yang cukup rentan. Namun dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa ibu hamil yang mengonsumsi buah apel, risiko anaknya terkena asma lebih kecil.

7. Meningkatkan Kinerja Memori

Mungkin manfaat buah apel kali ini yang sangat relevan dengan Anda, yakni dapat meningkatkan kinerja memori. Ya, mengonsumsi buah apel dipercaya dapat membuat seseorang menjadi lebih pintar. Hal ini tidak sembarangan dikatakan, karena telah dibuktikan dalam penelitian pada tahun 2006 oleh para ahli. Manfaat 1 buah apel yang Anda konsumsi setiap harinya, dapat menghindarkan dari demensia.

8. Buah Apel Sangat Baik untuk Usus

Seperti yang kita ketahui, ada probiotik dan ada juga prebiotik. Probiotik bertugas untuk menjaga kesehatan usus atau biasa disebut sebagai ‘bakteri baik’. Sementara prebiotik bertugas sebagai pemberi makan pada bakteri-bakteri tersebut. Lalu, apa hubungannya manfaat buah apel terkait hal ini? Nah di dalam buah apel terdapat pektin dan juga serat yang berperan sebagai prebiotik. Jadi ketika Anda banyak mengonsumsi buah apel, maka semakin banyak bakteri baik yang tumbuh. Bakteri baik tersebut akan menjaga kesehatan usus Anda dengan baik.

9. Membantu Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat buah apel kali ini berkaitan dengan salah satu organ tubuh yang sangat vital bagi manusia, yaitu jantung. Ketika kesehatan jantung terjaga dengan baik, maka tubuh kita juga lebih mudah melakukan berbagai aktivitas. Dengan mengonsumsi buah apel, Anda akan berisiko kecil terkena penyakit jantung.

Kandungan serat dan antioksidan yang cukup tinggi di dalamnya sangat berguna untuk menurunkan kolesterol. Sementara yang kita ketahui, kolesterol yang tinggi sangat berbahaya bagi kesehatan jantung. Sehingga ketika kolesterol kita terkontrol dengan baik, kesehatan jantung juga bisa kita dapatkan dengan mudah.

10. Membantu Menurunkan Tekanan Darah

Di dalam buah apel terdapat flavonoid yang bertugas sebagai inhibitor ACE yang terbukti dapat mencegah hipertensi. Potasium di dalam buah apel juga dapat membantu mempertahankan tekanan darah di dalam tubuh agar tetap normal. Nah bagi Anda yang memiliki masalah hipertensi, mengonsumsi setidaknya 1 buah apel setiap harinya sangat dianjurkan.

11. Dapat Mengurangi Risiko Terkena Diabetes

Rasa manis yang terkandung di dalam buah apel adalah rasa manis alami. Maka dari itu, buah ini aman bagi para penderita diabetes. Lebih menakjubkannya lagi, buah ini justeru berguna untuk mengurangi risiko terkena diabetes. Setelah Anda mengetahui manfaat buah apel yang satu ini, Anda tidak akan lagi khawatir ketika mengonsumsi buah apel. Khususnya jika Anda memiliki penyakit diabetes atau rentan terkena penyakit diabetes. Buah apel dapat dijadikan cemilan manis yang sehat setiap harinya atau bisa juga dijadikan sebagai jus.

12. Buah Apel Bagus untuk Kesehatan Tulang

Tahukah Anda mengenai manfaat buah apel untuk tulang? Ya, ternyata bukan hanya kalsium saja yang dibutuhkan oleh tulang, melainkan juga anti-inflamasi. Nah zat tersebut ada di dalam buah apel dan sangat baik untuk kesehatan tulang. Di dalam sebuah penelitian dikemukakan bahwa seorang wanita yang rutin mengonsumsi apel cenderung memiliki tulang yang kuat. Tidak hanya kuat, tapi mereka juga memiliki tulang yang sehat dibandingkan dengan yang tidak mengonsumsi buah apel.

13. Merupakan Pemutih Gigi Alami

Dibandingkan memilih obat pemutih gigi yang belum jelas kandungan nutrisinya, lebih baik gunakan buah apel. Pasalnya sifat antibakteri yang terdapat di dalam buah apel dapat menjadi pembersih gigi secara alami. Sehingga Anda dapat memiliki gigi yang putih dan bersih tanpa harus menggunakan obat kimia berbahaya.

Nah itulah beberapa manfaat buah apel untuk kesehatan tubuh. Harapannya, setelah Anda membaca artikel ini Anda akan lebih bersemangat lagi untuk rutin mengonsumsi buah apel. Anda bisa menjadikannya sebagai minuman dalam bentuk jus maupun sebagai cemilan sehat. Atau pun mengonsumsinya dalam bentuk lain sesuai selera Anda (lebih baik tanpa tambahan pemanis buatan.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat buah anggur

11 Manfaat Buah Anggur untuk Kesehatan dan Sebagai Obat Herbal

sumbersehat.com – Manfaat buah anggur wajib diketahui. Karena anggur memiliki banyak kandungan nutrisi yang dibutuhkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *