11 Manfaat Buah Anggur untuk Kesehatan dan Sebagai Obat Herbal

sumbersehat.com – Manfaat buah anggur wajib diketahui. Karena anggur memiliki banyak kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Sehingga bisa dijadikan sebagai makanan sehat dan obat herbal penyakit. Bahkan, konon pada zaman dahulu buah anggur sering didaulat sebagai buah para raja. Dalam artian, buah manis dan bulat yang satu ini menjadi suguhan wajib bagi para bangsawan dan raja-raja.

Kandungan buah anggur di antaranya ada fitonutrien dan antioksidan yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Buah yang satu ini bisa dimakan langsung maupun dijadikan berbagai olahan seperti selai, jus, dan lain-lain. Namun bagaimanapun cara Anda mengonsumsinya itu tidak masalah, karena Anda akan tetap merasakan beragam manfaatnya.

manfaat buah anggur
buah anggur

Inilah Manfaat Buah Anggur untuk Kesehatan

Tak hanya rasanya yang manis dan digemari berbagai kalangan, khasiat buah anggur juga sangat banyak, di antaranya:

1. Membantu Mencegah Kanker

Manfaat buah anggur yang pertama adalah dapat membantu mencegah penyakit kanker. Seperti yang kita ketahui, penyakit ini merupakan salah satu penyebab kematian terbanyak di dunia. Kandungan buah anggur di dalamnya ada resveratrol yang berfungsi sebagai pencegah pertumbuhan sel kanker.

Dengan adanya resveratrol tersebut, maka sel tumor dan sel kanker menjadi lambat bertumbuh. Pertumbuhan tersebut melambat di area payudara, lambung, hati dan getah bening. Bahkan, dengan adanya resveratrol tersebut dapat menghalau radiasi berbahaya dari sinar ultraviolet A dan B.

Sinar ultraviolet tersebut juga merupakan penyebab kanker kulit. Meskipun terlihat sangat baik, manfaat buah anggur yang satu ini masih dibutuhkan penelitian lebih jauh. Namun tak ada salahnya untuk terus mengonsumsi buah anggur untuk kesehatan.

2. Membantu Menjaga Kesehatan Jantung

Selain untuk mencegah dari kanker, manfaat buah anggur selanjutnya adalah untuk membantu menjaga kesehatan jantung. Kandungan flavonoid atau biasa disebut dengan rutin. Nah rutin tersebut memiliki kemampuan untuk memperlambat laju darah yang mengalami pembekuan. Karena pada kondisi tertentu, darah dalam tubuh seseorang akan mengalami pembekuan.

Ketika rutin/flavonoid dapat bekerja dengan baik, seseorang akan berisiko kecil terkena serangan jantung dan stroke. Sehingga kesehatan jantung dapat terjaga dengan baik ketika kita rajin mengonsumsi buah anggur.

3. Mencegah Penuaan Dini

Quercetin dan rutin merupakan antioksidan yang terdapat di dalam buah anggur. Antioksidan tersebut sangat berguna dalam membantu menangkap radikal bebas di dalam tubuh. Kerusakan sel, protein, DNA dan gangguan keseimbangan tubuh lainnya disebabkan oleh radikal tersebut.

Ketika terjadi kerusakan sel, maka itulah yang menyebabkan terjadinya penuaan dini. Kulit keriput, uban dan tulang keropos merupakan tanda-tanda penuaan. Oleh karena itu, mengonsumsi buah anggur yang terdapat antioksidan sangat berperan untuk mencegah penuaan dini.

4. Membantu Menjaga Kesehatan Otak

Manfaat buah anggur juga bisa dirasakan oleh otak kita. Di dalam buah anggur terdapat resveratrol yang berfungsi untuk memperlancar peredaran darah menuju otak. Sumber oksigen dan zat gizi bersumber dari darah sehingga otak bisa berfungsi dengan baik.

Bahkan, di dalam sebuah penelitian di Jerman mengemukakan bahwa resveratrol dapat memperkuat daya ingat. Jadi sangat baik dikonsumsi oleh anak-anak hingga tak terbatas usia.

5. Membantu Meredakan Peradangan

Peradangan di dalam tubuh dapat dilawan dengan mengonsumsi buah anggur secara rutin. Hal ini dikarenakan di dalam buah anggur memiliki sifat antiradang dan antihistamin. Peradangan biasanya terjadi dikarenakan respon tubuh akibat stres, infeksi bakteri dan virus dan lain-lain.

Ada berbagai macam peradangan, seperti radang gusi, radang usus, radang kulit dan masih banyak lagi. Manfaat buah anggur tidak hanya mencegah peradangan, antihistamin di dalam buah anggur juga dapat meringankan gejala alergi.

6. Cara Alami Menurunkan Kadar Kolesterol

Manfaat buah anggur kali ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki kadar kolesterol tinggi. Kandungan resveratrol dan saponin di dalam buah anggur sangat berperan penting dalam menurunkan kolesterol dan trigliserida yang tinggi. Kolesterol yang berlebih di dalam tubuh dapat diserap ke dalam darah dengan baik. Ketika hal itu terjadi, keseimbangan tubuh Anda akan tetap terjaga.

Kadar kolesterol yang seimbang di dalam tubuh menyebabkan Anda dijauhkan dari penyakit obesitas dan jantung. Di dalam sebuah penelitian pada hewan ditemukan bahwa resveratrol tidak hanya dapat menurunkan kadar kolesterol. Melainkan juga dapat mengurangi kadar trigliserida yang ada di dalam darah.

7. Membantu Menjaga Kesehatan Mata

Apakah selama ini yang Anda ketahui bahwa untuk menjaga kesehatan mata dengan wortel? Ya itu benar, akan tetapi ternyata manfaat buah anggur juga bisa dirasakan oleh mata. Kandungan lutein dan zeaxanthin merupakan zat yang sangat penting untuk menjaga kesehatan mata yang terdapat di dalam buah anggur.

Sebuah penelitian mengemukakan bahwa kedua zat tersebut dapat membantu mengurangi risiko penyakit mata. Di antaranya seperti penyakit katarak dan degenerasi makula yang cukup berbahaya. Meskipun begitu, manfaat buah anggur yang satu ini masih memerlukan penelitian lebih jauh untuk mendapatkan informasi yang lebih valid.

8. Membantu Mengendalikan Gula Darah

Buah anggur merupakan salah satu buah yang sangat direkomendasikan untuk Anda yang sedang menjalani diet sehat. Senyawa yang ada di dalam buah anggur dipercaya dapat membantu mengurangi kadar gula dalam darah. Untuk orang yang terkena diabetes, buah anggur juga berfungsi untuk meningkatkan sensitivitas insulin.

Nah lagi-lagi hal ini berkaitan dengan adanya kandungan resveratrol di dalam buah anggur. Para peneliti mengatakan bahwa senyawa tersebut mampu mengaktifkan suatu gen yang dapat mengurangi terjadinya obesitas. Mencegah terjadinya resisten insulin yaitu suatu kondisi di mana tubuh tidak mampu mencerna gula darah juga merupakan manfaat adanya resveratrol.

Indeks glikemik rendah dimiliki oleh buah anggur. Sehingga Anda tidak perlu khawatir akan kandungan gula di dalam buah yang satu ini. Gula darah tidak akan melonjak secara tiba-tiba dikarenakan mengonsumsi makanan dengan indeks glikemik rendah.

9. Membantu Menurunkan Berat Badan Secara Alami

Buah anggur sangat direkomendasikan untuk dijadikan cemilan sehat, terutama bagi Anda yang ingin mendapatkan berat badan ideal. Di dalam 100 gram buah anggur hanya mengandung 69 kalori. Selain itu, buah anggur juga merupakan buah dengan antioksidan yang cukup tinggi.

10. Membantu Menguatkan Tulang

Anggur merupakan salah satu buah dengan sumber vitamin C yang baik. Selain itu, ia juga mengandung vitamin K yang dapat mempercepat pembekuan dan juga menguatkan tulang. Jadi tidak hanya dengan meminum susu tulang menjadi kuat, mengonsumsi anggur juga memiliki fungsi yang sama.

11. Membantu Mencegah Penyakit Usus

Manfaat buah anggur selanjutnya berkaitan dengan adanya efek anti-inflamasi. Dengan adanya anti-inflamasi tersebut, tubuh akan terlindungi dari penyakit usus. Selian itu, dia juga berperan dalam melancarkan BAB.

Itulah beberapa manfaat buah anggur yang sangat luar biasa bagi tubuh dan kesehatan. Setelah mengetahui berbagai manfaat tersebut, sangat disayangkan jika Anda tidak memasukkannya ke menu sehari-hari. Meskipun memiliki banyak manfaat, konsumsilah buah anggur secukupnya saja. Karena apapun yang berlebihan tentu tidak baik bagi tubuh dan kesehatan.

Bagi Anda yang belum terbiasa mengonsumsi buah anggur, lakukanlah dari hal yang paling mudah. Mengonsumsi buah anggur yang paling mudah dilakukan adalah dengan mengonsumsinya secara langsung. Anda dapat menjadikan buah anggur sebagai cemilan sehat keluarga.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat rumput mutiara

10 Manfaat Rumput Mutiara untuk Kesehatan dan Cara Pengolahannya yang Mudah

sumbersehat.com - Manfaat rumput mutiara tak hanya sebagai obat tradisional yang dipercaya mampu mengobati kanker. Khasiat lain yang tak kalah jitu adalah kandungan kimia rumput mutiara yang juga mampu mengobati penyakit ringan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *