16 Manfaat Black Garlic atau Bawang Putih Hitam Bagi Kesehatan Tubuh

Sumbersehat.com – Udah tahu belum tentang black garlic? Manfaat black garlic ini sangat besar bagi kesehatan tubuh. Anda bisa membuatnya sendiri di rumah atau membelinya secara online kalau ingin lebih mudah. Black garlic atau bawang hitam adalah jenis bawang yang berwarna gelap dan merupakan hasil fermentasi dari bawang putih.

Dibalik warna gelapnya itu, menyimpan beragam manfaat bagi tubuh. Mulai dari mencegah obesitas hingga mencegah kanker. Jika mau tahu lebih lanjut tentang manfaat bawang hitam ini, simak ulasan di bawah ini!

Kandungan Nutrisi

Sebelum membahas tentang manfaat black garlic, sebaiknya kita bahas pula tentang kandungan nutrisinya. Dalam satu buah bawang hitam mengandung Vitamin C, zat besi, kalsium, serat dan karbohidrat. Kandungan vitamin C ini sangat besar dan bisa memenuhi kebutuhan harian anda.

Khasiat dan Manfaat Black Garlick untuk Kesehatan

Berikut adalah manfaat dan khasiat bawang hitam yang perlu anda ketahui, diantaranya:

Mencegah infeksi virus, bakteri dan jamur

Karena kandungan vitamin C yang tinggi, berarti antioksidannya juga tinggi pula. Maka, manfaat bawang hitam bisa untuk mencegah beragam penyakit yang disebabkan oleh bakteri, virus maupun jamur. Selain itu, antioksidan juga berperan dalam mencegah penuaan dini dan berpengaruh pada peningkatan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Menurunkan gula darah

Saat anda mengonsumsi bawang putih hitam, maka bisa mengurangi kadar gula dalam darah, karena kandungannya bisa meningkatkan produksi insulin dalam tubuh. Manfaat black garlic ini sangat baik bagi penderita diabetes, sehingga bisa menjaga kestabilan kadar gula darahnya.

Mengurangi kadar kolesterol

Selain bisa menurunkan kadar gula dalam darah, khasiat bawang hitam selanjutnya adalah menurunkan kolesterol. Menurut penelitian, secara rutin mengonsumsi bawang hitam bisa menurunkan kadar kolesterol hingga 15% dalam tubuh.

Mematikan sel-sel kanker

Jika anda memiliki riwayat atau keturunan penyakit kanker atau tidak ingin terkena kanker, bisa mengonsumsi black garlic. Khasiat black garlic ini diperoleh karena kandungannya bisa menjadi racun perusak, penghambat pertumbuhan bahkan mematikan sel-sel kanker.

Menjaga kestabilan tekanan darah

Penderita darah tinggi biasanya dianjurkan oleh dokter untuk mengonsumsi obat setiap hari, tapi terkadang masih saja tekanan darah naik. Jika begitu kondisinya, cobalah mengambil manfaat bawang putih hitam ini. Makan bawang hitam bisa mengurangi tekanan darah tinggi sampai 8%. Tapi, harus dilakukan secara rutin dan jangan lupa konsultasi dengan dokter.

Menyehatkan jantung

Karena bisa menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol, membuat bawang hitam juga bagus untuk kesehatan jantung. Bawang ini dapat anda masukkan ke dalam daftar makanan sehat untuk jantung. Jika ingin manfaat maksimal, konsultasikan konsumsi obat alami jantung ini kepada dokter yang menangani anda.

Menjaga tubuh agar tetap ideal

Obesitas berisiko meningkatkan banyak penyakit. Oleh karena itu, anda harus waspada kalau memiliki berat badan berlebih. Kandungan anti inflamasi dalam black garlic dapat membantu anda mengelola lemak dalam tubuh. Jika ingin berat badan tetap ideal, ambil manfaat black garlic dengan cara mengonsumsinya.

Mencegah penuaan dini

Seperti yang telah di ulas diatas bahwa bawang hitam mengandung antioksidan tinggi. Maka, khasiat bawang hitam selanjutnya adalah mencegah penuaan atau membuat awet muda. Dengan fungsi antioksidan ini dapat memperbaharui sel-sel tubuh yang rusak, sehingga membuat kulit lebih segar.

Bisa mencegah pikun

Penting sekali anda ketahui bahwa khasiat black garlic juga meliputi pencegahan terhadap kepikunan. Kandungan bahan alaminya mampu meningkatkan kesehatan syaraf otak, sehingga membuat anda terhindar dari gangguan otak, salah satunya pikun.

Obat sakit gigi alami

Sakit gigi disebabkan oleh bakteri dan virus. Jika anda ingin meredakan atau mencegah virus masuk ke dalam mulut dan gigi, konsumsi bawang putih hitam. Banyak orang yang sudah merasakan manfaat bawang hitam untuk giginya. Sifat antibakterinya dapat membunuh virus dan bakter penyebab sakit gigi.

Menghilangkan komedo

Ternyata, manfaat black garlic juga sampai menghilangkan komedo. Cara menggunakan bawang hitam untuk menghilangkan komedo adalah dengan menumbuk halus black garlic, lalu oleskan pada area yang berkomedo. Tunggu beberapa saat dan jangan terlalu lama, baru bilas. Lakukan secara rutin sampai komedo hilang.

Membantu menghilangkan jerawat

Tak hanya komedo, menghilangkan jerawat juga khasiat bawang hitam. Caranya sama dengan saat digunakan untuk komedo. Cukup haluskan, lalu oleskan pada jerawat dan bilas. Lakukan rutin sampai jerawat benar-benar hilang.

Menyamarkan bekas luka

Setelah luka, terkadang kulit sulit kembali seperti semula dan tampak tidak enak dipandang. Anda bisa mengambil manfaat black garlic untuk membuat bekas luka hilang sepenuhnya dari kulit. Caranya juga sama dengan saat menghilangkan komedo dan jerawat.

Meredakan alergi

Khasiat bawah putih hitam selanjutnya yaitu meredakan alergi. Untuk meredakan alergi, anda bisa mengoleskan bawang hitam halus ke area kulit yang alergi atau mengonsumsinya. Kandungannya di dalam black garlic ini dapat menurunkan gejala alergi.

Baca juga : 9 Ciri Kehamilan Sehat Pada Trimester Awal, Anda Wajib Tahu!

Menyehatkan hati

Hati merupakan organ yang paling besar dalam tubuh dan jangan biarkan hati mengalami gangguan. Kalau ingin memelihara kesehatan organ hati, anda dapat mengonsumbi black garlic. Manfaat black garlic bagi hati adalah mengoptimalkan fungsi hati serta mengembalikannya pada ukuran optimal.

Aroma bawang hitam ini juga mengandung senyawa yang baik bagi kesehatan. Sama seperti bawang-bawang lainnya, untuk mengonsumsi bawang hitam bisa dengan dimasak sebagai bumbu sup, salad atau lainnya.

Cara Membuat Bawang Hitam di Rumah

Untuk membuat bawang hitam sangatlah mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Jika Anda ingin membuatnya, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Ambil bawang putih yang utuh dan jangan dikupas.
  • Kemudian, bersihkan dulu bawang putih, tapi tidak dengan mencucinya.
  • Siapkan rice cooker dan hidupkan dulu sampai sudah hangat. Atur suhu hangat saja atau tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin.
  • Setelah rice cooker siap, letakkan bawang putih ke dalam rice cooker. Biarkan selama beberapa menit atau sampai bawang melunak dan berubah warna jadi hitam.
  • Jika sudah berubah menjadi hitam, taruh bawang hitam di tempat yang kedap udara.

Selain dengan rice cooker, Anda bisa menggunakan teflon atau dandang yang sudah tidak terpakai untuk membakar bawang ini. Pilih saja cara yang mudah menurun Anda. Apabila ingin manfaat black garlic secara maksimal, anda harus mengonsumsi atau menggunakannya secara rutin.

Tapi, jangan berlebihan karena pasti ada efek samping kalau digunakan berlebihan. Baik saat menggunakan bahan alami maupun obat-obatan kimia, sebaiknya konsultasikan dulu kepada dokter.

Pastikan tubuh Anda kuat atau mampu menerima bahan alami tersebut. Karena kalau tidak, Anda tidak akan mendapatkan manfaat black garlic, melainkan memperoleh efek buruknya. Bagi yang ingin mendapatkan bawang hitam ini bisa membuat sendiri atau membelinya. Sekarang, sudah banyak orang yang menjualnya secara offline maupun online.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat daun mengkudu

10 Manfaat Daun Mengkudu Sebagai Obat dan Perawatan Kecantikan

sumbersehat.com - Manfaat daun mengkudu atau Morinda citrifolia sering diambil sebagai obat herbal sejak dulu. Kulit buahnya pun dapat dimanfaatkan sebagai pewarna merah dan kuning untuk pakaian batik. Karena manfaatnya yang cukup luas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *