13 Manfaat Biji Selasih sebagai Obat Herbal Insomnia Sampai Sakit Jantung

Sumbersehat.com – Manfaat biji selasih yang kita ketahui selama ini hanyalah sebagai topping minuman maupun puding. Bukan hanya sekadar topping, biji selasih juga sangat bermanfaat bagi kesehatan. Meskipun ukurannya kecil, namun biji selasih sudah sangat populer di tengah masyarakat Indonesia.

Ocimum Basilicum merupakan nama ilmiah dari biji yang satu ini. Senyawa dan bahan aktif didalamnya sangat berguna bagi kesehatan. Zat besi, protein, phytochemical, senyawa polifenol, antioksidan dan masih banyak lagi kandungan di dalamnya.

manfaat biji selasih
manfaat biji selasih

Inilah Khasiat Biji Selasih bagi Kesehatan

Bukan tanpa alasan banyak orang yang suka mengonsumsi biji yang satu ini, karena segudang manfaat biji selasih untuk kesehatan di antaranya:

1. Manfaat Biji Selasih untuk Penderita Insomnia

Beberapa penderita insomnia lebih memilih meminum obat tidur untuk membantu mereka agar bisa terlelap. Mengonsumsi obat tidur terlalu sering tentu kurang baik bagi kesehatan. Nah kini ada cara lain untuk mengatasi insomnia Anda, yaitu dengan mengonsumsi biji selasih.

Zat sedatif yang terkandung di dalam biji selasih berguna untuk memberikan perasaan tenang. Ketika perasaan kita tenang dan nyaman, maka kantuk pun akan datang. Bagi Anda yang sering menderita insomnia atau susah tidur, rasakan manfaat biji selasih dengan sering mengonsumsinya.

2. Khasiat Biji Selasih untuk Membantu Meredakan Sakit Kepala

Manfaat biji selasih selain untuk penderita insomnia juga bermanfaat bagi Anda yang sering sakit kepala. Kandungan analgetic di dalamnya sangat berguna untuk meredakan sakit kepala. Dibandingkan minum obat-obatan, mengonsumsi biji selasih tentu lebih aman untuk tubuh.

Untuk menjadikan biji selasih sebagai pereda sakit kepala, Anda harus menyediakan juga jahe dan buah angco. Cara membuatnya pun sangat mudah, yaitu cukup dengan merebus ketiganya hingga mendidih. Kemudian saring, masukkan ke dalam gelas dan siap diminum.

3. Manfaat Biji Selasih untuk Kulit Wajah

Selama ini lulur wajah alami yang kita ketahui yaitu berupa mentimun, tomat atau putih telur. Biji selasih juga dapat Anda gunakan untuk dijadikan lulur waah. Manfaat biji selasih tidak hanya dapat menghaluskan wajah, tetapi ia juga akan membantu melembabkan kulit wajah Anda.

Membuat lulur wajah dari biji selasih tidaklah rumit, bahkan sangat mudah. Cara membuatnya yaitu dengan:

  • Siapkan 2 sendok makan biji selasih, kemudian ditumbuk
  • Siapkan air secukupnya
  • Rebuslah biji selasih yang sudah ditumbuk hingga mendidih
  • Matikan kompor dan gunakan lulur biji selasih ketika sudah dingin

4. Khasiat Biji Selasih untuk Mengatasi Perut Buncit

Ketika kita mengonsumsi biji selasih, maka akan membantu nafsu makan sedikit tertahan. Hal ini dikarenakan biji selasih akan berkembang sebanyak 30 kali lipat dari ukuran aslinya setelah dikonsumsi. Tak heran jika kita akan tahan lapar lebih lama, sehingga hanya akan menyebabkan sedikitnya makanan yang masuk.

Ketika kita mampu menahan lapar dan nafsu makan, tentu itu juga berimbas ke perut. Kita akan lebih sedikit memasukkan makanan ke dalam tubuh, sehingga perut buncit dapat teratasi. Selain itu, serat yang terkandung di dalamnya juga bermanfaat untuk detoksifikasi secara alami.

5. Manfaat Biji Selasih untuk Membantu Menurunkan Berat Badan

Salah satu makanan favorit wanita ketika diet adalah biji selasih. Karena manfaat biji selasih memang salah satunya membantu menurunkan badan. Efek kenyang yang cukup lama dirasakan setelah mengonsumsi biji selasih berguna untuk menunda lapar. Sehingga Anda tidak mudah tergoda untuk makan berlebih.

Cara minum biji selasih untuk menurunkan berat badan sangat mudah, berikut ini langkah-langkah yang dilakukan:

  • Siapkan 2-3 sendok makan biji selasih
  • Siapkan segelas air hangat
  • Rendam biji selasih ke dalam air hangat selama 30 menit
  • Air rendaman biji selasih siap dikonsumsi
  • Untuk rasa manis, Anda bisa menambahkan madu secukupnya

6. Khasiat Biji Selasih untuk Membantu Meningkatkan Penglihatan dan Mencegah Katarak

Kandungan vitamin A yang cukup tinggi tidak hanya terdapat pada wortel, akan tetapi juga pada biji selasih. Vitamin A di dalamnya berguna untuk antioksidan kuat yang sangat bermanfaat untuk retina. Sehingga degenerasi makula serta katarak dapat dicegah dengan mengonsumsi biji selasih.

7. Manfaat Biji Selasih dapat Membantu Mencegah Kolesterol

Oatmeal maupun biji selasih mengandung serat yang cukup tinggi. Maka untuk mengatasi kolesterol jelek yang tinggi bisa dicegah dengan mengonsumsi kedua makanan tersebut. Bahkan jika kita memadukan keduanya, maka HDL (kolesterol baik) akan meningkat.

8. Khasiat Biji Selasih dapat Membantu Melindungi Jantung dan Otak

Manfaat biji selasih selanjutnya adalah dapat melindungi beberapa organ seperti jantung dan otak. Omega-3 yang terkandung di dalam biji selasih merupakan asam amino yang sangat dibutuhkan tubuh.
Ya, kandungan omega-3 tidak hanya terdapat pada ikan saja, tetapi juga terdapat pada biji selasih. Maka ini bisa menjadi salah satu solusi untuk mendapatkan omega-3 tanpa mengonsumsi ikan.

9. Manfaat Biji Selasih untuk Lambung

Aktivitas kita akan terhambat ketika asam lambung tiba-tiba menyerang. Perasaan tidak nyaman sekaligus menahan rasa sakit di bagian lambung benar-benar mengganggu. Ketika hal itu terjadi, saatnyalah Anda merasakan manfaat biji selasih untuk lambung dengan segera mengonsumsinya. Selain melindungi jantung dan otak, biji selasih juga berfungsi untuk menenangkan kerja lambung. Tidak hanya itu, biji yang satu ini juga berguna untuk membuang penyebab kembung.

10. Khasiat Biji Selasih untuk Kesehatan Tulang hingga Menurunkan Resiko Osteoporosis

Berbagai jenis vitamin, mineral, omega-3, tembaga, kalsium dan masih banyak lagi terdapat di dalam biji selasih. Seperti yang kita ketahui, mineral-mineral tersebut sangat berguna bagi kesehatan tulang. Selain menguatkan tulang, kandungan yang terdapat di dalam biji selasih juga dapat menurunkan resiko osteoporosis. Seseorang akan merasa muda dan kuat meskipun usianya bertambah dengan rajin mengonsumsi biji selasih.

11. Manfaat Biji Selasih Dapat Dijadikan Obat Batuk dan Obat Flu

Vicenin dan beta karoten merupakan antioksidan flavonoid yang terdapat di dalam biji selasih. Bakteri dan virus penyakit dapat mati dikarenakan kandungan tersebut. Sifat antispasmodik di dalam biji selasih juga menjadi solusi bagi Anda yang terserang batuk membandel.

12. Khasiat Biji Selasih untuk Membantu dalam Pertumbuhan Sel Sperma

Khasiat biji selasih bagi pria adalah untuk membantu meningkatkan kesuburan. Zat afrosidiak yang tekandung di dalamnya dapat membantu pertumbuhan sel sperma. Tak hanya itu, sel sperma pun akan lebih panjang masa hidupnya.

13. Manfaat Biji Selasih Membantu Menyehatkan Janin

Beberapa pertanyaan yang muncul adalah apa manfaat biji selasih buat rahim? Nah, ternyata biji selasih mengandung suatu nutrisi yang cukup membantu perkembangan janin. Di antaranya adalah membantu dalam perkembangan organ penting, tulang serta menurunkan risiko cacat.

Akan tetapi, dikarenakan setiap orang memiliki kondisi yang berbeda ketika hamil. Alangkah baiknya sebelum mengonsumsi biji selasih konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Hal ini dilakukan guna meminimalisir kemungkinan yang tidak kita inginkan tentunya.

Wah ternyata banyak sekali ya manfaat biji selasih untuk kesehatan. Mulailah rutinkan mengonsumsi biji yang satu ini, karena meskipun bentuknya kecil namun khasiatnya sangatlah besar. Ada berbagai cara untuk mengonsumsi biji selasih, bisa untuk ditaburkan di puding atau sebagai topping. Ada banyak referensi di internet tentang panduan mengonsumsi biji selasih dengan berbagai macam cara.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat daun pegagan

15 Manfaat Daun Pegagan untuk Obat Herbal Penyakit

sumbersehat.com - Manfaat daun pegagan saat ini sudah semakin banyak diketahui dan sedang menjadi primadona. Centella Asiatica merupakan nama lain dari tumbuhan yang memiliki bentuk daun menyerupai ginjal dengan pinggiran daun bergelombang. Pengobatan di masyarakat Cina dan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *