5 Manfaat Biji Selasih untuk Diet yang Sangat Luar Biasa dan Jarang Orang Tahu

By

Manfaat biji selasih untuk diet belum banyak diketahui. Sekalipun bentuknya sangat kecil mungil namun biji selasih ini diklaim memiliki banyak kandungan dan manfaat salah satunya untuk diet.

Dalam dunia kesehatan, biji selasih digunakan untuk mengatasi permasalahan pencernaan, mampu menyembuhkan sembelit, gangguan pernafasan bahkan menghilangkan sakit tenggorokan den mampu menghilangkan setres. Berikut manfaat biji selasih untuk diet

A. Manfaat Biji Selasih untuk Diet

Biji selasih didapatkan dari tanaman selasih. Tanaman ini berasal dari keluarga basil seperti kemangi. Tanaman ini kemudian diolah sehingga menjadi biji selasih yang siap dimasak.

Perlu Anda ketahui, biji selasih ini memiliki kandungan serat yang dapat digunakan untuk menurunkan badan. Apabila Anda merendamnya di Air dalam jangka waktu yang cukup lama, biji selasih ini akan berkembang. Inilah yang menjadikan banyaknya manfaat biji selasih untuk diet.

Perkembangan biji selasih ini diklaim bisa mencapai tiga puluh kali dari benih asli. Perkembangan inilah yang menjadikan selasih direkomendasikan untuk Anda yang menjalankan program diet. Karena akan mengurangi dan mampu menangkal rasa lapar Anda.

Bahkan tidak hanya yang sedang menjalankan program diet, biji selasih inipun kerap ditemukan dikombinasikan dengan berbagai makanan dan minuman pada saat puasa.

Selain mampu membuat Anda kenyang lebih lama, biji selasih juga membuat Anda menjadi tenang atau sedative dan mampu mendinginkan tubuh secara alami.  Alasan inilah yang membuat biji selasih sering dikonsumsi pada saat puasa. Tentu karena seharian puasa membuat seseorang panas dalam.

Pada beberapa penelitian terhadap biji selasih ini mendapati hasil bahwa biji selasih ini mengandung tinggi serat, glukoman yang sangat tinggi dan pektin. Kandungan inilah yang diklaim bisa membuat seseorang merasa kenyang lebih lama. Akibatnya, kalori orang yang sedang menjalani diet dapat berkurang.

Selain itu, yang perlu Anda ketahui biji selasih juga dapat membantu memperlancar pencernaan Anda. Hal ini dikarenakan keberadaan tingginya kandungan serat pada biji selasih. Saluran pencernaan yang terjaga akan membuat Anda terhindar dari permasalahan sembelit. Selain itu, juga dapat membuat program diet Anda menjadi lebih efektif. Tentunya salah satu yang membuat program diet Anda berhasil.

Bahkan pada suatu penelitian mengatakan bahwa biji selasih ini juga mampu meredakan panas dalam. Dalam hasil penelitian itu ditemukan biji selasih mengandung omega – 3 yang tinggi.

Diperkirakan satu sendok makan atau sekitar 15 gram ini saat diteliti ditemukan mengandung Omega 3 yang dinamai Alpha Linolenic Acid atau yang disingkat ALA.  Berfungsi untuk menurunkan radang atau antiinflamasi. Sehingga apabila dikonsumsi, selasih ini dapat menurunkan panas dalam.

Manfaat lain dari biji selasih ini dipercaya dapat mengontrol gula darah sehingga darah menjadi stabil. Tentu ini tidak hanya baik untuk Anda yang sedang menjalani program diet saja. Melainkan juga sangat baik dikonsumsi untuk penderita diabetes, orang-orang yang beresiko terkena penyakit jantung dan punya masalah pada kolestrol.

B. Menu Diet dengan Bahan Dasar Biji Selasih

Biji selasih sering kali dijadikan sebagai pelengkap minuman atau dessert. Namun belum banyak orang mengetahui varian apa saja yang bisa dibuat dari bahan dasar biji selasih ini.

Berikut rekomendasi menu diet yang bisa Anda variasikan dengan biji Selasih

Es krim biji selasih

Es krim yang dipadukan dengan biji selasih ini akan membuat moodmu menjadi lebih baik. Selain itu kandungan yang terdapat pada biji selasih tidak akan membuat berat badanmu bertambah.

Caranya cukup mudah, sediakan susu tawar, coconut milk, biji selasih, buah Strawberry dan satu sendok madu. Campurkan semua bahan. Selanjutnya panaskan sambil aduk adonan sampai biji selasih mengembang. Kemudian masukkan ke cetakan es krim lalu masukkan ke dalam freezer.

Cookies biji selasih

Dalam program diet tentu ada yang namanya pantangan. Pantangan tersebut salah satunya ada pada camilan biskuit. Maka manfaat biji selasih untuk diet dapat Anda andalkan. Termasuk dalam pembuatan camilan Anda seperti Cookies biji selasih ini. Selain rasanya yang enak, Anda tidak perlu khawatir berat badan Anda bertambah.

Cara pembuatannya pun sangat mudah. Anda hanya menyiapkan biji selasih, biji pumpkin, biji bunga matahari, garam dan air secukupnya. Selanjutnya campurkan semua bahan menjadi satu dan aduk hingga rata. Selanjutnya bentuk adonan sesukamu dan letakkan di Loyang. Selanjutnya oven selama kurang lebih 30 menit.

Puding Selasih

Pudding selasih ini sangat cocok Anda jadikan kudapan pada malam hari. Untuk Anda yang sedang menjalani program diet, Anda tidak perlu khawatir karena pudding selasih ini tidak membuat berat badan Anda bertambah.

Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu menyediakan Susu Lowfat, biji selasih, madu dan satu sendok bubuk cokelat. Campurkan semua bahan menjadi satu. Aduk dan panaskan hingga adonan lembut dan creamy. Selanjutnya simpan di Freezer. Tunggu berberapa jam. Pudding siap dihidangkan.

Pancake biji Selasih

Untuk Anda yang pecinta pancake namun takut berat badan Anda bertambah atau Anda sedang menjalani program diet. Maka Anda harus memahami manfaat biji selasih untuk diet ini dengan baik. Anda bisa menjadikannya sebagai makanan siangmu.

Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu menyediakan sedikit tepung terigu, susu Lowfat, satu sendok the backing powder, sedikit bubuk vanilla, biji selasih dan madu secukupnya. Selanjutnya campurkan semua bahan pada satu wadah. Adik hingga merata.

Diamkan adonan sekitar lima sampai sepuluh menit. Setelah mengembang, masak pancake dengan api sedang selama tiga sampai lima menit. Pancake siap Anda santap.

Minuman nikmat biji selasih

Untuk Anda yang sedang menjalankan program diet, Anda dapat mengkombinasinya dengan lemon. Lemon diklaim dapat melunturkan lemak. Selain itu kandungan anti-inflammatory yang sangat tinggi dapat membantu tubuh Anda dalam melunturkan racun.

Selain itu biji selasih ini juga dipercaya memiliki kemampuan mendinginkan tubuh. Inilah alasan yang membuat biji selasih sering digunakan pada minuman-minuman yang menyegarkan. Salah satunya pada minuman ini. Pengkombinasian minuman selasih dengan lemon.

Dari segi rasa, minuman biji selasih yang dikombinasikan dengan lemon ini pun terasa nikmat dan menyegarkan tidak kalah dengan minuman segar lainnya. Apabila Anda mengkonsumsinya rutin setap pagi, maka lemak-lemak yang ada pada tubuh Anda dapat sirna. Tentu ini juga sangat efektif untuk program diet Anda.

Caranya pun sangat mudah, anda hanya perlu menyediakan air panas, biji selasih, lemon dan es batu. Selanjutnya campurkanlah biji selasih pada gelas yang terisi air panas. Jika selasih sudah mengembang masukkan es batu. Selanjutnya Anda bisa memeras lemon atau memotong-memotong lemon lalu masukkan ke dalam gelas. Minuman siap dihidangkan.

bagaimana Anda sudah memahami manfaat biji selasih untuk diet kan. Yuk ubah pola hidup Anda sekarang menjadi lebih sehat. Salah satunya dengan mengonsumsi biji selasih ini. Jika dikonsumsi dalam jumlah yang cukup maka Anda bisa mendapatkan tubuh yang ideal dan terhindar dari risiko penyakit berbahaya karena berat badan berlebih.

Tinggalkan komentar