Ketahui 12 Manfaat Biji Nangka yang Jarang Diketahui

By

Sumbersehat.com – Manfaat biji nangka atau beton bisa untuk meningkatkan kesehatan dan kecantikan. Buah yang satu ini adalah buah yang tidak asing lagi bagi kita. Ketika masih mentah, nangka sering dijadikan kudapan seperti gudeg. Namun ketika sudah menguning, nangka juga bisa dimakan langsung ataupun dijadikan olahan lainnya.

Namun jarang sekali yang mengetahui manfaat biji nangka. Bahkan tidak memanfaatkannya dengan baik. Hal ini terjadi karena kemungkinan kebanyakan orang tidak tahu kandungan dan manfaat biji nangka. Nah berikut ini beberapa khasiat yang dimiliki biji nangka dan tentunya baik untuk kesehatan.

Inilah Manfaat Biji Nangka

Adapun manfaat biji nangka untuk pria dan wanita adalah:

Membantu Menjaga Kesehatan Pencernaan

Di dalam 100 gram biji nangka atau beton rebus, mengandung 1,5 gram serat. Bahkan biji nangka mengandung banyak prebiotik yang menyebabkan pertumbuhan dapat meningkat begitu juga bakteri baik menjadi berkembang lebih cepat dengan adanya senyawa ini (prebiotik).

Baca juga : Ketahui 12 Makanan dan Minuman Penyebab Tidur Nyenyak

Kandungan dalam biji nangka tersebut sangat berguna untuk pencernaan. Manfaat biji nangka untuk pencernaan adalah mampu mencegah sembelit dan melancarkan pencernaan.

Mengurangi Resiko Kanker

Senyawa antioksidan di dalam biji nangka berupa flavonoid, saponin, dan tanin. Radikal-radikal bebas dapat diatasi dengan adanya komponen senyawa-senyawa tersebut. Sel dapat rusak parah dengan adanya radikal-radikal bebas tersebut, hal inilah yang dapat memicu kanker tumbuh di dalam tubuh.

Maka senyawa antioksidan di dalam biji nangka bertugas untuk mencegah terbentuknya pembuluh darah di sekitar area sel kanker. Ketika stok pembuluh darah tidak memadai, maka kanker tidak akan tumbuh dan berkembang. Itulah manfaat biji nangka untuk mencegah perkembangan sel-sel kanker.

Terdapat Senyawa Antibakteri pada Biji Nangka

Manfat biji nangka selanjutnya dalah bisa membunuh bakteri. Sebuah penelitian mengemukakan bahwa terdapat senyawa antibakteri pada biji nangka. Senyawa tersebut sebagian besar terdapat pada permukaan biji nangka. Bahkan sejak dulu, senyawa ini digunakan sebagai obat diare alami.

Bakteri E. Coli sering menjadi salah satu masalah dalam pencernaan. Maka senyawa antibakteri yang terdapat di dalam biji nangka berfungsi untuk melawan bakteri tersebut.

Membantu Meningkatkan Pertumbuhan Pada Rambut

Protein, zat besi dan vitamin A yang terkandung di dalam biji nangka berperan penting untuk dalam menumbuhkan rambut. Protein berfungsi agar helai rambut tumbuh dengan kuat. Seperti yang kita ketahui, vitamin A sangat membantu melindungi rambut agar tidak rapuh.

Selain melindungi rambut, manfaat biji nangka juga bagus untuk kesehatan mata lho. Sementara itu, zat besi yang terdapat dalam biji nangka mampu meningkatkan aliran darah menuju kulit. Darah yang mengalir menuju kulit akan membawa nutrisi yang dibutuhkan rambut agar tetap kuat, sehat sekaligus tumbuh dengan lebat.

Mengurangi Resiko Diabetes

Senyawa yang bersifat anti-diabetik di dalam biji nangka dipercaya dapat mengurangi resiko diabetes. Bahkan, biji buah nangka disarankan dikonsumsi bagi para penderita diabetes.

Kadar gula di dalam darah dapat dikontrol dengan menggunakan biji buah nangka. Agar mendapatkan manfaat biji nangka untuk diabetes, anda bisa merebusnya sampai matang. Rasanya pun cukup enak dan bisa menjadi cemilan saat nonton TV.

Baca juga : 11 Daftar Makanan yang Harus Dikonsumsi Ibu Menyusui, Simak!

Mencegah Diare

Berikutnya, manfaat biji nangka bisa untuk mencegah diare. Sebenarnya sebagai obat diare, biji nangka sudah dikenal sejak lama oleh nenek moyang kita. Sifat anti-mikroba yang terdapat di dalam biji buah nangka dapat menghambat pertumbuhan suatu bakteri yang bernama streptococcus aerus.

Dapat Membantu Menurunkan BB (Berat Badan)

Tak hanya baik sebagai makanan bagi penderita diabetes, manfaat biji nangka juga dapat menurunkan berat badan. Biji nangka dipercaya dapat meningkatkan toleransi glukosa dan profil lipid. Maka dengan mengkonsumsi biji nangka membantu mengurangi obesitas.

5 Manfaat Biji Nangka Lainnya

  • Menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh
  • Membantu mengobati anemia
  • Menjaga kesehatan kulit
  • Membantu pembentukan DNA, tulang, membran sel dan gigi
  • Meningkatkan kinerja ginjal

Inilah 12 manfaat biji nangka yang wajib Anda ketahui mulai sekarang juga. Semoga tulisan ini menambah wawasan Anda dan bermanfaat ya. Sehat selalu untuk Anda.

Tinggalkan komentar