Mengulik 5 Manfaat Benalu Jeruk untuk Berbagai Macam Penyakit

sumbersehat.com – Selain sebagai tumbuhan parasit ternyata manfaat benalu jeruk terbilang cukup banyak. Bahkan, benalu jeruk dapat mengatasi penyakit kanker ganas yang ditakuti banyak orang. Benalu jeruk merupakan tumbuhan parasit yang hidup menempel di pohon jeruk. Di Indonesia yang memiliki iklim tropis membuat tanaman ini sangat mudah ditemukan.

Benalu memiliki kandungan saponin, alkaloid, flavonoid, dan tanin. Namun sifatnya menyerap nutrisi dari inang sehinga kandungan yang dimiliki selain dari tumbuhan itu sendiri, juga mengandung nutrisi ignangnya (pohon jeruk tempatnya menempel). Kombinasi kedua kandungan tersebut membuat khasiat benalu jeruk semakin banyak.

manfaat benalu jeruk
manfaat benalu jeruk

Inilah Khasiat benalu jeruk untuk kesehatan dan Kecantikan yang Harus Anda Ketahui

Berikut ini beberapa manfaat benalu jeruk untuk kesehatan dan kecantikan :

1. Khasiat Benalu Jeruk untuk Mengatasi Kolesterol

Manfaat benalu jeruk yang pertama adalah mengatasi kolesterol. Manfaat ini erat kaitannya dengan satu kandungan saponin yang terdapat dalam tumbuhan benalu. Jenis glikosida yang pada umumnya dijumpai pada tumbuhan adalah Saponin.

Bentuknya yang mirip seperti buih menjadi ciri khas dari senyawa saponin. Sehingga ketika dicampur dengan air lalu dikocok maka akan menghasilkan buih dan buih tersebut dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama.

Saponin yang terdapat dalam khasiat benalu jeruk nipis memiliki sifat-sifat khusus yang jika tidak berhati-hati dalam mengolahnya akan menjadi racun yang berbahaya. Sifat tersebut adalah dapat menghemolisa eritrosit, rasanya pahit, tidak mudah disterilkan dan diidentifikasi.

Saponin ini merupakan salah satu kandungan tumbuhan benalu jeruk yang dapat digunakan untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Salah satunya dapat mengatasi kolesterol.

Selain dapat mengatasi kolesterol khasiat benalu jeruk juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mempersempit jalur penyebaran kanker, mengurangi resiko pengeroposan tulang dan dapat dimanfaatkan sebagai antioksidan.

Saponin juga dapat ditemukan pada pohon jeruk nipis. Selain buah dan daunnya tumbuhan yang menempel pun juga bermanfaat. Tumbuhan yang menempel tersebut adalah benalu. Meskipun merugikan inangnya namun manfaat benalu jeruk nipis dapat dijadikan sebagai obat lho.

2. Manfaat Benalu Jeruk Sebagai Pereda Nyeri dan Obat Batuk

Kandungan alkaloid pada tumbuhan benalu jeruk memiliki fungsi sebagai pelindung dari berbagai macam penyakit. Selain itu juga sebagai pengatur dalam pertumbuhan dan mengatur keseimbangan ion yang terdapat di berbagai tumbuhan. Senyawa ini juga terdapat dalam tumbuhan jeruk.

Sehingga khasiat benalu jeruk dapat digunakan untuk dunia medis. Sebagai pereda nyeri dan obat batuk. Karena kandungan yang terdapat dalam tumbuhan parasit ini juga berasal dari inangnya yang kaya akan vitamin C. Tidak hanya sebagai pereda nyeri dan obat batuk manfaat benalu jeruk lainnya adalah mengatasi malaria serta menyembuhkan penyakit kanker.

3. Khasiat Benalu Jeruk Sebagai Anti Depresan Alami

Benalu jeruk memiliki efek sebagai anti depresan alami. Hal ini disebabkan kandungan yang terdapat di dalamnya dipercaya dapat memperbaiki mood kita yang sedang buruk. Kandungan flavonoid dapat melemaskan syaraf-syaraf yang tegang. Jadi, digunakan sebagai penenang saraf yang akan mengembalikan suasana hati yang baik.

Selain itu, Flavonoid banyak digunakan sebagai antioksidan yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Seperti untuk mengatasi sel yang rusak akibat radikal bebas. Flavonoid mudah ditemukan dalam tumbuhan seperti bayam dan jeruk. Salah satu jeruk yang terkenal adalah jeruk bali. Pada tumbuhan ini terdapat manfaat benalu jeruk bali.

Flavonoid memiliki manfaat yang banyak untuk kesehatan. Untuk meningkatkan efek vitamin C antioksidan, mengobati alergi, infeksi virus, arthritis, dan kondisi peradangan tertentu, memperbaiki sel-sel yang rusak akibat radikal bebas dan sebagai anti depresan secara alami.

4. Manfaat Benalu Jeruk Sebagai Pelangsing Tubuh

Memiliki berat badan berlebihan membuat tidak nyaman. Pasalnya, dengan ukuran tubuh yang besar sulit menemukan pakaian yang pas di tubuh. Bahkan kelebihan berat badan tidak jarang membuat percaya diri terkikis. Namun tidak perlu khawatir, ada solusi yang cukup mudah dengan mengkonsumsi manfaat benalu jeruk sunkist.

5. Khasiat Benalu Jeruk untuk Menurunkan Berat Badan

Ternyata salah satu manfaat benalu jeruk dapat mengatasi berat badan. Karena kandungan tanin yang ada di dalam tumbuhan ini. Tanin merupakan senyawa yang terdapat dalam tumbuhan benalu jeruk. Karena sifatnya yang dapat mengendapkan mukosa protein di permukaan usus halus, sehingga makanan tidak diserap, benalu jeruk dapat dijadikan sebagai obat diet yang manjur. Dengan demikian lemak terbawa ke usus besar dan dikeluarkan menjadi feses.

Senyawa ini bersifat pekat dan pahit. Membekukan protein yang berefek negatif pada mukosa lambung merupakan salah satu fungsi dari tanin. Kandungan tanin yang terdapat dalam manfaat benalu jeruk sangat efektif membakar lemak dalam tubuh. Selain untuk menurunkan berat badan kegunaan benalu jeruk purut juga dapat mengatasi kista dan kanker miom.

Cara Mendapatkan Manfaat Benalu Jeruk

Sudah diketahui bahwa tidak semua khasiat benalu jeruk baik untuk kesehatan. Sebab jika tidak berhati-hati maka racun yang terdapat di dalam benalu jeruk dapat merugikan orang yang mengonsumsinya.

Sebagai sarana pengobatan kanker sebaiknya gunakan ekstrak benalu daun jeruk untuk kesehatan. Langkah ini diambil untuk menghindari efek sampingnya. Namun jika anda ingin mengolah sendiri beberapa langkah berikut yang bisa anda lakukan:

  • Ambil 2 genggam daun benalu kering
  • Tambahkan 1 genggam temu putih
  • Cukupkan 17 lembar daun sambiloto
  • Setelah ketiga komponen tersebut dikumpulkan, kemudian cuci hingga bersih.
  • Masukkan ke dalam panci, bubuhkan 2 gelas air.
  • Setelah mendidih, kecilkan api. Tunggu airnya menjadi 1 gelas
  • Minum setengah gelas di pagi hari dan setengah lainnya di waktu sore
  • Lakukan rutin setiap hari.

Meskipun manfaat benalu jeruk sangat banyak dalam dunia kesehatan, akan tetapi tumbuhan ini tetap memiliki efek samping yang cukup berbahaya. Apabila cara mengkonsumsinya tidak benar. Oleh sebab itu, sebaiknya kita harus tetap waspada dalam penggunaan benalu jeruk nipis tersebut sebagai obat herbal yang dikonsumsi.

Efek Samping Konsumsi Benalu Jeruk Berlebihan

Beberapa efek samping yang ditimbulkan dari tanaman parasit pada pohon jeruk ini diantaranya Pada tahap awal biasanya akan mengalami diare. Karena salah satu manfaat benalu jeruk juga berfungsi melancarkan sistem pencernaan. Namun jika mengkonsumsinya secara berlebihan maka yang terjadi adalah diare. Sedangkan jika mengkonsumsi dalam dosis sedang bisa membuat perut sakit, perut menjadi kembung, bahkan bisa mengurangi nafsu makan.

Efek samping benalu jeruk yang parah adalah mengalami gejala keracunan seperti kepala pusing, berkunang-kunang dan sakit kepala. Jika terjadi hal semacam ini, segera hubungi dokter. Untuk menghindari berbagai hal yang tidak diinginkan sebaiknya sebelum mengkonsumsi benalu jeruk sebagai obat herbal konsultasikan terlebih dahulu terhadap ahlinya.

Dengan demikian mengambil manfaat benalu jeruk sangat disarankan namun dengan berhati-hati jangan mengkonsumsinya secara berlebihan. Beberapa manfaat benalu jeruk yang dapat kita gunakan sebagai salah satu alternatif pengobatan tradisional. Meskipun menggunakan obat herbal efek sampingnya sedikit, alangkah baiknya jika anda tidak mengesampingkan pengobatan medis oleh dokter.

Semoga tulisan diatas bermanfaat dan bisa menambah wawasan pembaca sebagai rujukan pengetahuan atau rujukan obat tradisional. Khususnya yang belum tahu akan manfaat tumbuhan benalu, yang mungkin hidup di sekitar kita.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat keladi tikus

5 Manfaat Keladi Tikus untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya

sumbersehat.com - Manfaat keladi tikus memang tidak diragukan lagi. Saat mendengar nama Keladi tikus mungkin yang terbayang di benak adalah sebuah pohon yang mungkin ada kaitannya dengan sejenis hewan pengerat yang cerdas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *