9 Manfaat Bee Pollen untuk Kesehatan yang Ampuh Mengatasi Penyakit

sumbersehat.com – Manfaat bee pollen, memang ketika mendengar tentang lebah dan hasilnya, kemungkinan besar hampir semua orang akan langsung terbersit kata madu. Madu dengan aneka jenis seperti madu hitam, madu merah, madu bunga, dan banyak madu lainnya. Bukan hanya madu lho produk yang dihasilkan dari lebah, ada bee pollen.

Jangan salah, khasiat bee pollen gak sembarangan lho. Bee pollen sangat sempurna untuk dijadikan suplemen harian untuk dikonsumsi keluarga. Bahkan bila kita campurkan olahan pasta suplemen yang dimasukan ke dalam segelas air, dipercaya akan kenyang seharian lho.

manfaat bee pollen
bee pollen

Kandungan Bee Pollen

Bee pollen merupakan serbuk sari dari lebah. Di dalamnya terdapat kandungan yang beragam serta menyehatkan. Zat serta nutrisi yang berguna bagi tubuh dan kesehatan. Bee pollen selain luar biasa kaya akan gizi ternyata mudah sekali dicerna oleh tubuh sehingga manfaat bee pollen untuk kesehatan makin hebat.

Diantaranya adalah lebih dari 12 vitamin, 28 mineral, 14 asam lemak penting, antioksidan, 11 karbohidrat, dan protein yang mencapai 25-35%. Kandungan bee pollen bahkan mencapai 18-20 asam amino.

Inilah Manfaat Bee Pollen yang Bikin Tercengang

Khasiat bee pollen dapat dirasakan oleh semua kalangan dari anak-anak, orang dewasa,sampai lansia. Semua kebutuhan nutrisi harian kita salah satunya berada dalam bee pollen ini. Berikut manfaat-manfaatnya:

1. Manfaat bee pollen untuk anak-anak

Berbagai kandungan lengkap yang terdapat dalam bee pollen tentu saja sangat menguntungkan bagi anak-anak yang dalam masa tumbuh kembang mereka. itulah sebabnya sejuta khasiat bee pollen terutama perkembangan sel jaringan otak anak dapat diraih dengan mengkonsumsi bee pollen.

Bukan hanya itu saja manfaat bee pollen namun nafsu makan anak juga dapat ditingkatkan dan perkembangan tubuh anak juga terjaga. Selain itu sistem kekebalan tubuh pada anak juga meningkat. Seperti yang telah diketahui bahwa anak-anak masih sangat rentan terhadap serangan penyakit. Asupan nutrisi anak menjadi lebih lengkap.

2. Khasiat bee pollen untuk atlet

Khasiat bee pollen bahkan dapat dirasakan oleh para atlet untuk meningkatkan stamina mereka. Stamina yang baik otomatis mempengaruhi prestasi para atlet. Bee pollen merupakan herbal yang belakangan ini cukup populer. Sering disandingkan atau dicampur dengan madu dalam penggunaannya. Biasanya untuk pelengkap kandungan madu.

3. Manfaat bee pollen untuk kecantikan

Untuk kecantikan maka manfaat bee pollen adalah penghambat proses penuaan dini. Sel-sel dengan oleh kandungan antioksidan pada pollen. Pembaruan sel rutin terjadi dan ini menyebabkan sel-sel yang rusak terganti dengan cepat. Siapa yang gak ingin awet muda sih. Apalagi wanita, tentunya sangat mengharapkan hal ini.

4. Mengatasi masalah prostat

Bagi pria pembesaran prostat adalah adalah hal yang sangat perlu diwaspadai. Bila diabaikan maka kemungkinan makin parah dan beresiko besar menjadi tumor dan kemudian berkembang menjadi ganas. Pembesaran prostat serta peradangan yang terjadi pada prostat dapat diatasi dengan minum bee pollen.

5. Mengatasi masalah pencernaan

Manfaat bee pollen dalam mengatasi pencernaan yang bermasalah disebabkan oleh kandungan seratnya. Tidak lancarnya buang air besar akan menyebabkan gangguan metabolisme tubuh. Gangguan metabolisme cukup berbahaya karena sel-sel lain dalam tubuh akan terganggu dan menyebabkan penyakit lain yang berbahaya. Dengan rutinnya racun dalam tubuh dikeluarkan dalam bentuk feses, maka metabolisme akan lancar juga. Akibatnya tubuh lebih sehat dan bugar.

6. Membantu regenerasi sel

Masalah kulit yang bermasalah dan tak kunjung sembuh bisa diatasi oleh vitamin dan asam amino tinggi yang terdapat dalam bee pollen.

7. Mencegah alergi

Alergi memang cukup mengganggu. Nah penyebab alergi diantaranya adalah histamin. Dengan mengambil manfaat bee pollen bagi pencegahan alergi, maka resiko terserang alergi akan dapat dikurangi.

8. Mengobati jerawat

Remaja, dewasa, bahkan orang berusia tua dapat terserang jerawat. Meskipun pada orang yang sudah lebih berumur, hal ini tak terlalu serang terjadi namun cukup meresahkan. Pasalnya suburnya jerawat di wajah akan langsung terlihat dan membuat penampilan terganggu.

Manfaat bee pollen salah satunya adalah membantu mengatasi jerawat yang cukup mengganggu. Luka yang disebabkan oleh jerawat yang pecah dapat diatasi dengan lebih cepat. Kandungan dalam bee pollen merangsang pertumbuhan jaringan kulit baru.

9. Mencegah kekurangan nutrisi

Kandungan mineral dan nutrisi yang sangat kaya dalam bee pollen akan membawa hasil baik. Manfaat bee pollen adalah membantu melengkapi nutrisi yang seimbang untuk anak-anak, dewasa, dan lansia.

10. Meringankan derita jelang menopause

Berikutnya adalah manfaat bee pollen bagi wanita ketika akan mengalami menopause. Wanita jelang menopause terkadang mengalami dan melakukan hal-hal tak terduga. Hormon yang sangat tidak stabil menyebabkan perilaku mereka seringkali tak terkendali.

Gejala yang dapat timbul yaitu dari sensitif berlebihan sampai rasa sakit yang membuat mereka mengalami gangguan tidur. Keringat berlebih pun sering dialami oleh kaum hawa jelang menopause. Manfaat pollen adalah dapat membantu mengurangi gejala-gejala yang muncul tersebut.

Manfaat Bee Pollen Lainnya

Masih banyak khasiat bee pollen yang perlu diketahui, diantaranya adalah meringankan mental yang lelah. Mengatasi gangguan persendian, meningkatkan nafsu makan yang mungkin hilang karena mengalami sakit. Kekuatan daya pikir dapat ditingkatkan dengan konsumsi bee pollen. Kelainan kulit yang disebabkan oleh kekurangan gizi dapat diatasi dengan mengkonsumsi bee pollen.

Kurangnya daya penglihatan, masalah pada pembuluh darah yaitu penyempitan yang efeknya akan dapat menyebabkan serangan jantung. Menambah hasrat seksual, mengatasi permasalahan kurangnya gizi yang seimbang. Terpeliharanya sistem reproduksi pada pria dan wanita. Kelelahan fisik dan psikis dapat dipulihkan dengan lebih cepat. Manfaat bee pollen juga dapat mengatasi anemia atau kurang darah.

Efek Samping Bee Pollen

Meskipun banyak sekali khasiat bee pollen, namun penggunaannya harus dilakukan dengan lebih berhati-hati. Mengapa demikian? Karena ternyata ada efek samping penggunaan bee pollen bagi orang yang memiliki kondisi kesehatan tertentu. Pada kasus tertentu tubuh akan bereaksi yang membuat tubuh mengalami beberapa gangguan. Di antara gangguan tersebut adalah terganggunya proses pencernaan, lalu sensitivitas terhadap cahaya meningkat.

Bagi wanita hamil dan menyusui, ada perbedaan pendapat antara para praktisi kesehatan. Ada yang menganjurkan, ada pula yang justru menganjurkan. Bagi mereka yang sedang mengkonsumsi obat pengencer darah, lebih baik tidak mengkonsumsi bee pollen. Terjadinya pendarahan adalah resiko yang mungkin timbul bagi mereka yang mengkonsumsi bee pollen bersamaan dengan Warfarin. Warfarin adalah obat yang digunakan untuk mengatasi pengentalan darah.

Untuk tindakan lebih berhati-hati, maka sangat dianjurkan bila sedang mengkonsumsi obat jenis apapun, hindarilah mengkonsumsi bee pollen. sebaiknya konsumsi bee pollen setelah mendapat petunjuk dari dokter yang meresepkan obat. Dokter akan mempertimbangkan kondisi pasien lebih dahulu.

Luar biasa memang Allah swt telah menciptakan lebah makhluk kecil yang darinya menghasilkan manfaat yang tak pernah terbayangkan sebelumnya. Dari lebah sangat banyak menghasilkan produk-produk alam yang bermanfaat untuk kesehatan semua jenjang usia.

Nah apakah Anda berniat untuk mengambil manfaat bee pollen? Jangan lupa untuk mempertahankan kondisi kesehatan dan alergi yang mungkin timbul.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat buah anggur

11 Manfaat Buah Anggur untuk Kesehatan dan Sebagai Obat Herbal

sumbersehat.com – Manfaat buah anggur wajib diketahui. Karena anggur memiliki banyak kandungan nutrisi yang dibutuhkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *