11 Manfaat Bawang Dayak Sebagai Bahan Herbal Menjaga Kesehatan

sumbersehat.com – Manfaat bawang dayak ternyata bisa menjadi alternatif pengobatan tradisional yang aman. Bawang dayak juga dikenal dengan sebutan bawang sabrang. Tidak banyak orang tahu jika bawang dayak tidak hanya sebagai tambahan bumbu dapur, tetapi juga sebagai obat herbal.

Tanaman ini dinamakan bawang dayak karena banyak ditemukan di Kalimantan dan dibudidayakan oleh masyarakat Dayak. Lalu, apa saja khasiat bawang dayak yang baik untuk kesehatan? Simak ulasan di bawah ini!

Tentang Bawang Dayak

Bawang dayak memiliki nama latin Eleutherine palmifolia. Tanaman herbal ini berasal dari Kalimantan, Indonesia. Bawang dayak sering dimanfaatkan sebagai obat tradisional oleh masyarakat Dayak secara turun-temurun. Selain itu, bawang dayak juga mempunyai nama daerah yaitu babawangan beureum. 

Menurut hasil penelitian fitokimia, dalam bawang dayak terdapat kandungan alkaloid, glikosida, flavonoid, fenolik, kuinon, steroid, zat tanin, dan minyak atsiri. Dari semua kandungan bawang dayak dapat disimpulkan bahwa tanaman ini berpotensi dimanfaatkan sebagai tanaman obat. 

Manfaat bawang Dayak dalam dunia kesehatan sudah dibuktikan oleh masyarakat lokal untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Contohnya seperti, hipertensi, kolesterol, diabetes, batu ginjal, dan stroke. 

Dalam makanan, bawang dayak sering dijadikan sebagai olahan acar, manisan, serta campuran minuman herbal. Jika diperhatikan, bentuk bawang Dayak tidak jauh berbeda dengan bawang merah dari segi bentuknya. Yang membedakannya adalah bawang dayak sedikit terlihat lebih lonjong jika dibandingkan dengan bawang merah.

Inilah Khasiat Bawang Dayak Untuk Kesehatan

Berikut ini adalah beberapa manfaat bawang dayak yang baik untuk kesehatan, yaitu : 

1. Khasiat bawang dayak untuk mengatasi infeksi 

Dalam kandungan bawang dayak terdapat antioksidan yang bekerja secara efektif untuk menjaga kesehatan tubuh. Sifat antioksidan ini yang mampu menghambat dan mematikan pertumbuhan virus, bakteri, jamur yang menyebabkan penyakit. 

Bawang dayak terbukti dapat melawan bakteri seperti B. cereus, Shigella sp., dan P. aeruginosa. Selain itu, bawang dayak juga mempunyai sifat antimikroba yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri pada kulit. Hal ini dikarenakan pada kandungan bawang dayak terdapat aktivitas mikroba yang sama dengan antibiotik ketokonazol. 

2. Manfaat bawang dayak untuk mengatasi penuaan dini

Khasiat bawang dayak untuk kecantikan adalah dapat sebagai antiaging. Ketika memasuki usia 30 biasanya para wanita mulai mengalami penuaan dini. Kandungan antioksidan pada bawang Dayak dapat membantu membasmi radikal bebas dalam tubuh.

Radikal bebas terkenal dapat merusak sel yang menyebabkan penuaan dini. Sifat antiaging yang terdapat dalam kandungan bawang dayak digunakan sebagai bahan campuran krim wajah. Selain itu, bawang dayak juga dapat mencerahkan dan mencegah timbulnya bintik hitam pada wajah. 

3. Khasiat bawang dayak untuk mengatur kadar kolesterol 

Kadar kolesterol yang tinggi sangat rentan terhadap penyakit seperti jantung dan stroke. Dengan mengonsumsi teh bawang dayak bisa menjadi pilihan untuk pengobatan herbal. Karena salah satu manfaat Bawang Dayak dapat membantu proses penurunan kolesterol (LDL).

4. Manfaat bawang dayak untuk mencegah kanker

Bawang dayak ternyata dapat mencegah penyakit kanker karena didalamnya memiliki kandungan naphthoquinones. Kandungan bawang dayak ini yang berfungsi untuk mengurangi aktivitas dari sel Cyclin-E. Jika aktivitas sel Cyclin-E menurun maka sel-sel kanker dalam tubuh akan hancur. 

Selain itu, manfaat bawang dayak juga terkandung senyawa antioksidan tinggi yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas. Radikal bebas dikenal berbahaya bagi tubuh karena dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti kanker, jantung, dan lain-lain. 

Selain itu, kandungan antosianinnya juga yang dapat menangkal radikal bebas. Tetapi jika ingin mengonsumsi bawang dayak harus konsultasikan terlebih dahulu ke dokter. Gunanya untuk menghindari efek samping bawang dayak yang diberikan seperti kembung, gatal-gatal, dan mual. 

5. Khasiat bawang dayak untuk mengobati batu ginjal

Bawang dayak juga dapat menjadi salah satu obat herbal untuk penyakit batu ginjal. Manfaat bawang dayak ini karena di dalamnya terkandung sifat diuretik yang berfungsi untuk mengatasi penyakit batu ginjal. 

Bawang dayak dapat menurunkan pH urine dan menurunkan kadar kalsium dalam tubuh. Sifat diuretik ini yang diyakini membantu proses penghancuran batu ginjal dan mengeluarkan batu ginjal bersama dengan proses pembuangan urine. 

6. Manfaat bawang dayak untuk kesehatan jantung

Jantung koroner terjadi dimana kondisi pembuluh darah jantung yang tersumbat oleh timbunan lemak. Jantung koroner termasuk ke dalam salah satu jenis penyakit yang disebabkan oleh tingginya kadar kolesterol. Kandungan bawang dayak yang bernama folenik dapat mencegah penyakit seperti jantung koroner. 

Selain itu, bawang dayak juga memiliki kandungan afilisin yang bisa mengurangi tekanan darah yang dapat menyebabkan jantung koroner. Rutinlah mengonsumsi teh bawang dayak sebagai salah satu upaya pengobatan penyakit jantung. 

7. Khasiat bawang dayak untuk antiinflamasi

Sebagai antiinflmasi juga termasuk manfaat bawang dayak yang populer. Dalam bawang dayak terdapat sifat antiinflamasi yang dapat digunakan sebagai obat untuk mengurangi peradangan. Kandungan bawang dayak tersebut bernama flavonoid yang bertugas sebagai antiinflamasi. Flavonoid ini dapat mengobati berbagai penyakit peradangan seperti radang sendi, hepatitis, amandel, dan lain-lain. 

8  Manfaat bawang dayak untuk mengobati bisul

Tidak hanya sebagai obat dalam, ternyata bawang dayak juga bisa sebagai obat luar khususnya untuk mengobati bisul. Cara mengolah bawang dayak untuk mengobati bisul adalah dengan membuat parutan dari umbi bawang dayak. Kemudian anda tempelkan parutan tersebut di tempat yang terdapat bisul dan diamkan hingga mongering. 

9. Khasiat bawang dayak untuk mengobati diabetes mellitus

Bawang dayak memang terkenal ampuh untuk mengobati penyakit berbahaya lainnya seperti diabetes mellitus. Bahkan, manfaat bawang dayak dapat menjadi salah satu upaya untuk menekan bertambahnya penderita penyakit ini. Bawang dayak dipercaya mampu menurunkan kadar gula darah. 

Ekstrak bawang dayak dengan porsi 400 mg dapat mempengaruhi penurunan kadar glukosa dalam darah. Kandungan bawang dayak seperti alkaloid, flavonoid, glikosida, dan saponin mempunyai aktivitas hipoglikemik. Dimana hipoglikemik ini diyakini mampu menurunkan kadar gula darah. 

Jika anda atau keluarga anda ada yang menderita diabetes mellitus, maka coba mengonsumsi teh bawang dayak secara rutin. Tetapi, konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter sebelum mengonsumsinya. 

10. Manfaat bawang dayak untuk mengobati asam urat

Tidak banyak orang tahu jika bawang dayak juga dapat mengobati penyakit seperti asam urat. Cara mengolah bawang dayak untuk mengobati penyakit ini juga sangat mudah untuk dicoba. Anda hanya perlu membuat air rebusan dari umbi bawang dayak.

Pertama-tama, anda siapkan dua siung umbi bawang dayak bersama dengan tiga gelas air putih. Lalu, rebus kedua bahan tersebut hingga mendidih dan tunggu sampai air rebusan menyusut hingga tersisa satu gelas. Kemudian air rebusan bisa langsung dikonsumsi secara rutin sebagai pengobatan asam urat. 

11. Khasiat bawang dayak untuk mengobati penyakit disentri

Manfaat bawang dayak yang terakhir adalah mampu mengobati penyakit disentri. Disentri adalah salah satu jenis penyakit yang disebabkan oleh bakteri. Banyaknya kandungan senyawa kimia dalam bawang dayak mempunyai sifat efektifitas yang dapat membunuh berbagai bakteri. Ekstrak bawang disentri dapat membunuh bakteri shigella yang menjadi salah satu penyebab penyakit disentri.

Saat ini yang jual bawang dayak dengan berbagai olahan sudah banyak ditemukan di internet. Contohnya seperti dalam bentuk teh siap seduh, obat kapsul, dan minyak oles. Anda bisa memesannya sendiri melalui toko online terpercaya. Tetapi sebelum memesannya, periksa dulu apakah produk tersebut sudah lolos uji BPOM atau belum.  

Demikian informasi mengenai manfaat bawang dayak yang baik untuk kesehatan. Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi anda dan dapat membantu anda untuk selalu menjaga kesehatan. 

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat tapak liman

11 Manfaat Tapak Liman dari Mengatasi Diare sampai Kanker

sumbersehat.com - Manfaat tapak liman telah digunakan sejak lama sebagai obat herbal beragam penyakit yang sangat efektif dalam penyembuhannya. Kandungan beberapa senyawa bioaktif, bahan kimia alami dan minyak essential

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *