Luar Biasa! Ini 10 Manfaat ASI Bagi Bayi, Mama Muda Wajib Baca!

Pemberian ASI pada bayi merupakan hal yang wajib bahkan sangat disarankan oleh dokter. ASI dapat mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi dengan sangat baik. Selain dapat mencukupi kebutuhan gizi bayi, ASI juga memiliki banyak sekali manfaat. Lantas apa saja manfaat ASI bagi bayi? Jangan anggap sepele, berikut adalah manfaatnya.

1. Memberikan Gizi yang Cukup

ASI merupakan salah satu sumber gizi paling lengkap bagi bayi. Semua kebutuhan gizi bayi dapat terpenuhi dengan baik hanya dengan mengkonsumsi ASI. ASI memiliki komposisi gizi yang cukup bagi bayi dan dapat menjadi sumber makanan utama bayi selama usia minimal 1 tahun.

Salah cairan penting yang terdapat pada ASI adalah kolostrum. Kolostrum ini merupakan cairan pertama yang sangat penting bagi pencernaan bayi ketika  lahir. Bayi yang baru lahir tidak memiliki pencernaan yang baik. Dengan kolostrum maka pencernaan bayi akan berkembang dengan baik.

2. Dapat Meningkatkan Kecerdasan Bayi

Beberapa hasil penelitian membuktikan bahwa ASI yang diberikan seorang ibu kepada anaknya, memiliki implikasi yang sangat tinggi terhadap kecerdasan anak. Salah satunya dibuktikan oleh Journal Of Koreal Midical Science yang menunjukkan bahwa anak diberikan ASI oleh ibunya memiliki tingkat kecerdasan yang lebih tinggi ketimbang anak yang tanpa ASI.

Menurut IDAI atau Ikatan Dokter Anak Indonesia mengungkapkan bahwa ASI dapat mempengaruhi tingkat intelektual seorang anak di masa depan. Sedangkan untuk waktu pemberian ASI minimal adalah  9 bulan.

3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Bayi

Selain dapat meningkatkan kecerdasan dan intelektual, ASI juga  memiliki manfaat lain yang luar biasa, yaitu dapat memperkokoh imunitas bayi. Bayi yang diberikan ASI  oleh ibunya akan memiliki imun yang lebih kuat dan kebal terhadap beragam jenis serangan virus dan bakteri.

Bukan tanpa sebab, ASI memiliki banyak zat yang membuatnya bagus untuk antibodi bayi. Beberapa zat yang terkandung dalam ASI diantaranya seperti sel darah putih, immunoglubulin A dan juga kolostrum.

4. Menurunkan Risiko Penyakit

Salah satu satu manfaat ASI bagi bayi adalah dapat menurunkan risiko penyakit pada bayi. ASI memiliki antibodi yang cukup yang dapat memproteksi tubuh bayi dari beragam jenis serangan virus yang bisa membahayakan tubuhnya. Menurut hasil penelitian, bayi yang diberikan ASI akan memiliki tingkat kekebalan tubuh 2 kali lebih tinggi ketimbang bayi tanpa ASI.

Selai itu, ASI juga dapat menstrerialisasikan sistem pencernaan bayi dengan sangat baik. Dengan sistem pencernaan yang baik maka tubuh bayi akan terawat dengan baik dan terhindar dari banyak risiko penyakit yang dapat membahayakan tubuhnya.

5. Menurunkan Risiko Obesitas

Manfaat ASI bagi bayi ternyata dapat mencegah terjadinya obesitas atau berat badan berlebih pada bayi. ASI dapat mengontrol jumlah lemak dalam tubuh bayi.  Hal ini dikarenakan  oleh perkembangan bakteri yang terdapat pada usus bayi.

Jumlah bakteri pada usus seorang bayi yang mendapatkan asupan ASI yang lebih banyak akan mampu mempengaruhi proses penyimpanan lemak dalam tubuh bayi. Sehingga berat badan bayi akan terjaga dan membuatnya memiliki berat badan ideal.

6. Lebih Praktis dan Ekonomis

ASI merupakan salah satu anugerah tuhan yang diberikan pada wanita yang diperuntukkan bagi makanan bayi. Ini diberikan secara gratis, ketimbang  anda membeli susu formula yang belum tentu bagus dan cocok untuk bayi, lebih baik anda berikan ASI yang sudah jelas standar gizi dan kualitasnya.

Anda bisa menghemat budget dan alokasi dana untuk kebutuhan bayi yang lainnya. Selain itu, ASI juga terbilang lebih praktis dan lebih mudah. Bisa diberikan dimana saja dengan lebih mudah. Secara ekonomi, Manfaat ASI bagi bayi terbilang lebih ekonomis.

7. Meningkatkan  Berat Badan Bayi

Manfaat ASI bagi bayi adalah sumber makanan utama saat lahir.  Sebagai sumber makanan, ASI dapat meningkatkan berat bayi dengan baik. Dengan pemberian ASI dalam porsi yang pas maka dapat dengan baik meningkatkan berat badan bayi.

8. Menjadi Vaksin Alami Bayi

Dalam ASI terkandung beragam zat antibodi yang memiliki banyak sekali manfaat bagi bayi, salah satunya sebagai vaksin. Bayi yang diberikan ASI akan memiliki kekebalan tubuh lebih baik ketimbang bayi yang tidak diberikan ASI.

Manfaat ASI bagi bayi dapat menjadi vaksin alami. Tanpa menggunakan obat atau vaksin tambahan bayi akan memiliki tingkat imunitas yang jauh lebih baik dan jauh lebih tinggi.

9. Mempercepat Proses Pertumbuhan Tulang

Dengan beragam jenis protein dan gizi yang  terkandung di dalam ASI, akan berperan penting dalam pertumbuhan bayi. Bahkan menurut beberapa hasil studi kesehatan menunjukkan bahwa ASI ternyata juga berperan aktif dalam proses pertumbuhan tulang. Bayi yang mendapatkan asupan ASI yang cukup proses pertumbuhan tulangnya akan lebih cepat.

Hal ini dibuktikan oleh beberapa hasil penelitian dunia medis. Membuktikan bahwa anak yang disusui dalam waktu yang lebih lama akan memiliki pertumbuhan tulang yang lebih cepat ketimbang yang lebih sedikit.

10. Menjaga Pencernaan

Saat pertama dilahirkan, bayi tidak memiliki pencernaan yang bagus. ASI adalah salah satu jenis makanan yang bagus sekali diberikan kepada bayi. Selain bisa menjadi sumber makanan, ASI juga lebih mudah dicerna oleh sistem pencernaan dalam usus bayi.

Disamping itu, ASI juga dapat memperbaiki sistem kerja pencernaan bayi dengan sangat baik. Pada akhirnya bayi akan memiliki pencernaan yang bagus. Manfaat ASI bagi bayi ini memang tidak bisa diremehkan sama sekali.

11. Terhindari Dari Alergi

Manfaat asi bagi bayi lainnya adalah bisa terhindar dari alergi. ASI bisa menjadi vaksin alami yang sangat baik bagi kesehatan  pencernaan. ASI merupakan makanan yang paling cocok dan sesuai karena berasal dari ibunya yang memiliki struktur DNA yang sama.  Sehingga hal ini dapat meminimalisir terjadinya alergi pada bayi yang baru dilahirkan.  Sedangkan beragam jenis susu formula di luar sana memiliki komponen yang berbeda yang belum tentu cocok dengan bayi.

Asi adalah jenis makanan utama yang paling bagus dan paling cocok bagi balita. Mereka tidak akan kesulitan beradaptasi dengan asi dari ibunya. Asi memang merupakan jenis makanan yang sudah disiapkan tuhan bagi bayi. Bayi tidak akan mengalami masalah berarti saat mereka konsumsi asi. Sebaliknya, mereka sangat membutuhkannya.

12. Meminimalisir Risiko Diabetes Saat Dewasa

Salah satu fakta mengejutkan, diabetes ternyata dapat diatasi sejak anak masih bayi yaitu dengan cara memberikannya ASI eksklusif. ASI dapat meningkatkan kualitas hidup si bayi di masa yang akan datang. ASI  akan menjadi pondasi tubuhnya untuk siap menerima beragam jenis zat dan materi lain ke dalam tubuhnya.

ASI dapat menjadi tembok kokoh bagi pertahanan bayi saat ia menginjak dewasa. ASI akan jadi makanan super lengkap bagi bekal si bayi ketika ia tumbuh. Bayi yang konsumsi ASI akan memiliki antibodi yang lebih kuat, termasuk terhindar dari risiko diabetes.

Manfaat ASI pada bagi bayi ini sangat luar biasa sekali. Bukan hanya dapat menjaga kelangsungan hidupnya selama kecil, melainkan juga dapat menentukan ia ketika dewasa kelak. Maka dari itu, cukupi kebutuhan ASI saat bayi agar bisa meminimalisir risiko saat ia dewasa.

About Hallokim.com

Jasa Penulis Artikel Murah Bandung | Jl. Caringin, Gg. Lumbung 2 No.9, RT.003/RW.003, Babakan Ciparay, Kec. Babakan Ciparay, Kota Bandung, Jawa Barat 40223 | cs@hallokim.com

Check Also

olahraga sehat pagi hari

7 Daftar Olahraga Sehat Pagi Hari Untuk Usia 50 Tahun ke Atas

7 Daftar Olahraga Sehat Pagi Hari Untuk Usia 50 Tahun ke Atas – Menimbang apa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *