9 Manfaat Akar Bajakah untuk Kesehatan, Cara Pengolahan dan Efek Sampingnya

sumbersehat.com – Manfaat akar bajakah sejak turun-temurun sebagai salah satu obat tradisional memang belum banyak dikenal masyarakat Indonesia. Namun, akar bajakah sempat disebut sebagai obat yang mampu menyembuhkan virus Covid-19. Beberapa penelitian pun diadakan untuk mendalami kandungan dari tanaman bajakah. Di samping itu, tanaman bajakah telah menjadi obat tradisional nomor satu di sebuah daerah Indonesia.

Kalimantan adalah daerah asal dari tumbuhan satu ini. Berbagai suku di Kalimantan sepertinya telah mengenal bajakah sebagai obat tradisional yang mujarab dan terbukti mampu menyembuhkan berbagai penyakit. Sehingga berbagai pihak beranggapan bahwa bajakah juga mampu mengatasi virus Covid-19. Tumbuhan ini juga diyakini memiliki berbagai khasiat, berikut ulasan singkatnya!

manfaat akar bajakah
manfaat akar bajakah

Inilah Manfaat Akar Bajakah untuk Kesehatan

Adapun manfaat akar bajakah untuk kesehatan dan kecantikan adalah :

1. Khasiat akar bajakah untuk mengatasi kanker payudara

Bajakah adalah salah satu tumbuhan yang dapat diolah sebagai obat alternatif untuk mengatasi kanker payudara. Sebuah studi mengungkapkan bahwa akar bajakah tidak hanya mengobati kanker payudara, melainkan juga beberapa jenis kanker seperti serviks. Di luar itu, efektivitas akar bajakah dalam mengatasi kanker payudara sudah dikenal masyarakat di berbagai daerah. Hal inilah yang membuat nama bajakah kiat mencuat sebagai salah satu obat tradisional penyembuh kanker.

2. Manfaat akar bajakah untuk meningkatkan imunitas tubuh

Khasiat akar bajakah yang kedua adalah meningkatkan imunitas tubuh. Meski saat ini penelitian mengenai khasiat tumbuhan herbal ini sebagai obat bagi Covid-19 memang belum terbukti benar, namun nyatanya manfaat tanaman bajakah sudah terlanjur populer dan banyak orang yang ingin segera mengonsumsinya.

3. Khasiat akar bajakah sebagai antioksidan

Akar bajakah juga memiliki kandungan untuk menghalau bakteri masuk ke dalam tubuh. Hal ini dikarenakan kandungan antioksidan dalam akar bajakah cukup tinggi. Diketahui, sebanyak 60% dari total kandungan bajakah adalah antioksidan. Lebih lanjut, tanaman ini juga mampu mengurangi peradangan yang diakibatkan oleh jerawat.

4. Manfaat akar bajakah untuk menghaluskan kulit

Selanjutnya, khasiat akar bajakah bisa ditemui melalui produk perawatan kulit, biasanya terkandung di dalam beberapa masker alami atau masker bubuk yang memiliki fungsi untuk menghaluskan kulit. Perlu diingat, bila anda menggunakan akar bajakah sebagai bahan dasar menghaluskan kulit, pastikan bahwa kondisi kulit anda adalah tipe kulit normal. Akar bajakah tidak dianjurkan untuk diaplikasikan pada kulit wajah yang sensitif karena beresiko menimbulkan dampak seperti iritasi ataupun kemerahan.

5. Khasiat akar bajakah sebagai obat alami menyembuhkan luka

Masyarakat Kalimantan mengenal akar bajakah sebagai penyembuh luka luar. Manfaat akar bajakah yang satu ini tak hanya berfungsi bagi luka luar akibat jatuh, melainkan juga beberapa luka yang diakibatkan dari api. Luka bakar yang ringan cenderung dapat diatasi oleh akar bajakah karena kandungan antibakteri di dalamnya maupun membantu pembentukan sel-sel kulit epidermis. Sehingga tak ayal anda akan menemukan beberapa masyarakat Kalimantan yang menggunakan akar bajakah untuk mengobati luka luar terutama pada anak-anak mereka.

6. Manfaat akar bajakah untuk menurunkan demam

Demam yang tinggi perlu diwaspadai karena seringkali menimbulkan beberapa komplikasi seperti pusing atau muntah. Salah satu manfaat akar bajakah adalah menurunkan demam secara efektif karena kandungan flavonoid di dalamnya. Anda bisa mengonsumsi akar bajakah untuk menurunkan demam dengan segera.

7. Khasiat akar bajakah untuk melancarkan pencernaan

Terutama anak-anak yang kesulitan untuk makan dapat diatasi dengan mengonsumsi teh atau kapsul dari akar bajakah. Manfaat akar bajakah ini juga bisa diterapkan pada orang dewasa karena ampuh membersihkan usus sekaligus menambah nafsu makan. Cara mengonsumsinya pun terbilang mudah, anda cukup menyeduh serbuk daun bajakan sebagai minuman sebelum makan malam maupun sarapan.

8. Manfaat akar bajakah untuk mengontrol berat badan

Akar bajakah yang direbus dan diminum sehari 2 kali membantu untuk mengeluarkan berbagai racun dalam tubuh, terlebih kalori atau lemak jahat yang seringkali tertimbun sehingga menghasilkan lemak pada tubuh anda. Hal ini sangat cocok dikonsumsi khususnya kaum hawa yang sedang berjuang mengontrol berat tubuh untuk menunjang kepercayaan diri anda.

9. Khasiat akar bajakah untuk mengurangi efek penuaan dini

Selain membantu peradangan pada wajah berjerawat, tanaman bajakah juga dapat mengurangi penuaan dini pada wajah, khususnya bagi anda yang memiliki kerutan maupun flek hitam. Anda dapat menggunakan berbagai cara untuk merasakan manfaat yang satu ini. Di antaranya adalah dengan cara mengonsumsi kapsul akar bajakah, mencampurkan serbuk akar bajakah pada masker, sampai meminum seduhan akar bajakah. Manfaat akar bajakah ini bahkan sudah kerap digunakan wanita-wanita di Kalimantan.

Cara Mengolah Daun Bajakah

Tak hanya berbicara mengenai sejuta khasiat akar bajakah, anda juga perlu mengetahui cara mengolah akar bajakah yang bisa anda buat di rumah dengan cara yang sederhana. Berikut adalah beberapa langkah-langkah yang bisa anda ikuti:

  • Bersihkan daun bajakah, kayu, maupun akarnya.
  • Untuk daun, anda cukup membersihkannya di bawah air mengalir. Sementara batang dan akar bajakah dapat anda potong menjadi bagian yang tipis satu sama lain.
  • Setelahnya, rendam masing-masing bagian tumbuhan bajakah selama kurang lebih 30 menit.
  • Setelah direndam, maka jemur akar, daun, dan batang bajakah di bawah sinar matahari selama 2-3 hari. Pastikan setiap bagian tubuh bajakah benar-benar kering.
  • Setelah kering, anda cukup menumbuk akar, daun, dan batang bajakah sampai benar-benar halus.
  • Kemudian, untuk mempermudah cara konsumsinya, anda dapat memasukkan serbuk bajakah ke dalam kantong teh atau kapsul.
  • Selesai, anda tinggal mengonsumsi teh atau kapsul bajakah.

Di atas adalah cara mengolah bajakah untuk konsumsi jangka panjang, apabila anda ingin mengonsumsi akar atau daun bajakah yang masih fresh, cara yang dapat dilakukan adalah merebus akar atau daun bajakah dan mengonsumsi air sisa rebusannya. Air rebusan akar bajakah juga efektif meredakan diare pada orang dewasa maupun anak-anak.

Efek Samping Akar Bajakah

Terdapat beberapa efek samping yang ditimbulkan pada tubuh bila anda salah mengolah atau mengaplikasikan akae bajakah. Di antaranya:
Ruam kemerahan pada kulit. Efek samping akar bajakah ini dapat muncul bila anda menggunakan tanaman bajakah sebagai masker di kulit wajah yang bertipe sensitif.

Peradangan kulit. Meski anda bisa menggunakan manfaat akar bajakah sebagai obat alami untuk jerawat, ternyata akar bajakah juga bisa menimbulkan peradangan yang lebih parah di wajah yang memiliki jerawat fungal. Sehingga anda tidak dianjurkan untuk langsung mengaplikasikan masker akar bajakah secara berlebihan di seluruh wajah anda. Selain itu, akar bajakah yang dikonsumsi berlebihan juga bisa menimbulkan efek samping seperti mual-mual atau demam, apalagi bila yang anda konsumsi adalah akar bajakah yang tidak asli alias imitasi.

Hal ini dikarenakan maraknya akar bajakah sebagai obat anti-kanker, maka berbondong-bondong orang menjual belikan serbuk sampai akar kering bajakah yang palsu, yang sudah jelas sangat berbahaya bagi tubuh manusia karena dapat menimbulkan disfungsi organ terutama bila tidak ditangani dengan tepat dan cepat. Sehingga anda dianjurkan untuk membeli serbuk, kapsul, atau kayu bajakah kering di tempat yang benar-benar legal dan memiliki cap asli dari BPOM.

Nah, di atas adalah beberapa manfaat daun bajakah dan berbagai jenis pengolahan sampai efek samping yang perlu anda perhatikan. Demi keamanan kesehatan, pastikan bahwa setiap obat, entah itu tradisional atau secara medis yang anda konsumsi benar-benar memiliki cap BPOM atau diperjualbelikan secara legal, ya.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat rumput mutiara

10 Manfaat Rumput Mutiara untuk Kesehatan dan Cara Pengolahannya yang Mudah

sumbersehat.com - Manfaat rumput mutiara tak hanya sebagai obat tradisional yang dipercaya mampu mengobati kanker. Khasiat lain yang tak kalah jitu adalah kandungan kimia rumput mutiara yang juga mampu mengobati penyakit ringan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *