5 Manfaat Air Gula Pasir Untuk Maag yang Masih Jarang Banget Orang Tahu

Gula pasir merupakan salah satu jenis bahan makanan yang sering kali digunakan sebagai bumbu dapur atau pemanis makanan. Namun tahukah kamu bahwa gula pasit juga memiliki manfaat lain yang sangat bagus bagi maag lho. Apa saja manfaat air gula pasir untuk maag?

Maag merupakan suata perasaan tidak nyaman atau nyeri di bagian lambung yang bisa disebabkan oleh suatu kondisi tertentu. Maag atau dyspepsia bisa disebabkan karenan terjadinya luka pada bagian lapisan lambung atau biasa dibilang sebagai tukak lambung. Secara umum maag itu sendiri terjadi akibat adanya infeksi bakteri Helicobacter pylori, stress, dan efek samping akibat dari konsumsi seseorang terhadap obat anti inflamasi nonsteroid.

Maag yang dialami oleh seseorang harus segera diobati, jika tidak maka akan menimbulkan perasaan yang kurang nyaman ketika beraktivitas. Selain dapat diobati menggunakan obat medis, maag juga bisa diobati menggunakan bahan alami atau bahan-bahan rumahan. Salah satu contohnya air gula pasir. Berikut manfaat air gula pasir untuk maag.

Penyebab maag dan gejalanya

Sebelum lebih jauh mengetahui tentang manfaat air gula pasir untuk maag, mari kita bersama-sama mengetahui penyebab dan gejala maag.

1. Penyebab maag

Sebelum berlanjut, ketahuilah bagaimana cara kerja lambung saat mencerna makanan. Nah ketika kamu mengkonsumsi makanan, maka makanan tersebut masuk ke lambung dan dicerna dengan proses kimiawi. Ketika proses ini berlangsung membutuhkan bantuan dari enzim pepsin dan renin yang kemudian dicampurkan dengan asam lambung atau HCL.

Disaat proses ini berlangsung dan terjadi gangguan, maka mokusa akan mengalami kerusakan yang dapat menimbulkan perasaan nyeri atau sakit. Ketika gangguan ini tidak mampu diatasi dan terjadi secara terus menerus, maka asam lambung akan memecah mokusa dan mengakibatkan terjadi iritasi atau peradangan. Keadaan inilah yang menyebabkan maag terjadi pada seseorang. Rasa nyeri yang timbul pada penderita maag akut disebabkan oleh keadaan asam lambung yang bersentuhan dengan lapisan pada mukosa. Dengan demikian mampu mengakibatkan kepekaan yang tinggi pada ujung-ujung saraf terhadap rasa nyeri.

2. Gejala maag

Gejala yang biasa dialami oleh seseorang jika orang tersebut sudah menghidap maag adalah sebagai berikut:

  • Cepat merasa kenyang dan rasa kenyang tersebut terjadi berkepanjangan setelah makan
  • Sering bersendawa
  • Terjadinya kembung pada bagian perut bagian atas
  • Sering mual
  • Nyeri pada ulu ati dan nyeri pada bagian tengah dada yang terjadi ketika atau setelah makan
  • Rasa panas pada bagian perut bagian atas

Manfaat air gula pasir untuk maag

Ketika kamu sudah mengalami maag, pengobatan dengan air gula pasir bisa diandalkan untuk mengurangi perasaan yang kurang nyaman yang ditimbulkan oleh maag. Dengan cara ini, setidaknya kamu bisa kembali secara normal dalam melaksanakan aktivitas.

1. Mampu mencegah keadaan naiknya asam lambung

Mereka yang sudah mengalami gangguan maag pasti akan lebih sering mangalami kondisi asam lambung yang naik secara tiba-tiba. Naiknya asam lambung ini hingga terjadi pada tingkat esophagus yang mana suatu tanggapan tinggi terhadap produksi asam lambung di lambung. Dari keadaan ini mampu mengakibatkan beberapa permasalahn lainnya, seperti terjadinya iritasi hingga kerusakan pada otot-otot lambung.

Nah, salah satu manfaat air gula pasir untuk maag di sini adalah untuk mengatasi keadaan lonjakan asam lambung agar tidak terjadi masalah lain yang lebih berbahaya lagi bagi kesehatan. Cara penggunaannya pun sangat mudah. Kamu hanya tinggal mencampurkan gula pada air biasa dan menganduknya hingga merata. Kemudian di minum.

2. Memberikan efek kenyamanan pada lambung

Bagi penderita maag atau penyakit lainnya yang berkaitan pada masalah lambung, tentu akan merasakan perasaan yang kurang nyaman ketika permasalahan tersebut kembali kambuh. Hingga bisa mengakibatkan si penderita sulit untuk melakukan aktivitasnya kembali.

Oleh karena seperti itu, dengan jalan meminum air gula pasir maka perasaan yang kurang nyaman itu mampu teratasi dan bisa kembali pulih ke keadaan yang normal seperti sedia kala lagi.

3. Memiliki manfaat untuk mengatasi keadaaan gastroenteritis

Gastoentritis merupakan suatu keadaan masalah yang terjadi pada lambung seseorang, yang di mana masalah tersebut terjadi akibat adanya infeksi virus ataupun bakteri. Jika seseorang telah mengalami masalah kesehatan gastoentritis, maka orang tersebut akan lebih sering mengali lesu, lemas, dan tak bergairah ketika hendak melakukan aktivitas. Oleh karenanya, masalah ini harus bisa segera di atasi. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka seorang penderita bisa dengan meminum air gula pasir agar dapat memulihkan keadaan kembali. Air gula di sini tidak berperan dalam mengatasi infeksinya, melainkan memiliki peran untuk menghambat atau mencegah kemungkinan gejala yang akan ditimbulkan dari masalah tersebut.

4. Mengurangi rasa mual

Manfaat air gula pasir untuk maag selanjutnya adalah mampu membantu mengurangi rasa mual pada penderita. Mual sudah menjadi perasaan yang biasa yang dialami oleh mereka yang mengalami maag. Tentu ini sangat menggagu aktivitas hariannya.

Untuk mengurangi perasaan mual itu, maka meminum air gula bisa menjadi alternativenya. Apalagi air gula yang masih dalam kondisi hangat. Sebab, rasa pada air gula pasir ini mampu mengatasi rasa mual selanjutnya yang lebih parah lagi yang mana bisa mengakibatkan kerusakan lambung yang lebih serius.

5. Membantu kembali memulihkan energi dalam tubuh

Kondisi energi dalam tubuh yang fit, mampu mengatasi berbagai kemungkinan masalah yang terjadi. Salah satunya maag. Dengan meminum air gula, mampu mengembalikan keadaan tubuh yang lebih fit atau segar kembali. Ini karena air gula merupakan sumber energi bagi tubuh yang sangat mudah dan sangat cepat untuk diserap oleh tubuh.

Jadi, jika tubuh seseorang telah fit, maka segala bentuk gangguan atau masalah yang menimbulkan perasaan kurang enak pada diri seseorang mampu di atasi. Termasuk maag.

Cara mencegah maag

Suatu masalah  kesehatan yang terjadi pada tubuh seseorang tentu ada penyebabnya. Dan penyebab-penyebab ini tentu saja ada cara mencegahnya. Lebih baik rasanya jika mencegah terlebih dahulu sebelum masalah itu terjadi dalam diri kamu. Nah berikut cara mencegah maag yang bisa kamu lakukan

1. Makan tepat waktu

Usahakanlah disetiap harinya kamu makan tepat waktu. Jangan biarkan tubuh merasa lapar yang lama. Dengan makan tepat waktu sudah mampu membantumu dalam mencegah naiknya asam lambung.

2. Jangan minum alkohol

Meminum alkohol akan memicu memperlambatnya penyembuhan sakit maag. Dan juga mampu membuat kematian sel-sel tertentu pada lambung. Jika kamu ingin maag-nya cepat sembuh atau tidak ingin memiliki sakit maag, sebaiknya untuk tidak mengkonsumsi minuman beralkohol.

3. Minum air yang direbus

Biasakan diri untuk selalu merubus air dan meminum air yang sudah direbus. Karena air yang tidak direbus kemudian diminum mampu memicu mudahnya bakteri yang masuk ke dalam tubuh, terutama ke organ pencernaan. Dengan masuknya bakteri ke tubuh, akan mempermudah terjadinya gangguan kesehatan. Salah satunya maag.

4. Cuci sayuran dan buah

Sebelum mengkonsumsi sayuran atau buah, biasakan diri untuk mencucinya terlebih dahulu. Memang terlihat sepele, namun ini memiliki peran yang penting untuk mencegah dirimu dari gangguan yang namanya maag.

Nah itulah 5 manfaat air gula pasir untuk maag. Lengkap juga dengan penyebab, gejala, serta cara mengatasi maag. Jika kamu meminum gula pasir untuk mengatasi maag, sebisa mungkin untuk tidak terlalu banyak dalam menggunakan gula. Apabila kamu memiliki penyakit diabetes, dengan berlebihannya meminum air gula pasir ini mampu memperburuk kesehatanmu sendiri.

About Hallokim.com

Jasa Penulis Artikel Murah Bandung | Jl. Caringin, Gg. Lumbung 2 No.9, RT.003/RW.003, Babakan Ciparay, Kec. Babakan Ciparay, Kota Bandung, Jawa Barat 40223 | cs@hallokim.com

Check Also

cara minum buah zuriat untuk promil

Mau Tahu Cara Minum Buah Zuriat untuk Promil? Simak Yuk!

sumbersehat.com – Cara minum buah zuriat untuk promil, menarik untuk dibahas. Karena buah yang hidup

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *