13 Manfaat Adas Bagi Kesehatan, Nomer 3 Penting Diketahui!

By

Sumbersehat.com – Manfaat adas untuk kesehatan, sangatlah besar. Tidak hanya bisa mengatasi gangguan kecil pada tubuh saja, melainkan pula bisa membantu pengobatan masalah kesehatan tubuh berat.

Adas memiliki nama latin Foeniculum vulgare Miller dan telah digunakan sejak lama sebagai bumbu masakan sekaligus tanaman herba. Namun, tahukah anda bahwa tumbuhan ini ternyata bisa melindungi tubuh dari penyakit? Ada banyak manfaat tanaman adas untuk kesehatan yang sayang jika dilewatkan, berikut ulasannya!

Inilah Manfaat Adas untuk Kesehatan yang Harus Diketahui

Supaya lebih meyakinkan anda untuk rajin mengonsumsi adas, berikut 6 manfaat adas yang perlu anda tahu, meliputi:

Membantu meningkatkan sistem imun tubuh

Manfaat tanaman adas yang pertama adalah meningkatkan sistem imun tubuh. Di dalam adas terdapat kandungan vitamin C, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2 dan masih banyak lagi. Kandungan vitamin kompleks inilah yang dapat membantu menjaga vitalitas tubuh anda.

Selain mengandung vitamin, adas juga memiliki kandungan zat selenium dan antioksidan. Kedua zat tersebut berperan dalam proses menghilangkan zat asing yang dapat menjadi cikal bakal penyakit.

Baca juga : 25 Manfaat Serai Bagi Kesehatan, Nomer 4 Paling Berarti!

Melawan peradangan dan mencegah terjadinya infeksi

Jika anda mengalami nyeri yang disebabkan akibat peradangan atau infeksi, maka anda bisa menjajal manfaat adas. Hal ini karena terdapat zat antiinflamasi pada adas. Tak hanya itu, ada pula zat yang mampu mencegah reaksi peradangan atau alergi.

Ditambah lagi, adas ternyata juga memiliki kandungan zat yang bersifat antibakteri, lho. Oleh karena itu, tanaman adas dinilai ampuh melawan serangan bakteri seperti E. Coli maupun salmonella.

Memelihara kesehatan jantung

Ini penting sekali bagi kesehatan kita secara keseluruhan karena manfaat tanaman adas dapat memelihara kesehatan jantung. Jangan salah, adas mengandung berbagai macam zat seperti pridoksi, serat, kalium, dan vitamin C yang dapat menjaga jantung.

Selain itu, adas juga mengandung vitamin B, sehingga manfaat adas juga mencakup mencegah kerusakan pada pembuluh darah.

Mengatasi gangguan pada sistem pencernaan

Jika anda sering mengalami gangguan pencernaan seperti sakit perut, mual, muntah, dan sembelit, maka anda bisa mencoba manfaat biji adas. Cara mengambil manfaat adas adalah dengan memakan bijinya langsung atau diseduh terlebih dahulu dengan air panas.

Kandungan minyak esensial pada biji adas juga mampu membantu pembentukan enzim-enzim baru pada pencernaan anda. Enzim ini bertugas membantu penyerapan nutrisi makanan di lambung ke dalam tubuh.

Menormalkan tekanan darah

Seperti yang diulas di atas, bahwa adas bisa menyehatkan pembuluh darah, itu berarti manfaat tanaman adas dapat mengatasi hipertensi. Itu karena tanaman adas mengandung potasium. Potasium ini dapat memaksimalkan kinerja pembuluh darah, sehingga membuat tekanan darah agar tetap normal.

Cara mendapatkan khasiat adas adalah dengan mengonsumsi air rebusan adas secara rutin. Dengan begitu, anda akan terhindar dari risiko tekanan darah tinggi. Atau jika anda penderita hipertensi, konsumsi adas secara teratur bisa menurunkan tekanan darah anda.

Memperlancar produksi ASI

Nah, manfaat adas yang ini akan berguna bagi para ibu yang sedang menyusui. Apabila produksi ASI kurang, anda bisa mengatasinya dengan mengonsumsi adas. Orang jaman dulu menggunakan tanaman adas untuk membantu ibu menyusui memperlancar dan memperbanyak ASI.

Baca juga : 25 Manfaat Jahe Bagi Kesehatan Wanita dan Pria, Jangan Abaikan!

Untuk memperoleh khasiat adas, anda bisa menyeduh adas dengan air panas. Selain itu, anda juga bisa menggunakannya sebagai bumbu masakan atau menjadikannya campuran sayur.

Anda bisa memadukan manfaat adas dengan pengobatan dokter jika ingin sembuh dari beberapa penyakit. Sehingga, anda mendapatkan kesembuhan lebih cepat. Tak hanya di atas saja, tapi masih banyak manfaat tanaman ada selanjutnya, yaitu:

  • Menjaga kesehatan mata
  • Menjaga kesehatan dan kesegaran kulit
  • Membantu mengobati biduran
  • Meningkatkan kesehatan mata
  • Meredakan gangguan menstruasi
  • Mencegah dan menghambat pertumbuhan sel kanker
  • Bisa membantu mengatasi keluhan saat menopause

Manfaat tanaman adas untuk kesehatan itu tak lepas dari kandungan nutrisinya yang meliputi karbohidrat komplek, serat dan protein. Bahkan juga mengandung beragam vitamin seperti vitamin A, vitamin B, Vitamin C hingga vitamin K. Selain itu, juga mengandung berbagai mineral dari zat besi, kalisum, mangan sampai magnesium.

Semoga informasi manfaat adas bagi kesehatan ini bisa bermanfaat bagi anda, keluarga dan orang-orang di sekitar anda. Dapatkan infomasi kesehatan lain yang anda butuhkan di Sumber Sehat.

Tinggalkan komentar