9 Manfaat Adas Untuk Kesehatan Tubuh, Bisa untuk Penyakit Parah Lho..

sumbersehat – Manfaat adas untuk kesehatan pasti sudah banyak yang tahu ya. Adas yang biasa dibuat lalapan dan sayur ini adalah tanaman sejuta manfaat yang tumbuh subur di daerah yang dingin. Karena karakteristiknya itulah, maka tanaman adas ini banyak dijumpai di daerah pegunungan.

Namun dengan perkembangan transportasi, tanaman adas sudah bisa dijumpai di perkotaan meski cuacanya panas. Bahkan tanaman adas, terutama bagian daunnya juga sudah dipasarkan secara online lho. Tapi tidak sedikit juga orang yang belum pernah makan, bahkan melihat bentuk dari daun adas ini.

Manfaat adas untuk kesehatan

Inilah Manfaat Adas Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Nama latin dari adas adalah foeniculum vulgare mill. Nah bagi yang belum tahu tanaman adas dan manfaatnya, wajib sekali membaca ulasan adas ini ya. Karena nih, selain bisa dimasak menjadi beragam aneka macam masakan, banyak juga manfaat adas untuk kesehatan yang orang belum tahu. Berikut beberapa kegunaan adas bagi kesehatan tubuh manusia yang harus Anda ketahui.

Manfaat Adas Untuk Kesehatan Sebagai Sumber Antioksidan Alami Bagi Tubuh

Tanaman adas adalah tanaman yang masuk ke dalam tanaman jenis rempah obat-obatan. Adas ini baunya memang sedikit wengur dan memiliki rasa manis sedikit dan pedas semriwing. Dengan aroma dan rasanya yang cenderung segar itulah adas sering dijadikan lalapan. Namun banyak orang yang sudah memodifikasikan adas ini menjadi aneka masakan.

Di daerah Jawa, tanaman adas ini banyak dimanfaatkan sebagai jamu sekaligus obat herbal tradisional. Sekarang ini biji adas juga dimanfaatkan untuk dijadikan minyak telon dan minyak aroma terapi. Ternyata tanaman ini memiliki banyak nutrisi yang bagus untuk memperlancar produksi ASI.

Zat yang terkandung dalam tanaman adas merupakan senyawa aktif dengan sifat antioksidan. Seperti yang sudah Anda ketahui antioksidan mempunyai peran dalam menangkal penyakit. Manfaat adas untuk kesehatan mampu membantu tubuh menjadi lebih sehat. Adas juga merupakan sumber nutrisi alami, karena adas mengandung banyak serat dan protein.

Adas juga banyak mengandung bermacam-macam vitamin, seperti vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C serta vitamin K. Kandungan lain pada tanaman adas adalah mineral,kalsium, kalium, mangan, magnesium dan juga zat besi. Oleh karena itu daun adas ini dikategorikan menjadi salah satu sayuran berkalori rendah.

Manfaat Adas Untuk Kesehatan Jantung

Manfaat adas untuk kesehatan jantung didapat dari kandungan antioksidan, serat dan juga kalium di dalamnya. Zat-zat tersebut sangat bagus untuk menjaga kesehatan jantung. Yang dapat menyebakan penyakit jantung adalah kadar kolesterol yang tinggi di dalam darah. Serat yang berada dalam adas dapat membantu mengontrol kolesterol dan risiko penyakit jantung dapat dihindari.

Memperbanyak Produksi ASI

Bagi Ibu menyusui, agar produksi ASI menjadi lancar, perbanyak makan daun adas ya. Karena di dalam daun adas terkandung galactagogue. Zat ini merupakan salah satu zat yang mampu merangsang hormon prolaktin untuk memproduksi ASI lebih banyak. Senyawa lain yang terkandung dalam daun adas adalah fitoestrogen.

Fitoestrogen ini fungsinya mirip dengan hormon estrogen yaitu mendukung produksi ASI menjadi lebih lancar. Dengan bantuan dua senyawa tersebut dijamin ASI Anda akan luber dan membuat bayi kenyang. Masyarakat Jawa sejak turun temurun telah mewariskan manfaat adas pulosari bagi Ibu setelah melahirkan. Daunnya dijadikan urap dan bijinya dicampur kunyit dan jahe dijadikan tapel.

Dapat Membantu Mencegah Penyakit Kanker

Manfaat adas untuk kesehatan yang lain adalah dapat mencegah timbulnya penyakit kanker terutama kanker usus dan kanker payudara. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil penelitian, bahwa ternyata adas mengandung senyawa antikanker yang disebut dengan anethole. Zat anethole terbukti dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Efektivitas dan efek sampingnya masih terus diteliti lebih lanjut.

Membantu Meredakan Nyeri Haid

Adas mempunyai manfaat sebagai antinyeri. Manfaat adas untuk kesehatan sejak lama sudah dipakai sebagai jamu tradisional dalam meredakan keluhan saat datang bulan. Dengan mengkonsumsi daun adas sebelum dan saat menstruasi dapat mengurangi keluhan yang terjadi ketika datang bulan. Misalnya keluhan payudara nyeri, pusing kram perut, nyeri haid dan juga mood swing atau gangguan suasana hati.

Membantu Keluhan Menopause

Gangguan pada wanita yang mulai menopause yang sering terjadi adalah insomnia, vagina kering, mood swing, dan hot flashes. Dari penelitian beberapa ahli, diketahui bahwa ekstrak dari atas mampu membuat libido menjadi meningkat. Wanita yang mulai menopause, dianjurkan untuk rutin mengonsumsi daun adas agar keluhan tersebut dapat berkurang.

Adas Membantu Mengatasi Masalah Gangguan Pencernaan

Manfaat adas untuk asam lambung juga dapat diperoleh dengan mengkonsumsinya. Biji adas dapat diolah menjadi minyak adas. Untuk mendapatkan khasiatnya tinggal mengoleskan saja minyak adas pada perut. Dengan mengoleskan minyak adas di perut terbukti mampu mengurangi keluhan gangguan pencernaan. Misalnya saja seperti mual muntah, sembelit, sakit perut dan juga kolik yang sering terjadi pada bayi.

Adas Dapat Membantu Meredakan Batuk

Manfaat adas untuk kesehatan juga bisa mengurangi rasa sakit akibat batuk. Adas yang sudah diolah menjadi minyak adas dapat dioleskan pada dada dan tenggorokan untuk mengurangi sakit yang disebabkan oleh batuk. Selain itu dapat dioleskan pada hidung atau dihirup dan dapat membuat lega pernafasan. Agar Anda dapat tidur ketika batuk menyerang, Anda juga bisa memanfaatkan minyak aroma terapi adas sebelum tidur.

Membantu Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Manfaat adas untuk kesehatan juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga proses penghancuran lemak menjadi terbantu. Bagi Anda yang sedang program diet, perbanyak makan daun adas. Serat yang banyak terkandung pada daun adas juga dapat membantu menekan rasa lapar. Selain mendapat keuntungan lebih sehat dan menurunkan berat badan sekaligus dapat menjaga kadar gula darah sehingga membantu menurunkan risiko diabetes.

Daun adas juga dianjurkan untuk dikonsumsi bagi penderita diabetes. Karena termasuk sayuran rendah kalori, adas membantu menurunkan gula darah. Bagian orang yang mengidap diabetes, selain menjalani pengobatan medis, dianjurkan juga untuk mengkonsumsi daun adas ini. Dengan rutin mengkonsumsi daun adas, maka akan membantu proses pemulihan.

Selain manfaat kesehatan, manfaat adas untuk kecantikan juga ada. Hal ini dikarenakan oleh kandungan vitamin C serta asam aminonya. Bisa untuk perawatan wajah dan juga rambut. Haluskan biji adas dengan cara ditumbuk dan balurkan pada kulit kepala. Cara tersebut dapat mengatasi rambut rontok, ketombe, atau masalah rambut lainnya.

Manfaat adas untuk masker wajah juga bisa didapatkan dengan cara menumbuk daun adas kemudian dijadikan masker wajah. Dengan rutin menggunakan masker adas dapat membuat wajah menjadi lebih cerah. Bisa juga dijadikan jus kemudian diminum, untuk mengambil sarinya juga bisa juga dengan merebusnya dan meminum air rebusan selagi hangat.

Dengan segudang manfaat adas untuk kesehatan, maka jangan lupa untuk menjadikan daun adas ini sebagai menu pelengkap di meja makan ya. Cara cepat menyajikannya tinggal di rebus kemudian dicocol ke sambal kencur, dijamin makan akan menjadi lebih nikmat. Sudah enak di mulut, murah, juga membuat tubuh menjadi lebih sehat.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat sirup parijoto

7 Manfaat Sirup Parijoto bagi Kesehatan, Nomor 3 Penting Sekali

sumbersehat.com - Manfaat sirup parijoto mendadak ramai diperbincangkan saat pandemi berlangsung. Sirup yang berasal dari Kudus ini memiliki beragam kandungan dan berkhasiat bagi tubuh manusia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *