10 Manfaat Adas untuk Kecantikan, Wanita Harus Tahu!

sumbersehat – Manfaat adas untuk kecantikan sudah tak asing bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Kini pemanfaatan berbagai tanaman herbal tidak hanya berasal dari daun, bunga, atau batang saja, melainkan hingga biji terkecil pun memiliki manfaat yang besar bagi tubuh manusia. Tanaman adas manis berasal dari daerah timur tengah yang sering kita kenal dengan nama Mediterania, dan kerap digunakan sebagai bumbu masakan.

Tak hanya membuat lezat makanan, adas juga bermanfaat untuk kesehatan. Salah satu manfaatnya bagi tubuh manusia ialah menjaga kesehatan jantung sampai mengobati penyakit diabetes. Selain itu, adas juga memiliki beberapa manfaat untuk kecantikan. Berikut terdapat 10 khasiat adas untuk kecantikan yang jarang diketahui. Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

Manfaat adas untuk kecantikan

Inilah Manfaat Adas untuk Kecantikan

Siapa bilang cantik itu harus repot, mahal, dan sulit didapat? Terkadang, yang Anda butuhkan adalah bahan-bahan alami yang mudah dijumpai di sekitar Anda. Dari mengobati jerawat hingga merawat payudara, ini beberapa khasiat adas:

Mencegah penuaan dini

Siapa sangka, biji kecil adas mampu mengurangi berbagai tanda-tanda penuaan dini. Bagi kaum hawa yang memasuki usia paruh baya, berbagai tanda penuaan seringkali muncul dan tak jarang turut menurunkan kepercayaan diri Anda.
Tak perlu khawatir, karena salah satu manfaat adas untuk kecantikan adalah mencegah penuaan dini.

Caranya, cukup mengonsumsinya secara langsung. Cara lainnya adalah dengan mengolahnya sebagai minuman dan dikonsumsi 2 kali sehari. Anda perlu memperhatikan biji adas manis dan bunga lawang yang cukup memiliki kemiripan satu sama lain, tetapi berbeda fungsi.

Melembabkan kulit kering

Tak hanya mencegah penuaan dini, manfaat adas untuk kecantikan lainnya yaitu melembabkan kulit kering. Tak jarang biji adas digunakan sebagai masker alami yang dapat Anda buat di rumah dengan mudah. Caranya pun cukup sederhana. Anda hanya memerlukan biji adas secukupnya (satu sendok). Kemudian siapkan beberapa bahan tambahan seperti madu dan oatmeal.

Jangan lupa tuangkan seperempat air hangat dan campurkan semua bahan di atas. Terakhir, Anda tinggal menghaluskannya hingga berbentuk clay atau pasta. Gunakan masker ini selama 15-20 menit, lalu bilas menggunakan air hangat. Anda dapat menggunakan masker ini selama 1-2 kali dalam seminggu.

Mencerahkan kulit wajah

Manfaat adas untuk kecantikan berikutnya adalah mencerahkan kulit wajah. Tentunya Anda tak asing dengan penggunaan vitamin C dalam mencerahkan kulit wajah. Hal ini pun bisa didapatkan dari biji adas yang diolah menjadi toner. Cara penggunaannya dengan merendam biji adas dalam air mendidih selama 10-20 menit. Kemudian gunakan air biji adas sebanyak 1 kali dalam sehari.

Usahakan menggunakannya di malam hari. Ingat, perhatikan bahwa biji yang Anda gunakan ialah adas. Seringkali pengguna tanaman herbal salah menggunakan adas manis dan bunga lawang yang memang mirip satu sama lain. Padahal terdapat perbedaan yang mencolok, seperti kandungan vitamin C di biji adas yang mampu mencerahkan kulit wajah.

Menjaga kesehatan mata

Manfaat adas untuk kecantikan yang berikutnya adalah efektif menjaga kesehatan mata. Biji adas diketahui mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Bagi Anda yang mungkin mengalami kesulitan dalam penglihatan, terutama kaum hawa yang menginjak usia paruh baya, maka mengonsumsi biji adas dapat mengurangi gangguan tersebut. Tentunya juga harus dikonsumsi secara teratur.

Selain itu, biji adas juga dapat mengurangi mata panda yang kerap mengganggu penampilan. Anda dapat mengolahnya menjadi masker untuk kantung mata Anda. Caranya dengan menghaluskan biji adas dan menggunakannya sebagai masker. Gunakan sebanyak 1-2 kali dalam seminggu.

Melawan bau napas

Tentunya memiliki bau napas dapat menjadi halangan dan menurunkan kepercayaan diri seseorang. Apalagi ketika menghadiri beberapa acara formal ataupun non-formal yang mengharuskan bertemu orang banyak. Untuk menghilangkan bau napas yang mengganggu, Anda dapat menggunakan air biji adas sebagai obat kumur. Lakukan terapi ini setiap pagi dan malam hari.

Merawat kelembutan rambut

Manfaat adas untuk kecantikan tidak hanya bagi wajah, melainkan juga merawat kesehatan rambut. Tak bisa dipungkiri bahwa memiliki rambut yang indah dapat menunjang kecantikan Anda, baik secara inner maupun outer beauty. Namun, seringkali wanita mengalami kesalahan dalam merawat rambut. Seperti mewarnai terlalu sering, berganti shampoo, sampai penggunaan handuk yang salah.

Demi mengembalikan kondisi rambut seperti sediakala, Anda memerlukan kocek yang tidak sedikit. Kini Anda dapat menggunakan biji adas sebagai salah satu masker rambut yang digunakan sebanyak 1 kali saja dalam seminggu. Jangan lupa untuk membilasnya menggunakan air hangat dan hindari menggosok rambut menggunakan handuk selepas keramas.

Membantu menjaga bentuk payudara

Bentuk payudara menjadi salah satu aspek yang menunjang kecantikan Anda. Sebagai salah satu mahkota di tubuh wanita, maka bentuk payudara harus diperhatikan sama seperti kesehatan wajah. Salah satu cara tradisional yang dapat Anda lakukan untuk menjaga bentuk payudara adalah dengan meminum air sari biji adas. Konsumsi minuman ini sebanyak 2-3 kali dalam seminggu di pagi hari.

Meringankan radang jerawat

selanjutnya, manfaat adas untuk kecantikan adalah mengatasi masalah jerawat. Adas manis dan jintan memiliki kemiripan satu sama lain termasuk dalam fungsinya untuk meringankan peradangan pada jerawat. Bagi Anda yang memiliki kulit berminyak dan rentan mengalami peradangan jerawat, maka menggunakan adas manis sebagai masker dapat menjadi solusi yang tepat.

Namun, sebelum mengaplikasikan adas manis ke wajah berjerawat, sebaiknya Anda melakukan uji sederhana terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan tidak setiap wajah cocok dengan produk herbal. Lakukan tes dengan mengaplikasikannya pada area wajah tertentu secara berkala, 1 kali dalam seminggu, misalnya. Bila ada kecocokkan, maka frekuensi penggunaan masker bisa bertambah menjadi 2-3 dalam seminggu. Penggunaannya pun bisa dicampur dengan oatmeal ataupun madu.

Menghaluskan permukaan kulit

Manfaat adas untuk kecantikan yang satu ini adalah idaman setiap wanita. Khususnya di zaman sekarang yang didominasi oleh wanita dengan wajah glowing. Salah satu langkah sebelum memiliki wajah glowing adalah dengan menghaluskan kulit wajah terlebih dahulu. Cara alternatifnya dengan menggunakan biji adas manis.

Anda dapat mengolahnya menjadi masker maupun scrub. Bagi yang memiliki wajah normal, Anda dapat menggunakan biji adas sebagai scrub, sedangkan untuk Anda dengan kulit berminyak lebih dianjurkan menggunakan adas sebagai masker. Untuk manfaat ini, adas manis dan jintan hitam memberikan hasil yang sama baiknya.

Memperkecil pori-pori

Daftar terakhir manfaat adas untuk kecantikan kali ini adalah mengecilkan pori-pori wajah. Setelah mengurangi iritasi akibat jerawat, kandungan dalam adas juga bermanfaat dalam memperkecil pori-pori. Terutama bila dimanfaatkan sebagai scrub wajah. Caranya mudah: haluskan adas dengan sedikit campuran air hangat, perhatikan teksturnya agar tidak terlalu halus. Lalu, gunakan sebanyak 1-2 kali seminggu.

Selain manfaat uniknya bagi wajah dan tubuh, adas juga bermanfaat bagi ibu menyusui, yakni melancarkan ASI. Nah, 10 manfaat adas untuk kecantikan di atas hanyalah beberapa dari sekian banyak khasiat adas yang dapat Anda nikmati. Untuk hasil maksimal, lakukan perawatan secara rutin. Bila menemukan gejala seperti alergi dan iritasi, segera hentikan dan periksakan ke dokter kulit.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat buah leci madu

8 Manfaat Buah Leci Madu Untuk Kesehatan Dari Atasi Sembelit Hingga Cegah Kanker

Buah leci madu dikenal sebagai buah yang memiliki cita rasa paling manis dibandingkan buah leci

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *