11 Daftar Makanan yang Harus Dikonsumsi Ibu Menyusui, Simak!

Sumbersehat.com – Untuk produksi ASI banyak dan bernutrisi, anda bisa mengonsumsi makanan yang harus dikonsumsi ibu menyusui. Memberikan ASI kepada buah hati selama 6 bulan pertama merupakan langkah yang sangat tepat.

Makanan yang sehat dan bernutrisi sangat berguna untuk membantu menjaga kualitas ASI agar tetap sehat dan baik. Selain itu, seorang ibu yang menyusui akan membutuhkan banyak energi. Maka peranan makanan yang bergizi sangat menunjang kesehatan busui dan bayi. Simak, makanan apa saja itu!

Inilah Daftar Makanan yang Harus Dikonsumsi Ibu Menyusui

Berikut ini makanan yang harus dikonsumsi ibu menyusui, di antaranya:

Konsumsilah Ikan Salmon

Ikan salmon termasuk dalam daftar makanan yang harus dikonsumsi ibu menyusui agar bayi cerdas. DHA yang terkandung di dalam ikan salmon sangat berguna untuk perkembangan sistem saraf bayi.

Baca juga : 8 Cara Cepat Tidur Bagi Penderita Insomnia yang Cukup Ampuh

Selain itu, DHA yang terkandung pada membuat meningkatkan suasana hati ibu menyusui, bahkan mencegah depresi. Oleh karena itu, bagi ibu menyusui dianjurkan mengkonsumsi ikan salmon minimal 12 ons setiap pekannya.

Konsumsilah Susu yang Rendah Lemak

Beberapa olahan susu yang rendah lemak seperti yogurt dan keju bisa menjadi makanan yang harus dikonsumsi ibu menyusui. Keduanya mengandung vitamin D, vitamin B, dan protein yang merupakan sumber kalsium. Kandungan ini berguna bagi pertumbuhan tulang sang bayi.

Untuk para ibu menyusui, dianjurkan meminum susu rendah lemak ini kurang lebih 3 gelas susu rendah lemak setiap harinya. Mengonsumsi susu juga baik bagi berat badan bayi anda. Jadi, anda bisa melihat bayi sehat dan tumbuh sesuai umurnya.

Konsumsilah Daging Sapi Tanpa Lemak

Dengan mengkonsumsi daging sapi tanpa lemak, maka ini akan membantu ibu menyusui agar selalu sehat dan selalu bersemangat. Hal ini dikarenakan daging sapi tanpa lemak mengandung zat besi yang cukup tinggi. Selain itu juga mengandung vitamin B-12 dan protein.

Karena kandungannya yang baik, daging sapi tanpa lemak dapat dimasukkan ke makanan yang harus dikonsumsi ibu menyusui agar bayi gemuk. Namun, jangan terlalu banyak mengonsumsinya, anda harus memperhatikan jumlah asupan vitamin dari jenis makanan lain.

Konsumsilah Kacang-Kacangan

Beberapa kacang-kacangan termasuk dalam kategori makanan yang harus dikonsumsi ibu menyusui agar bayi tidak sembelit. Jenis kacang tersebut adalah kacang hitam dan kacang merah atau kacang-kacangan yang berwarna gelap. Karena kacang mengandunng zat besi dan protein yang cukup tinggi .

Konsumsilah Buah-Buahan dan Sayur-Sayuran

Makanna yang harus dikonsumsi ibu menyusui agar bayi tidak sembelit berikutnya adalah buah-buahan dan sayuran. Buah-buahan merupakan kebutuhan ibu-ibu menyusui dan sangat dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari. Beberapa buah yang dianjurkan dikonsumsi adalah buah blueberi dan buah jeruk.

Buah blueberi kaya akan vitamin dan mineral. Sedangkan, jeruk memiliki kandungan vitamin C yang besar. Ibu-ibu yang menyusui sangat membutuhkan vitamin C. Selain buah-buahan, makanan yang tidak kalah penting untuk dikonsumsi ibu-ibu menyusui adalah sayur-sayuran.

Terutama sayuran hijau. Contoh sayuran hijau yang sangat baik untuk dikonsumsi adalah sayur bayam dan sayur brokoli. Hal ini dikarenakan sayur merupakan sumber kalsium non-susu. Selain itu, brokoli pun kaya akan vitamin C yang berarti memiliki agen antioksidan serta rendah kalori.

Konsumsilah Roti Gandum

Seperti yang kita ketahui, roti gandum mengandung asam folat dan serat. Lalu, juga mengandung zat besi, dimana mampu meningkatkan kesehatan ibu menyusui dan bayinya.

Jika tidak ada roti gandum, maka alternatif lainnya adalah sereal gandum. Sereal ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi di pagi hari, manfaatnya yaitu membuat energi busui meningkatkan. Sehingga, bisa menyusui dan menjaga si kecil dengan baik

Baca juga : 7 Cara Menjaga Kesehatan Telinga yang Baik dan Benar

Telur

Selain itu, telur juga makanan yang harus dikonsumsi ibu menyusui karena mengandung protein dan DHA. Kedua nutrisi tersebut bermanfaat dalan meningkatkan kadar asam lemak esensial di dalam ASI.

3 Makanan yang Harus Dikonsumsi Ibu Menyusui Lainnya

Sebenarnya, masih ada beberapa makanan lain yang bisa anda jadikan sebagai pilihan makanan untuk ibu menyusui, diantaranya:

  • Beras merah
  • Kurma
  • Pare
  • Perbanyak Minum Air Putih

Dikarenakan mengeluarkan banyak cairan berupa ASI, maka ibu menyusui sangat rentan terhadap dehidrasi. Mengonsumsi air putih yang cukup, bisa mencegah busui dari dehidrasi. Jika busui terhidrasi setiap saat, maka si kecil pun menjadi sehat.

Demikianlah beberapa makanan yang harus dikonsumsi ibu menyusui. Hal ini sangat penting diperhatikan, sebab kualitas ASI yang baik dan sehat akan membuat tubuh bayi ikut baik dan sehat. Semoga bermanfaat dan sehat selalu untuk Anda.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

cara minum buah zuriat untuk promil

Mau Tahu Cara Minum Buah Zuriat untuk Promil? Simak Yuk!

sumbersehat.com – Cara minum buah zuriat untuk promil, menarik untuk dibahas. Karena buah yang hidup

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *